Pengertian Reflexive Pronoun dan Contoh Kalimatnya

reflexive pronoun

Menguasai grammardengan baik dapat membuatmu lebih cepat fasih Bahasa Inggris. Tanpa grammar, kalimat yang kamu ucapkan akan berantakan dan pesan yang kamu ingin sampaikan mungkin tidak diterima dengan baik. Salah satu grammar yang perlu dikuasai adalah reflexive pronoun.

Belum familiar dengan reflexive pronoun? Bagian dari pronounini kerap kali digunakan dalam sebuah kalimat. Mungkin saja kamu tidak sadar bahwa selama ini kamu menggunakan reflexive pronoun. Oleh karena itu, berikut penjelasan lengkap mengenai reflexive pronoun.

Apa itu Reflexive Pronoun?

Reflexive pronoun adalah kata ganti subjek yang digunakan untuk menunjukkan bahwa subjek dan objeknya adalah orang atau benda yang sama. Reflexive pronoun dibagi menjadi dua yakni singular dan plural.

Singular reflexive pronoun adalah kata ganti yang selalu menunjuk pada satu orang atau benda. Jenis pertama ini terdiri dari myself, yourself, herself, himself, atau itself

Sedangkan plural reflexive pronoun adalah kata yang selalu menunjuk pada dua atau lebih orang atau benda secara bersamaan. Jenis kedua ini terdiri dari yourselves, ourselves, dan themselves.

Dilihat dari jenis-jenisnya, reflexive pronoun memiliki satu ciri yang membedakannya dari jenis pronoun lain yakni selalu diakhiri ‘-self’ atau ‘-selves’. Kadang kala, reflexive pronoun diselipi kata ‘own’.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Penggunaan Reflexive Pronoun dalam Kalimat

Sudah mengetahui apa saja jenis reflexive pronoun dan contohnya, lalu bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah kalimat? Nah, kamu bisa menggunakannya apabila subjek dan objek dalam sebuah kalimat adalah sama. Berikut contohnya:

Rudy pours a cup of tea for Lizzie every morning.
Rudy pours a cup of tea for himselfevery morning.

Objek pada kalimat pertama ialah Lizzie, sedangkan objek pada kalimat kedua ialah Rudy. Alih-alih menuliskan namanya, kamu dapat memakai kata ganti ‘himself’. Lagipula, akan terdengar aneh jika kamu menuliskan namanya dua kali dalam satu kalimat.

Contoh Kalimat Reflexive Pronoun

Untuk menguasai contoh reflexive pronoun (myself, yourself, themselves, dll), kamu dapat membuatnya menjadi sebuah kalimat. Nah, berikut contoh kalimat reflexive pronoun untuk membantumu menguasainya:

    • Rudy blames himself for what happened today. (Rudy menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang terjadi hari ini.)
    • In 5 years, I want to see myself as an expert Copywriter. (Dalam 5 tahun, aku mau melihat diriku sebagai seorang Copywriter yang handal)
    • The dog is playing a ball by itself. (Anjing itu sedang bermain bola dengan dirinya sendiri)
    • She saw herself in a photo, but still she didn’t remember. (Dia melihat dirinya di foto, tapi dia tetap tidak ingat.)
    • Rudy and Lizzie built a house by themselves. (Rudy dan Lizzie membangun rumah sendiri.)
    • You guys only care about yourselves. (Kalian hanya peduli tentang diri kalian sendiri)
    • We promise ourselves not to eat pizza for a week. (Kami sudah berjanji pada diri 

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Secara garis besar, reflexive pronoun adalah bagian dari grammar Bahasa Inggris untuk menyatakan ‘diri sendiri’. Untuk menguasai grammar Bahasa Inggris, kamu bisa berlatih di kursus Bahasa Inggris

Di sana kamu akan berlatih bersama teacher profesional Cakap. Dengan durasi yang relatif singkat, kemampuan Bahasa Inggrismu akan meningkat tanpa mengganggu rutinitas harian. Yuk, belajar Bahasa Inggris onlinedi Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks