15 Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris & Artinya di Berbagai Situasi

perkenalan bahasa inggris

Perkenalan diri merupakan salah satu hal dasar yang wajib dikuasai ketika kamu mempelajari bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari, perkenalan dalam bahasa Inggris pun cukup sering dilakukan, baik dalam lingkungan pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. 

Agar perkenalan dirimu makin mantap, kali ini Cakap ingin berbagai gimana sih cara perkenalan bahasa Inggris dan contohnya. Simak, yuk! 

Daftar Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Perkenalan bahasa Inggris yang baik adalah perkenalan yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Agar perkenalan dirimu lebih luwes, coba ikuti beberapa langkah berikut: 

1. Mulai dengan salam atau greetings 

Dalam perkenalan diri bahasa Inggris, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyapa orang-orang yang mendengarkan. Contohnya dengan:

  • Good morning everyone! 
  • Hello Mr. Ramzai! 
  • Hi everybody!

 

2. Sampaikan maksud pembicaraan

Pada konteks yang sedikit formal, ada baiknya kamu menyampaikan maksud pembicaraanmu kepada orang-orang yang mendengarkan. Kamu bisa menggunakan: 

  • Let me introduce myself
  • I would like to introduce myself
  • Allow me to introduce myself

 

3. Perkenalan identitas

Kamu bisa lanjutkan perkenalan dirimu dengan menginformasikan identitas penting yaitu nama dan panggilanmu. Berikut beberapa cara menyampaikannya: 

  • My name is … 
  • I am …
  • You can call me …

 

4. Tambahkan detail sesuai keperluan

Selanjutnya, tambahkan detail lainnya sesuai dengan kebutuhan atau konteks perkenalan dirimu. Misalnya, kamu bisa memberi informasi mengenai usia, daerah asal, daerah tempat tinggal, hobi, dan lain-lain. 

5. Tutup dan ucapkan terima kasih

Terakhir, tutuplah perkenalan dirimu dengan mengucapkan salam dan terima kasih. Berikut adalah beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan: 

  • That’s all from me. Thank you! 
  • Nice to meet you! 
  • Let’s be friends!
 

15 Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut adalah beberapa contoh perkenalan diri bahasa Inggris sesuai dalam beberapa konteks dan situasi beserta artinya.  

1. Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Good morning, all. Let me introduce myself. My name is Riki Satria. I was born in Bekasi on July 14th 2000, but now I live in Kebon Jeruk, West Jakarta. 

I am the oldest child of three. I have twin sisters, Nini and Nina, who are still in elementary school. My father works for a contractor company and my mother works in a hospital. 

Music is one of my hobbies. I have played the guitar since 4th grade and now I have created 4 songs. My dream is to make a band and perform on the same stage with Coldplay.

That’s all from me. Thank you!  

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semuanya. 

Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Riki Satria. Saya lahir di Bekasi pada tanggal 14 Juli 2000, tetapi sekarang saya tinggal di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Saya merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Saya memiliki dua adik perempuan kembar, Nini dan Nina, yang masih duduk di sekolah dasar. Ayah saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor dan ibu saya bekerja di sebuah rumah sakit.

Musik adalah salah satu hobi saya. Saya telah bermain gitar sejak kelas 4 dan sekarang sudah membuat 4 lagu. Impian saya adalah membuat band dan tampil di panggung yang sama dengan Coldplay. 

Sekian dari saya. Terima kasih.  

2. Perkenalan Diri Bahasa Inggris untuk Murid Baru Singkat 

Good morning everyone!

My name is Febri Dwi Cahya. This is my first year in this school. I was born in Tegal, February 9th, 2006. My hobbies are writing and reading, so I would love to participate in any activities or competition related to writing. Nice to meet you, guys! Thank you!

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semua!

Nama saya Febri Dwi Cahya. Saya lahir di Tegal, 9 Februari 2006. Saya adalah murid baru di sekolah ini. Hobi saya adalah menulis dan membaca, jadi saya akan dengan senang hati untuk berpartisipasi dalam kegiatan atau kompetisi terkait menulis. Senang berkenalan dengan kalian! Terima kasih!

3. Perkenalan Diri Bahasa Inggris untuk Karyawan Baru

Hello everyone! I am Fatimah. I am new here, but I have 5 years of previous experience in the start-up industry. With this background, I hope to contribute, especially in Product Management, at this company. I hope we can work together as a team. Thank you.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Halo semuanya! Saya Fatimah. Saya baru di sini, tetapi sudah memiliki 5 tahun pengalaman di industri start-up. Dengan latar belakang ini, saya berharap dapat berkontribusi, terutama dalam Product Management, di perusahaan ini. Saya harap kita dapat bekerja sama sebagai tim. Terima kasih.  

Baca Juga: 27 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya

4. Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Memulai Presentasi

Good Morning! Let me introduce myself, my name is Rahmat Mulyana. I graduated from Yogyakarta State University majoring in Mechanical Engineering. Today I would like to convey my research on mechanical techniques that some time ago I found and completed.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Perkenalkan, nama saya Rahmat Mulyana. Saya lulusan dari Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Teknik Mesin. Hari ini saya ingin menyampaikan tentang penelitian saya mengenai teknik mesin yang beberapa waktu lalu saya temukan dan selesaikan.

5. Perkenalan Diri Bahasa Inggris untuk Murid dan Artinya 

Hello, let me introduce myself here. My Name is Rakasiwi, a student at SMAN 10 Jakarta. I am 16 years old for now, but I am going to be 17 years old next month. My dream is to be a great scientist like Einstein.

My father is a physics teacher and my mother is a chemistry teacher. My parents have taught me a lot about physics and chemistry since I was younger. So, if anyone here wants to learn, I would like to help and learn together. Thank you.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Halo, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Rakasiwi, seorang siswa di SMAN 10 Jakarta. Umur saya saat ini 16 tahun, tapi saya akan berusia 17 tahun bulan depan. Cita-cita saya adalah menjadi ilmuwan besar seperti Einstein.

Ayah saya adalah seorang guru fisika dan ibu saya adalah seorang guru kimia. Orang tua saya sudah mengajarkan banyak hal tentang fisika dan kimia sejak saya kecil. Jadi jika ada di sini yang ingin belajar, saya akan dengan senang hati untuk membantu dan belajar bersama. Terima kasih. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

6. Perkenalan Diri dan Keluarga dalam Bahasa Inggris

Good morning, everyone. My name is Elga Octary, you can call me Elga. I was born in Papua in December 2004. My father works in the mining industry, and my mother is a housewife. I have two older sisters that live apart from me. I live here in Makasar with my uncle to pursue my studies. My elder sister is a teacher and lives with her husband in Australia. My other sister is a researcher who currently lives in Jakarta. 

That’s all about me. Thank you! 

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semuanya. Nama saya Elga Octary, bisa dipanggil Elga. Saya lahir di Papua pada bulan Desember 2004. Ayah saya bekerja di industri pertambangan dan ibu saya adalah ibu rumah tangga. Saya memiliki dua orang kakak perempuan yang tinggal terpisah dengan saya. Saya tinggal di Makassar bersama paman saya untuk melanjutkan pendidikan. Kakak pertama saya adalah seorang guru dan tinggal bersama suaminya di Australia. Kakak saya yang satunya adalah seorang peneliti yang sekarang tinggal di Jakarta. 

Sekian tentang saya. Terima kasih!

7. Perkenalan Diri dan Hal yang Disukai dalam Bahasa Inggris

Good morning, guys! My name is Eka Retno. I am 17 years old and a student at SMA N 3 Bandung. My favorite food is Seblak, and my favorite drink is Thai Tea. I enjoy swimming and enjoy spending my leisure time in the pool with my friends. Nice to meet you guys and let’s have fun together sometime! Thank you!

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi, teman-teman! Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Eka Retno. Saya berusia 17 tahun dan merupakan seorang siswa di SMA N 3 Bandung. Makanan kesukaan saya adalah Seblak dan minuman kesukaan saya adalah Thai Tea. I suka berenang dan senang menghabiskan waktu luang saya di kolam renang bersama teman-teman. Senang bertemu dengan kalian semua dan yuk main bareng kapan-kapan! Terima kasih!

8. Perkenalan Diri Bahasa Inggris tentang Kesibukan Saat Ini

Good afternoon everyone! My name is Naomi and I am 23 years old now. Currently I have been working on video creation about skincares and skin products. You can check my works on Naomi’s Beauty channel on YouTube. I also produce short videos on TikTok Naomi’s Beauty. Thank you!

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat siang, semuanya! Nama saya Naomi dan saat ini saya berusia 23 tahun. Belakangan saya sedang membuat video tentang perawatan dan produk kecantikan. Karya saya bisa dilihat di channel YouTube Naomi’s Beauty. Saya juga membuat video pendek di TikTok Naomi’s Beauty. Terima kasih!

9. Perkenalan Diri Bahasa Inggris dengan Ajakan

Hi everyone! Nice to meet you! My name is Levi Anata, you can call me Nata. I came from Bali and now I live alone in Jakarta. My family owns a small resort in Bali, so if anyone here plans to travel, we can provide hospitality and recommend places to explore. I hope to see you there! Thank you!

Terjemahan bahasa Indonesia:

Hai, semuanya. Senang bertemu dengan kalian. Nama saya Levi Anata, bisa dipanggil Nata. Saya berasal dari Bali dan sekarang tinggal sendirian di Jakarta. Keluarga saya memiliki sebuah resor kecil di Bali, jadi jika ada di sini yang berencana untuk jalan-jalan, kami bisa menawarkan hospitality dan merekomendasikan tempat-tempat untuk ditelusuri. Saya harap bisa bertemu dengan kalian di sana! Terima kasih! 

10. Perkenalan Diri Singkat Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Good morning, all! Let me introduce myself, my name is Erilan Wijaya, but you can call me Erin. I was born on March 9th, 2002. I used to live in Bandung with my parents, but now I live in a boarding house here in Yogyakarta. I choose to study Management at UGM because I want to help my parents developing family business. Thanks you and see you around!

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi semuanya! Perkenalkan, nama saya Erilan Wijaya, tapi bisa dipanggil Erin. Saya lahir pada 9 Maret 2002. Saya pernah tinggal di Bandung bersama orangtua saya, namun sekarang saya tinggal di asrama di Yogyakarta. Saya mengambil jurusan Management di UGM karena saya ingin membantu orang tua saya mengembangkan bisnis keluarga. Terima kasih dan sampai jumpa!

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

11. Perkenalan Diri Bahasa Inggris Mahasiswa untuk Dosen

Dear Prof. William Smith,

Let me introduce myself. My name is Laras Dewi, you can call me Laras. I am a final year student studying English Language Literature and interested in English Linguistic.

Soon I will start my undergraduate thesis research. Professor Agatha Watson who teaches us English Morphology, recommended that I contact you, and I would be interested in having you supervise my thesis. Would you be interested in supervising my undergraduate thesis research?

I am at your disposal if you need more information and/or would like to meet me. Thank you for your time.

Best regards,

Laras Dewi

Terjemahan bahasa Indonesia:

Prof. William Smith yang terhormat,

Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Laras Dewi, Anda bisa memanggil saya Laras. Saya seorang mahasiswa tahun terakhir yang belajar Sastra Bahasa Inggris dan tertarik dengan Linguistik Bahasa Inggris.

Segera saya akan memulai penelitian tesis sarjana saya. Profesor Agatha Watson yang mengajar Morfologi Bahasa Inggris, merekomendasikan agar saya menghubungi Anda, dan saya akan tertarik jika Anda mengawasi tesis saya. Apakah Anda tertarik untuk mengawasi penelitian tesis sarjana saya?

Saya siap membantu Anda jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dan/atau ingin bertemu dengan saya. Terima kasih atas waktu Anda.

Salam,

Laras Dewi

12. Perkenalan Diri Bahasa Inggris secara Kasual/Informal

Good morning everyone!

My name is Yudhisthira, I was born in Magelang, but currently, I live in Jakarta. I am 20 years old. My father is a teacher and my mother is a housewife. I am the second of three children in my family.

My hobbies are playing guitar and drums. My favorite food is Gado-Gado and my favorite drink is melon juice. Let’s be friends! Thank you!

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi semua!

Izinkan aku untuk memperkenalkan diri. Namaku Yudhisthira, aku lahir di Magelang, namun saat ini tinggal di Jakarta. Aku berusia 20 tahun. Ayahku adalah seorang guru dan ibuku adalah seorang ibu rumah tangga. Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara.

Hobiku bermain gitar dan drum. Makanan favoritku adalah gado-gado dan minuman favoritku adalah jus melon. Mari berteman! Terima kasih!

13. Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap 

Good morning friends!

My name is Rizki Adatama. I was born and grew up in Aceh. I am currently studying as a first-year student at the Faculty of Civil Engineering and Planning, majoring in Architecture at the Islamic University of Indonesia. As for my family, I have two brothers and one sister while I am the eldest among them. My father is a journalist in the Kompas newspaper in my town while my mother is a housewife. I am a friendly and enthusiastic person, honest and flexible to work at any time. I can work for a long time without taking a break. Thanks.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Selamat pagi kawan!

Nama saya adalah Rizki Adatama. Saya lahir pada tanggal 1 April 1993 dan dibesarkan di Aceh. Saat ini saya sedang belajar sebagai mahasiswa tahun pertama di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, jurusan Arsitektur di Universitas Islam Indonesia. Adapun keluarga saya, saya memiliki dua saudara laki-laki dan satu saudara perempuan sementara saya adalah anak tertua di antara mereka. Ayah saya adalah jurnalis di Harian Koran Kompas di kota saya sementara ibu saya adalah seorang rumah tangga. Saya orang yang ramah dan antusias, jujur dan fleksibel untuk bekerja di setiap saat. Saya bisa bekerja untuk waktu yang lama tanpa mengambil istirahat, Jadi, siapapun yang ingin mengenal saya. Terima kasih.

14. Perkenalan Diri Bahasa Inggris saat Pertama Berkenalan

Hello, I’m Ridha. I see you have an interest in the construction industry. I work for a construction company. If you want to know more about it, I am here to talk. Thank you.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Halo, saya Ridha. Saya lihat kamu memiliki ketertarikan pada industri konstruksi. Saya sendiri bekerja di sebuah perusahaan konstruksi. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa ngobrol dengan saya. Terima kasih.

15. Perkenalan Diri Bahasa Inggris tentang Pekerjaan

Hello, my name is Abe. I work as a Healthcare Manager. As a doctor, what I do in my work includes: diagnosing a patient’s illness, doing the first intervention in emergency cases, referring and transferring patients to a hospital, taking part in workplace safety and health board meetings. I always provide the necessary resources for the implementation of comprehensive health services.

Sure, it’s hard enough to work in the health field. But, I like it. Do you?

Okay, that’s an introduction from me. Thank you very much.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Halo, nama saya Abe. Saya bekerja sebagai Manajer Layanan Kesehatan. Sebagai seorang dokter, yang dilakukan dalam pekerjaan saya, meliputi hal berikut: mendiagnosis penyakit pasien, melakukan intervensi pertama dalam kasus darurat, merujuk dan mentransfer pasien ke rumah sakit, mengambil bagian dalam pertemuan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Saya senantiasa memberikan penentuan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan layanan kesehatan yang komprehensif.

Memang sih, cukup sulit untuk bekerja di bidang kesehatan, tapi saya menyukainya. Apa kalian demikian?

Baiklah, sekian perkenalan dari saya.

Terima kasih banyak.

Sekarang sudah tahu ya apa saja 15 contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris dan artinya yang harus kalian ketahui secara menyeluruh. Ada berbagai macam jenis dan tipe, mulai dari yang mudah hingga susah, pun mulai dari yang sederhana sampai yang cukup ribet susunannya.

Untuk melatih perkenalan bahasa inggris, kamu bisa ikut kursus bahasa inggris untuk belajar secara privat dengan tutor yang handal.

Kamu juga bisa gabung kelompok belajar online seperti Cakap English Club, dimana kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang juga belajar bahasa Inggris sehingga kamu bisa saling mengasah kemampuan berbahasa Inggris.

Baca juga: