Cara Menolak Tawaran Kerja dalam Bahasa Inggris yang Sopan

menolak-tawaran-kerja-dalam-bahasa-inggris-1

Setelah melewati rangkaian tes dan wawancara kerja, biasanya kamu akan diberikan penawaran kerja jika kamu dinilai sebagai kandidat terbaik. Lantas bagaimana jika kamu tidak tertarik dengan penawaran tersebut, atau telah menerima tawaran pekerjaan lain? Menolak tawaran kerja bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi kamu harus belajar bagaimana menyampaikannya dengan baik, terutama dalam bahasa Inggris. 

Nah, kali ini kita akan mencari tahu bagaimana cara menolak lamaran kerja dalam bahasa Inggris secara sopan dan profesional. Simak penjelasan dan contoh kalimatnya di bawah ini, ya!

Bolehkah Menolak Tawaran Kerja?

Sebelum masuk ke cara menolak tawaran kerja, kamu pasti bertanya-tanya. Apa boleh menolak tawaran pekerjaan dari HR atau tim rekrutmen? Jawabannya, boleh. Dengan catatan kamu perlu mempertimbangkan lagi penawaran tersebut, ya. Misalnya dari sisi job desc, posisi yang ditawarkan itu sendiri,  hingga perihal yang terkait dengan dirimu sendiri, misalnya seperti lokasi kantor atau jam kerja dan lain sebagainya. 

Jika memang kamu harus menolak tawaran yang diberikan, tetap berikan jawaban dari pesan tersebut agar tidak “menggantung” di satu sisi. Kamu bisa ikuti contoh kata-kata menolak tawaran pekerjaan yang kami berikan di akhir artikel. 

Cara Menolak Tawaran Kerja Bahasa Inggris

1. Sampaikan apresiasi dan terima kasih

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menolak tawaran pekerjaan adalah menyampaikan terima kasih dalam bahasa inggris. Selain memperlihatkan sopan santun, kamu juga akan terkesan profesional. Lihat contoh kalimat bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan, yuk! 

1. Thank you so much for offering me the Account Executive position at ABC company.
(Terima kasih telah menawarkan saya posisi Account Executive di perusahaan ABC.) 

2. I appreciate that you take your time to consider me as the perfect candidate for the Account Executive position at your company.
(Saya sangat menghargai waktu Anda untuk mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang tepat untuk posisi Account Executive di perusahaan Anda.)

3. I want to thank you for the opportunity you are offering to fulfill the Account Executive position at your company.
(Saya ingin berterima kasih untuk kesempatan yang Anda tawarkan untuk mengisi posisi Account Executive di perusahaan Anda.)

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

2. Ungkapkan alasan dengan jelas

Hal selanjutnya, kamu bisa menyampaikan penolakan disertai alasan singkat dan jelas yang membuatmu menolaknya. Jangan lupa untuk memilih kosakata bahasa Inggris yang baik agar maksudmu dapat tersampaikan tanpa bertele-tele. Perhatikan contoh berikut:

1. After careful consideration, I’ve decided to not accept the position as it doesn’t fit my previous background and career goals. 
(Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, saya memutuskan untuk tidak menerima posisi ini karena tidak sesuai dengan latar belakang dan tujuan karir saya.)

2. I am afraid that I have to decline the offer, because I have accepted a position at another company.
(Saya khawatir saya harus menolak tawarannya, karena saya telah menerima sebuah posisi di perusahaan lain.)

3. After much thought, I’ve decided to pursue another role that offers more opportunities to level up my career.
(Setelah banyak berpikir, saya memutuskan untuk mengejar peran lain yang akan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan karir saya.)

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

3. Tutup dengan baik dan profesional

Terakhir, jangan lupa untuk tetap rendah hati dan menunjukkan keinginan membangun hubungan yang baik. Berikut cara menyampaikannya ketika menolak tawaran kerja tersebut dalam bahasa Inggris:

1. It’s been a pleasure getting to know you, and I hope that we cross paths in the future.
(Senang berkenalan dengan Anda dan saya harap kita dapat bertemu lagi di kemudian hari.) 

2. I wish you all the best in your continued success.
(Saya berharap yang terbaik dalam kesuksesan Anda.)

3. Thank you for your time and consideration, I hope our paths cross again in the future.
(Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya, saya harap jalan kita bertemu lagi di masa depan.)

Contoh kata-kata menolak tawaran kerja dengan sopan

Setelah mengerti isi balasan untuk menolak tawaran kerja yang profesional di atas, kamu bisa merangkai sebuah paragraf untuk menjawab hal tersebut.
 

Hi Rinda,
Thank you for the opportunity to join your company on content writer position. But after having a long consideration, I’ve decided to not accept the offering because I have accepted in another company. 

I wish we can have another collaboration next time. Thank you

Halo Rinda, 
Terima kasih telah memberikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan Anda di posisi content writer. Tetapi setelah mempertimbangkan cukup lama, Saya memilih untuk tidak menerima penawaran tersebut karena Saya sudah diterima di perusahaan lain. 

Besar harapan kita bia berkolaborasi di lain waktu. Terima kasih

Salah satu hal yang menunjukkan profesionalitas dan etika baik adalah segera membalas tawaran kerja tanpa menundanya. Selain itu, sebelum kamu mengirimkan penolakanmu, pastikan pula bahwa tulisanmu sudah bebas kesalahan penulisan atau typo

Nah, itu lah tiga cara menolak tawaran pekerjaan dalam bahasa Inggris dengan sopan. Bagi kamu pencari kerja, tidak ada salahnya untuk mengisi waktumu sembari mempercakap kemampuan bahasa Inggris di kursus bahasa Inggris di Cakap. Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris untuk melamar kerja lewat daftar berikut ini.

Belajar Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja

  1. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

  2. CV bahasa Inggris

  3. Contoh cover letter dalam bahasa Inggris

  4. Contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris

  5. Cara menolak tawaran kerja dalam bahasa Inggris

  6. Percakapan bahasa Inggris di kantor

  7. Kumpulan pertanyaan interview Bahasa Inggris

  8. Perkenalan wawancara kerja dalam bahasa Inggris

  9. Daftar kosakata bahasa Inggris untuk wawancara kerja

  10. Motto hidup dalam Bahasa Inggris

  11. Kelebihan dan kekurangan diri dalam bahasa Inggris

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat