Pahami dengan Mudah Prefix dan Jenis Affix Lainnya

prefix

Ketika kamu di bangku sekolah, kamu pasti pernah belajar mengenai imbuhan ketika mata pelajaran Bahasa Indonesia. Imbuhan bahasa Indonesia seperti pen, di, ter, an, dan masih banyak lagi.

Nah, bahasa Inggris juga punya imbuhan, guys. Biasa disebut affix, imbuhan dalam bahasa Inggris ini memiliki beberapa jenis, salah satunya prefix. Sebelum kamu mengenal apa itu prefix, baiknya kulik dulu mengenai affix atau imbuhan dalam bahasa Inggris.

Affix

Affix atau imbuhan adalah sebuah bunyi atau elemen yang ditambahkan ke dalam sebuah akar kata, baik itu di depan maupun di akhir kata, sehingga membentuk kata baru. Affix memiliki beberapa jenis, diantaranya:

Prefix

Prefix adalah sebuah elemen yang terletak di depan akar kata sehingga dapat membentuk kata baru dengan makna yang berbeda dari asalnya. Prefix biasanya digunakan untuk membentuk kata negatif dan untuk mengungkapkan waktu, tempat, atau cara.

Berikut beberapa contoh prefix yang sering digunakan:

Prefix

Arti

Contoh

Auto-

Sendiri

Automobile

Dis-

Menghilangkan

Disband

Extra-

Lebih

Extraordinary

Il-, Im-, In-

Tidak

Illegal, Imperfect, Informal

Mis-

Salah

Misunderstood

Non-

Tidak

Non-coffee

Re-

Mengulang

Reuse

Sub-

Bawahan, tambahan

Sub-investigator

Pre-

Sebelum

Pre-order

Un-

Menyingkirkan

Unable

Suffix

Berbeda dengan prefix yang terletak di depan akar kata, suffix umumnya terletak di akhir akar kata. Bahkan terkadang suffix mengubah ejaan dari akar kata. Suffix juga lebih variatif dibandingkan prefix. Berikut beberapa contoh suffix:

Suffix

Contoh

-al

Constitutional

-ee

Trainee

-hood

Childhood

-ship

Relationship

-sion

Expression

Les di Cakap Semi Private, Lebih Murah dan Kondusif!

Infix

Bukan di awal kata seperti prefix atau di akhir kata seperti suffix, infix adalah imbuhan yang terletak di tengah kata. Infix juga biasa dikenal sebagai sisipan. Umumnya, infix digunakan di dalam keadaan informal. 

Namun, gak banyak kosakata bahasa Inggris yang menggunakan infix alias infix ini jarang, guys. Contoh infix adalah “-s”, berikut contohnya:

Son-in law

Menantu Laki-laki

Sons-in law

Para Menantu Laki-laki

Infix memilki makna jamak. Dari contoh di atas, kamu bisa melihat kalau kosakata ‘son-in law’ ketambahan infix sehingga menjadi ‘sons-in law’ yang memiliki lebih dari satu menantu.

Itu dia penjelasan mengenai prefix dan jenis affix lainnya. Kamu bisa pelajari lebih lanjut dengan daftar les bahasa Inggris murah di Cakap. Dengan jumlah murid yang terbatas, kamu bisa lebih kondusif belajar. Plus harganya terjangkau, jadi gak perlu khawatir dompet bakal tipis, deh!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks