Cara Belajar TOEFL untuk Pemula Otodidak dan Tips Jitunya

cara-belajar-toefl
5 Tips Jitu Maksimalkan Cara Belajar TOEFL Otodidak

Tes TOEFL adalah ujian bahasa Inggris untuk orang-orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Tentunya untuk mendapatkan minimal skor atau skor tinggi TOEFL, kita perlu belajar TOEFL dengan efektif. Sedikit informasi, sertifikat hasil ujian TOEFL akan dibutuhkan untuk berbagai hal, seperti study abroad hingga syarat wajib untuk CPNS, lho! Nah, bagi kamu yang ingin yang ingin mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, simak cara belajar TOEFL untuk pemula pada artikel berikut ini!

Cara Belajar TOEFL untuk Pemula Otodidak

Sebelum mengikuti ujian TOEFL kamu tentu telah menentukan target yang harus dicapai, bukan? Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu dapat menerapkan tips berikut ini sehingga target skormu dapat tercapai. Semua tips di bawah ini bisa kamu lakukan secara otodidak, lho! Baca sampai habis ya!

Dapat Tips & Materi Lengkap dari Tutor di Kelas Persiapan TOEFL

1.  Ukur Kemampuan TOEFL mu Saat ini

Pertama-tama kita harus mengukur kemampuan kita saat ini. Kenapa?

Agar kita tahu kurangnya dimana, apa yang perlu di pelajari dan bagaimana kita mencapai target skor TOEFL yang ingin kita capai.

Kamu bisa menggunakan Simulasi TOEFL ini.

Kerjakan dengan sungguh-sungguh agar hasil akhirnya akurat dan bisa kamu jadikan bahan evaluasi pembelajaran.

2. Tambah Vocabulary dengan Membaca Setiap Hari

Hal Berikutnya yang harus kamu gencarkan jika ingin lulus tes TOEFL dengan nilai tinggi adalah dengan menambah vocabulary. Perbanyak kosakata bahasa Inggris kamu dengan menyempatkan waktu untuk membaca setiap harinya. Kamu dapat membaca berita atau artikel berbahasa Inggris, hingga buku fiksi seperti novel setidaknya selama 30 menit per hari. Sebagai tips, menghafal vocabulary seperti kata adjective contohya lebih mudah jika dengan mendaftar antonim atau sinonim Bahasa Inggris terlebih dahulu. 

Baca artikel berikut untuk perkaya vocabulary-mu: 101 Kosakata Bahasa Inggris dan Artinya

3. Berlatih Listening dengan Mendengarkan Podcast

Listening adalah bagian dalam ujian TOEFL yang mengharuskan kamu mendengarkan pembicaraan bahasa Inggris dari penutur asli. Oleh karena itu, kamu perlu membiasakan telingamu untuk mendengarkan bagaimana penutur asli berbicara. Dalam hal ini, kamu bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris untuk berbagai topik mulai dari berita hingga komedi untuk meningkatkan listening skill kamu

Belajar listening TOEFL disini: Tips Listening TOEFL Bahasa Inggris Anti Gagal 

4. Tingkatkan Kemampuan Mencatat Informasi

Sesi listening dalam ujian TOEFL hanya diputar satu kali, sementara kamu harus harus mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan. Oleh karena itu, kamu harus meningkatkan kemampuanmu dalam mencatat poin-poin penting pembicaraan yang kamu dengarkan. Dengan kemampuan mencatat ini, kamu akan sangat terbantu dalam mengerjakan soal-soal. 

4. Latihan Menulis Essay

Salah satu kemampuan yang diujikan dalam TOEFL adalah bagaimana menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan. Latihlah dirimu untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan baik dan benar. Selain itu, kamu juga perlu berlatih menulis dalam waktu singkat, karena sesi writing dalam ujian TOEFL hanya diberi waktu 50 menit.  Kamu bisa mulai membuat catatan tentang materi atau topik yang membuatmu kesulitan dalam bahasa Inggris untuk kamu pelajari lebih lanjut.

Ikuti artikel berikut : Panduan Menulis Essay Bahasa Inggris Lengkap untuk Pemula

6. Pelajari Materi TOEFL dari Sekarang

Pada tes TOEFL ada beberapa materi yang akan diujikan. Materi tersebut dikembangkan dalam berbagai jenis implementasi soal, seperti listening dan reading. Kalau kamu masih bingung materi TOEFL apa yang akan diujikan, kamu bisa mengecek contoh materi yang ada pada artikel berikut terlebih dahulu : 12 Materi TOEFL Grammar Terlengkap, Cocok untuk Pemula!

7. Perbanyak Latihan Mengerjakan Soal

Cara belajar TOEFL yang selanjutnya adalah berlatih semua aspek kompetensi secara keseluruhan dengan mengerjakan soal latihan. Dengan berlatih mengerjakan soal, kamu akan membiasakan diri dengan suasana ujian yang terkadang membuat tegang. Meski demikian, kamu akan segera terbiasa dengan suasana tersebut dan menjadi siap saat ujian sebenarnya nanti.

Ambil Simulasi TOEFL GRATIS di Cakap Sekarang!

Cara Memaksimalkan Skor TOEFL

Selain kelima cara diatas, cara belajar TOEFL juga dapat kamu lakukan dengan bantuan tutor yang menggunakan program yang dirancang khusus sesuai kebutuhan. Dengan mengambil kursus persiapan TOEFL kamu akan dibantu untuk belajar dengan lebih terstruktur dalam mencapai target skor yang kamu harapkan. Meskipun tidak secara otodidak, namun cara ini dianggap lebih efektif sehingga meminimalkan risiko gagal dalam ujian. 

Sudah tahu belum kalau kamu bisa ambil kursus persiapan TOEFL ujian bahasa Inggris, termasuk TOEFL di Cakap? Ada kelas privat persiapan TOEFL di mana kamu akan dibantu oleh Teacher profesional yang sudah berpengalaman. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bank soal untuk membantumu berlatih secara mandiri. Tunggu apa lagi, unduh aplikasi Cakap di App Store dan Play Store sekarang juga yuk! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.