12 Materi TOEFL Grammar Terlengkap, Cocok untuk Pemula!

materi toefl

Test Of English as a Foreign Language atau TOEFL adalah salah satu ujian bahasa Inggris internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggrismu. Ujian ini dibutuhkan untuk keperluan studi maupun profesional yang berkaitan dengan bahasa Inggris. TOEFL menguji aspek-aspek berbahasa Inggris mulai dari Reading, Listening, Writing, hingga Speaking. Salah satu materi TOEFL yang penting kamu kuasai adalah tentang tata bahasa atau grammar. Kira-kira apa saja ya pembahasannya? Yuk, cari tahu! 

Table of Contents

Nah, berikut adalah materi TOEFL terkait grammar / tata bahasa yang penting untuk kamu kuasai. Yuk, bahas! 

materi toefl grammar

Verb Tenses

Pahami dan gunakan dengan tepat berbagai bentuk keterangan waktu dalam tenses, seperti present simple, present continuous, present perfect, past simple, past continuous, past perfect, future simple, dan future perfect. Perhatikan kapan setiap tenses digunakan dengan tepat serta tanda-tanda yang mengindikasikan penggunaannya.

  • She has already read the book before going to bed. (Salah) 
  • She had already read the book before going to bed. (Benar)

Lebih lanjut kamu bisa mempelajari bentuk-bentuk tenses di sini: 16 Tenses Bahasa Inggris dengan Contoh dan Rumusnya Lengkap

Subject-Verb Agreement

Pastikan subjek dan verba dalam sebuah kalimat sesuai dalam hal jumlah dan orang. Pahami aturan untuk subjek tunggal (singular) dan jamak (plural) serta gunakan bentuk verba yang sesuai. 

Contoh: 

  • The dog bark loudly. (Salah)
  • The dog barks loudly. (Benar)

Materi singular dan plural bisa kamu baca selengkapnya disini : Arti, Contoh, dan Perbedaan Singular & Plural 

Sentence Structure

Kenali berbagai struktur kalimat seperti kalimat sederhana (simple), kalimat majemuk (compound), dan kalimat kompleks (complex). Latihlah membuat kalimat dengan urutan kata dan tanda baca yang benar.

Contoh: 

  • I like reading books and to write stories. (Salah)
  • I like to read books and write stories. (Benar)

Pelajari lebih lanjut compound sentence di sini: Contoh Compound Sentence serta Arti dan Cara Penggunaan

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Articles

Pahami aturan penggunaan artikel pasti (definite article “the”) dan artikel tak tentu (indefinite articles “a” dan “an”) dengan benar. Ketahui kapan penggunaan artikel diperlukan dan kapan tidak perlu.

Contoh: 

  • I would like to buy pencil. (Salah)
  • I would like to buy a pencil. (Benar)

     

Perbedaan “a” dan “an” bisa kamu pelajari disini : Contoh & Penggunaan A, An, The

Pronouns

Pahami dan gunakan pronouns atau kata ganti dengan benar, seperti kata ganti orang (personal pronouns, misalnya: I, you, he, she, it), kata ganti kepemilikan (possessive pronouns, misalnya: mine, yours, his, hers, its), kata ganti refleksif (reflexive pronouns, misalnya: myself, yourself), dan kata ganti penghubung (relative pronouns, misalnya: who, which, that).

Contoh: 

  • Us went to the cinema together. (Salah)
  • We went to the cinema together. (Benar)

Ada 7 jenis pronouns yang bisa dipelajari disini : Materi Pronoun dan Contohnya

Prepositions

Kamu wajib mempelajari kata depan umum beserta penggunaannya dalam berbagai konteks. Perhatikan penggunaan kata depan waktu (at, in, on), tempat (at, in, on), arah (to, from), dan cara (by, with).

Contoh: 

  • The book is at the table. (Salah)
  • The book is on the table. (Benar)
 
 

Modifiers

Pahami cara menggunakan kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb) secara tepat untuk memodifikasi kata benda dan kata kerja. Perhatikan penempatan kata sifat dan kata keterangan dalam kalimat.

Contoh: 

  • They spoke in the library quietly. (Salah)
  • They spoke quietly in the library. (Benar)

Ambil Simulasi TOEFL Tes di Cakap Sekarang!

Sentence Agreement

Pastikan semua elemen dalam sebuah kalimat (misalnya, kata ganti, artikel, kata sifat) sesuai dalam hal jumlah, gender, dan kasus.

Contoh: 

  • Anna and her sister is carrying their bag. (Salah)
  • Anna and her sister are carrying their bags. (Benar)

Pelajari selengkapnya disini: Materi Subject Verb Agreement dengan Contoh Kalimatnya

Conditional Sentences

Pahami dan gunakan berbagai bentuk conditional sentences, termasuk zero conditionals, first conditionals, second conditionals, dan third conditionals. Perhatikan bentuk kata kerja dan struktur yang digunakan dalam setiap tipe.

Contoh:

  • If I study hard, I would achieve high grades. (Salah)
  • If I study hard, I will achieve high grades. (Benar)

Materi conditional sentences bisa dibaca disini: Rumus & Contoh 4 Conditional Sentence

Word Forms

Kuasai berbagai bentuk kata, termasuk kata benda (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective), dan kata keterangan (adverb). Perhatikan perubahan akhiran kata tergantung pada konteks penggunaannya.

Contoh: 

  • He is a talent writer. (Salah) 
  • He is a talented writer. (Benar)

Comparatives and Superlatives

Pelajari juga cara membandingkan hal-hal yang berbeda menggunakan bentuk perbandingan (comparative) dan bentuk paling tinggi (superlative) dari kata sifat dan kata keterangan. 

Contoh: 

  • The book is more thick than the other books. (Salah) 
  • The book is thicker than the other books. (Benar)

Reported Speech

Kamu juga wajib menguasai cara memberikan pernyataan, pertanyaan, perintah, dan permintaan dalam kalimat tak langsung atau reported speech. Perhatikan perubahan bentuk kata kerja, kata ganti, dan ekspresi waktu.

Contoh: He said, “I am happy to learn English.”

Reported Speech: He said that he was happy to learn English.

Nah, demikianlah beberapa materi TOEFL terkait grammar atau tata bahasa yang wajib sudah kamu kuasai sebelum mengambil ujian TOEFL. Agar persiapan ujian kamu lebih baik, kamu juga bisa mengambil beberapa  persiapan berikut:

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.