Pengertian, Macam, dan Contoh Kalimat Relative Pronoun

kalimat relative pronoun

Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki kata ganti yang disebut pronoun. Misalnya kata ganti ‘dia’ bahasa Inggrisnya ‘he’ atau ‘she’, ‘mereka’ bahasa Inggrisnya ‘they’, dan sebagainya. Pronoun sendiri merupakan bagian dari part of speech dan memiliki banyak jenisnya.

Jenis-jenis pronoun ada banyak bergantung pada fungsinya, seperti subject pronoun, object pronoun, reflexive pronoun, relative pronoun dan lainnya. Nah, di artikel kali ini kita akan mempelajari lebih lanjut soal relative pronoun. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya kamu baca dulu tentang tata bahasa Inggris disini.

Apa itu Relative Pronoun?

Relative pronoun merupakan kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat dan menerangkan kata benda. Kata benda di sini bisa berupa orang, benda, hewan, dan sebagainya. Contoh bahasa Indonesia seperti berikut. 

Misal terdapat dua kalimat:

   Kalimat 1: Kue itu sangat enak. 

   Kalimat 2: Saya membeli kue itu kemarin. 

Apabila digabungkan, kalimatnya bisa menjadi:

   Kue yang saya beli kemarin sangat enak. 

Kata ‘yang’ di sini bisa dibilang sebagai kata ganti yang menghubungkan dua kalimat tersebut. Sama pula halnya dalam bahasa Inggris. Contoh:

   1st sentence: That cake is very delicious.

   2nd sentence: I bought it yesterday.

Apabila digabungkan, kalimatnya menjadi:

   That cake which I bought yesterday is very delicious. 

Kata ‘which’ di sini merupakan relative pronoun untuk menggantikan kata ‘that cake’ pada kalimat kedua dan menghubungkan kedua kalimat tersebut menjadi satu kalimat. Selain which, ada jenis-jenis relative pronouns yang lain dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Jenis-jenis Relative Pronoun

Who

Who digunakan untuk menggantikan subjek atau objek berupa orang dan tidak bisa digunakan untuk menggantikan benda atau hewan. Contoh:

  • The man wanted to buy the red car. He came yesterday. (Laki-laki itu ingin membeli mobil merah tersebut. Ia datang kemarin.)

         = The man who came yesterday wanted to buy the red car. (Laki-laki yang datang kemarin ingin membeli mobil merah tersebut.)

  • I just talked with my brother. He is in Singapore. (Saya baru saja berbicara dengan kakak saya. Ia berada di Singapura.

          = I just talked with my brother, who is in Singapore(Saya baru saja berbicara dengan kakak saya yang berada di Singapura.)

Which

Which digunakan untuk menggantikan subjek dan objek berupa hewan atau benda. Contoh:

  • I like this song. It is very romantic. (Saya suka lagu ini. Lagunya sangat romantis.)

          = I like this song, which is very romantic. (Saya suka lagu yang romantis ini.)

  • The jacket is new. I wore it yesterday. (Jaket itu baru. Saya memakainya kemarin.)

          = The jacket, which I wore yesterday, is new. (Jaket yang aku pakai kemarin adalah jaket baru.)

Baca Juga : Istilah Dasar Grammar yang Harus Kamu Ketahui

Whom

Whom digunakan untuk menggantikan objek berupa orang. Jadi, whom tidak bisa digunakan untuk menggantikan objek benda atau hewan. Contoh:

  • Bobby just replied to my email. I talked to him yesterday. (Bobby baru saja membalas email saya. Saya berbicara dengannya kemarin.)

          = Bobby, whom I talked to yesterday, just replied to my email.  (Bobby yang saya ajak bicara kemarin baru saja membalas email saya.)

  • Robert Downey Jr. acted very well in this movie. I adore him very much. (Robert Downey Jr. berakting dengan sangat bagus di film ini. Saya sangat menyukainya.)

          = Robert Downey Jr., whom I adore very much, acted very well in this movie. (Robert Downey Jr. yang sangat saya sukai berakting dengan sangat bagus di film ini.)

Whose

Whose digunakan untuk menggantikan possessive pronoun atau kata ganti kepunyaan seperti his, her, its, my, your, their, dan our. Contoh:

  • Jack is driving a new car today. His old car broke down a few days ago. (Jack membawa mobil baru hari ini. Mobilnya lamanya rusak beberapa hari lalu.)

          = Jack, whose old car broke down a few days ago, is driving a new car today (Jack, yang mobil lamanya rusak beberapa hari lalu, membawa mobil barunya hari ini.)

  • Sarah won this year’s marathon. Her brother is a professional runner. (Sarah menang marathon tahun ini. Kakak laki-lakinya adalah pelari profesional.)

          = Sarah, whose brother is a professional runner, won this year’s marathon (Sarah, yang kakak laki-lakinya merupakan pelari profesional, menang marathon tahun ini.)

That

That merupakan relative pronoun yang paling umum digunakan. That digunakan untuk menggantikan orang, hewan, atau benda baik sebagai subjek maupun objek. That juga bisa menggantikan relative pronounwho’ dan ‘which’. Contoh:

  • That woman is my mother. She is in a red dress. (Wanita itu adalah ibu saya. Wanita itu mengenakan gaun merah.)

          = The woman that is in a red dress is my mother. 

          = The woman who is in a red dress is my mother. (Wanita yang mengenakan gaun merah adalah ibu saya.)

  • The laptop is very convenient to use. I bought it yesterday. (Laptop ini sangat mudah untuk digunakan. Saya membelinya kemarin.)

          = The laptop that I bought yesterday is very convenient to use.

          = The laptop which I bought yesterday is very convenient to use. (Laptop yang saya beli kemarin sangat mudah untuk digunakan.)

Gimana, gak susah bukan? Dengan mempelajari relative pronoun, kamu jadi bisa membentuk kalimat yang lebih kompleks deh! Kamu bisa melatih materi bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari di Cakap Club sehingga kamu tidak mudah lupa!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google