5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Terkadang belajar bahasa Inggris di sekolah atau kampus gak cukup untuk memperlancar bahasa Inggris, terutama bagi para pekerja profesional. Waktu kadang rasanya singkat banget. Pulang kerja udah lelah, boro-boro pergi les lagi. Rasanya pengen rebahan aja.

Siapa bilang belajar bahasa Inggris gak bisa sambil rebahan pas di rumah? Belajar bahasa Inggris otodidak bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin lancar bahasa Inggris tapi terbatas waktu ataupun dana, lho.

Namun begitu, belajar bahasa Inggris otodidak merupakan sebuah tantangan. Karena tidak ada yang membimbing, kebanyakan orang berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, biar kamu berhasil, berikut cara belajar bahasa Inggris otodidak!

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

1. Rutin Belajar

Permainan Lego source: giphy.com

Jika kamu memustukan untuk belajar bahasa Inggris otodidak, ingat untuk tak perlu terburu-buru ketika belajar. Jangan berekspektasi kamu langsung bisa lancar bahasa Inggris setelah belajar selama seminggu.

Tentukan goals yang realistis dengan jangka waktu yang spesifik. Kamu bisa mulai dari 30 menit per hari kemudian mulai tambahkan pelan-pelan. Tentukan materi apa yang kamu ingin pelajari di hari itu dan bagaimana metodenya. Dengan menentukan batasan-batasan sendiri, kamu tidak akan merasa kewalahan.

Uji Kemampuan Bahasa Inggris-mu di Cakap Quiz!

2. Belajar Layaknya Anak-anak

Permainan Lego source: giphy.com

Walaupun terdengar aneh, belajar bahasa Inggris dari materi untuk anak-anak bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai belajar suatu bahasa asing. Buku, program tv, atau film kartun untuk anak-anak tentunya mengajarkan materi yang sangat dasar.

Ketika kamu menggabungkan materi bahasa Inggris untuk anak-anak dengan materi umum yang biasa kamu gunakan, kamu akan lebih cepat belajar karena kamu tidak hanya belajar hal-hal yang rumit tapi juga belajar untuk menguasai hal-hal dasar yang tak kalah penting.   

3. Belajar dari Berbagai Sumber

Permainan Lego source: giphy.com

Saat ini ada begitu banyak sumber yang bisa kamu jadikan sebagai sarana belajar, seperti musik, berita, film, podcast, Youtube, dan lain-lain. Sumber-sumber tersebut bisa menjadi sarana yang bagus untuk melatih kemampuan mendengarkan (listening) karena dari sana kamu bisa belajar kata-kata baru maupun frasa-frasa yang umum digunakan oleh native

Untuk di awal, bisa dengan cara nonton film atau series yang sudah pernah kamu tonton sebelumnya. Kalau kamu sehari-hari baca berita, coba deh biasakan baca berita dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kosakata bahasa Inggris sekaligus ilmu pengetahuanmu bertambah.

Selain itu, kosakata bahasa Inggris di berita juga umumnya lebih formal dan kompleks. Makanya, baca berita jadi salah satu cara yang efektif untuk menambah kosakatamu.

4. Gabung Komunitas atau Forum

Permainan Legosource: giphy.com

Punya teman yang hobinya sama-sama ingin belajar bahasa Inggris? Kalau jawabannya iya, ini bisa menjadi kesempatanmu untuk berlatih bahasa Inggris.

Coba bikin grup belajar kemudian atur jadwal setiap minggunya. Buat peraturan spesifik, misalnya dilarang berbicara bahasa Indonesia selama sesi belajar. Tunjuk satu orang untuk mempresentasikan atau membawakan sesuatu yang menarik untuk dibagikan, misalnya majalah atau website menarik yang mereka temukan.

Kalau kamu belum menemukan teman untuk belajar bareng, kamu bisa bergabung ke forum atau komunitas di mana kamu bisa berlatih kemampuan berbicara bahasa Inggrismu. Selain itu, dari sini kamu jadi bisa networking dan mendapat teman baru! 

Psst, Ini Cara Jitu Mahir Berbahasa Inggris dari Rumah!

5. Praktikkan secara Rutin

Permainan Legosource: giphy.com

Dalam belajar, apapun itu, tentu dibutuhkan konsistensi. Tak terkecuali dalam belajar bahasa. Maka itu, kamu harus bisa mengatur jadwal dan memotivasi dirimu sendiri. Kemampuan inilah yang penting dan wajib kamu punya dalam belajar bahasa Inggris otodidak. Ingatkan dirimu sendiri untuk tetap disiplin. Buat goal jangka pendek dan jangka panjang dan tulis hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai goal tersebut supaya kamu gak bingung.

Yang gak kalah penting adalah untuk mempraktikan apa yang sudah kamu belajari. Ya, seperti anak yang lagi belajar bersepeda. Walaupun secara teori kamu sudah tahu dasar-dasarnya, kalau tidak dipraktikan kamu tidak akan bisa mengendarai sepeda.

Begitu pula dengan bahasa Inggris, walaupun kamu sudah tau aturan-aturannya, kamu harus mencoba untuk mempraktikkannya. Walaupun awalnya pasti kamu melakukan kesalahan, tak perlu malu! Lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan akhirnya bisa lancar deh berbahasa Inggris!

Kalau kamu bingung mencari komunitas untuk belajar bahasa Inggris, bisa gabung ke Cakap English Club lewat aplikasi Cakap. Di sana, kamu akan belajar bersama teman-teman yang juga ingin lancar bahasa Inggris seperti kamu. Yuk, gabung sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks