5 Tips Jitu Maksimalkan Cara Belajar TOEFL Otodidak

cara-belajar-toefl

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL adalah tes atau ujian bahasa Inggris yang dikhususkan untuk orang-orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Ada banyak hal yang membuatmu membutuhkan sertifikasi internasional ini, misalnya pendidikan ke luar negeri dan pekerjaan, termasuk CPNS, lho! Nah, bagi kamu yang ingin yang ingin mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, simak tips dan trik dalam artikel ini ya!

5 Tips Jitu Maksimalkan Cara Belajar TOEFL Otodidak

Sebelum mengikuti ujian TOEFL kamu tentu telah menentukan target yang harus dicapai, bukan? Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu dapat menerapkan tips berikut ini sehingga target skormu dapat tercapai. Semua tips di bawah ini bisa kamu lakukan secara otodidak, lho! Baca sampai habis ya!

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

1. Tambah Vocabulary dengan Membaca Setiap Hari

Hal pertama yang harus kamu gencarkan jika ingin mendapatkan skor TOEFL yang diharapkan adalah dengan menambah vocabuary. Perbanyak kosakata bahasa Inggrismu dengan menyempatkan waktu untuk membaca setiap harinya. Kamu dapat membaca berita atau artikel berbahasa Inggris, hingga buku fiksi seperti novel setidaknya selama 30 menit per hari. 

2. Berlatih Listening dengan Mendengarkan Podcast

Listening adalah bagian dalam ujian TOEFL yang mengharuskan kamu mendengarkan pembicaraan bahasa Inggris dari penutur asli. Oleh karena itu, kamu perlu membiasakan telingamu untuk mendengarkan bagaimana penutur asli berbicara. Dalam hal ini, kamu bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris untuk berbagai topik mulai dari berita hingga komedi. 

3. Tingkatkan Kemampuan Mencatat Informasi

Sesi listening dalam ujian TOEFL hanya diputar satu kali, sementara kamu harus harus mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan. Oleh karena itu, kamu harus meningkatkan kemampuanmu dalam mencatat poin-poin penting pembicaraan yang kamu dengarkan. Dengan kemampuan mencatat ini, kamu akan sangat terbantu dalam mengerjakan soal-soal. 

4. Latihan Menulis Essay

Salah satu kemampuan yang diujikan dalam TOEFL adalah bagaimana menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan. Latihlah dirimu untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan baik dan benar. Selain itu, kamu juga perlu berlatih menulis dalam waktu singkat, karena sesi writing dalam ujian TOEFL hanya diberi waktu 50 menit.  

5. Perbanyak Latihan Mengerjakan Soal

Cara belajar TOEFL yang selanjutnya adalah berlatih semua aspek kompetensi secara keseluruhan dengan mengerjakan soal latihan. Dengan berlatih mengerjakan soal, kamu akan membiasakan diri dengan suasana ujian yang terkadang membuat tegang. Meski demikian, kamu akan segera terbiasa dengan suasana tersebut dan menjadi siap saat ujian sebenarnya nanti. 

Tingkatkan Peluang Kuliah di Eropa dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Cara Lain Memaksimalkan Skor TOEFL

Selain kelima cara diatas, cara belajar TOEFL juga dapat kamu lakukan dengan bantuan tutor yang menggunakan program yang dirancang khusus sesuai kebutuhan. Dengan mengambil kursus persiapan TOEFL kamu akan dibantu untuk belajar dengan lebih terstruktur dalam mencapai target skor yang kamu harapkan. Meskipun tidak secara otodidak, namun cara ini dianggap lebih efektif sehingga meminimalkan risiko gagal dalam ujian. 

Sudah tahu belum kalau kamu bisa ambil kursus persiapan ujian bahasa Inggris, termasuk TOEFL di Cakap? Ada kelas privat persiapan TOEFL di mana kamu akan dibantu oleh Teacher profesional yang sudah berpengalaman. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bank soal untuk membantumu berlatih secara mandiri. Tunggu apa lagi, unduh aplikasi Cakap di App Store dan Play Store sekarang juga yuk! 

Baca juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks