Cara Menolak Tawaran Kerja dalam Bahasa Inggris yang Sopan

menolak tawaran kerja dalam bahasa inggris
Cara Sopan Menolak Tawaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Setelah melewati rangkaian tes dan wawancara kerja, biasanya kamu akan diberikan penawaran kerja jika kamu dinilai sebagai kandidat terbaik. Lantas bagaimana jika kamu tidak tertarik dengan penawaran tersebut, atau telah menerima tawaran pekerjaan lain? Menolak tawaran kerja bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi kamu harus belajar bagaimana menyampaikannya dengan baik, terutama dalam bahasa Inggris. 

Nah, kali ini kita akan mencari tahu bagaimana cara menolak lamaran kerja dalam bahasa Inggris secara sopan dan profesional. Simak penjelasan dan contoh kalimatnya di bawah ini, ya!

1. Sampaikan apresiasi dan terima kasih

menolak tawaran kerja
Photo by Brett Jordan – Pexels

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menolak tawaran pekerjaan adalah menyampaikan terima kasih. Selain memperlihatkan sopan santun, kamu juga akan terkesan profesional. Lihat contoh kalimat bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan, yuk! 

  • Thank you so much for offering me the Account Executive position at ABC company. (Terima kasih telah menawarkan saya posisi Account Executive di perusahaan ABC.) 
  • I appreciate that you take your time to consider me as the perfect candidate for the Account Executive position at your company. (Saya sangat menghargai waktu Anda untuk mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang tepat untuk posisi Account Executive di perusahaan Anda.)
  • I want to thank you for the opportunity you are offering to fulfill the Account Executive position at your company. (Saya ingin berterima kasih untuk kesempatan yang Anda tawarkan untuk mengisi posisi Account Executive di perusahaan Anda.)

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

2. Ungkapkan alasan dengan jelas

menolak tawaran kerja bahasa inggris
Photo by Vlada Karpovich – Pexels

Hal selanjutnya, kamu bisa menyampaikan penolakan disertai alasan singkat dan jelas yang membuatmu menolaknya. Jangan lupa untuk memilih kosakata bahasa Inggris yang baik agar maksudmu dapat tersampaikan tanpa bertele-tele. Perhatikan contoh berikut:

  • After careful consideration, I’ve decided to not accept the position as it doesn’t fit my previous background and career goals. (Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, saya memutuskan untuk tidak menerima posisi ini karena tidak sesuai dengan latar belakang dan tujuan karir saya.)
  • I am afraid that I have to decline the offer, because I have accepted a position at another company. (Saya khawatir saya harus menolak tawarannya, karena saya telah menerima sebuah posisi di perusahaan lain.)
  • After much thought, I’ve decided to pursue another role that offers more opportunities to level up my career. (Setelah banyak berpikir, saya memutuskan untuk mengejar peran lain yang akan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan karir saya.)

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

3. Tutup dengan baik dan profesional

menolak tawaran kerja dalam bahasa inggris
Photo by Karolina Grabowska – Pexels

Terakhir, jangan lupa untuk tetap rendah hati dan menunjukkan keinginan membangun hubungan yang baik. Berikut cara menyampaikannya ketika menolak tawaran kerja tersebut dalam bahasa Inggris:

  • It’s been a pleasure getting to know you, and I hope that we cross paths in the future. (Senang berkenalan dengan Anda dan saya harap kita dapat bertemu lagi di kemudian hari.) 
  • I wish you all the best in your continued success. (Saya berharap yang terbaik dalam kesuksesan Anda.)
  • Thank you for your time and consideration, I hope our paths cross again in the future. (Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya, saya harap jalan kita bertemu lagi di masa depan.)

Salah satu hal yang menunjukkan profesionalitas dan etika baik adalah segera membalas tawaran kerja tanpa menundanya. Selain itu, sebelum kamu mengirimkan penolakanmu, pastikan pula bahwa tulisanmu sudah bebas kesalahan penulisan atau typo

Nah, itu lah tiga cara menolak tawaran pekerjaan dalam bahasa Inggris dengan sopan. Bagi kamu pencari kerja, tidak ada salahnya untuk mengisi waktumu sembari mempercakap kemampuan bahasa Inggris, lho! Daftar kursus bahasa Inggris di Cakap, yuk!

Baca juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat