Daftar Lengkap Materi Bahasa Inggris Dasar & Lanjutan Terbaru

Materi Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di berbagai bidang, termasuk pendidikan, bisnis, dan pariwisata. Bingung harus mulai belajar dari mana? Jangan khawatir, karena materi bahasa Inggris lengkap yang kita bahas kali ini cocok untuk kamu yang ingin belajar dari nol.

Materi bahasa Inggris sendiri terdiri dari berbagai macam, mulai dari tata bahasa, kosakata, hingga percakapan. Tujuan belajar bahasa Inggris pun bisa beragam, kamu bisa memilih materi bahasa Inggris sesuai dengan tujuan kamu belajar, bisa untuk sekolah, kerja atau bahasa Inggris secara general di bawah ini. Selamat belajar!

Table of Contents

16 Tenses Bahasa Inggris

Tenses adalah salah satu aspek penting dalam bahasa Inggris. Tenses digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya suatu peristiwa atau tindakan. Ada 16 tenses dalam bahasa Inggris, yang dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu tenses present dan tenses past.

Untuk mempelajari tenses, kamu dapat membaca artikel berikut:

  1. Simple Present Tense
  2. Present Continuous Tense
  3. Present Perfect Tense
  4. Present Perfect Continous Tense
  5. Simple Past Tense
  6. Past Continuous Tense
  7. Past Perfect Tense
  8. Past Perfect Continuous Tense
  9. Simple Future Tense
  10. Future Continuous Tense
  11. Future Perfect Tense
  12. Future Perfect Continuous Tense
  13. Simple Past Future Tense
  14. Past Future Continuous Tense
  15. Past Future Perfect Tense
  16. Past Future Perfect Continuous Tense

 

Jenis-jenis Text dalam Bahasa Inggris

Selain tenses, ada juga jenis-jenis text yang perlu kamu pelajari dalam bahasa Inggris. Jenis-jenis text ini dibedakan berdasarkan tujuan dan strukturnya. Ada beberapa jenis text dalam bahasa Inggris, yaitu:

Untuk mempelajari masing-masing jenis text, kamu bisa klik bagian yang ditebalkan dari list di atas, ya!

Grammar

Grammar adalah tata bahasa yang mengatur penggunaan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Grammar penting untuk dipelajari agar kamu dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris.

Meskipun kata orang grammar seringkali sulit, tapi tidak perlu takut karena mempelajari grammar tidak sesusah itu kok!

Yuk cek materinya disini: Belajar Grammar Bahasa Inggris dari Nol.

Materi TK

Untuk anak-anak usia TK, materi bahasa Inggris yang perlu dipelajari antara lain:

  • Huruf dalam Bahasa Inggris atau Alphabet
  • Warna dalam Bahasa Inggris
  • Nama-nama hewan
  • Anggota keluarga
  • Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris

Materi ini juga cocok dipelajari anak berumur 3 tahun atau sekelas PAUD. Kumpulan materi tersebut bisa dipelajari pada artikel berikut: Materi Dasar Bahasa Inggris untuk Anak TK & PAUD Lengkap.

Materi SD

Di Indonesia sendiri materi bahasa Inggris SD disesuaikan di tiap-tiap kelasnya. Namun materi dasar yang bisa dipelajari di antaranya: 

  • Mengenal tenses dasar
  • Mengenal jenis-jenis text
  • Mengenal kosakata dan tata bahasa dasar
  • Membaca dan menulis bahasa Inggris

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca detail pelajaran Bahasa Inggris SD di masing-masing tingkatan kelas dan sudah terbagi per semesternya pada panduan ini: Materi Bahasa Inggris SD Kelas 1 sampai 6 Terbaru Lengkap.

Materi SMP

Pada tingkat SMP, siswa akan mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris, seperti tata bahasa, kosakata, dan percakapan. Materi ini penting untuk dikuasai agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh materi bahasa Inggris yang dipelajari di SMP:

  • Tenses, parts of speech, dan grammar rules
  • Vocabulary related to everyday life and school subjects
  • Basic conversation skills

Cek artikel berikut untuk materi lengkap bahasa Inggris SMP per tingkatan kelas: Rangkuman Materi Bahasa Inggris SMP Kelas 7–9 Lengkap.

Materi SMA

Di SMA, siswa akan mempelajari materi bahasa Inggris yang lebih kompleks, seperti grammar lanjutan, kosakata tingkat lanjut, dan keterampilan menulis. Materi ini penting untuk dikuasai agar siswa dapat berkomunikasi dan berekspresi secara efektif dalam bahasa Inggris.

Berikut adalah beberapa contoh materi bahasa Inggris yang dipelajari di SMA:

  • Advanced grammar, termasuk conditionals and indirect speech.
  • Vocabulary, termasuk academic and technical terms.
  • Academic writing, seperti essays and research papers.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi bahasa Inggris SMA, kamu dapat mengunjungi artikel berikut: Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 10, 11, 12 Terbaru Lengkap.

Materi Dunia Kerja & Professional

Dunia kerja dan profesional adalah dua bidang yang sangat kompetitif. Untuk dapat bersaing, kamu perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan, salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah bahasa bisnis global yang bisa digunakan dalam dunia kerja, seperti wawancara kerja, presentasi, dan komunikasi dengan rekan kerja atau klien dari berbagai negara.

Jika kamu tertarik mempelajari materi bahasa Inggris di dunia kerja, berikut adalah beberapa materi yang dapat membantu.

Alasan Belajar Bahasa Inggris untuk Karier

  •  

Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja

  •  

Interview Bahasa Inggris

  •  

Percakapan Bahasa Inggris di Dunia Kerja

  •  

Bahasa Inggris untuk Bisnis & Kerja Sehari-hari

 
Klik materi yang ingin kamu pelajari untuk melihat detailnya!
  •  

Bahasa Inggris untuk BUMN & CPNS

Di Indonesia, penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan penting untuk mengikuti seleksi penerimaan pegawai di BUMN dan CPNS. Hal ini dikarenakan sering kali instansi akan melakukan kerjasama dengan mitra internasional atau melakukan kegiatan di luar negeri. 

Pelamar BUMN dan CPNS diwajibkan memiliki sertifikat dari tes bahasa Inggris TOEFL dengan nilai minimal tertentu. Berikut penjelasan mengenai materi yang dikuasai untuk kedua instansi tersebut. 

BUMN

Tes bahasa Inggris BUMN terdiri dari tiga bagian, yaitu listening comprehension, reading comprehension, dan grammar. Cek arahan berikut untuk lebih lengkapnya: Contoh Soal, Sesi, dan Tips Sukses Tes Bahasa Inggris BUMN.

CPNS

Dalam seleksi CPNS, kemampuan bahasa Inggris diuji melalui tes TOEFL. Tes TOEFL ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kamu dalam hal membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Cari tau informasi lengkapnya disini: 13 Instansi Wajib Syarat TOEFL untuk CPNS dan Minimal Skornya.

Materi TOEFL

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini terdiri dari empat bagian, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Untuk mempelajari materi TOEFL lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman berikut: 12 Materi TOEFL Grammar Terlengkap.

Demikianlah materi bahasa Inggris lengkap yang bisa dipelajari. Dengan mempelajari materi-materi tersebut, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan menggunakannya dalam berbagai situasi. 

Mendapati kesulitan dengan belajar sendiri? Tidak perlu khawatir kamu bisa bergabung di Cakap Club Bahasa Inggris secara GRATIS atau mengikuti kursus bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhanmu di Cakap. Cek alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Inggris di Cakap dahulu, yuk: Kenapa Cakap Cocok untuk Tempat Kursus Bahasa Asing Kamu

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat