Apa Itu Descriptive Text dan Bagaimana Penggunaannya?

text descriptive

Sama seperti bahasa Indonesia, teks bahasa Inggris juga banyak jenisnya. Ada narrative, report, explanation, discussion, review, descriptive, dan banyak lagi.  Pada artikel ini, kita akan membahasa salah satu jenisnya yaitu descriptive. Apa itu descriptive text?

Pada dasarnya penjelasan descriptive text ini sama seperti arti dari kata descriptive itu sendiri, Descriptive text merupakan teks yang bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan, atau mendeskripsikan sesuatu. Sesuatu ini bentuknya bisa berupa apa saja, baik itu orang, hewan, benda, lokasi, dan sebagainya.

Biasanya descriptive text ditandai dengan penggunaan simple present tense dan fokus pada satu objek secara spesifik. Objek tersebut kemudian dibahas secara mendetail dalam teks deskriptif tersebut. Sebelum kita membahas lebih lanjut descriptive text, yuk biar bahasa Inggris kamu makin lancar, belajar gratis di ebook bahasa Inggris dari Cakap. Kamu bisa mempelajari semua tata bahasa Inggris. Menarik bukan?

Struktur Descriptive Text

Struktur descriptive text bisa dibagi menjadi 2 bagian, identification (identifikasi) dan description (deskripsi).

Identification merupakan pengenalan atau penggambaran umum mengenai objek atau topik yang akan dibahas. Contoh:

  • My best friend is Philip. He is my classmate.

Teman baik saya adalah Philip. Ia adalah teman kelas saya.

Description merupakan bagian yang menjelaskan secara detail mengenai objek yang telah diperkenalkan di bagian identification. Penjelasan ini bisa berupa ciri khas, tampilan, jumlah, sifat, dan sebagainya. Contoh:

  • Philip and I go to school together every day. We sit next to each other. Philip is very diligent. He is really good at Math. Sometimes he teaches me too. He also likes to play football. Every Wednesday and Friday, we practice football together. I am glad to have a friend like Philip.

Philip dan saya pergi ke sekolah bersama-sama setiap harinya. Kami duduk bersebelahan. Philip sangat rajin. Ia sangat pandai Matematika. Kadang-kadang ia juga mengajari saya. Ia juga suka bermain sepak bola. Setiap Rabu dan Jumat, kami berlatih sepak bola bersama. Saya senang memiliki teman seperti Philip.

Unsur Descriptive Text

Descriptive text memiliki beberapa unsur yang menjadi cirinya, di antaranya:

  • Noun (kata benda): Dalam descriptive text, kata benda yang digunakan merupakan kata benda yang spesifik. Misalnya my cat, Monumen Nasional, my sister, dan sebagainya.
  • Adjective (kata sifat): Biasanya kata sifat (adjective) digunakan untuk memperjelas kata benda, seperti the red book, a beautiful flower, dan lain-lain.
  • Simple present tense: menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb 1) untuk mendeskripsikan objek. Contoh: My room has 1 bed, my sister is very pretty, dan lainnya.
  • Figurative language: menggunakan bahasa figuratif seperti metafora untuk mengilustrasikan sesuatu, biasanya sifat objek. Contoh: Snow White’s hair is as black as ebony, skin as white as snow.

Belajar Bahasa Inggris Online di Cakap App. Bisa Kapan dan Dimana Saja!

Contoh Descriptive Text

My Bedroom

My bedroom is my favorite room. Its wall color is blue, which is my favorite color. It has one comfortable bed that faces the window. Every morning the sun shines through my window and wakes me up. On the corner of the room is my desk where I usually study and do my homework.  

Beside that desk is a big wardrobe where I put all of my clothes. My father made the wardrobe for me as my birthday’s gift. On the left side of the desk, there is a bookshelf where I put all of my favorite books. On the desk, there is a table lamp, laptop, stationery, and notebook. Even though my bedroom is small and simple, I find it very cozy.

Kamar tidur saya adalah kamar favorit saya. Warna temboknya biru, warna favorit saya. Kamar saya punya satu ranjang yang nyaman yang menghadap ke jendela. Setiap pagi, matahari bersinar melalui jendela dan membangunkan saya. Di sudut ruangan ada meja saya dimana saya biasanya belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Di samping meja itu adalah sebuah lemari pakaian besar tempat saya menaruh seluruh pakaian saya. Ayah saya membuatkan lemari pakaian tersebut untuk saya sebagai hadiah ulang tahun. Di sisi kiri meja, terdapat rak buku tempat saya meletakkan semua buku favorit saya. Sementara di atas meja, terdapat lampu meja, laptop, alat tulis, dan buku catatan. Walaupun kamar saya kecil dan sederhana, saya merasa kamar saya sangat nyaman.

Nah, itu dia penjelasan mengenai descriptive text. Mudah, bukan? Sekarang kamu bisa berlatih membuat descriptive text sendiri. Bisa tentang benda favoritmu, hewan peliharaan, tempat liburan favorit, dan sebagainya.

Supaya bisa makin lancar, kamu bisa berlatih bersama pengajar profesional dan Sobat Cakap lainnya di Cakap English Club. Bersama teman, belajar bahasa Inggris jadi lebih menyenangkan! Yuk, ambil paketnya dibawah ini.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google