Kamu Wajib Coba! Ini 7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

cara-belajar-bahasa-inggris

Sering kali belajar bahasa Inggris di sekolah atau kampus tidak cukup untuk memperlancar bahasa Inggris, terutama bagi para pekerja profesional. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan strategi khusus untuk memperlancar misi belajar bahasa Inggrismu.

Nah, berikut ini ada 7 cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan di rumah atau di mana saja. Penasaran apa saja tips-tipsnya? Langsung aja yuk, simak ulasannya!

Cara Belajar Bahasa Inggris

Photo from Pexels

Belajar bahasa Inggris merupakan sebuah tantangan tersendiri. Buat kamu yang baru akan mulai belajar bahasa Inggris, yuk, simak tips belajar bahasa Inggris berikut!

1. Rutin Belajar

Jika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Inggris, ingat untuk tidak perlu terburu-buru. Jangan berekspektasi kamu langsung bisa lancar bahasa Inggris setelah belajar selama seminggu. Tentukan goals yang realistis dengan jangka waktu yang spesifik. Kamu bisa mulai belajar dari 30 menit per hari kemudian mulai tambahkan pelan-pelan.

2. Tonton Film dengan Subtitle Bahasa Inggris

Jika kamu masih menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia, saatnya kamu beralih ke subtitle bahasa Inggris! Subtitle bahasa Inggris dapat membantumu untuk belajar menyesuaikan ucapan dan tulisan bahasa Inggris agar kamu lebih fasih.

Sekarang ini banyak sekali platform-platform untuk menonton film secara online. Kamu bisa menggunakan platform yang kamu sukai dan pilih genre film favoritmu.

3. Tulis dan Pahami Lirik Lagu Bahasa Inggris Kesukaanmu

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya bisa lewat lagu-lagu favoritmu, lho. Lagu berbahasa Inggris bisa membantumu untuk lebih memahami kata-kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Sambil bersantai mendengarkan lagu kesukaanmu, kamu bisa sekaligus menambah pemahamanmu akan susunan kalimat dalam bahasa Inggris.

Tulislah lirik lagu berbahasa Inggris tersebut. Setelah itu, cek lirik lagu yang sebenarnya dan artinya di internet. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kemampuan listening dan belajar kata-kata baru!

4. Gabung Komunitas atau Forum

Punya teman yang hobinya sama-sama ingin belajar bahasa Inggris? Kalau jawabannya iya, ini bisa menjadi kesempatanmu untuk berlatih bahasa Inggris. Coba bikin grup belajar kemudian atur jadwal setiap minggunya. Buat peraturan spesifik, misalnya dilarang berbicara bahasa Indonesia selama sesi belajar. 

5. Baca Berita, Artikel dan Buku Berbahasa Inggris

Membaca bacaan berbahasa Inggris bisa menjadi cara ampuh belajar bahasa Inggris. Karena dengan begitu kamu dapat menambah perbendaharaan katamu. Untuk pemula, kamu bisa coba mulai membaca berita atau artikel berbahasa Inggris. Tantang dirimu untuk membaca full bahasa Inggris, misalnya berita online dari Jakarta Post, BBC International News, atau Insider News setidaknya 1 artikel per hari.

6. Menulis dalam Bahasa Inggris

Seiring kamu menonton film, mendengarkan lagu, dan membaca buku berbahasa Inggris, vocabulary kamu tentu akan meningkat. Kalau perbendaharaan katamu sudah banyak, kamu bisa mencoba mengasah kemampuan writing-mu. Kamu bisa coba menulis tentang kegiatan sehari-harimu menggunakan bahasa Inggris.

7. Praktikkan Secara Rutin

Hal yang tidak kalah penting dari belajar bahasa Inggris yaitu mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari. Walaupun secara teori kamu sudah mengetahui dasar-dasarnya, kalau tidak dipraktikkan kamu akan sulit untuk berkembang. Karena itu, mulailah rutin menulis, membaca, dan berbicara bahasa Inggris agar kamu semakin terlatih.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Mau Belajar Bahasa Inggris? Di Cakap Aja!

Photo from Pixabay

Sebagai salah satu platform digital belajar bahasa Inggris, Cakap menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mendalami materi dan fasih berbahasa Inggris. Karena kini, belajar bahasa Inggris jadi lebih mudah di aplikasi Cakap. Yuk, simak ulasannya!

Belajar Bahasa Inggris Online

Banyak di antara para pelajar bahasa Inggris yang memilih untuk menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris online. Belajar melalui aplikasi memungkinkanmu belajar dari mana saja, tanpa harus terpaku dengan satu tempat. Di Cakap, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online bersama para teachers professional yang bisa kamu pilih sendiri. 

Di sana kamu bisa belajar tentang kosakata dan bagaimana cara pelafalan bahasa Inggris selama beberapa menit setiap harinya. Ini merupakan cara mudah belajar bahasa Inggris yang ideal bagi kamu yang hanya memiliki waktu yang sedikit untuk belajar.

Materi Belajar Bahasa Inggris

Untuk hasil yang lebih nyata, belajarlah selangkah demi selangkah untuk membangun kemampuan berbahasa Inggris. Jika kamu menyukai pembelajaran online, tips terbaik dari Cakap adalah menonton video belajar bahasa Inggris atau mendengarkan podcast bahasa Inggris. Materi belajar bahasa Inggris di Cakap diproduksi oleh para profesional penyiaran dan menawarkan kursus-kursus yang dirancang dengan baik dari tingkat pemula hingga mahir.

Berbagi dengan Orang Lain

Internet menyediakan sumber daya yang cukup untuk memungkinkanmu fasih berbahasa asing tanpa meninggalkan rumahmu. Namun bagi sebagian orang, belajar sendirian itu sangat sulit dan membosankan. Di sisi lain, masuk ke suatu ruangan asing yang dipenuhi oleh orang-orang baru juga terkadang membuat kamu merasa tidak nyaman.

Padahal, salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris adalah dengan berbagi. Berbagi tentang apa yang telah kamu pelajari kepada orang lain, berdiskusi, atau bercakap dengan bahasa yang sedang kamu pelajari. Untuk menyelesaikan semua kegalauan itu, kamu dapat bergabung dalam groupchat atau forum diskusi online seperti di Cakap Live. 

Dalam belajar, apapun itu, tentu dibutuhkan konsistensi, tak terkecuali dalam belajar bahasa. So, itu dia guys cara belajar bahasa Inggris dengan mudah dan wajib untuk dicoba. Buat kamu yang ingin bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris online, kamu bisa gabung ke Cakap English Club lewat aplikasi Cakap. Di sana, kamu akan belajar bersama teman-teman yang juga ingin lancar bahasa Inggris seperti kamu. Kamu juga akan dibantu oleh tutor yang berpengalaman dan punya metode seru untuk belajar. Yuk, gabung sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat