Program Edukasi Karyawan Hino Finance: Pelatihan Bahasa Inggris bersama Cakap

cakap corporate hino finance

Industry
Finance

Number of employees
300+

Company HQ
DKI Jakarta

Establish Since
2014

Elevate People’s Lives With Cakap

0
Learning Period in months
0
Students
0 %
Satisfied with the quality of teachers

PT Hino Finance Indonesia (HFI) adalah perusahaan spesialis pembiayaan untuk truk komersial terutama merek Hino. Perusahaan ini hadir untuk mendukung penjualan produk Hino di Indonesia melalui solusi pembiayaan termasuk penyewaan, penjualan, dan penyewaan balik. 

Hino Finance juga memiliki produk lainnya yang disesuaikan dengan anggaran perusahaan dan kebutuhan pelanggan. Saat ini Hino Finance Indonesia telah memiliki 11 kantor cabang di kota-kota besar di Indonesia untuk memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. 

Challenge

Salah satu pemegang saham di PT Hino Finance Indonesia adalah Hino Motors, Ltd yang merupakah perusahaan kendaraan asal Jepang. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk berkomunikasi dengan jajaran direksi perusahaan di mana kemampuan bahasa asing dibutuhkan, paling tidak bahasa Inggris. 

“Untuk membantu komunikasi dengan direksi dan meningkatkan kemampuan komunikasi secara profesional maupun nonformal,” ungkap Tri Handoko, HR People Development Supervisor di Hino Finance ketika ditanya kebutuhan bahasa Inggris karyawan di perusahaan yang diwakilinya. 

Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, Hino Finance memilih Cakap sebagai lembaga kursus bahasa asing yang fleksibel dan dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Pada tahun 2023, ada 130 orang karyawan yang menerima pelatihan bahasa Inggris secara online selama tiga bulan yang terbagi dalam dua gelombang. 

Ia juga menyampaikan bahwa salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris bagi karyawan yang belajar bersama adalah waktu. “(Kami) mencari lembaga yang bisa memberikan training bahasa inggris yang fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan pekerja.” Tri Handoko menjelaskan. 

Solution

Sebagai lembaga pelatihan, Cakap menawarkan kelas bahasa Inggris untuk perusahaan dengan materi yang disesuaikan dan juga jadwal yang fleksibel. Hal ini tentunya memenuhi apa yang dibutuhkan oleh PT Hino Finance Indonesia sendiri. 

Menurut Tri Handoko, timnya sering melakukan reschedule karena ada banyak kegiatan dan kesibukan terkait pekerjaan. Meski demikian, Cakap menyediakan group reschedule yang mana sangat membantu jadwal belajar karyawan PT Hino Finance Indonesia sendiri. 

Lebih lengkap, Tri Handoko menjelaskan, “Untuk meningkatkan keterampilan, sering kali ada kendala waktu karena mengejar waktu pulang. Program pembelajaran lain tidak semua bisa sefleksibel Cakap dalam (memfasilitasi) hal tersebut.” 

Selain fleksibilitas jadwal dan materi yang sesuai kebutuhan, Cakap juga menawarkan pengajar yang profesional untuk mendukung materi yang dibutuhkan. 

“Teachernya profesional dan ekspresif. Materi yang disampaikan advanced dan intonasi bagus. Acung jempol, oke banget,” ungkap Tri Handoko ketika ditanya tentang kualitas pengajar dari Cakap untuk perusahaan yang diwakilinya. 

Result

PT Hino Finance Indonesia mengambil kelas korporasi di Cakap untuk pembelajaran bahasa Inggris selama 3 bulan. Sebanyak 130 karyawan disertakan dalam pelatihan online yang dilaksanakan dalam dua batch yaitu dalam periode Agustus–Oktober dan September–November 2023. 

Selama tiga bulan masa pembelajaran untuk masing-masing batch, Tri Handoko mengatakan bahwa karyawan Hino Finance memberikan testimoni yang baik tentang peningkatan kemampuan bahasa Inggris yang mereka dapatkan dari Cakap. 

Ia mengaku bahwa pihaknya bahkan mempertimbangkan untuk kembali mengikutkan pembelajaran dari Cakap ke depannya. Ia juga menyampaikan kesan yang positif terhadap Cakap sebagai platform yang bermanfaat untuk mendukung program edukasi pekerja dari perusahaan. 

“Sudah bagus, secara segi materi oke, dan kemampuan teacher bagus untuk interaksi, platformnya baik dan sudah mendukung Cakap sebagai platform edutech professional,” ungkap Tri Handoko mengakhiri. 

“Teachernya profesional dan ekspresif. Materi yang disampaikan advanced dan intonasi bagus. Acung jempol, oke banget,”
Tri Handoko
HR People Development Spv Hino Finance

Dukung Tim Anda dengan Pelatihan untuk Karyawan di Cakap!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.