8 Contoh Pelatihan Skill Tebaik untuk Karyawan Bank

contoh pelatihan karyawan bank

Kepercayaan nasabah adalah pilar utama bagi perbankan dalam menjalani kegiatan usahanya. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan ini, bank harus menawarkan lebih dari sekadar keamanan finansial. Contohnya seperti pelayanan yang berkualitas, manajemen operasional yang efisien, analisis risiko yang cermat, dan komunikasi yang efektif. 

Oleh karena itu, pelatihan kerja untuk karyawan bank menjadi penting untuk mengembangkan keterampilan dan kualitas layanan bank.  Yuk, cek manfaat dan contoh pelatihannya di bawah ini!

Table of Contents

Manfaat Pelatihan Kerja untuk Karyawan Bank

Berikut ini adalah beberapa dampak dan manfaat dari pelatihan kerja untuk karyawan bank:

1. Meningkatkan Kinerja dan Efisiensi Kerja

Karyawan bank yang terlatih dengan baik akan memiliki kompetensi kerja yang tinggi sehingga mampu melakukan tugas-tugas hariannya secara efisien. Hal ini penting untuk manajemen SDM karena dengan proses kerja yang lebih cepat, maka kinerja keseluruhan bank akan turut mengalami dampak positifnya.

2. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Di Indonesia, kompetisi dalam industri perbankan cukup ketat banyaknya bank nasional dan internasional. Untuk itu, peningkatan daya saing perusahaan menjadi penting dengan menawarkan layanan yang unggul, inovatif, dan efisien dibandingkan kompetitor.

3. Meningkatkan Reputasi dan Kepercayaan Nasabah

Dengan karyawan yang berkompetensi tinggi dan sistem kerja yang efisien, maka nasabah akan mendapatkan pengalaman yang positif. Reputasi tersebut akan menjaga nasabah yang telah setia menggunakan layanan bank dan akan menarik calon nasabah baru.

Rekomendasi Kelas Pelatihan untuk Karyawan Bank

Berikut ini adalah beberapa contoh pelatihan yang direkomendasikan untuk karyawan bank:

1. Belajar Melayani Nasabah Bank Sebagai Teller Bank

upskill teller bank

Teller bank memiliki peran yang penting dalam industri perbankan. Seorang teller bank menjadi wajah pelayanan bank karena ia berhadapan langsung dengan nasabah untuk memenuhi kebutuhannya. Pelatihan berikut ini mencakup seluruh aktivitas harian seorang teller bank mulai dari proses awal hari, kegiatan transaksi, hingga proses akhir hari. 

Cek Kursus: Belajar Melayani Nasabah Bank Sebagai Teller Bank

2. Belajar Mengelola Transaksi dan Operasional Bank untuk Bankir

upskill bankir

Bila teller bank adalah wajah pelayanan bank, maka bankir adalah orang di balik layar dari pelayanan bank. Posisi yang juga tak kalah penting ini memerlukan berbagai kompetensi teknis yang spesifik. Pelatihan berikut ini akan membekali banyak hal seputar operasional bank seperti transaksi back office, proses end of period, disbursement kredit, administrasi kredit, penyusunan laporan, dan SOP operasional. 

Cek Kursus: Belajar Mengelola Transaksi dan Operasional Bank untuk Bankir

3. Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Perbankan dan Keuangan

upskill bahasa inggris keuangan

Bahasa Inggris telah menjadi kebutuhan dalam berbagai profesi. Setiap industri pun memiliki istilah-istilah tersendiri yang jarang ditemukan dalam percakapan sehari-hari, termasuk dunia perbankan dan keuangan. Pelatihan ini mengajarkan bahasa Inggris yang dibutuhkan dalam dunia perbankan dan keuangan seperti angka, kalkulasi, transaksi, pelayanan, dan lain-lain. 

Cek Kursus: Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Perbankan dan Keuangan

4. Belajar Melayani Klien untuk Analis Keuangan

upskill analis keuangan

Profesi yang tak kalah penting dalam dunia perbankan adalah analis keuangan. Seorang analis keuangan bertanggung jawab untuk menganalisis keuangan nasabah maupun bank. Berbagai kompetensi yang dibutuhkan seperti pengelolaan kas, pengelolaan utang, manajemen likuiditas, hingga manajemen investasi dapat dipelajari di pelatihan ini

Cek Kursus: Belajar Melayani Klien untuk Analis Keuangan

5. Mengukur dan Menganalisis Risiko untuk Aktuaris

upskill aktuaris

Seorang aktuaris dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan dan bank untuk mengelola risiko keuangan. Beberapa keterampilan yang dibutuhkan seorang aktuaris adalah manajemen risiko, mengelola risiko asuransi, pengukuran liabilitas asuransi, mengontrol data historis, actuarial control cycle, dan pengembangan produk asuransi. 

Cek Kursus: Mengukur dan Menganalisis Risiko untuk Aktuaris

6. Teknik Negosiasi dan Komunikasi Efektif bagi Sales Representative

upskill sales representative

Dalam menjual produk dan layanan bank, seorang sales representative dibutuhkan untuk menawarkan secara langsung kepada calon nasabah. Kemampuan komunikasi efektif dan negosiasi sangat dibutuhkan untuk mempersuasi calon nasabah hingga mengambil keputusan pembelian. Pelajari strategi dan taktik komunikasi dalam dunia sales dalam pelatihan ini

Cek Kursus: Teknik Negosiasi dan Komunikasi Efektif bagi Sales Representative

7. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Service Excellence

upskill customer service

Customer Service atau CS menjadi tempat nasabah mengadu dan meminta solusi ketika terdapat masalah dalam layanan bank. Oleh karena itu, pelayanan prima sangat dibutuhkan bagi seorang CS untuk menjaga loyalitas nasabah. Temukan berbagai materi tentang optimalisasi pelayanan, komunikasi efektif, penanganan keluhan, hingga manajemen konflik untuk CS bank dalam pelatihan berikut.

Cek Kursus: Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Service Excellence

8. Menawarkan Barang atau Jasa melalui Telepon untuk Telesales

upskill telesales

Dalam menawarkan produk dan layanan bank, kegiatan penjualan tidak hanya dilakukan oleh seorang sales representative melainkan juga oleh seorang telesales melalui telepon. Dengan keterbatasan komunikasi melalui telepon, seorang telesales perlu memahami kepribadian calon nasabah, teknik penawaran, teknik komunikasi, dan pemanfaatan teknologi. 

Cek Kursus: Menawarkan Barang atau Jasa melalui Telepon untuk Telesales

Lembaga Pelatihan untuk Karyawan Bank

Memberikan pelatihan karyawan adalah salah satu langkah penting untung mendukung kesuksesan bisnis perusahaan. Kelas Korporasi Cakap memiliki pelatihan bahasa dan keterampilan kerja umum ataupun spesifik untuk kebutuhan industri tertentu.

Dengan kurikulum yang dirancang khusus dan pengajar praktisi yang telah tersertifikasi, Kelas Korporasi Cakap telah berhasil meningkatkan kompetensi lebih dari 20 ribu karyawan pada 300 lebih perusahaan dan instansi pemerintah.

Pembelajaran di Kelas Korporasi Cakap dilakukan dengan interaksi dua arah secara online ataupun offline dengan jangka waktu pembayaran yang fleksibel. Cari tahu lebih lanjut di sini!

Demikianlah beberapa rekomendasi pelatihan untuk karyawan bank yang bisa dipilih. Pelatihan kerja tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan layanan bank, tetapi juga berguna untuk pengembangan kompetensi sebagai karyawan bank. Diskusikan kebutuhan pelatihan karyawan untuk perusahaan Anda bersama kami! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup