9 Cara Meningkatkan Skill Karyawan Perusahaan yang Efektif

cara-meningkatkan-skill-karyawan

Setiap karyawan pasti memiliki skill atau kemampuan yang unik dalam dirinya. Namun, seiring berjalannya waktu saat berkarier di perusahaan, skill yang mereka miliki juga perlu diasah dan ditingkatkan. Hal tersebut dikarenakan salah satu kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya juga sangat bergantung pada kinerja karyawan. So, sudah seharusnya perusahaan dan HR berperan aktif untuk menemukan bagaimana cara meningkatkan skill karyawan-karyawannya.

Lantas, bagaimana upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawannya? Tenang, beberapa tips dan cara berikut ini bisa menjadi referensi terbaik untuk meningkatkan skill karyawan! Nggak ketinggalan juga, ada informasi penting lainnya mengenai manfaat meningkatkan skill karyawan bagi perusahaan.

Table of Contents

Tips dan Cara Meningkatkan Skill Karyawan

Perusahaan dan staf pengembang SDM harus mencari cara baru untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih cakap dan mobile workforce, agar memungkinkan karyawan mereka maju dan memiliki keterampilan serta kompetensi yang mumpuni di bidang kerjanya. Berikut ini ada tips and trik yang bisa dicoba untuk meningkatkan skill karyawan perusahaan.

(1) Mengadakan Program Pelatihan

Cara meningkatkan skill karyawan yang pertama adalah mengadakan program pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan dan kebutuhan karyawannya. Program pelatihan karyawan bisa diberikan baik secara offline maupun online melalui media digital. 

Di antara program ini misalnya adalah program pelatihan bahasa inggris untuk karyawan yang bertujuan untuk meningkatkan skill bahasa karyawan.

Program pelatihan yang berkelanjutan dapat meningkatkan keterampilan dan skill pekerja, sehingga bisa membantu bisnis perusahaan makin berkembang. 

Jadi, pihak perusahaan bisa mulai untuk mengatur anggaran pelatihan dan menentukan medianya untuk program pelatihan berupa seminar, webinar, program sertifikasi, maupun pelatihan lainnya yang bisa meningkatkan skill dan pengetahuan karyawan.

Untuk melakukan pelatihan ini, kamu bisa berkolaborasi dengan penyedia program pelatihan seperti Kelas Korporasi dari Cakap yang menyediakan berbagai pilihan topik pelatihan. Kamu bisa mengkonsultasikan kebutuhan pelatihan karyawan perusahaan dengan tim kami dengan klik disini

Berikan Pelatihan Terbaik untuk Karyawan Perusahaan Anda

(2) Employee Cross Training

Employee cross training atau yang juga dikenal dengan ECT adalah suatu kegiatan di mana para pekerja saling bertukar pikiran dan mengajari satu sama lain. 

Cross training ini memiliki beberapa keuntungan untuk perusahaan. Salah satunya yaitu antar karyawan dapat saling membantu dan menunjang pekerjaan apabila sedang terjadi bottleneck. 

Jadi, kalau ada karyawan yang sedang sibuk atau berhalangan hadir, pekerjaan bisa di-handle oleh karyawan lainnya. 

(3) Encourage Experience

Pengalaman menjadi cara terbaik untuk mengembangkan skill baru. Artinya, perusahaan bisa melakukan pengembangan skill dengan pembelajaran berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh karyawannya.

Dengan begitu, perusahaan juga bisa mengetahui apa yang ingin dipelajari dan dilakukan karyawan. Skill yang sudah dimiliki juga bisa diasah lebih tajam dan tentunya bisa menghasilkan pencapaian yang jelas.

(4) Membentuk Tim Pembelajaran dan Pengembangan

Cara meningkatkan skill karyawan yang keempat adalah membentuk tim pembelajaran dan pengembangan. L&D atau Learning and Development team akan sangat membantu dalam mengalihdayakan layanan pembelajaran dan pelatihan dengan menawarkan berbagai kursus yang berfokus pada hardskill dan softskill.

Adanya L&D team juga bisa membantu mendorong karyawan lebih semangat mengikuti program pelatihan.

(5) Melakukan Studi Banding

Bagaimana upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawannya? Jawabannya adalah melakukan studi banding.

Studi banding tidak hanya dilakukan di masa-masa sekolah atau kuliah saja lho. Para karyawan di perusahaan juga bisa melakukan studi banding. Ini adalah cara efektif untuk meningkatkan skill karyawan.

Dengan studi banding, perusahaan bisa melihat tolak ukur berbagai hal sesuai dengan standar yang ada. Misalnya, membandingkan fasilitas, prosedur kerja, keselamatan kerja, situasi kerja, dan lain sebagainya.

(6) Berikan Apresiasi dan Insentif

Memberikan apresiasi dan insentif tidak hanya merupakan sebuah bentuk penghargaan bagi loyalitas karyawan, tetapi bisa juga menjadi cara tepat meningkatkan skill karyawan. 

Karyawan yang diberikan apresiasi atas effort kerjanya, pasti merasa senang dan akan melakukan pekerjaan yang lebih baik ke depannya.

Bentuk apresiasi bisa bermacam-macam. Mulai dari pemberian intensif gaji atau bonus, hingga beberapa hal-hal, seperti melakukan outing, memberikan tiket liburan, atau bahkan promosi jabatan.

(7) Memotivasi SDM 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill karyawan adalah memotivasi SDM. Memberikan motivasi bagi para SDM mengenai pentingnya terus belajar dan meningkatkan skill yang dimiliki. 

Mengapa demikian? Di luaran sana ada banyak sumber daya manusia dengan kualitas tinggi yang bisa kapan saja menggantikan mereka.

Selain itu, bentuk motivasi karyawan bisa juga dari cara lain, seperti memberikan sarana dan prasarana pengembangan skill yang memadai.

(8) Sediakan Fasilitas yang Menunjang Pengembangan Skill

Cara meningkatkan skill karyawan yang satu ini sedikit banyak ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Ketika perusahaan ingin karyawannya memiliki skill yang mumpuni, maka mereka juga wajib menyediakan fasilitas yang menunjang proses pengembangan skill karyawan.

Misalnya, perusahaan bisa memberikan fasilitas komputer dengan koneksi yang bagus agar ketika karyawan bekerja dan melakukan pelatihan bisa berjalan dengan lancar dan lebih mudah.

(9) Lakukan Pengawasan dan Evaluasi

Setelah melakukan tips-tips di atas, jangan lupa menyempurnakannya dengan melakukan pengawasan dan evaluasi. Pengawasan yang tepat akan memudahkan perusahaan melakukan tindakan perbaikan ketika ada sesuatu yang salah atau menyimpang dari tujuan yang ditentukan.

Sedangkan evaluasi bisa memperlihatkan hasil atas hal-hal yang dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan skill karyawan. Dengan evaluasi, perusahaan juga bisa mengetahui jika ada hal yang kurang dan harus diperbaiki untuk ke depannya.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Manfaat Meningkatkan Skill Karyawan bagi Perusahaan

Kemampuan organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya sangat bergantung pada kinerja karyawan-karyawannya. Para karyawan menjadi aset penting dalam mengarahkan perusahaan menuju kesuksesan. 

Mengembangkan skill karyawan menjadi salah satu agenda yang sangat penting karena hal tersebut mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan. Berikut ini ada beberapa manfaat utama meningkatkan skill karyawan bagi perusahaan atau organisasi.

(1) Memiliki Tenaga Kerja Ahli dan Profesional

Perusahaan mana sih yang nggak pengen punya karyawan profesional, ahli, dan terampil? Inilah salah satu manfaat yang bisa didapat perusahaan jika mereka mengadakan program peningkatan skill karyawan. 

Perusahaan akan mendapatkan talenta-talenta unggul yang dengan keahlian di atas rata-rata. Hal ini juga tentunya akan menghasilkan mutu kerja yang berkualitas.

(2) Meningkatkan Profit dan Keuntungan

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan profit dan keuntungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan-perusahaan hebat dan berpenghasilan tinggi, pasti memiliki karyawan-karyawan dengan skill terbaik yang bekerja di bidangnya. 

Dengan skill yang mumpuni, mereka akan menemukan kreatifitas dan ide-ide cemerlang untuk memasarkan produk baik melalui digital marketing, maupun secara langsung.

(3) Meningkatkan Produktivitas Kerja

Satu lagi nih manfaat meningkatkan skill karyawan bagi perusahaan, yaitu meningkatkan produktivitas. 

Ketika kualitas SDM atau karyawan meningkat, maka produktivitas perusahaan juga turut meningkat. Karena ada banyak ilmu-ilmu baru yang bisa diterapkan oleh karyawan untuk bisa menciptakan daya produksi yang lebih baik.

Gimana Sobat Cakap, sekarang kalian sudah pahamkan bagaimana cara meningkatkan skill karyawan dan manfaat-manfaat yang didapat perusahaan ketika memiliki karyawan dengan skill mumpuni? Buat kamu yang saat ini merasa ingin mengembangkan skill atau menemukan skill baru dalam dirimu, yuk cari kursus online bersertifikat terbaik untukmu di kelas Cakap Upskill!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.