Contoh CV Bahasa Inggris Lengkap Tips dan Cara Membuatnya

tips bikin cv

Membuat CV nyatanya gampang-gampang susah. Kamu harus menyusun berbagai macam konten secara detail, mulai dari latar belakang pendidikan hingga pengalaman kerja, dan semuanya harus tersusun dengan baik. Hal tersebut semakin menantang ketika kamu dituntut untuk membuat CV dalam bahasa Inggris.

Namun, membuat CV dalam bahasa Inggris nggak sesusah itu kok. Buat kalian yang ingin membuat CV dalam bahasa Inggris, yuk simak apa saja isi CV dalam bahasa Inggris, tips-tips, dan contohnya!

Table of Contents

CV Bahasa Inggris

CV bahasa Inggris adalah CV yang dibuat dengan menggunakan bahasa pengantar berupa bahasa Inggris. Tidak hanya dibuat untuk melamar pekerjaan di perusahaan internasional, tak jarang perusahaan-perusahaan nasional juga menginginkan pelamarnya mencantumkan CV dalam format berbahasa Inggris.

Dalam membuat CV bahasa Inggris, sangat diperlukan kekonsistenan penggunaan bahasa. So, kalian harus benar-benar konsisten menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya pada CV yang dibuat. Jangan dicampuradukkan antara bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia, dan sebaliknya.

Isi CV dalam Bahasa Inggris

Apa saja sih yang harus ada dalam CV bahasa Inggris? Sama seperti CV berbahasa Indonesia, kurang lebih isi dari CV dalam bahasa Inggris mencakup tentang deskripsi diri, skill, pengalaman, dll. Berikut penjelasan lengkapnya!

(1) Personal Profile

Personal profile atau bisa juga diganti dengan nama “about me” biasanya berkaitan dengan pribadi kalian. Isi dalam bagian personal profile mencakup name, date of birth, gender, hobies, dan marital status (“single” berarti belum menikah or “married” yang berarti sudah menikah).

(2) Educations Details

Education atau pendidikan bisa ditulis dari mulai pendidikan yang paling akhir atau sebaliknya. Cukup tuliskan riwayat pendidikan dari mulai SMA-sampai pendidikan terakhir. Berikut contoh penulisan education details dalam CV bahasa Inggris:

  • 2013-2016 SMA Nusa Bangsa, Jakarta
  • 2016-2022 Marketing and Business, Stanford University


(3) Skills

Keahlian atau skill adalah salah satu yang juga perlu ada dalam CV bahasa Inggris. Berikut contoh penulisan skill dalam bahasa Inggris beserta artinya:

  • Creative Writing (Menulis Kreatif)
  • Content Design (Desain Konten)
  • Digital Marketing (Pemasaran Digital)
  • Content Editing (Pengeditan Konten)


(4) Job Experience

Job experience atau pengalaman kerja bisa ditulis sebanyak banyaknya dengan catatan relate dengan pekerjaan yang dilamar. Kalau kalian belum punya pengalaman pekerjaan, kalian juga bisa mencantumkan pengalaman organisasi di CV bahasa Inggris.

Contoh pengalam kerja:

  • 2018-2020 Senior Marketing Strategies at Jordan Group
  • 2020-2022 Content Manager at Global Group


(5) Contact

Di bagian contact kalian bisa menuliskan kontak mana saja yang bisa dihubungi. Cantumkan kontak, seperti phone number (nomor telepon), address (alamat), email address (alamat email), social media (sosial media, seperti Instagram, dll), dan LinkedIn.

Tips Membuat CV Bahasa Inggris

Lebih dari sekadar resume, membuat CV dalam bahasa Inggris mengharuskan kita bekerja lebih ekstra khususnya saat merangkai kata-kata. Jika pihak perusahaan adalah orang yang fasih berbahasa Inggris, tentu dia akan lebih mudah menangkap kesalahan-kesalahan dalam CV.

CV adalah dokumen pribadi yang digunakan untuk menceritakan riwayat kerja professional sekaligus potensi diri kepada calon perusahaan. Isi resume harus memberi tahu perusahaan tentang keseluruhan riwayatmu seperti sejarah profesional, keterampilan, kemampuan, dan prestasi dalam pendidikan maupun kerja.

Peruntukan membuat CV dalam bahasa Inggris, biasanya akan diutamakan jika tempat kamu melamar kerja adalah lembaga bersifat multinasional atau bahkan perusahaan asing. Buat CV secara maksimal, ikuti 5 tips ampuh membuat CV bahasa Inggris di bawah ini!

(1) Sesuaikan Tata Bahasa dengan Baik

Gunakan kalimat singkat untuk memasukkan lebih banyak informasi ke dalam ruang yang lebih kecil. Tinggalkan subjek kalimat (I, my manager, me), kata ganti posesif (my/mine, his/her), dan beberapa elemen lainnya. Kesalahan ejaan dan tanda baca, bisa jadi batu sandungan dalam CV.

Jika mencantumkan lebih dari satu pencapaian dalam sebuah kalimat, kamu dapat mengganti “and” dengan titik koma. Sebagai contoh, kalimat “I led an important project and my manager gave me an promotion,” bisa diganti menjadi “Led key project; promoted by manager.”

(2) Pakai Action Verb Agar Menarik

Action verb mampu menunjukkan tindakan tertentu, contohnya solved, managed, initiated, accomplished. Contoh kata kerja pasif adalah am, was, have, and have. Saat membuat CV, kata kerja bersifat tindakan seperti itu mampu membuat kamu terdengar penuh motivasi dan enerjik.

Pemilihan kata kerja yang menarik, tak pelak mampu hadir sebagai kunci dalam resume. Sebagai contoh, bedakan kedua kalimat berikut: “Managed a team of 20 employees” dan “Was in charge of 20 employees.” Mana yang lebih menarik? Tentu saja kalimat pertama. Wajib diikuti!

Kalau kamu ingin belajar verb lebih jelasnya lagi silakan pelajari grammar lagi agar kemampuan bahasa inggris kamu menarik para recruiter

Baca Juga: Action Verb: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya

(3) Kata Kunci Juga Penting

Ingatlah bahwa resume kamu dapat dibaca oleh komputer. Perangkat lunak pemindaian resume diatur sedemikian rupa sehingga mengambil kata kunci dan jargon industri yang terkait dengan posting pekerjaan tertentu. Tak hanya artikel, dewasa ini CV milik kamu juga harus dioptimasi.

Sebelum menulis resume, baca kembali deskripsi pekerjaan dan tuliskan semua kata kunci yang kamu lihat hal tersebut biasanya berupa kata benda. Faktanya, upaya ini mampu membantu para pelamar kerja dalam membuat resume dan surat pengantar yang efektif.

(4) Jangan Lupakan Unsur Utama CV

Setelah mempertimbangkan elemen-elemen di atas seperti pemilihan tata bahasa hingga kata kunci, jangan lupakan elemen standar membuat CV. Perhitungkan template, contoh cv menarik saat ini, hingga desain yang menarik – tidak berlebihan namun menunjukkan ada usaha lebih yang kamu kerahkan. Bagaimanapun, estetika resume standar tak boleh diabaikan.

Informasi standar juga tak boleh dilewatkan. Selain latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, kamu mesti memasukkan kemampuan, bakat hingga hobi sehari-hari. Jangan terlalu berlebihan dalam menuliskan semua itu, cukup informasi penting secara padat dan jelas saja.

(5) Cek Lagi Secara Keseluruhan

Setelah membuat CV secara apik, pastikan kamu tidak menyia-nyiakan semua kerja keras dengan meninggalkan kesalahan kecil yang kelak mampu berakibat fatal. Cek lagi setiap baris, kalimat dan kata demi meminimalisir kesalahan. Waspada, segala kesalahan bisa jadi hal krusial!

Skill Bahasa Inggris Tingkatkan Peluang Karier. Saatnya Kamu Mulai Belajar!

Contoh CV dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami apa saja isi CV bahasa Inggris dan tips-tips membuatnya, biar makin punya gambaran CV bahasa Inggris, yuk perhatikan contoh berikut ini!

(1) Contoh CV Digital Marketing

contoh-cv-bahasa-inggris
Template CV from Canva


(2) Contoh CV Data Analyst

cv-dalam-bahasa-inggris
Template CV from Canva


(3) Contoh CV Dokter Gigi

contoh-cv-dalam-bahasa-inggris
Template CV from Canva

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Itu tadi 5 tips membuat CV berbahasa Inggris yang baik dan benar, dilengkapi juga dengan beberapa contoh CV dalam bahasa Inggris. Selebihnya, kamu dapat mengeksplorasi sendiri sesuai selera serta preferensi pribadi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap