Pelajari Prefix, Suffix, Infix, dan Affix serta Contohnya

prefix

Waktu kamu belajar bahasa Indonesia di bangku SMP atau SMA, kamu pasti pernah bertemu dengan istilah prefix, suffix, dan mungkin infix serta affix. Istilah-istilah tersebut ternyata juga berlaku dalam bahasa lainnya, salah satunya adalah dalam bahasa Inggris. 

Istilah-istilah tersebut berkaitan erat dengan pelajaran tata bahasa atau grammar dan juga morfologi. Meskipun semua istilah tersebut memiliki akhiran yang sama, tetapi ternyata salah satunya, yaitu affix, adalah induk dari prefix, suffix, dan infix. 

Supaya kamu tidak bingung, yuk pelajari kembali tentang istilah-istilah unsur dalam tata bahasa ini!

Les di Cakap Semi Private, Lebih Murah dan Kondusif!

4 Jenis Kalimat Imbuhan Bahasa Inggris

Ada 4 jenis kalimat imbuhan beserta contoh-contohnya dalam bahasa Inggris yang kamu bisa cek dalam penjelasan berikut ini:

1. Affix

Affix adalah elemen yang dapat dibubuhkan pada dasar atau akar kata (root word), baik sebagai awalan atau akhiran. Hasil dari pembubuhan elemen tersebut adalah pembentukan kata baru atau bentuk kata yang baru. 

Sehingga, menjadi induk dari prefix, suffix, serta infix. Seluruh jenis affix tersebut tidak bisa berdiri sendiri dan tidak berupa kata. Contoh affix dalam bahasa Inggris adalah a-, en-, -al, dan -less.

2. Prefix

Istilah prefix berakar dari bahasa Latin, praefixum. Secara singkat arti kata prefix adalah awalan. Terminologi  tersebut berasal dari gabungan dua kata; yaitu prae yang berarti before atau sebelum dan figere yang artinya adalah to fix atau memperbaiki. 

Sederhananya, prefix berarti imbuhan yang dibubuhkan di awal sebuah akar kata untuk membentuk kata baru. Akibat dari pembubuhan prefix adalah pembentukan kata negatif, yakni kata untuk menunjukkan opini atau menandakan pengulangan.

Aturan dalam Pembubuhan Prefix

Aturan yang terpenting ketika menambahkan prefix pada sebuah akar kata adalah untuk tidak mengubah ejaan kata dasarnya. 

Contoh prefix: 

Jenis prefix

Makna prefix

Contoh Kata

anti-

Opposing or against

Anti-corruption

Antiseptic

Antidote

Anticlockwise

auto-

Self

Autograph

Autopilot

bi-

Twice or two

Biennale

Bicycle

circum-

Around or round

Circumstances

Circumvent 

co-

Together or with

Co-production

Co-star

de- 

Opposite action

Defrost

Declutter

dys-

disease

Dyspepsia

Dysentery 

eco-

Related to environment or physical surroundings

Eco-tourism

Eco-friendly 

in-

inside,into

Input

Inject 

inter-

Among, within, between

Internet

Intermission

Interact

intersection

macro

Large scale or long

Macroscopic

Macromolecule 

mis

Incorrect, wrong, wrongly

Miscommunication

Misconception

Misrepresent 

neo-

new

Neolithic

Neonatal 

non-

Not, does not do it

Nonfiction

Nonstick

Non Flying

non-smoker

re-

again

Rearrange

Redeem

Recycle 

semi-

partial

Semi-final

Semicircular

semi-formal

un-

Not, reverse

Uncountable

Undo 

Unable

Unrequited 

under-

beneath, insufficient

Underarm

Underscore

Underrate 

3. Suffix

Layaknya prefix, suffix pun berakar dari bahasa latin, suffix um. Asalnya, dalam bahasa Inggris, arti kata tersebut adalah “to fasten underneath”. Sedangkan maknanya dalam bahasa Indonesia dalam konteks ini adalah “mengikat / memperbaiki yang ada di akhir”. 

Selanjutnya, suffix dan prefix punya perbedaan pada peletakan imbuhan. Suffix merupakan imbuhan yang melekat pada akhir sebuah akar atau dasar kata. Pada dasarnya, suffix ketika melekat pada sebuah akar kata adalah membentuk kata baru dan juga mengubah bentuk suatu kata atau kelas kata. 

Pada kasus prefix, tidak ada jenis spesifik yang disebutnya. Sebaliknya, ternyata suffix memiliki dua jenis utama, lho. 

  • Derivative/turunan yang menyebabkan perubahan kelas kata. Contohnya adalah ketika menambahkan imbuhan -ly pada sebuah kata sifat untuk membentuk kata keterangan. 
  • Inflektive yang menunjukkan perubahan perilaku gramatikal kata yang ditempeli. Contoh sederhananya adalah penambahan imbuhan -s pada sebuah kata benda sehingga terlihat perubahan perilaku gramatikalnya, yaitu dari bentuk tunggal ke jamak.

 

Aturan dalam Pembubuhan Suffix

Serupa dengan prefix, suffix juga  punya aturan yang perlu kamu perhatikan. Pembubuhkan suffix pada sebuah kata mungkin saja mengubah ejaan kata dasarnya. Agar lebih mudah, kamu bisa melihat salah satu contohnya dalam kata-kata yang mengandung suffix –er pada tabel di bawah. 

Di samping itu, ada beberapa peraturan pada penulisan kata setelah menambahkan suffix yang tak kalah penting. Dua diantara aturan-aturan tersebut adalah seperti yang dijelaskan berikut ini. 

1. Menggandakan konsonan 

Aturan ini berlaku untuk akhir sebuah suku katanya berupa huruf l. Penggandaan konsonan terakhir juga berlaku untuk kata yang hanya memiliki satu suku kata saja, contohnya kata fat

2. Aturan untuk kata yang berakhiran huruf e.

Kamu bisa mempertahankan huruf e dalam pengejaan kata, jika huruf e pada kata dasar tersebut asalnya berbunyi setelah membubuhkan suffix. Sebagai contoh, cobalah membubuhkan suffix –ly pada kata love. Ketika kamu membubuhkan suffix  tersebut, huruf e akan berbunyi pada saat kamu mengucapkan kata lovely. Oleh karenanya, kamu bisa tetap menuliskan huruf e tersebut seperti semula. 

Jika setelah kamu bubuhkan suffix, konsonan e menjadi tidak berbunyi maka kamu boleh meniadakan huruf e pada pengejaannya. Kamu dapat menggunakan kata drive  sebagai gambaran lain untuk aturan ini. Pada saat kamu tambahkan suffix –ing, konsonan e dari kata drive tidak berbunyi. Oleh karena itu, kamu bisa menghapus huruf e pada penulisan ejaannya, menjadi driving.  

Contoh Suffix 

Jenis suffix

Makna suffix

Contoh Kata 

-able

Can be done

Avoidable

Readable

Enjoyable 

-tial

Being made or made of

Wooden

Lighten

Harden 

-er

To do something

Banter

Render

Disclaimer 

-er

comparative

Happier

Colder

Friendlier 

Fatter 

-ful

Full of

Peaceful

Colorful

Grateful 

-ance

State or condition

Performance

Appearance

Independance

-acy

State of being something

Efficacy

Candidacy

Privacy 

-ness

State of quality

Fondness

Eagerness

Kindness

Fitness 

-ive

adjective

Attractive

Exhaustive

Supportive 

-ary

Of, or relating to

Documentary

Culinary

Literary 

-ize

bring about a condition or state

Criticize

Hospitalize

Modernize 

-ly

Manner of

Orderly

Friendly

Quickly 

-fy

Make, do

Satisfy

Stupefy      

-ship

State of experience, or position

Ownership

Spaceship

Leadership 

4. Infix

Tipe affix yang terakhir, setelah prefix, suffix, adalah infix. Faktanya, dibandingkan dengan dua saudaranya, Infix merupakan tipe affix yang unik. Cara membubuhkan infix bukan pada awal atau akhir akar atau dasar kata.

Infix adalah imbuhan yang kamu gabungkan di antara, atau di tengah kata-kata lain. Proses penggabungan imbuhan di tengah kata-kata lain ini disebut infixation dalam bahasa Inggris. Hasil dari pembubuhan infix, selain membuat kata baru adalah untuk menekankan makna kata atau gabungan kata-kata.

Sebetulnya, bahasa Inggris jarang menggunakan infix karena biasanya menekankan makna kata-kata yang bersifat informal untuk mengekspresikan sesuatu yang bersifat ofensif.

Contoh Infix

Jenis infix

Makna infix

Contoh penggunaan

-s

plural/jamak

Mothers-in-law

Passersby 

-freakin

emphasis

Fan-freakin’-tastic

abso-freakin’-lutely

Sudah Lebih Paham Tentang Prefix, Suffix, Infix dan Affix?

Sebenarnya, masih ada banyak sekali contoh untuk affix, terutama untuk jenis prefix dan suffix. Beberapa peraturan memang terlihat susah, tetapi setelah kamu praktekan dan terbiasa akan lebih mudah untuk menghafal cara meletakan atau mengeja kata yang mendapat imbuhan tersebut. 

Untuk kamu yang ingin lebih jago menguasai prefix, suffix dan berbagai jenis grammar maupun kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online sesuai dengan kebutuhan kamu.  

Kelas bahasa Inggris di Cakap cocok juga untuk kamu yang butuh mengasah keterampilan ini untuk perkembangan karier, persiapan tes atau sertifikasi bahasa Inggris. Buruan daftar ya!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat