4 Cara Seru Tingkatkan Skill Listening Bahasa Inggris Kamu!

cara meningkatkan listening skill
Photo by cottonbro from Pexels

Salah satu skill dalam mempelajari bahasa Inggris adalah listening atau kemampuan mendengarkan. Selain reading, writing, dan speaking, kemampuan listening juga menjadi hal yang perlu kamu tingkatkan dalam mempelajari bahasa Inggris. Pasalnya, semakin baik kemampuan mendengarmu, akan semakin baik pula kemampuan berbicaramu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan listening. Apalagi, di zaman sekarang banyak sekali platform atau media yang dapat membantumu untuk meningkatkan kemampuan listening. Yuk, simak berbagai cara untuk meningkatkan skill listening bahasa Inggris!

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling menyenangkan untuk meningkatkan skill listening. Kamu bisa mendengarkan lagu dengan genre yang kamu sukai dalam bahasa Inggris. Kemudian, ketika mendengarkan lagu tersebut, cobalah untuk membuat notes dari kata-kata yang kamu dengar tanpa melihat lirik asli dari lagu tersebut. 

Jika sudah selesai, cocokkan lirik yang telah kamu tulis dengan lirik asli dari lagu tersebut. Tandai kesalahanmu dan lihat berapa banyak kesalahan yang kamu buat. Semakin sedikit kesalahanmu, maka semakin baik kepekaanmu dalam mendengarkan. Selain meningkatkan skill listening, kamu juga bisa menambah perbendaharaan katamu dengan cara ini. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Nah, selain lagu, kamu juga bisa meningkatkan skill listening dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Tidak seperti film, podcast adalah media yang bisa didengarkan dimana saja dan kapan saja. Kamu bisa mendengar podcast sambil menyetir, beristirahat, olahraga, membersihkan rumah, menunggu sesuatu, dan lain sebagainya.

Carilah podcast dengan topik atau tema yang paling kamu sukai agar kamu lebih semangat dalam mendengarkannya. Biasakanlah dirimu untuk mendengar podcast berbahasa Inggris. Dengan begitu, telingamu akan semakin peka dalam mendengarkan percakapan maupun monolog bahasa Inggris.

Menonton Film Bahasa Inggris

Kamu masih menonton film bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia? Sekarang saatnya kamu beralih menggunakan subtitle bahasa Inggris. Dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris, kamu akan belajar untuk mendengarkan pengucapan kata yang tepat dalam bahasa Inggris.

Banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk menonton film secara online. Pilihlah film dengan genre yang kamu sukai, kemudian gunakan subtitle bahasa Inggris. Kamu bisa mengidentifikasi cara pengucapan kata-kata baik yang sudah kamu ketahui dan yang masih asing di telingamu. Dengan begitu, perbendaharaan katamu juga akan semakin bertambah!

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Berbicara Langsung dalam Bahasa Inggris

bicara langsung bahasa inggris
Image by StockSnap from Pixabay

Cara ini memang biasanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan speaking. Namun, dengan berbicara langsung dalam bahasa Inggris kamu juga bisa melatih kemampuan listening, lho. Di dalam sebuah percakapan, tentunya kamu akan berusaha mendengar dan memahami apa yang diucapkan oleh lawan bicaramu.

Selain itu, jika lawan bicaramu adalah native speaker, kamu juga bisa belajar bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar. Nah, kalau kamu ingin mencoba meningkatkan kemampuan listening dengan berbicara bahasa Inggris dengan native speaker, kamu bisa gabung ke kursus bahasa Inggris online di Cakap, lho.

Kamu bisa memilih pengajar yang merupakan native speaker! Selain itu, kamu juga akan belajar bersama teman-teman yang juga ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Kamu jadi bisa punya banyak partner untuk melatih kemampuan listening dan speaking. Yuk, gabung sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat