6 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea dan Artinya

arti gomawo

 

Ketika bertemu seseorang dan ingin berpisah tentu kita tidak jarang akan mengucapkan ‘terima kasih’. Nah, kamu pasti sering mendengar kata gomawo di drama Korea bukan? Seperti yang kita tahu bahwa gomawo artinya terima kasih dalam Bahasa Korea. Namun, tidak hanya itu ada beberapa Bahasa Koreanya terima kasih yang bisa kamu pilih. 

Pada artikel kali ini kamu juga bisa memperdalam ilmu untuk belajar kosakata Bahasa Korea sehingga lebih bervariasi, lho. Yuk simak artikel di bawah ini, yeorobun!

source: giphy.com

고마워 (Gomawo)

Arti gomawo adalah terima kasih. Kata ini merupakan kata yang paling sering didengar dalam dialog dialog drama Korea. Gomawo biasanya diucapkan para karakter saat mengungkapkan rasa terima kasih pada lawan bicaranya.

Berbicara mengenai bahasa dan kosakata, pasti akan ditemui tingkatan tingkatan bahasa, baik dari segi sosial maupun keformalitasan. Dalam bahasa Korea sendiri, kata 고마워 (gomawo) menduduki tingkatan kata yang hanya diucapkan dalam situasi non formal dan bisa dikatakan sebagai ragam santai atau casual.

고마워요 (Gomawoyo)

Sebelum beranjak pada bentuk ungkapan terima kasih yang bisa digunakan dalam situasi formal. Kamu akan diajak untuk memahami Bahasa Koreanya terima kasih selain gomawo dalam situasi non formal. 

고마워요 (Gomawoyo) adalah kata yang bentuknya hampir sama dengan gomawo, tidak hanya bentuk, artinya pun sama, yaitu terima kasih.

Bedanya ialah, gomawo digunakan untuk mengucapkan terima kasih pada teman sebaya atau teman dekat, sedangkan gomawoyo ditujukan kepada teman yang tidak terlalu akrab atau kepada orang yang usianya lebih mudah dari si penutur, dan kata ini dianggap lebih sopan dari gomawo.

Buat Akun Sekarang, Gratis Belajar Bahasa Korea di K-Club lho!

감사 해요 (Kamsahaeyo)

Sama seperti arti gomawo, kamsahaeyo adalah terima kasih dalam bahasa Korea. Kata ini juga termasuk ke dalam ragam non formal, yang hanya bisa digunakan saat situasi santai atau saat berbicara dengan sesama teman. Penambahan sufiks “yo” di akhir kata membuat penggunaan kata ini menjadi lebih sopan. 

감사합니다 (Kamsahamnida)

Setelah membahas ucapan terima kasih dalam situasi non formal atau informal, berikut ini ialah ucapan terima kasih yang bisa digunakan dalam situasi formal.

Kamsahamnida merupakan ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea yang bisa digunakan dalam situasi formal. Pengertian situasi atau konteks formal di sini ialah ditujukan kepada orang yang lebih tua, orang yang baru dikenal atau ditemui, atau orang yang dihormati. Bentuk ucapan terima kasih ini juga bisa diucapkan ketika mendapatkan pertolongan.

고맙습니다 (Gomapseumnida)

Sama halnya dengan kamsahamnida, gomapseumnida juga bisa digunakan saat akan mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang lebih tua dan dihormati. Ucapan ini juga bisa digunakan dalam ragam atau situasi resmi. Meskipun sama sama bisa digunakan dalam situasi formal, banyak yang berpendapat bahwa penggunaan kamsahamnida lebih sopan daripada gomapseumnida.

Mau Fasih Berbahasa Korea? Yuk Belajar Bareng Tutormu!

수고했어요 (Sugohaesseoyo)

Sugohaesseoyo merupakan bentuk ucapan terima kasih dalam bahasa Korea yang diucapkan dalam situasi formal. Biasanya digunakan ketika mendapatkan pelayanan umum.

Setelah mengenal bentuk ucapan terima kasih dari yang non formal sampai bentuk yang formal, maka saatnya kamu tahu bagaimana cara menimpali ucapan tersebut. Di Indonesia atau di negara manapun, umumnya setelah mengucapkan terima kasih, pasti akan dibalas dengan ucapan sama sama. Dalam bahasa Korea, sama sama bisa diucapkan dengan 천만에요 (cheonmayo). 

Itu dia arti gomawo dan beberapa ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea lain yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Setelah mengetahui apa arti gomawo, saatnya kamu mempelajari kosakata Bahasa Korea lainnya.

Mau belajar Bahasa Korea tapi bingung mau belajar di mana? Cakap menyediakan kelas bahasa Korea yang cocok untuk tingkat pemula atau tingkat belajar lanjutan. Dan kamu juga bisa men-download e-book bahasa korea secara gratis. Dengan kelas yang relatif singkat, kamu bisa tingkatkan kemampuan Bahasa Koreamu tanpa mengganggu rutinitasmu.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Panduan Lengkap Belajar Hangeul Korea Dengan E-Book GRATIS!

Belajar Hangeul terasa jadi lebih asik dengan E-Book eksklusif ini. Kamu bisa dapatkan tips and triknya dengan mengisi data di bawah ini!

      #SiapaCakapDiaDapat