Apa Itu Degree of Comparison? Baca Penjelasannya di Sini!

degree of comparison

Apa bahasa Inggrisnya ‘lebih cepat’? Kalau ‘paling pintar’? Kata perbandingan seperti kedua frasa tersebut dalam bahasa Inggris disebut degree of comparison. Pada dasarnya, degree of comparison merupakan kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb) untuk menunjukkan perbandingan. 

Degree of comparison sering juga disebut sebagai comparative degrees. Berdasarkan tingkat perbandingannya, degree of comparison dibagi menjadi 3 jenis yaitu positive, comparative, dan superlative. Apa bedanya? Yuk kita bahas satu-satu!

Positive Degree

Positive degree merupakan bentuk degree of comparison yang paling sederhana. Soalnya, kamu sama sekali tidak perlu mengubah bentuk kata kerja atau kata keterangan yang kamu gunakan. 

Positive degree digunakan untuk menunjukkan bahwa kedua hal yang dibandingkan berada di level yang sama atau sebanding. Sederhananya, positive degree ini kalau dalam bahasa Indonesia bisa disebut “sama dengan”. 

Untuk menunjukkan perbandingan dalam kalimat positive degree, gunakan kata ‘as … as’. Jadi rumus kalimatnya adalah: 

S + V + as adjective/adverb as + O

Biar lebih jelas, simak contoh berikut:

  • I’m as tall as him. (Saya sama tingginya dengan dia.)
  • I want to be as strong as my father. (Saya ingin menjadi sekuat ayah saya.)
  • You should practice English as often as you can. (Kamu harus berlatih bahasa Inggris sesering yang kamu bisa.)

Comparative Degree

Comparative degree digunakan untuk membandingkan sesuatu yang memiliki sifat lebih dibanding hal lainnya. Dalam comparative degree, kata sifat atau keterangan ditambahkan -er di belakangnya atau more di depannya. Bagaimana tahu kapan harus menambahkan -er atau more

Imbuhan -er digunakan untuk kata dengan dua suku kata. Misalnya, happy berubah menjadi happier atau big menjadi bigger. Sementara untuk kata dengan lebih dari dua suku kata, gunakan more. Misalnya, beautiful menjadi more beautiful atau expensive menjadi more expensive. Setelah kata sifat atau kata keterangan, tambahkan kata than yang artinya ‘daripada’)

Singkatnya, rumus comparative degree bila dijabarkan adalah sebagai berikut:

S + V + adjective/adverb-er OR more adjective/adverb  ( + than + O)

Supaya gak bingung, simak contohnya ya:

  • The blue house is smaller than the red house. (Rumah biru lebih kecil daripada rumah merah.)
  • This sofa is more comfortable than that chair. (Sofa ini lebih nyaman daripada bangku itu.)
  • I should learn more diligently next year. (Saya harus belajar lebih rajin lagi tahun depan.)

Untuk menguatkan pernyataan, kamu bisa menambahkan kata penguat seperti much, a lot, a bit, dan sebagainya. Contoh:

I feel much better now. (Saya merasa jauh lebih baik sekarang.)

Superlative Degree

Terakhir ada superlative degree. Disebut ‘super’ karena superlative degree digunakan untuk menunjukkan hal yang ‘paling’ di antara hal lainnya. Superlative degree digunakan saat membicarakan 3 hal atau lebih. 

Sama seperti comparative degree, superlative degree ada dua bentuk: yang ditambahkan -est di belakang kata atau yang ditambahkan most  di awal kata. Aturannya pun masih sama, -est digunakan untuk kata dengan 2 suku kata atau kurang, sementara most digunakan untuk kata dengan 3 atau lebih suku kata. Sebelum kata sifat atau keterangan, gunakan kata the

Rumus superlative degree yaitu:

S + V + the + adjective/adverb-est OR most adjective/adverb (+O in/of O)

Langsung ajak simak contoh di bawah ini ya:

  • I think Captain America is the most handsome Avengers. (Menurut saya Captain America merupakan Avengers yang paling tampan.)
  • Amanda is the smartest student in her class. (Amanda adalah murid terpandai di kelasnya.)
  • Ahmed runs the fastest of all the runners. (Ahmed larinya paling cepat di antara semua pelari.)

Irregular Degree of Comparison

Dalam degree of comparison, ada beberapa pengecualian dimana kata sifat atau keterangan berubah sepenuhnya alih-alih menggunakan -er/est dan more/most. Artinya, perubahannya tidak berdasarkan pada jumlah suku kata pada kata tersebut. Berikut beberapa bentuk irregular yang paling umum:

Positive

Comparative

Superlative

Good

Better

Best

Bad

Worse

Worst

Far

Farther/Further

Farthest/Furthest

Little

Less

Least

Itu dia penjelasan sederhana mengenai degree of comparison. Kira-kira sudah paham belum nih? Kalau sudah, kamu bisa menguji kemampuanmu di sini.

Selain mempelajari degree of comparison kamu harus menguasai materi belajar bahasa inggris lainnya seperti tenses bahasa inggris yang merupakan dasar tata bahasa inggris kamu.

Kalau kamu mau melatih bahasa Inggrismu supaya lebih paham, langsung aja mulai belajar dan latihan bersama pengajar profesional di Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google