Mengupas Seluk Beluk Antecedent: Pahami Arti & Penggunaannya

antecedent

Saat belajar bahasa, pernahkah kamu berkenalan dengan antecedent? Materi yang satu ini tidak kalah menarik untuk dikupas tuntas loh. Bahkan mungkin dalam kalimat bahasa Inggris sehari-hari yang kamu ucapkan atau yang kamu temui, mengandung antecedent di dalamnya.

Membahas mengenai antecedent, ada kata kunci menarik yang bisa menjadi acuan untuk mempermudah memahami materi ini, yaitu “kata ganti”. Selain itu ada hal lain yang perlu diperhatikan dan wajib diterapkan. Kira-kira apa, ya?

Untuk mempersingkat rasa penasaranmu seputar materi menarik ini. Yuk simak baik-baik penjelasan di bawah ini! Check this out!

Antecedent

Antecedent adalah sebuah ungkapan pengganti yang dapat berupa kata, frasa atau klausa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, anteseden diartikan sebagai unsur terdahulu yang ditunjuk oleh ungkapan dalam suatu klausa atau kalimat. 

Catatan penting mengenai antecedent adalah kesetaraan antara pronoun dan antecedent-nya. Jadi, apabila antecedent-nya berbentuk singular, berarti pronoun-nya juga harus berbentuk singular. Sebaliknya, jika pronoun-nya berbentuk singular, antecedent-nya juga harus berbentuk singular. 

Perhatikan contoh sederhana dari antecedent bahasa Inggris dan bahasa Indonesia berikut ini;

My teachers → them

My sibling → her

Book → it

Ani merawat bunganya → Antecedent = Ani, pronoun = -nya

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembentukan Antecedent pada Kalimat

Sebelum membuat kalimat antecedent, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan. Simak ulasan berikut!

Tidak Semua Kalimat Mempunya Antecedent

Poin pertama ini harus kamu ingat baik-baik. Tidak semua kalimat memiliki antecedent, ada juga kalimat yang hanya memiliki pronoun tanpa antecedent. Jadi, kamu tidak perlu memaksakan adanya antecedent dalam kalimat yang kamu buat.

Perhatikan contoh berikut;

  • Everyone has the same rights and obligations. (Setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama.)
  • No one can cook. (Tidak ada yang bisa memasak.)
  • Does anyone know the direction to Malioboro? (Apakah ada yang tahu arah ke Malioboro?)

Tata Letak

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membuat kalimat antecedent adalah tata letak atau posisi. Antecedent selalu muncul terlebih dahulu daripada kata/pronoun yang mengarah kepadanya. So, tidak pernah ada kalimat yang antecedent-nya diletakkan di belakang kata yang mengarah padanya.

Perhatikan contoh berikut;

  • Every month, my mother goes to Bali, she usually checks and controls the development of the restaurant and hotel. (Setiap bulan, ibuku pergi ke Bali, dia rutin mengecek perkembangan restoran dan hotel.)
  • My uncle always waters his plants before 6 o’clock in the morning. (Pamanku selalu menyirami tanamannya sebelum pukul 6 pagi.)
  • Hani has a plan to go to Solo to spend her holiday. (Hani berencana pergi ke Solo untuk menghabiskan waktu liburnya.)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Penyelarasan

Agar kalimat yang kamu susun tergolong dalam kategori kalimat yang baik dan benar, perlu ada penyesuaian atau penyelarasan antara antecedent dan pronoun. Penyesuaian yang paling utama harus diperhatikan adalah gender, nomor, dan person.

Perhatikan contoh berikut;

  • A girl who talks to my Mom is my cousin. (seorang perempuan yang berbicara dengan ibuku adalah sepupuku.)
  • I bought a new car and brought it to the office. (Aku membeli sebuah mobil baru dan membawanya ke kantor.)
  • I don’t like this cake, it is too sweet. (Aku tidak suka kue ini.)

Gimana? Sudah mulai tercerahkan bukan? Sekarang kamu bisa mendeteksi antecedent dan pronoun dalam kalimat yang kamu baca maupun kalimat yang kamu tulis.

Materi-materi menarik lainnya seputar bahasa Inggris bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap. Bersama para tutor profesional, belajar bahasa Inggris jadi lebih mudah dan menyenangkan. Yuk segera daftarkan dirimu di Cakap!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks