Cara dan Contoh Presentasi Produk dalam Bahasa Inggris yang Berkesan

contoh-presentasi-produk-dalam-bahasa-inggris

Presentasi adalah langkah dan cara efektif untuk menyampaikan sekaligus menginformasikan mengenai suatu produk kepada khalayak ramai. Maka dari itu, dalam menyiapkan materi presentasi butuh effort yang lebih, terutama jika yang akan ditampilkan adalah presentasi berbahasa Inggris. Bagi non-native speaker seperti kita, memberikan presentasi dalam bahasa Inggris menjadi tantangan tersendiri, karena ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Kamu wajib banget tahu mengenai bagan/struktur dan contoh presentasi produk dalam bahasa Inggris terlebih dahulu.

Salah satu aturan umum dalam komunikasi dan sangat berharga dalam praktik presentasi adalah “pengulangan”. Artinya, katakanlah apa yang akan kamu katakan, katakan, dan katakan apa yang baru saja kamu katakan. Dengan begitu, pesan yang disampaikan akan lebih kuat, audiens juga akan lebih paham tentang pesan yang sebenarnya.

Wah, makin penasaran bukan gimana contoh presentasi produk langsungnya? Yuk, simak ulasan berikut!

Table of Contents

Apa Itu Presentasi Produk?

Presentasi produk atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “product presentation” adalah presentasi yang digunakan untuk memperkenalkan produk/bisnis baru, mengenalkan fitur yang baru dikembangkan, maupun memberitahu produk renovasi dari perusahaan kamu. Tujuan utamanya tentu agar orang lebih mengenalnya.

A product presentation akan membawa audiens mengetahui bagaimana cara kerja produk dan bagaimana produk tersebut bisa membantu dan memecahkan masalah mereka.

Cara Membuat Presentasi Produk yang Menarik dan Powerful

Ingin mendorong penjualan dan mendapatkan keuntungan serta investasi yang positif untuk produk atau bisnismu? Maka buatlah presentasi produk yang menarik! Yap, kamu nggak hanya butuh tips presentasi bahasa Inggris, tapi kamu juga perlu membuat presentasi yang menarik. Gimana caranya? Gampang, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut!

(1) Buatlah Outline

Cara pertama adalah membuat outline. Uraikanlah poin-poin utama yang ingin kamu tekankan selama presentasi berlangsung. Membuat garis besar atau outline bisa membantumu memastikan tidak ada hal yang tertinggal.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan topik yang ingin dibahas dan urutan penyajiannya, sehingga dapat membantu merampingkan presentasi yang akan kamu sajikan. Kemudian sajikan melalui tampilan slide agar bisa lebih mudah memberikan gambaran pada audiens.

(2) Cari Tahu Apa yang Dibutuhkan Audiens

Apa ini penting? Tentu saja? Mencari tahu kebutuhan dan apa yang ingin audiens ketahui tentang produkmu dapat membangkitkan minat mereka pada produk yang kamu presentasikan. Nah, gimana cara untuk mengetahui apa kebutuhan audiens?

  • Lakukan penelitian mendalam tentang audiensmu
  • Cari tahu data pelanggan untuk memantau pola dan trend yang berkembang
  • Pantau melalui media sosial maupun forum publik    

Salah satu manfaat dalam mencari tahu kebutuhan audiens adalah membuka kesempatan untuk menunjukan bahwa kamu tidak hanya memahami masalah mereka, tetapi produk yang kamu jual juga bisa membuat bisnis mereka lebih baik.

(3) Berikan Informasi tentang Perusahaan

Ketika seseorang menghadiri presentasi produk, bukan berarti mereka selalu akrab dengan perusahaan yang membuat produk tersebut. Oleh karena itu, menyertakan informasi tentang perusahaan dapat memberi pelanggan wawasan mengenai nilai dan visi misi perusahaan. 

Apa saja yang harus disertakan? Kamu bisa menyertakan beberapa info penting, seperti informasi pendanaan perusahaan, daftar pelanggan, dan pencapain perusahaan.

(4) Berikan Contoh Manfaat dan Keberhasilan Produk

Cara membuat presentasi produk selanjutnya adalah menjelaskan manfaat dan keberhasilan produk yang spesifik. Misalnya, kamu mempresentasikan produk skin care, maka kamu bisa menjelaskan mengenai manfaat skin care tersebut bagi wajah, seperti dapat mencerahkan wajah, melembabkan, mengontrol minyak, dan membuat wajah glowing. Atau kamu juga bisa menunjukkan bagaimana kesuksesan produk, yang dapat membuat audiens membayangkan diri ketika mereka menggunakan produkmu.

Bagian ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan alasan audiens membeli produk dengan menyoroti beragam manfaat yang didapat. 

(5) Pilih Tools dan Template Presentasi yang Tepat

Jika semua materi yang ingin kamu sampaikan sudah diputuskan, maka next step adalah memilih tools dan template presentasi yang tepat. Hidupkan presentasimu dengan desain yang menarik karena mempresentasikan produk adalah sebuah seni juga.

Buat presentasi semenarik mungkin secara visual dengan desain yang unik yang nggak bikin audiens bosan. Kamu bisa memuat presentasi melalui tools berbayar maupun tidak berbayar, di sana kamu bisa memilih template dengan corak yang paling cocok dengan warna produk dan perusahaanmu.

Makin Profesional dengan Kursus Bahasa Inggris untuk Bisnis

Contoh Presentasi Produk dalam Bahasa Inggris beserta Artinya

Secara garis besar, presentasi didominasi oleh tiga pilar + question. Ketiga pilar utama yang harus ada, yaitu introduction, body (isi), dan conclusion (kesimpulan). Setelah itu, barulah dimunculkan sesi tanya jawab. Yuk, bahas satu persatu beserta contoh teksnya!

(1) Introduction

Introduction atau sebut saja bagian “perkenalan” dan “pendahuluan”. Sebagai pembuka, peran introduction dalam kelancaran presentasi bahasa Inggris sangat penting, bahkan bisa jadi yang paling penting. Usahakan untuk melibatkan audiens melalui bahasa tubuh yang positif dan sambutan yang hangat.

Di sini, kamu bisa menaruh beberapa point, seperti menyambut audiens, memperkenalkan diri/perusahaan/subjek yang akan dipresentasikan, garis besar struktur presentasi, dan memberikan arahan tentang bagaimana sesi tanya jawab akan berlangsung. 

Contoh kalimat introduction pada presentasi produk bahasa Inggris:

Good morning everyone and welcome to my presentation. First of all, let me thank you all for coming here today. Let me start by saying a few words about my own background. I am the sales representative of Odena company. This morning I will be presenting about our new product, Vierellarosse.

(Selamat pagi semuanya dan selamat datang di presentasi saya. Pertama-tama, izinkan saya berterima kasih kepada Anda semua karena telah datang ke sini hari ini. Mari saya mulai dengan mengatakan beberapa kata tentang latar belakang saya sendiri. Saya perwakilan penjualan perusahaan Odena. Pagi ini saya akan mempresentasikan tentang produk baru kami, Vierellarosse).

(2) Body

Ini adalah bagian dari presentasi yang sesungguhnya. Jika introduction-mu berjalan dengan baik, maka kamu bisa memegang kendali dan bisa lebih percaya diri mempresentasikan materi produkmu. 

Jangan lupa untuk memperhatikan bahasa tubuh, nada suara, dan perubahan intonasi. Tujuannya agar penonton atau audiens bisa melihat dan mengikuti presentasi dengan mudah. Gunakan juga bridging yang bagus jika akan melompat dari satu materi ke materi berikutnya.

Contoh kalimat bahasa Inggris untuk mempresentasikan materi:

Our company’s newest product, Vierellarosse, is an aromatherapy candle product with a rose fragrance variant. This product has many advantages, one of the most superior is that it can create calm and help relieve symptoms by lowering the hormone cortisol in the body. Vierellarosse also has active ingredients in the form of serotonin and dopamine which can support a positive mood and can increase energy for the body.

 

(Produk terbaru perusahaan kami yang diberi nama Vierellarosse adalah produk lilin aroma terapi dengan varian wewangian mawar. Produk ini memiliki banyak keunggulan, salah satu yang paling unggul adalah dapat menciptakan ketenangan dan membantu meringankan gejala dengan menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Vierellarosse juga memiliki bahan aktif yang berupa serotonin dan dopamin yang dapat mendukung suasana hati yang positif dan mampu meningkatkan energi bagi tubuh).

(3) Conclusion

Berikan kesimpulan atau penutup untuk mengakhiri pemaparan materi presentasi. Kamu bisa menggunakan kalimat di bawah ini:

Finally, may I remind you of some of the main points we’ve considered….. Many thanks for your attention.
(Akhirnya, izinkan saya mengingatkan beberapa poin penting yang telah kami pertimbangkan…… Terima kasih banyak atas perhatiannya).

(4) Question 

Tanya jawab biasanya dilakukan setelah presentator menyelesaikan materi presentasinya. Ini adalah kesempatan yang baik untuk melakukan interaksi dengan audiens. Kamu bisa melempar sesi tanya jawab dengan mengatakan:

  • If you have any questions, I am happy to answer them.
    (Kalau kalian punya pertanyaan, saya akan senang hati menjawabnya).
  • Now I’ll try to answer any questions you may have.
    (Sekarang saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang mungkin kalian ajukan).
  • Do you have any questions?
    (Apa kamu punya pertanyaan?)
  • Are there any final questions?
    (Apakah ada pertanyaan terakhir?)

Meskipun semakin banyak pertanyaan membuat diskusi semakin seru dan menarik, namun kamu perlu membatasi jumlah penanya. Misalnya dalam sesi pertama, hanya boleh ada 5 pertanyaan saja, kemudian jika masih ada yang ingin bertanya bisa di sesi selanjutnya.

Nah, itulah contoh presentasi produk dalam bahasa Inggris beserta artinya. Biar makin jago bahasa Inggris, yuk ikutan kursus bahasa Inggris bisnis di Cakap dan belajar materi bahasa Inggris untuk dunia kerja berikut ini!

Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

  1. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

  2. CV bahasa Inggris

  3. Contoh cover letter dalam bahasa Inggris

  4. Cara menolak tawaran kerja dalam bahasa Inggris

  5. Percakapan bahasa Inggris di kantor

  6. Kumpulan pertanyaan interview Bahasa Inggris

  7. Daftar kosakata bahasa Inggris untuk wawancara kerja

  8. Tips presentasi bahasa Inggris

  9. Kumpulan contoh email formal bahasa Inggris

  10. Cara membuat janji temu dalam Bahasa Inggris

  11. Contoh presentasi produk dalam bahasa Inggris

  12. Contoh surat bisnis dalam bahasa Inggris

  13. Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat