23 Contoh Kalimat Conjunction yang Umum Digunakan

contoh kalimat conjunction

Conjunction adalah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan antarkata, antarfrasa, antarklausa, antarkalimat dalam percakapan bahasa Inggris. Untuk melengkapi pengetahuanmu tentang conjunction, kamu perlu mengetahui contoh kalimat conjunction dengan detail.

Banyak conjunction atau kata hubung yang mungkin biasa kamu temui dan gunakan dalam bahasa Inggris. Cari tahu lebih lanjut apa itu conjunction, apa saja jenis-jenisnya, dan bagaimana contoh kalimat conjunction dalam artikel berikut ini!

source: giphy.com

Daftar Isi Contoh Kalimat Conjunction

Contoh Kalimat Conjunction

Terdapat beberapa jenis conjunction antara lain coordinating conjunction, subordinating conjunction, correlative conjunction, dan adverbial conjunction. Berdasarkan jenis-jenis conjunction tersebut berikut ini adalah beragam contoh kalimat conjunction yang bisa kamu pelajari.

Contoh Kalimat Conjunction Coordinating

Conjunction coordinating adalah kata hubung yang menghubungkan kata atau klausa yang berstatus sama, misalnya dan, tetapi, atau. Conjunction ini digunakan sebagai penghubung kalimat setara. Anggota conjunction ini di antaranya adalah (and, or, but, yet, so, for). Untuk lebih jelasnya simak contoh kalimat conjunction ‘coordinating’ berikut ini:

  • Dinda and Riko will visit their grandmother next week. (Dinda dan Riko akan mengunjungi neneknya minggu depan).
  • He should choose where he will spend the holiday, Bali or Yogyakarta. (Dia harus memilih di mana dia akan menghabiskan liburan, Bali atau Yogyakarta).
  • I want to drink coffee, but at the same time, I want to eat durian too. (Saya ingin minum kopi, tetapi pada saat yang sama, saya juga ingin makan durian).
  • I have an exam next week. I don’t want to fail. So, I will study hard. (Saya memiliki beberapa ujian minggu depan. Saya tidak ingin gagal. Jadi, saya akan giat belajar).
  • I like Atar for he is very humble and friendly. (Saya suka Atar karena dia sangat rendah hati dan ramah).

Baca Juga: Noun (Kata Benda): Pengertian, Fungsi, & Contoh

Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari Cuma dengan Daftar Cakap

Contoh Kalimat Conjunction Subordinating

conjunction ‘subordinating’ adalah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan anak kalimat dan induk kalimat atau menghubungkan bagian dari kalimat subordinatif.

Secara lugas, conjunction ‘subordinating’ digunakan sebagai penghubung dua klausa, baik klausa terikat maupun klausa bebas. Anggota dari conjunction ini antara lain, because, although, after, before, when, while, dll). Berikut contoh kalimat conjunction ‘subordinating’:

  • He will go to Bunga’s wedding reception, although she is his ex. (Dia akan datang ke resepsi pernikahan Bunga, meskipun dia adalah mantannya).
  • I don’t eat shrimp because I have allergy. (Saya tidak makan udang, karena saya punya alergi).
  • He looked so gloomy after Dian lift him. (Dia terlihat begitu murung setelah Dian meninggalkannya).
  • I will go back here before the rain go down. (saya akan kembali sebelum hujan turun).
  • Did you sleeping when the teacher explained the lesson? (Apakah kamu tidur ketika guru menjelaskan pelajaran?)
  • I bought some key hooks while she bought some little doll. (Saya membeli beberapa gantungan kunci sementara dia membeli beberapa boneka kecil).

Contoh Kalimat Conjunction Correlative

Correlative conjunction dapat diartikan sebagai kata hubung berpasangan, yang keduanya digunakan untuk menghubungkan dua kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Singkatnya, conjunction ini memiliki dua kata hubung berpasangan. Anggota conjunction ini diantaranya either-or, neither-nor, both-and, not only-but also, dll. Dalam pembentukan kalimat baku, keduanya harus dipasangkan dengan pasangannya masing masing. Simak contoh kalimat conjunction ‘correlative’ berikut ini:

  • Either Lana or Lani have read the same books. (Lana dan Lani membaca buku yang sama).
  • Neither John nor Raffi has speak Arabic. (John ataupun Raffi tidak berbicara bahasa Arab).
  • I likes Both Ranu Kumbolo and Kawah Ijen. (saya suka Ranu Kumbolo dan Kawah Ijen).
  • Lee Min Ho is not only handsome but also cool. (Lee Min Ho tidak hanya tampan, tapi juga keren).

Baca Juga: Belajar Menggunakan Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjective)

Pintu Kerja Lebih Luas dengan Skill Bahasa Inggris. Saatnya Belajar di Cakap!

Contoh Kalimat Conjunction Adverbial

Conjunction adverbial merupakan kata hubung yang memiliki peran sebagai adverbial conjunction. Konjungsi ini digunakan untuk menghubungkan dua klausa bebas atau independent clause yang menunjukkan hubungan sebab akibat, kontras, penambahan, dan hubungan lainnya.

Contoh adverbial conjunction adalah therefore, however, otherwise, on the other hand, besides, moreover, first, after that, finally, etc. Simak contoh kalimat conjunction ‘adverbial’ berikut:

  • I miss you. Therefore, I am here. (Aku merindukanmu. Oleh karena itu, aku di sini).
  • When I was holidays in Belgium I tried to find you. However, until the time of holidays was end I never met you. (Ketika saya liburan di Belgia saya mencoba menemukanmu. Namun, sampai liburanku selesai aku tidak pernah bertemu denganmu.
  • Cika has to get a high score in this exam, in particular Biology. Otherwise, she will never go on to her desired faculty. (Cika harus mendapatkan nilai yang tinggi pada ujian kali ini, khususnya pada pelajaran Biologi. Jika tidak, dia tidak akan pernah bisa masuk ke fakultas idamannya).
  • My father wants to eat Japanese food, on the other hand, my mother wants to eat Italian food. (Ayahku ingin makan makanan Jepang, di sisi lain, ibuku ingin makan makanan Italia).
  • That Beach is so beautiful. Besides, the sand is so softly. (Pantai itu begitu indah. Selain itu, pasirnya juga begitu lembut).
  • I don’t like durian. Moreover, the price is too much. (Saya tidak suka durian. Lagi pula, harganya juga mahal).
  • You need to decorate this room. First, you have to buy some photos frame to fill the wall. (Kamu perlu menghias ruangan ini. Pertama, kamu harus membeli beberapa bingkai foto untuk mengisi dinding ini).
  • In this summer, Fahira will go to Sanur beach. After that, she will go to Sumba. (Pada musim panas kali ini, fahira akan pergi ke pantai Sanur, setelah itu, dia akan pergi ke Sumba).
  • Alana and her husband took a long time for have the baby. Finally, in their 5th anniversary, they are procer an adorable baby. (Alana dan suaminya butuh waktu lama untuk mendapatkan anak. Akhirnya, pada ulang tahun pernikahan mereka yang kelima, mereka mendapatkan seorang bayi yang manis).

Nah gimana Sobat Cakap? Pengertian dan contoh kalimat conjunction di atas, bisa menambah wawasanmu mengenai conjunction, bukan? Pastinya, sekarang kamu bisa menggunakan conjunction sekaligus mengetahui jenis conjunction yang kamu gunakan dengan tepat.

Ingin menguasai grammardan melatih conversation bahasa Inggrismu menjadi lebih luwes lagi? Cakap bersedia menjadi teman dan pembimbing perjalananmu meraih semua itu melalui Kelas Bahasa Inggris. Yuk daftarkan dirimu sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks