5 Kesulitan Belajar Bahasa Inggris yang Sering Ditemui & Solusinya

kesulitan belajar bahasa inggris

Setiap orang pasti memiliki kesulitan dan kendala masing-masing saat mempelajari bahasa baru, seperti bahasa Inggris. Kendala yang mungkin paling sering ditemui adalah waktu dan hafalan. Namun terlepas dari itu, ada beberapa hal yang menjadi kendala atau kesulitan saat belajar bahasa Inggris, check it out!

Kurang Percaya Diri

Kurang Percaya Diri

Kesulitan belajar bahasa Inggris yang satu ini datang dari diri sendiri. Banyak orang yang merasa takut dan kurang percaya diri untuk memulai percakapan menggunakan bahasa Inggris.

Padahal kunci pertama dalam belajar bahasa Inggris adalah berani dan tidak takut salah.

Sulit Menghafal Grammar

Sulit Menghafal Grammar

Dalam bahasa Inggris, grammar merupakan satu hal yang sangat penting. Di saat kamu memutuskan untuk belajar sebuah bahasa baru, maka kamu harus menguasai tata bahasa dari bahasa tersebut. Cara efektif untuk mengatasi kendala belajar bahasa Inggris satu ini adalah sering berlatih membaca dan menulis dalam bahasa Inggris, sehingga kamu akan menemukan kepekaan benar salahnya grammar dalam suatu kalimat.

Banyaknya Kosakata Bahasa Inggris

Kosakata Bahasa Inggris

Untuk dapat berbicara bahasa Inggris, kamu perlu menghafal banyak kosakata. Terkadang, kendala atau kesulitan belajar bahasa Inggris juga bisa ditemukan di sini. Banyak orang merasa kesulitan menghafal kosakata bahasa Inggris yang semakin hari kian bertambah. Maka dari itu, kamu perlu tahu mana saja kosakata yang harus dihafal.

Pronounciation

Pronounciation

Ketepatan pronounciation atau pelafalan bisa menjadi kendala saat belajar bahasa Inggris, mungkin kamu sudah hafal di kepala, namun sulit untuk melafalkannya. Jika hal ini terjadi padamu, cobalah untuk mendengarkan kamus bahasa inggris elektronik, lalu tiru pelafalannya hingga sesuai.

Tidak Ada Teman Berlatih

berlatih bahasa inggris bersama

Tidak adanya teman untuk sekedar belajar bersama atau mengadakan conversation kecil bisa menghambat proses belajar dan menurunkan semangatmu. Kendala belajar bahasa Inggris yang satu ini bisa kamu atasi dengan cara bergabung dalam komunitas atau mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap.

Itu dia kendala belajar bahasa Inggris yang sering ditemukan. Jika kamu menemukan kendala-kendala di atas, segera atasi dan temukan solusinya, ya!

Sobat Cakap, ada pengumuman penting nih! buat kalian yang ikutan TikTok Competition, wajib banget pantau terus blog.cakap.com ya, karena pengumumannya akan diunggah ke blog Cakap. So, stay tuned!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat