Descriptive Text: Pengertian, Struktur, Unsur, dan Contohnya

text descriptive

Teks deskriptif atau descriptive text adalah salah satu jenis teks Bahasa Inggris yang perlu dipelajari. Penggunaan descriptive text sendiri bisa dipakai untuk berbagai tujuan, misalkan untuk menjelaskan tempat, orang, barang atau objek dan subjek lain. 

Jika kamu masih asing dengan jenis teks bahasa Inggris satu ini, yuk pelajar pengertian, fungsi, struktur, hingga contoh descriptive text dengan berbagai pembahasan berikut ini! 

Table of Contents

Apa itu Descriptive Text?

Pada dasarnya penjelasan descriptive text ini sama seperti arti dari kata descriptive itu sendiri, yaitu menggambarkan sesuatu. Descriptive text adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan, atau mendeskripsikan sesuatu. Sesuatu di sini bentuknya bisa berupa apa saja, baik itu orang, hewan, benda, lokasi, dan sebagainya.

Fungsi Descriptive Text

Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa descriptive text memiliki dua fungsi yaitu:

  • Mendeskripsikan atau menggambarkan tentang sesuatu
  • Memberikan penjelasan terhadap sesuatu secara detail.

Ciri-Ciri Descriptive Text

Kamu dapat mengenali descriptive text karena memiliki beberapa ciri-ciri berikut: 

 

Perbedaan descriptive text dengan recount text

Lalu apa bedanya dengan recount text? Recount text menceritakan kembali kisah yang terjadi di masa lampau, dengan penggunaan simple past tense. Sedangkan descriptive text menggambarkan suatu hal secara detail.

Struktur Descriptive Text

Descriptive Text

Struktur descriptive text dibagi menjadi 2 bagian, yaitu identification (identifikasi) dan description (deskripsi).

Identification

Identification adalah pengenalan atau penggambaran umum mengenai objek atau topik yang akan dibahas.

Contoh:

My best friend is Philip. He is my classmate.
Teman baik saya adalah Philip. Ia adalah teman kelas saya.

Description

Description merupakan bagian yang menjelaskan secara detail mengenai objek yang telah diperkenalkan di bagian identification. Penjelasan ini bisa berupa ciri khas, tampilan, jumlah, sifat, dan sebagainya.

Contoh:

Philip and I go to school together every day. We sit next to each other. Philip is very diligent. He is really good at Math. Sometimes he teaches me too. He also likes to play football. Every Wednesday and Friday, we practice football together. I am glad to have a friend like Philip.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Philip dan saya pergi ke sekolah bersama-sama setiap harinya. Kami duduk bersebelahan. Philip sangat rajin. Ia sangat pandai Matematika. Kadang-kadang ia juga mengajari saya. Ia juga suka bermain sepak bola. Setiap Rabu dan Jumat, kami berlatih sepak bola bersama. Saya senang memiliki teman seperti Philip.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

descriptive text
Photo by picjumbo.com

Unsur Descriptive Text

Descriptive text memiliki beberapa unsur yang menjadi cirinya, di antaranya:

  • Noun (kata benda): Dalam descriptive text, kata benda yang digunakan merupakan kata benda yang spesifik. Misalnya my cat, Monumen Nasional, my sister, dan sebagainya.
  • Adjective (kata sifat): Biasanya kata sifat (adjective) digunakan untuk memperjelas kata benda, seperti the red book, a beautiful flower, dan lain-lain.
  • Simple present tense: menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb 1) untuk mendeskripsikan objek. Contoh: My room has 1 bed, my sister is very pretty, dan lainnya.
  • Figurative language: menggunakan bahasa figuratif seperti metafora untuk mengilustrasikan sesuatu, biasanya sifat objek. Contoh: Snow White’s hair is as black as ebony, skin as white as snow.

 

Contoh Descriptive Text

Agar kamu semakin mengerti, berikut adalah beberapa contoh descriptive text dalam beberapa contoh descriptive text dalam berbagai pembahasan.  

Contoh Descriptive Text tentang Tempat

My bedroom is my favorite room. Its wall color is blue, which is my favorite color. It has one comfortable bed that faces the window. Every morning the sun shines through my window and wakes me up. On the corner of the room is my desk where I usually study and do my homework.  

Beside that desk is a big wardrobe where I put all of my clothes. My father made the wardrobe for me as my birthday gift. On the left side of the desk, there is a bookshelf where I put all of my favorite books. On the desk, there is a table lamp, laptop, stationery, and notebook. Even though my bedroom is small and simple, I find it very cozy.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Kamar tidur saya adalah kamar favorit saya. Warna temboknya biru, warna favorit saya. Kamar saya punya satu ranjang yang nyaman yang menghadap ke jendela. Setiap pagi, matahari bersinar melalui jendela dan membangunkan saya. Di sudut ruangan ada meja saya dimana saya biasanya belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Di samping meja itu adalah sebuah lemari pakaian besar tempat saya menaruh seluruh pakaian saya. Ayah saya membuatkan lemari pakaian tersebut untuk saya sebagai hadiah ulang tahun. Di sisi kiri meja, terdapat rak buku tempat saya meletakkan semua buku favorit saya. Sementara di atas meja, terdapat lampu meja, laptop, alat tulis, dan buku catatan. Walaupun kamar saya kecil dan sederhana, saya merasa kamar saya sangat nyaman.

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Peliharaan

I have a kitten named Simba, he is a 4 months old domestic cat. We named him after The Lion King’s character because of his color. Simba is a little bit chubby but he likes to play and jump around everywhere. If he sees something interesting, like keyrings, or anything else that is hanging, he will jump and try to get it. Sometimes, if he is not in the mood to play, he will sit cutely somewhere. He also loves to snuggle with me and I love him for that. 

Terjemahan bahasa Indonesia:

Saya memiliki anak kucing bernama Simba, dia adalah kucing domestik berumur 4 bulan. Kami menamainya dengan karakter The Lion King karena warnanya. Simba sedikit gemuk tapi dia suka bermain dan melompat-lompat kemana-mana. Jika dia melihat sesuatu yang menarik, seperti gantungan kunci, atau apa pun yang tergantung, dia akan melompat dan mencoba mengambilnya. Terkadang, jika dia sedang tidak ingin bermain, dia akan duduk manis di suatu tempat. Dia juga suka dekat-dekat denganku dan aku menyayanginya karena itu. 

Contoh Descriptive Text tentang Bali

Bali is an Indonesian island located next to Java. You may be familiar with this island, as it is one of the most well-known tourist destinations in the world. Tourists visit this 5.780 square kilometer island because of its natural beauty and rich cultural heritage. Although Hindu is the main religion in Bali, other religions are respected. Pura Tanah Lot, Mount Batur, Uluwatu Temple, Nusa Penida, Ubud, and many other top-rated tourist sites can be found in Bali. 

Terjemahan bahasa Indonesia:

Bali adalah sebuah pulau Indonesia yang terletak di sebelah Jawa. Anda mungkin tidak asing dengan pulau ini, karena merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di dunia. Wisatawan mengunjungi pulau seluas 5,780 kilometer persegi ini karena keindahan alam dan warisan budayanya yang kaya. Meskipun Hindu adalah agama utama di Bali, agama-agama lain dihormati. Pura Tanah Lot, Gunung Batur, Pura Uluwatu, Nusa Penida, Ubud, dan masih banyak lagi lokasi wisata top lainnya yang bisa ditemukan di Bali. 

contoh descriptive text
Photo by lilartsy

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Descriptive Text tentang Orang

There’s a celebrity I adore so much. He is part of the most well-known K-Pop group called BTS and his name is Kim Namjoon, professionally known as RM. He is a rapper, songwriter, record producer, and the leader of BTS. 

Even though he is a famous celebrity, he still cares about his education and now he is pursuing a master’s degree. RM is Korean, but he is fluent in English. Everytime he speaks, he sounds so smart. It turns out that his IQ is 148. As an artist, he is talented and hard-working. The fact that he cares about his education and is fluent in English makes him even cooler to me.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Ada seorang selebriti yang sangat saya kagumi. Dia adalah bagian dari grup K-Pop paling terkenal bernama BTS dan namanya adalah Kim Namjoon, yang secara profesional dikenal sebagai RM. Dia adalah seorang rapper, penulis lagu, produser rekaman, dan pemimpin BTS. 

Meski sudah menjadi selebriti terkenal, ia tetap peduli dengan pendidikannya dan kini sedang mengejar gelar master. RM adalah orang Korea, tetapi dia fasih berbahasa Inggris. Setiap kali dia berbicara, dia terdengar sangat pintar. Ternyata IQ-nya 148. Sebagai artis, dia berbakat dan pekerja keras. Fakta bahwa dia peduli dengan pendidikannya dan fasih berbahasa Inggris membuatnya semakin keren bagiku.

Contoh Descriptive Text tentang Barang

An ergonomic chair is not a standard office chair. It is particularly built for optimal comfort and efficiency, with features such as height adjustability, lumbar support, and adjustable arm height and weight. An ergonomic chair is essential for employees because it may prevent back pain and work-related stress. 

Terjemahan Bahasa Indonesia

Kursi ergonomis bukanlah kursi kantor standar. Ini dibuat khusus untuk kenyamanan dan efisiensi yang optimal, dengan fitur-fitur seperti penyesuaian ketinggian, penyangga pinggang, serta tinggi dan berat lengan yang dapat disesuaikan. Kursi ergonomis sangat penting bagi karyawan karena dapat mencegah sakit punggung dan stres terkait pekerjaan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai descriptive text. Mudah, bukan? Sekarang kamu bisa berlatih membuat descriptive text sendiri. Bisa tentang benda favoritmu, hewan peliharaan, tempat liburan favorit, dan sebagainya.

Supaya bisa makin lancar, kamu bisa berlatih bersama pengajar profesional dan Sobat Cakap lainnya di Cakap English Club. Bersama teman, belajar bahasa Inggris jadi lebih menyenangkan! Yuk, ambil paketnya dibawah ini.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat