Vocabulary: Pengertian, Contoh, dan Materi Lengkap

Vocabulary adalah kata bahasa Inggris yang tidak asing di telinga kita, bukan? Banyak yang berkata bahwa vocabulary lebih penting daripada grammar dalam bahasa Inggris. Nah, kali ini kita akan mencari tahu lebih lanjut tentang apa itu vocabulary serta perbedaan vocabulary dengan grammar dalam bahasa Inggris. Check it out! 

Table of Contents

Apa Itu Vocabulary

Vocabulary dalam bahasa Indonesia artinya kosakata. Vocabulary adalah semua kata-kata yang digunakan dalam suatu bahasa secara umum atau bidang tertentu secara khusus. Kata vocabulary sendiri berasal dari kata bahasa Latin yaitu vocabulum yang artinya adalah “to name”, “to call” atau “menamai”. 

Contoh vocabulary dalam bidang tertentu: 


Vocabulary
juga dikenal sebagai wordstock (kumpulan kata), lexicon (leksikon), dan lexis (leksis). Meski demikian, vocabulary berbeda dengan grammar meskipun sama-sama penting dalam bahasa Inggris. Perbedaan vocabulary dan grammar terletak pada pengertian di mana vocabulary adalah kosakata, sedangkan grammar adalah tata bahasa.  

Baik vocabulary dan grammar diperlukan untuk dapat menyusun kalimat bahasa Inggris yang efektif dan efisien. Dengan menguasai vocabulary kamu akan lebih mudah menemukan kata yang tepat sesuai dengan konteks. Sementara dengan menguasai grammar kamu dapat membuat kalimat yang benar secara tata bahasa. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikut Placement Test Cakap, Yuk!

Jenis-jenis Vocabulary

Secara umum, vocabulary dibagi menjadi dua kategori yaitu active vocabulary dan passive vocabulary

Active Vocabulary

Active vocabulary adalah kumpulan kata-kata yang dimengerti dan digunakan ketika berbicara dan menulis dalam kehidupan sehari-hari. 

Passive Vocabulary

Passive vocabulary adalah kata-kata yang mungkin kita kenali, tetapi tidak digunakan secara umum dalam komunikasi normal.  

Expressive vocabulary

Expressive vocabulary adalah kosakata yang kita gunakan untuk mengungkapkan pikiran, yaitu kata-kata yang kita gunakan dalam speaking dan writing

Receptive vocabulary

Receptive vocabulary adalah kosakata yang kita pahami dalam reading dan listening, atau semua kosakata yang kita proses ketika menerima informasi. 

Materi dan Topik Vocabulary 

Dalam mempelajari vocabulary, biasanya kamu juga akan mempelajari beberapa materi atau topik yang berkaitan, yaitu:

  1. Connotations, yaitu makna tambahan pada suatu kata. Misalnya kata blue atau “biru” yang sering digunakan untuk menggambarkan makna kesedihan. 
  2. Synonyms and Antonyms, yaitu kata-kata dengan makna yang sama dan berseberangan. Misalnya clever, smart, dan intelligent yang saling bersinonim dan berarti “pintar”, serta kata true “benar” dan false “salah” yang berantonim satu sama lain. 
  3. Roots of Words, yaitu kata dasar sebelum ditambah awalan dan akhiran. Misalnya kata act yang merupakan kata dasar dari acting dan actor
  4. Prefix and Suffix, yaitu awalan dan akhiran. Misalnya un- pada kata unhappy (prefix) dan -ment pada kata endorsement (suffix).
  5. Phrasal Verbs, yaitu kata kerja yang terdiri dari dua kata. Misalnya kata wake up yang berarti “bangun”. 
  6. Collocations, yaitu kata-kata yang hampir selalu digunakan bersamaan, misalnya kata pay dan attention dalam pay attention
  7. Idioms, yaitu kumpulan kata-kata yang menciptakan makna tertentu yang berbeda dari makna harfiah masing-masingnya. Misalnya it’s a piece of cake yang memiliki makna “itu adalah hal yang mudah”. 

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing

Tips dan Cara Belajar Vocabulary

Menguasai banyak vocabulary memungkinkan kamu untuk menulis dan menyusun kalimat bahasa Inggris yang lebih variatif. Berikut adalah beberapa cara belajar vocabulary secara efektif yang bisa Sobat Cakap terapkan:

1. Perbanyak bacaan bahasa Inggris

Baik itu dalam bentuk buku bahasa Inggris, artikel, dan berita maupun bacaan ringan seperti novel dan komik online. Semakin sering kamu menemukan kosakata baru dan mencari artinya, maka vocabulary-mu akan semakin bertambah. 

2. Manfaatkan media sosial

Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak lepas dari kehidupan kita saat ini. Jika kamu sering menikmati konten dalam bahasa Inggris, biasanya kamu akan lebih terbiasa mendengar dan mengerti konteks dari kosakata baru. 

3. Suka nonton? Ganti Subtitle ke bahasa Inggris

Sobat Cakap yang senang menonton film, series, maupun drama, kamu bisa mengganti subtitle-nya ke dalam bahasa Inggris. Meskipun tontonan tersebut bukan dalam bahasa Inggris, hal ini juga akan membantumu belajar vocabulary bahasa Inggris. 

4. Gunakan permainan kosakata 

Game juga bisa jadi salah satu cara yang dapat membantumu dalam belajar kosakata, lho. Kamu bisa mencoba game berbasis kosakata seperti scrabble maupun permainan lainnya yang mengandung banyak kata-kata seperti permainan bertema detektif. 

5. Buat blog atau jurnal dalam bahasa Inggris

Cara lainnya adalah dengan berlatih menulis jurnal maupun blog dalam bahasa Inggris. Dengan menulis, kamu akan belajar menggunakan kata-kata yang telah kamu pelajari secara aktif serta mencari tahu penggunaannya secara langsung.  

6. Jangan lupa berlatih bicara

Sama halnya dengan berlatih menulis, kamu juga perlu melatih vocabulary yang telah kamu pelajari dengan membicarakannya. Bicara juga akan membantumu untuk lebih menguasai konteks penggunaan suatu kosakata. 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai vocabulary bahasa Inggris, semoga bermanfaat ya! Ingat, vocabulary adalah hal yang penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, jadi pastikan kamu selalu menambah kosakatamu, ya! Selain belajar otodidak, Sobat Cakap juga bisa banget belajar bahasa Inggris di Cakap, lho. Yuk, daftar kursusnya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat