Apa itu Adverb? Ini Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

adverb adalah

Adverb hadir sebagai bagian kelas kata yang mampu untuk memberikan keterangan bagi kelas kata lainnya. Dimana setiap kelas kata memiliki peran bagi kelas kata lainnya, itulah salah satu alasan tersusunnya pola dalam sebuah kalimat yang bisa diterima secara makna dan strukturnya. 

Tanpa kamu sadari, kamu mungkin menggunakan banyak kosakata adverb dalam percakapan bahasa Inggris. Apakah kamu sering bertanya apa itu adverb? Agar lebih paham, cek arti dan contoh kalimat adverb yuk! 

Daftar Isi Penjelasan Apa itu Adverb dan Contohnya

Pengertian Adverb

Untuk dapat mengidentifikasi adverb dengan benar, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu adverb. Adverb adalah kata keterangan, biasanya digunakan untuk menerangkan verb, adjektiva, atau nomina. Adverb memberikan informasi dan menerangkan lebih detail lagi mengenai kelas kata kelas kata lain atau dirinya sendiri.

Ciri pokok dari adverb adalah penggunaan suffix –ly. Adverb juga dapat dicirikan dengan melihat dari kedudukanya dalam sebuah kalimat yang sangat fleksibel, adverb bisa terletak di depan, belakang, atau terpisah dengan kalimat.

Apa perbedaan verb dan adverb?

Banyak yang salah memahami bahwa adverb dan verb adalah hal yang sama. Namun, sebenarnya perbedaan verb dan adverb cukup jelas. Perbedaan verb dan adverb adalah pada jenis katanya. Adverb adalah sebuah kata keterangan yang mengiringi verb, sedangkan verb adalah kata kerja yang digunakan menjelaskan sebuah aktivitas. 

Baca Juga: Affixes (Prefix, Infix, Suffix): Pengertian dan Contoh

Mau tau Cara Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap?

Jenis Adverb dan Contohnya

Agar tidak ada lagi keraguan dalam menentukan adverb serta lebih menguatkan pengetahuanmu tentangnya, simak jenis-jenis adverb lengkap dengan contoh adverb berikut ini. 

Adverb of Time

Adverb of time ini digunakan sebagai kata bantu yang memperjelas tentang waktu. Adverb jenis ini sering muncul sebagai bentuk keterangan waktu, seperti now, tomorrow, soon, dll. Berikut contoh adverb of time dalam sebuah kalimat:

  • I will go to the supermarket tomorrow. (Saya akan pergi ke pasar besok).
  • Andi was going to Africa yesterday. (Andi sudah pergi ke Afrika kemarin).
 

Adverb of Place

Seperti yang kita tahu bahawa adverb adalah kata bantu yang digunakan untuk menerangkan. Adverb of place berfungsi untuk menerangkan lokasi kejadian ataupun sebuah tempat. Adverb yang termasuk dalam adverb of place ini adalah here, there, up, down, dll.

Berikut contoh adverb of place dalam sebuah kalimat:

  • Please put down that book here! (tolong letakkan buku itu di sini!)
  • Oh there you are, sitting still lonely. (Oh kamu di sana, masih duduk sendirian).
 

Adverb of Degree

Adverb of degree digunakan untuk mempertanyakan ukuran intensitas suatu kondisi atau kejadian Adverb yang termasuk dalam adverb ini adalah almost, very, too, just, dll.

Berikut contoh adverb of degree dalam sebuah kalimat:

  • This painting is very beautiful and unique. (Lukisan ini sangat indah dan unik).
  • This cake is nice enough. (Kue ini cukup enak)
 

Baca Juga: Belajar Menggunakan Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjective)

Tingkatkan Peluang Kerja dengan Belajar Bahasa Inggris di Cakap

Adverb of Manner

Apa adverb of manner itu? Adverb of manner adalah kata bantu yang digunakan untuk menerangkan bagaimana kondisi atau peristiwa terjadi. Dibandingkan dengan jenis adverb yang lain, adverb ini memiliki anggota paling banyak. Ciri dari adverb ini adalah penggunaan sufiks –ly.

Berikut contoh adverb of manner dalam sebuah kalimat:

  • Please bring this cakes carefully. (tolong bawa kue ini dengan hati hati).
  • She always tried to smiled sweetly. (Dia selalu mencoba tersenyum dengan manis).
 

Adverb of Frequency

Latest dari uraian jenis jenis adverb adalah adverb of frequency. Adverb adalah kata yang digunakan untuk memberi keterangan lebih jelas lagi, nah kalau adverb ini digunakan untuk memberikan informasi tentang seberapa sering seseorang melakukan sesuatu. 

Tingkat frekuensi dari “tidak pernah, sering sampai dengan selalu” bisa kamu temukan dalam urutan berikut ini: 

– never
– hardly ever
– rarely
– seldom
– occasionally
– sometimes
– often
– always

Berikut contoh adverb of frequency dalam sebuah kalimat:

  • I will always love you. (Aku akan selalu mencintaimu).
  • He has never drunk coffee in his life. (Dia tidak pernah minum kopi dalam hidupnya).
 

Gimana guys? Udah tahu apa itu adverb dan contohnya? Karena kamu sudah tahu mengenai adverb dan contoh contohnya, sekarang kamu bisa menggunakan adverb dengan lebih percaya diri.

Adverb adalah bagian penting dalam parts of speech bahasa Inggris, maka dari itu kamu harus benar benar memahaminya dengan baik. Nah, biar lebih paham mengenai materi kelas kata dalam bahasa Inggris, yuk daftar Kelas Bahasa Inggris Cakap!

Baca juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat