9 Tips Mahir Grammar Bahasa Inggris dengan Cepat

Tips Mahir Grammar Bahasa Inggris

Banyak yang beranggapan bahwa bagian tersulit dari bahasa Inggris adalah grammar atau tata bahasa. Dalam bahasa Inggris sendiri, materi tata bahasa memiliki 8 ruang lingkup yang disebut part of speech. Nah, kali ini Cakap menyiapkan bahasan khusus untuk kamu yang merasa kesulitan dalam mempelajari grammar bahasa Inggris. Yuk, cari tahu selengkapnya! 

Table of Contents

Tips Mahir Grammar

1. Awali dengan Hal Paling Dasar

Setiap hal pasti memiliki sebuah dasar atau pondasi, sebelum belajar atau melakukan sesuatu, kamu perlu mengetahui hal hal dasar yang akan menjadi bekal untuk mempelajari materi materi berikutnya. 

Kuncinya adalah kuasai hal hal mendasar terlebih dahulu, setelah itu baru berlanjut pada langkah langkah berikutnya. Kamu bisa mulai dengan menghafal kosakata kosakata bahasa Inggris beserta to be apa saja yang digunakan. 

Di Cakap materi grammar akan di bagi dalam 3 level yaitu:

  1. Basic
  2. Intermediate
  3. Advanced

Masing-masing level akan mendapatkan materi yang berbeda. Kursus Fokus Grammar akan membantu siswa mempelajari dan memeriksa struktur tata bahasa dan memahami arti dan fungsinya

2. Pahami Struktur Bahasa Inggris

Tips kedua dalam belajar grammar bahasa Inggris adalah memahami struktur. Pahami struktur atau formula yang terdapat dalam tenses bahasa Inggris. Seperti yang diketahui, Bahasa Inggris memiliki 16 jenis tenses, cobalah untuk mempelajari dan menguasainya. 

Pahami penggunaan 16 tenses bahasa Inggris untuk dapat memudahkanmu dalam mengaplikasikan grammar. Sebagai contoh, salah satu tenses dalam bahasa Inggris adalah past continuous tense, tenses ini digunakan untuk menerangkan sesuatu yang sedang terjadi di masa lampau. Past Continuous Tense memiliki rumus:

S + was/were + verb(ing)
Contoh: She was watching TV.

Penting bagimu untuk menguasai formula dan rumus rumus itu karena hal itulah yang mengarahkanmu untuk dapat menyusun kalimat yang sesuai dengan tata bahasa.

3. Ubah Kebiasaan

Apa yang kamu lakukan berulang kali, maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Apa yang menjadi kebiasaanmu sedikit banyak dipengaruhi oleh mindset atau cara berpikirmu.

“Ubah kebiasaan” menjadi tips jitu belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya. Jika biasanya kamu hanya menonton film dan mendengarkan lagu bahasa Indonesia saja, mulai sekarang biasakanlah dirimu untuk menonton film dan mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Amati dialog dan lirik lagunya, serta jangan lupa juga untuk membiasakan diri untuk menerjemahkannya sendiri.

Apabila kamu sudah memiliki kebiasan yang ada hubungannya dengan bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan effort dari kebiasaan itu menjadi sesuatu yang menyempurnakan usahamu dalam belajar grammar bahasa Inggris. 

4. Bertanya dan Mencari Jawaban dari Pertanyaannya

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaanya. Semakin banyak pertanyaan dan jawaban yang kamu dapatkan atau kamu pecahkan, maka akan semakin baik pula literasi dan pemahamanmu mengenai grammar bahasa Inggris. 

Sebagai contoh, sebutlah past continuous tense, kamu harus mengetahui bahwa tenses tersebut hanya digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sedang terjadi di masa lampau. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan waktu dalam tenses itu berbeda beda. Kamu harus tahu kapan tenses itu digunakan, apakah pada waktu lampau, waktu sekarang, atau waktu yang akan datang.

Jangan lupa untuk membuat catatan kecil yang memuat pertanyaan serta catat pula jawabanya. Buatlah catatan yang menarik agar bisa membuatmu semakin semangat dalam belajar grammar bahasa Inggris.

perempuan sedang membaca buku
Image by Freepik

5. Perbanyak Bacaan yang Mempunyai Susunan Grammar Bagus

Kamu bisa mulai mencari dan membaca buku atau artikel berbahasa Inggris untuk menguasai grammar Bahasa Inggris. Seperti yang diketahui, buku atau artikel memiliki susunan kalimat yang baku, sehingga dengan membacanya akan membuatmu terbiasa dengan grammar yang benar.

Tambah dan terus perbanyak bacaanmu untuk mencapai hasil belajar bahasa Inggris yang maksimal dan sempurna.

6. Sediakan Kamus

Tidak dielakkan lagi, bahwa kamus menjadi salah satu bagian penting yang menemani perjalananmu dalam belajar grammar bahasa Inggris. Selain kamus dalam bentuk buku, kamu juga bisa mengunduh aplikasi kamus yang dapat digunakan saat online/offline. Cari dan temukan kosakata kosakata baru atau kosakata asing yang kurang kamu pahami artinya melalui kamus.

Kamus tidak hanya sekedar menjadi jendelamu, tetapi juga akan menjadi pintu yang bisa mengantarkan keberhasilanmu belajar bahasa Inggris.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

7. Sharing dengan Teman yang Jago Bahasa Inggris

Katanya, ada masanya ‘berdua lebih baik daripada sendiri’. Mungkin disinilah kata kata itu cocok digaungkan. Untuk memaksimalkan langkahmu dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa sharing dengan teman yang pandai bahasa Inggris.

Manfaat dari sharing dengan teman adalah membantumu mengetahui letak kesalahan kesalahan yang kalian lakukan dalam menyusun kalimat. Selain bisa saling mengoreksi, sharing dengan teman yang pandai bahasa Inggris juga akan membuat wawasanmu lebih cepat berkembang.

8. Gunakan Kecanggihan Teknologi

Teknologi yang semakin canggih dan modern harus dipergunakan semaksimal dan sebaik mungkin, salah satunya bisa kamu terapkan dalam belajar grammar bahasa Inggris. Kemajuan teknologi internet bisa memudahkan jalanmu dalam mendapatkan informasi apa saja. Kamu tinggal mengetikkan sesuatu pada kolom pencarian google, maka kamu akan menemukan apa yang kamu cari.

Manfaatkan juga kecanggihan teknologi ini untuk membantumu belajar grammar bahasa Inggris lebih mudah. Dewasa ini, teknologi sudah merambah ke dunia pendidikan, ada yang namanya educational technology, kamu bisa memanfaatkannya untuk kursus bahasa Inggris online.

9. Praktikkan!

Tips kesembilan yang bisa kamu aplikasikan saat belajar grammar bahasa Inggris adalah “praktikkan!” praktikkan secara langsung ilmu ilmu yang sudah kamu pelajari melalui sebuah percakapan atau bisa juga dituangkan dalam sebuah tulisan. 

Bagian “praktik” ini akan menjadi penyempurna langkahmu dalam belajar grammar bahasa Inggris karena apabila yang kamu pelajari tidak kamu praktikkan maka semuanya bisa saja sia sia atau hilang begitu saja. 

Ada tiga praktik yang bisa kamu jalani:

  1. Think: ingatlah teori teori tentang grammar yang sudah kamu pelajari, keep dan simpan baik baik di memorimu. 
  2. Write down: cobalah untuk menulis kalimat dengan grammar yang benar, menulis akan membantu ingatanmu mencari teori apa yang sudah ada di ingatannya. 
  3. Talk: ucapkan kalimat yang ada dalam ingatanmu dan kalimat yang sudah kamu tulis tadi. Nah, karena suara bisa hilang setelah diucapkan, kamu bisa mengabadikannya melalui sebuah rekaman. Jadi, ketika kamu ingin mendengarkan apa yang sudah kamu ucapkan dan kamu juga bisa mengoreksi apabila ada kesalahan.
tips belajar grammar
Image by tirachardz on Freepik

Rekomendasi Buku tentang Grammar Bahasa Inggris

Selain dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu juga bisa meningkatkan kemampuanmu dalam grammar bahasa Inggris melalui buku. Nah, berikut adalah rekomendasi buku tentang grammar bahasa Inggris dalam bahasa Indonesia untuk kamu yang ingin lebih mahir soal grammar

1. Master Of Grammar TOEFL, TOEIC, IELTS, EAP

Penulis: Kent Ang-Zie
Penerbit: Magenta Media
Harga: Rp120.000

Buku grammar ini berisi ringkasan materi dan pembahasan lengkap tata bahasa Inggris, daftar kosakata dan pengucapannya, serta Idiomatic Expression. Keunggulan utama buku ini adalah latihan soal untuk berbagai ujian bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC, IELTS, dan EAP. 

Selain itu, buku ini juga dilengkapi bonus CD dan aplikasi android yang berisi simulasi ujian TOEFL, TOEIC, dan simulasi psikotes TPA+TBS. Selain itu juga ada audio listening dan e-book IELTS sehingga sudah sangat lengkap. 

2. English Skills Booster: Grammar, Tenses, Vocabulary, Conversation

Penulis: M. Furqon, M.Pd. & Desi Sugiarto, M.Pd.
Penerbit: Damigo Books
Harga: Rp129.000 

Jika kamu mencari buku grammar yang tidak berkaitan dengan ujian-ujian bahasa Inggris, buku English Skills Booster ini sangat direkomendasikan. Buku ini dibuat khusus untuk memahami tata bahasa, tenses, kosakata, dan juga percakapan bahasa Inggris secara otodidak. 

Pembelian buku ini juga disertai paket video dan audio pembelajaran dan juga aplikasi edukatif kosakata dan percakapan. Kamu juga akan mendapatkan e-book TOEFL yang berisi pemahaman dasar dan soal-soal latihan. 

Makin Jago Grammar dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

3. Easy English Grammar 

Penulis: Rachmat Faisyal, M.PD
Penerbit: Kuttab
Harga: Rp85.000

Buku ini adalah buku tentang grammar yang ramah dan mudah dipahami oleh pemula. Bagi kamu yang ingin mempelajari grammar sebagai modal awal belajar bahasa Inggris, buku ini layak kamu pertimbangkan. 

Materi tata bahasa Inggris dalam buku ini terbilang mudah, lengkap, dan bertahap dengan contoh yang aplikatif dan kontekstual. Selain itu, ada pula latihan soal yang disertai kunci jawaban sehingga mudah untuk belajar sendiri. 

4. Anti Grammar Grammar Book

Penulis: Denisio Perez (guruku Mr. D)
Penerbit: Asoka Aksara
Harga: Rp101.000

Apakah kamu tipe yang ingin menguasai bahasa Inggris tapi terlanjur takut dan malas untuk belajar grammar? Jika iya kamu mungkin perlu membeli buku ini, untuk melawan ketakutan dan kekhawatiran dalam mempelajari grammar

Penulis buku ini sendiri adalah native speaker asal Amerika yang merupakan pengajar bahasa Inggris. Anti Grammar Grammar Book akan memberimu perspektif baru tentang belajar grammar bahasa Inggris dari sudut pandang penutur asli. 

perempuan belajar dengan laptop
Image by jcomp on Freepik

5. Smart Master English Grammar

Penulis: Angela Tata S.S, M.A
Penerbit: Scritto Books
Harga: Rp75.000

Rekomendasi buku grammar selanjutnya khusus untuk kamu yang ingin belajar tata bahasa Inggris dari dasar-dasarnya. Buku ini dilengkapi pembahasan mengenai tata bahasa, tenses, hingga kosakata yang penting untuk dikuasai pemula. 

Selain grammar, buku ini juga dilengkapi cara fasih kosakata bahasa Inggris serta tips dan trik lainnya yang tidak diajarkan di sekolah. Ada pula aplikasi tes TOEFL dan bonus audio listening untuk menguji kemampuanmu dengan latihan. 

Tempat Belajar Grammar Bahasa Inggris

Belajar grammar juga bisa kamu lakukan sendiri dengan memanfaatkan situs yang menyediakan materi grammar bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa situs yang bisa kamu manfaatkan. 

1. EnglishClub (englishclub.com)

English Club adalah situs belajar bahasa Inggris gratis untuk pelajar maupun guru bahasa Inggris yang sudah ada sejak tahun 1997. Kamu bisa belajar grammar secara terstruktur dari situs ini secara mandiri. 

2. Learn English (learngrammar.net)

Tempat belajar grammar yang selanjutnya adalah di situs Learn English. Selain menyediakan materi belajar bahasa Inggris lengkap, kamu juga bisa mengunduh aplikasi “English Grammar Handbook” di Google Play untuk Android. 

3. BBC (bbc.com/learningenglish)

BBC Learning English juga menyediakan materi grammar atau tata bahasa Inggris dari yang mudah hingga yang sulit. Situs ini juga menyediakan materi yang lengkap tentang grammar untuk berbagai level. 

4. Cakap (cakap.com)

Untuk lebih memudahkanmu belajar dan menguasai grammar bahasa Inggris, kamu bisa memilih Cakap sebagai tempat belajar, bertanya, dan berbagi. Lewat Kelas Bahasa Inggris Cakap, kamu akan dikenalkan dengan grammar dan segala isinya dengan metode pembelajaran yang efektif, creative, dan tidak biasa biasa saja. Segera bergabung di kelas Bahasa Inggris Cakap, ya! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat