Apa itu Descriptive Text dan Bagaimana Contohnya?

text descriptive

Sama seperti bahasa Indonesia, teks bahasa Inggris juga banyak jenisnya. Ada narrative text, report, explanation, discussion, review, descriptive, recount notext, procedure text, dan masih banyak lagi. Pada artikel ini, kita akan membahas salah satu jenis teks yang selalu ada dalam percakapan bahasa Inggris yaitu descriptive text. 

Apa itu Descriptive Text?

Pada dasarnya penjelasan descriptive text ini sama seperti arti dari kata descriptive itu sendiri. Descriptive text adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan, atau mendeskripsikan sesuatu. Sesuatu ini bentuknya bisa berupa apa saja, baik itu orang, hewan, benda, lokasi, dan sebagainya.

Biasanya descriptive text ditandai dengan penggunaan simple present tense dan fokus pada satu objek secara spesifik. Objek tersebut kemudian dibahas secara mendetail dalam teks deskriptif tersebut. 

Lalu apa bedanya dengan recount text? Sekilas saja kamu melihat contoh recount text, dapat diketahui bahwa recount text itu menceritakan kembali kisah yang terjadi di masa lampau, dengan penggunaan simple past tense. Sedangkan descriptive text menggambarkan suatu hal secara detail.

Sebelum kita membahas lebih lanjut descriptive text, yuk biar bahasa Inggris kamu makin lancar, belajar gratis di ebook bahasa Inggris dari Cakap. Kamu bisa mempelajari semua tata bahasa Inggris. Menarik bukan?

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

Struktur Descriptive Text

Struktur descriptive text bisa dibagi menjadi 2 bagian, identification (identifikasi) dan description (deskripsi).

1. Identification

Identification merupakan pengenalan atau penggambaran umum mengenai objek atau topik yang akan dibahas. Contoh:

  • My best friend is Philip. He is my classmate.
    Teman baik saya adalah Philip. Ia adalah teman kelas saya.

2. Description

Description merupakan bagian yang menjelaskan secara detail mengenai objek yang telah diperkenalkan di bagian identification. Penjelasan ini bisa berupa ciri khas, tampilan, jumlah, sifat, dan sebagainya. Contoh:

  • Philip and I go to school together every day. We sit next to each other. Philip is very diligent. He is really good at Math. Sometimes he teaches me too. He also likes to play football. Every Wednesday and Friday, we practice football together. I am glad to have a friend like Philip.
    Terjemahan Bahasa Indonesia:
    Philip dan saya pergi ke sekolah bersama-sama setiap harinya. Kami duduk bersebelahan. Philip sangat rajin. Ia sangat pandai Matematika. Kadang-kadang ia juga mengajari saya. Ia juga suka bermain sepak bola. Setiap Rabu dan Jumat, kami berlatih sepak bola bersama. Saya senang memiliki teman seperti Philip.

Unsur Descriptive Text

Descriptive text memiliki beberapa unsur yang menjadi cirinya, di antaranya:

  • Noun (kata benda): Dalam descriptive text, kata benda yang digunakan merupakan kata benda yang spesifik. Misalnya my cat, Monumen Nasional, my sister, dan sebagainya.
  • Adjective (kata sifat): Biasanya kata sifat (adjective) digunakan untuk memperjelas kata benda, seperti the red book, a beautiful flower, dan lain-lain.
  • Simple present tense: menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb 1) untuk mendeskripsikan objek. Contoh: My room has 1 bed, my sister is very pretty, dan lainnya.
  • Figurative language: menggunakan bahasa figuratif seperti metafora untuk mengilustrasikan sesuatu, biasanya sifat objek. Contoh: Snow White’s hair is as black as ebony, skin as white as snow.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Descriptive Text

Berikut beberapa contoh descriptive text:

Contoh Descriptive Text tentang Kamar Tidur

source: giphy.com

My bedroom is my favorite room. Its wall color is blue, which is my favorite color. It has one comfortable bed that faces the window. Every morning the sun shines through my window and wakes me up. On the corner of the room is my desk where I usually study and do my homework.  

Beside that desk is a big wardrobe where I put all of my clothes. My father made the wardrobe for me as my birthday gift. On the left side of the desk, there is a bookshelf where I put all of my favorite books. On the desk, there is a table lamp, laptop, stationery, and notebook. Even though my bedroom is small and simple, I find it very cozy.

Terjemahan Bahasa Indonesia
Kamar tidur saya adalah kamar favorit saya. Warna temboknya biru, warna favorit saya. Kamar saya punya satu ranjang yang nyaman yang menghadap ke jendela. Setiap pagi, matahari bersinar melalui jendela dan membangunkan saya. Di sudut ruangan ada meja saya dimana saya biasanya belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Di samping meja itu adalah sebuah lemari pakaian besar tempat saya menaruh seluruh pakaian saya. Ayah saya membuatkan lemari pakaian tersebut untuk saya sebagai hadiah ulang tahun. Di sisi kiri meja, terdapat rak buku tempat saya meletakkan semua buku favorit saya. Sementara di atas meja, terdapat lampu meja, laptop, alat tulis, dan buku catatan. Walaupun kamar saya kecil dan sederhana, saya merasa kamar saya sangat nyaman.

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Peliharaan

source: giphy.com

On my 17 birthday, my dad gave me a kitten. Something that I really wanted for a long time. I named her Coco. My dad adopted her from a shelter. When she arrived at my house, she was as small as a bottle and so fragile. But now, she has grown to be a white beautiful cat. She eats well and exercises well. Her fur grows thick and soft at the same time. Coco is a charming cat and we’ll always take care of her.

Terjemahan Bahasa Indonesia
Pada hari ulang tahun saya yang ke-17, ayah saya memberi saya seekor anak kucing. Sesuatu yang sangat saya inginkan sejak lama. Aku menamainya Coco. Ayah saya mengadopsinya dari tempat penampungan. Ketika dia tiba di rumah saya, dia sekecil botol dan sangat rapuh. Tapi sekarang, dia telah tumbuh menjadi kucing putih yang cantik. Dia makan dengan baik dan berolahraga dengan baik. Bulunya tumbuh tebal dan lembut pada saat bersamaan. Coco adalah kucing yang menawan dan kami akan selalu merawatnya.

Contoh Descriptive Text tentang Bali

source: giphy.com

Bali is an island located in Indonesia, next to Java island. Perhaps, you know this island, because Bali is one of the famous destinations in the world. Its natural beauty and rich cultural heritage are the reason why tourists love this 5.780 square km island. The majority of religion in Bali is Hindu, but they still give respect to other religions. There are several top-rated tourist attractions in Bali such as Pura Tanah Lot, Mount Batur, Uluwatu Temple, Nusa Penida, Ubud, and many more. 

Terjemahan Bahasa Indonesia:
Bali adalah sebuah pulau yang terletak di Indonesia, di sebelah pulau Jawa. Mungkin Anda tahu pulau ini, sebab Bali adalah salah satu destinasi terkenal di dunia. Keindahan alam dan kekayaan warisan budayanya menjadi alasan mengapa wisatawan menyukai pulau seluas 5.780 km persegi ini. Mayoritas agama di Bali adalah Hindu, namun mereka tetap menghormati agama lain. Ada beberapa tempat wisata unggulan di Bali seperti Pura Tanah Lot, Gunung Batur, Pura Uluwatu, Nusa Penida, Ubud, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai descriptive text. Mudah, bukan? Sekarang kamu bisa berlatih membuat descriptive text sendiri. Bisa tentang benda favoritmu, hewan peliharaan, tempat liburan favorit, dan sebagainya.

Supaya bisa makin lancar, kamu bisa berlatih bersama pengajar profesional dan Sobat Cakap lainnya di Cakap English Club. Bersama teman, belajar bahasa Inggris jadi lebih menyenangkan! Yuk, ambil paketnya dibawah ini.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks