12 Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Lengkap!

Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK adalah jenis sekolah menengah yang memiliki banyak jurusan di dalamnya. Jurusan SMK diperuntukkan bagi siswa yang ingin memiliki keahlian tertentu di satu bidang, misalnya kecantikan, teknik, atau perkantoran. 

Nah, bila kamu berencana untuk langsung kerja setelah lulus sekolah menengah, maka masuk SMK adalah tempat yang tepat untuk mempersiapkannya. Karana SMK berfokus pada praktek kerja nyata. Lantas, apa saja jurusan SMK yang bisa menjadi pilihan kamu? Simak ulasan berikut sebagai referensi. 

12 Daftar Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di SMK, berikut ini penjelasan mengenai macam-macam jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan dan banyak diminati di Indonesia. Siapa tahu bisa menjadi referensi, yuk simak!

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan SMK yang pertama yaitu administrasi perkantoran. Prospek karir untuk jurusan administrasi perkantoran di antaranya seperti, admin, resepsionis, atau sekretaris. Pada jurusan ini, kamu nantinya tidak hanya belajar mengenai tugas yang berkaitan dengan perkantoran, seperti tugas-menugas. 

Kamu juga akan belajar mengenai etika dasar di lingkungan di lingkungan kerja, mulai dari cara mengangkat telepon, public speaking yang baik saat mempresentasikan pekerjaan, hingga bagaimana cara menyiapkan keperluan untuk rapat.

2. Akuntansi

Selain administrasi perkantoran, jurusan SMK yang banyak diminati selanjutnya adalah akuntansi. Ya, saat masuk jurusan ini, kamu akan belajar mengenai pengetahuan teoritis sekaligus praktik ilmu akuntansi dari dasar.

Prospek karir untuk jurusan ini juga cukup bagus, lho. Pasalnya, setiap perusahaan pasti akan membutuhkan jasa akuntan untuk mengatur urusan keuangan. Gajinya pun termasuk tinggi, untuk lulusan SMK yaitu sekitar Rp3-5 juta per bulannya.

3. Farmasi

zinkevych on freepik

Farmasi adalah jurusan yang cukup populer sebagai pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Namun, ternyata beberapa SMK juga menyediakan jurusan ini, lho. SMK farmasi fokus untuk mempelajari tentang ilmu biologi dan kimia untuk memproduksi obat-obatan.

Selain itu, dalam jurusan farmasi, kamu juga akan belajar mengenai seluk beluk administrasi kesehatan. Sehingga, ketika lulus kamu sudah siap menjadi asisten apoteker dan memahami peraturan mengenai distribusi obat-obatan,.

4. Keperawatan

Jurusan SMK yang satu ini juga berkaitan dengan kesehatan. Ya, SMK perawatan adalah jurusan yang banyak diincar oleh siswa. Hal ini karena prospek kerja seorang perawat cukup terbuka lebar, di antaranya asisten laboratorium, asisten dental, atau perawatan home care.

Gaji seorang perawat juga lumayan tinggi, lho. Belum lagi jika ditambah dengan tunjangan yang didapatkan, yaitu sekitar Rp5-7 juta per bulan. Jika menjadi siswa SMK perawat, nantinya kamu akan mempelajari tentang jenis penyakit umum, cara membaca hasil lab, dan yang terpenting cara berkomunikasi dengan pasien.

5. Multimedia atau Desain Grafis

Jika kamu bercita-cita untuk menjadi seorang content creator, maka jurusan SMK yang satu ni bisa kamu pilih untuk mendukung keahlianmu dalam hal multimedia. Desain grafis termasuk salah satu jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan, karena kamu berpeluang untuk membangun bisnis sendiri melalui skill ini.

Dalam jurusan MM, yaitu singkatan untuk nama jurusan SMK Multimedia, kamu akan banyak belajar mengenai bagaimana cara menggunakan software editing seperti Adobe Photoshop atau After Effects. Selain itu, saat memasuki jurusan Multimedia, kamu akan dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi.

6. Bisnis dan Pemasaran

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah Bisnis dan Pemasaran. Dengan memiliki kemampuan di bidang ini, kamu akan memiliki peluang besar untuk bekerja dari mana saja alias kamu bisa membuka bisnismu sendiri!

Ketika memasuki jurusan bisnis dan marketing, kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Di antaranya yaitu, keterampilan dalam mengelola bisnis, inovasi produk, administrasi transaksi, dan masih banyak lagi.

7. Perhotelan

Di SMK perhotelan, kamu akan belajar banyak hal, bukan hanya tentang cara melakukan pemeliharaan hotel, tetapi juga meliputi cara berkomunikasi yang baik, pariwisata, housekeeping, bahasa asing, tata boga, hingga administrasi perhotelan. 

Seiring dengan pariwisata di Indonesia yang semakin berkembang, maka akan lebih banyak pula jumlah hotel dan akomodasinya. Yang mana berarti kebutuhan akan tenaga kerja dalam bidang ini kan semakin tinggi juga. Prospek kerja untuk siswa jurusan perhotelan di antaranya seperti resepsionis, room service, asisten koki, dan lain sebagainya.

8. Tata Boga

Freepik

Selain tata busana yang fokus pada fashion design, SMK juga menyediakan jurusan yang cocok jika kamu gemar memasak. Ya, tata boga merupakan salah satu jurusan yang menyenangkan karena kamu akan banyak bereksperimen tentang menu-menu baru.

Namun, tata boga tidak hanya terbatas untuk belajar masak saja, tetapi kamu juga akan memahami tentang cara penyajian hidangan, takaran gizi, hingga pengelolaan bisnis kuliner. Lalu, bagaimana setelah lulus? Nah, kamu bisa menjadi koki atau asisten koki di restoran atau membuka usaha kuliner sendiri.

9. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan rekayasa perangkat lunak erat kaitannya dengan teknik informatika, yaitu ilmu yang mempelajari seputar pembuatan dan pemeliharaan perangkat lunak. Satu hal yang tidak akan lepas dari jurusan yang satu ini, yaitu pelajaran mengenai coding, algoritma, dan desain.

Kini, seiring perkembangan zaman yang semakin modern dan menuju digitalisasi, kemampuan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Karir yang menanti untuk jurusan rekayasa perangkat lunak seperti software engineer, developer, atau programmer.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai perangkat lunak, terlebih jika kamu ingin menjadi seorang software developer, yuk ikuti kelas pengembang software di Cakap Upskill!

10. Keuangan Syariah

SMK juga menyediakan jurusan perbankan lho, termasuk perbankan/keuangan syariah juga. Beberapa hal yang akan kamu pelajari jika memilih jurusan ini di antaranya adalah lembaga keuangan syariah, dasar ekonomi syariah, asuransi syariah, hingga etika pelayanan nasabah bank.

Setelah lulus dari jurusan SMK perbankan/keuangan syariah, kamu dapat berkarir sebagai staf administrasi bank, customer service, atau teller di bank syariah. 

11. Tata Busana

Fashion designer adalah nama jurusan SMK dalam bahasa Inggris untuk tata busana. Jurusan SMK yang satu ini cukup banyak diincar oleh para siswa, lho. Jurusan ini tidak hanya terbatas untuk perempuan saja, tetapi tidak sedikit siswa laki-laki yang berminat belajar lebih dalam tentang desain dan busana. 

Dengan belajar mengenai ilmu tata busana, kamu akan berpeluang besar untuk menjadi desainer atau membangun bisnis clothing yang kini sedang populer. 

Bidang industri ini juga bisa memberikan masa depan yang cerah, kamu pasti sering mendengar beberapa event besar seperti Paris fashion Week atau New York Fashion Week? Nah, kamu bisa berpartisipasi di dalamnya jika memiliki skill dalam bidang ini.

12. Tata Rias (Kecantikan)

Cara memilih jurusan SMK salah satunya adalah dengan mengetahui bakat dan minat yang kamu miliki. Nah, bisa kamu mempunyai minat tinggi di bidang kecantikan, maka jurusan yang satu ini mungkin akan cocok untuk dipilih.

Dengan masuk jurusan tata rias atau kecantikan, kamu bisa mengembangkan minat serta meningkatkan skill tata rias. Hal ini karena kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kecantikan, seperti perawatan wajah, riasan wajah, cara menata rambut, dan sebagainya.

Prospek jurusan ini cukup cerah, lho. Kamu pasti pernah mendengar MUA (Makeup Artist)  yang dibayar hingga jutaan rupiah untuk satu kali rias. Nah, kamu juga bisa kok menjadi seperti mereka!

Nah, itulah sederet macam-macam jurusan SMK yang paling banyak diminati sekaligus memiliki prospek karir yang bagus di masa depan. Jadi, apakah kamu sudah memikirkan akan memilih jurusan apa di SMK?

Memang keunggulan utama dari SMK adalah mampu menyiapkan siswa untuk langsung terjun dalam dunia kerja melalui keahlian yang sudah didapatkan semasa sekolah. Namun, selain dari pendidikan formal, kamu juga bisa loh mengasah skill di Cakap.

Yup, Cakap Upskill menyediakan berbagai kursus online pengembangan kemampuan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan atau keinginan kamu dalam berbagai bidang. Jangan lupa untuk mengunjungi Cakap Upskill, ya!

Baca juga :

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap