Belajar Kalimat Cause and Effect Yuk!

cause and effect

Dalam bahasa Inggris, arti dari kalimat cause and effect adalah sebab akibat. Yaitu, jenis kalimat majemuk yang memiliki sebab dan dapat menimbulkan akibat. Cause berarti sesuatu yang terjadi, sedangkan effect merupakan konsekuensi atau akibat dari adanya kejadian tersebut.

Biasanya, kalimat ini bercirikan kata atau frasa penanda yang disebut konektor. Karena sering digunakan bersamaan dengan kalimat degree of comparison, bisa sembari belajar keduanya! Apa aja ya konektor dalam cause and effect? Pahami penjelasan berikut yuk. Ada rumus serta contoh kalimatnya juga lho!

Cause and effect terbagi menjadi dua, yaitu yang diikuti oleh noun, verb atau klausa. Untuk bisa menguasai, kamu perlu membandingkan dulu antara kalimat cause dan juga effect.

Cause and effect + Noun

Rumus 1:  Connector + Cause, + Effect

Konektor: due to, owing to, because of, as a result of, as a consequence of

Contoh:

Due to the storm we cannot go to the beach.

(connector) + (cause) + (effect)

Contoh lainnya:

  • Owing to her kindness, Mia gave her a gift. (Karena kebaikannya, Mia memberinya hadiah.)
  • Because of this cooking book, I am able to cook my own meal. (Karena buku masak ini, aku jadi bisa memasak makananku sendiri.)

Rumus 2:  Effect + Connector + Cause

I got sick due to the cold weather.

(effect) + (connector) + (cause)

Contoh lainnya:

  • The car was broken as a result of her recklessness. (Mobilnya rusak akibat kesembronoannya.)
  • Alvin got a warning as a consequence of his laziness. (Alvin dapat peringatan akibat kemalasannya.)
  • She was late because of her bad sleeping habit. (Dia terlambat karena jadwal tidurnya yang buruk.)

Masih banyak contoh lainnya yang bisa kamu eksplore dan biasakan kamu menonton short movie bahasa inggris karena seringkali kamu temukan cause and effect.

Baca Juga:

Cause and effect + Verb or Clause

Konektor: because, since, for, hence, thus, therefore, thereby, consequently, as a result
Contoh:

  • Because her brother lives in Jakarta, she must visit him every month. (Karena kakak laki-lakinya tinggal di Jakarta, dia harus mengunjunginya setiap bulan.)
  • This bag is expensive since the famous brand Chanel made it. (Tas ini sungguh mahal karena brand terkenal bernama Chanel yang membuatnya.)
  • My arms are hurt. Hence, i cannot swim today. (Lenganku sakit. Sehingga, aku tak dapat berenang hari ini.)
  • As our teacher has suggested to stay at home, she gives us a pile of homework. (Karena guru kami telah menyarankan untuk tetap di rumah, dia memberikan kami PR.)
  • He is invited to the party for he’s one of the funniest guys in school. (Dia diundang ke pesta karena dia merupakan salah satu orang paling humoris di sekolah.)
  • They haven’t turned 17 yet, as a result, they cannot join the international seminar. (Mereka belum 17 tahun, sehingga, mereka tidak bisa ikut seminar internasional.)

Asal tahu yang mana sebab ataupun akibat, pasti mudah kok bikin kalimatnya! Jangan lupa juga untuk memahami konektor-konektornya ya. Penggunaan cause and effect juga bisa membantumu lancar berbicara bahasa inggris dengan bule lho.

Yuk, perdalam istilah bahasa Inggris lainnya melalui aplikasi! Manfaat aplikasi bahasa inggris itu beragam, mulai dari memudahkanmu belajar praktis hingga waktu yang fleksibel. Di mana ya bisa belajar seenak itu?

Di Cakap dong! Kamu juga bisa kok diskusi langsung dengan guru, sekaligus belajar rame-rame sama teman baru di Cakap English Club! Gabung sekarang!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google