Belajar Bahasa Inggris Otodidak? Bisa! Ini Caranya

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Kadang belajar bahasa Inggris di sekolah atau kampus gak cukup untuk memperlancar bahasa Inggris kita. Apalagi untuk kalian yang udah kerja. Waktu kadang rasanya singkat banget. Pulang kerja udah lelah, boro-boro pergi les lagi. Rasanya pengen rebahan aja.

Siapa bilang belajar bahasa Inggris gak bisa sambil rebahan pas di rumah? Belajar bahasa Inggris secara otodidak bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin lancar bahasa Inggris tapi terbatas waktu ataupun dana lho.

Ya, tanpa perlu keluar rumah, tanpa perlu beli buku, bahkan dari ranjang pun kamu bisa belajar bahasa Inggris. Terlebih lagi, kamu bisa menyesuaikan dengan cara dan kecepatan belajarmu sendiri.

Terus gimana caranya kalau mau mulai belajar bahasa Inggris sendiri? Simak tips di bawah ini ya!

Tak perlu terburu-buru

Permainan Lego source : giphy.com

Jika kamu memustukan untuk belajar bahasa Inggris otodidak tanpa bantuan siapapun, ingat untuk sabar dalam belajar. Tak perlu terburu-buru. Jangan berekspektasi kamu langsung bisa lancar bahasa Inggris setelah belajar selama seminggu.

Tentukan goal yang realistis dengan jangka waktu yang spesifik. Kamu bisa mulai dari 30 menit per hari, kemudian mulai tambahkan pelan-pelan. Tentukan materi apa yang kamu ingin pelajari di hari itu dan bagaimana metodenya. Dengan menentukan batasan-batasan sendiri, kamu tidak akan merasa kewalahan.

Belajar layaknya anak-anak

Permainan Lego source: giphy.com

Ya, walaupun terdengar aneh, belajar bahasa Inggris dari materi untuk anak-anak bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai belajar suatu bahasa asing. Buku, program tv, ataupun film kartun untuk anak-anak tentunya mengajarkan materi yang sangat dasar.

Ketika kamu menggabungkan materi bahasa Inggris untuk anak-anak dengan materi umum yang biasa kamu gunakan, kamu akan lebih cepat belajar karena kamu tidak hanya belajar hal-hal yang rumit tapi juga belajar untuk menguasai hal-hal dasar yang tak kalah penting.   

Belajar dari berbagai materi

Permainan Lego source: giphy.com

Saat ini ada begitu banyak sumber yang bisa kamu jadikan sarana untuk belajar, mulai dari musik, berita, film, podcast, Youtube, dan lain-lain. Musik, film, radio, ataupun podcast menjadi sarana yang bagus untuk melatih mendengarkan (listening) karena dari sana kamu bisa belajar kata-kata baru maupun frasa-frasa yang umum digunakan oleh native. Selain itu, kamu juga bisa belajar cara pelafalan yang benar.

Untuk di awal, bisa dengan cara nonton film atau series yang sudah pernah kamu tonton sebelumnya

Kalau kamu sehari-hari baca berita, coba deh biasakan baca berita dalam bahasa Inggris. Udah dapat kosakata baru, kamu juga bisa dapet tambahan ilmu! Dari sana, kamu jadi ada topik obrolan deh saat ketemu keluarga, teman, atau gebetan. Selain itu, kosakata di berita juga umumnya lebih spesifik dan kompleks. Makanya, baca berita jadi salah satu cara yang efektif untuk menambah kosakatamu.

Kalau kamu merasa kemampuan bahasa Inggrismu belum cukup untuk sepenuhnya membaca berita bahasa Inggris, kamu bisa coba membaca berita dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu, kemudian baru dalam bahasa Inggris.

Gabung ke komunitas atau forum

Permainan Lego source: giphy.com

Punya teman yang juga memiliki hobi yang sama denganmu atau sama-sama ingin belajar bahasa Inggris? Kalau jawabannya iya, ini bisa menjadi kesempatanmu untuk berlatih bahasa Inggris.

Coba bikin grup belajar kemudian atur jadwal setiap minggunya. Buat peraturan spesifik, misalnya dilarang berbicara bahasa Indonesia selama sesi belajar. Tunjuk satu orang untuk mempresentasikan atau membawakan sesuatu yang menarik untuk dibagikan, misalnya majalah atau website menarik yang mereka temukan.

Kalau kamu belum menemukan teman untuk belajar bareng, kamu bisa bergabung ke forum atau komunitas dimana kamu bisa berlatih kemampuan berbicara bahasa Inggrismu. Selain itu, dari sini kamu jadi bisa networking dan mendapat teman baru! 

Terus berlatih & praktik secara rutin

Permainan Lego source: giphy.com

Dalam belajar, apapun itu, tentu dibutuhkan konsistensi. Tak terkecuali dalam belajar bahasa. Maka itu, kamu harus bisa mengatur jadwal dan memotivasi dirimu sendiri. Kemampuan inilah yang penting dan wajib kamu punya dalam belajar bahasa Inggris otodidak. Ingatkan dirimu sendiri untuk tetap disiplin. Buat goal jangka pendek dan jangka panjang dan tulis hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai goal tersebut supaya kamu gak bingung.

Yang gak kalah penting adalah untuk mempraktikan apa yang sudah kamu belajari. Ya, seperti anak yang lagi belajar bersepeda. Walaupun secara teori kamu sudah tahu dasar-dasarnya, kalau tidak dipraktikan kamu tidak akan bisa mengendarai sepeda.

Begitu pula dengan bahasa Inggris, walaupun kamu sudah tau aturan-aturannya, kamu harus mencoba untuk mempraktikkannya. Walaupun awalnya pasti kamu melakukan kesalahan, tak perlu malu! Lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan akhirnya bisa lancar deh berbahasa Inggris!

Kalau kamu bingung mencari komunitas untuk belajar bahasa Inggris, bisa gabung ke Cakap English Club lewat aplikasi Cakap. Di sini, kamu akan belajar bersama teman-teman yang juga ingin lancar bahasa Inggris seperti kamu. Ditambah lagi, kamu akan dipandu oleh pengajar profesional. Kamu bisa belajar dari mana pun dan kapan pun karena jadwalnya bisa kamu atur sendiri. Mudah bukan? Sekarang, belajar bahasa Inggris gak lagi ribet!

Belajar Bahasa Inggris Terjangkau Dengan Cakap Club!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google