Lagi Belajar Makeup? Ini 25 Istilah yang Harus Kamu Tahu

makeup

Saat ini, ada begitu banyak video tutorial makeup yang dibuat oleh para beauty blogger. Gaya make up-nya pun berbeda-beda, sehingga kita bisa memilih sendiri mana yang sesuai dengan gaya yang kita inginkan.

Bagi banyak perempuan, make up menjadi kebutuhan penting untuk tampil lebih optimal. Makeup juga bisa menjadi bentuk mengekspresikan diri dan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, ada juga beberapa pekerjaan yang menuntut karyawan perempuannya untuk merias wajah, misalnya pramugari. Bahkan, saat ini profesi make-up artist sedang menjamur.

Nah, untuk kamu yang baru mulai belajar dandan, kadang-kadang ada istilah yang tidak kita mengerti saat menonton video tutorial di Youtube. Apalagi, tren makeup cepat berubah sehngga sering muncul istilah baru. Selain belajar makeup, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris. Kok bisa? Bagaimana caranya? Penasaran? Yuk, baca dulu kumpulan kata kerja Bahasa Inggris di dunia kecantikan.

Supaya saat nonton tutorial gak bingung, berikut 25 istilah makeup dan kecantikan yang penting untuk kamu ketahui.

Undertone

Undertone source: giphy.com

Undertone berarti warna asli kulit yang tidak akan berubah walaupun kena sinar matahari. Undertone color secara garis besar dibagi menjadi 3 warna yaitu warm, cool, dan neutral.

Bagaimana cara tahu undertone kamu? Salah satunya dengan memeriksa warna pembuluh darahmu. Kalau berwarna hijau, berarti kamu mungkin punya warm undertone. Jika berwarna biru keunguan, artinya kamu punya cool undertone. Untuk neutral undertone, biasanya warna pembuluh darah tidak terlihat atau menyatu dengan warna kulit.

Undertone ini lumayan penting untuk kamu ketahui, karena bisa menentukan warna foundation, makeup, bahkan hingga baju yang cocok dengan warna kulitmu.

Inner corner

Inner corner source: giphy.com

Inner corner adalah area kecil di dekat kelenjar air mata di antara mata dan hidung. Area inner corner ini dianggap cukup penting dalam merias daerah mata. Biasanya area inner corner ini diberi highlighter untuk mempertegas dan membuat mata terlihat lebih besar. Ini juga melihat hidung terlihat lebih kecil dan ramping jika dipadukan dengan contour.

Waterline

Waterline source: giphy.com

Waterline merupakan area bagian bawah mata di sepanjang garis bulu mata bagian bawah. Disebut waterline karena biasanya bagian ini basah. Untuk mempertegas mata, biasanya area ini diberi eyeliner berwarna gelap.

Untuk membuat matamu terlihat lebih besar dan segar, kamu bisa menggunakan eyeliner putih pada bagian tersebut. Tapi hati-hati ya saat memakainya supaya tidak iritasi apalagi tercolok.

T-Zone

T-Zone source: giphy.com

Area pada muka yang membentuk huruf T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Bagi kebanyakan orang, biasanya area ini merupakan area paling berminyak.

Cupid’s bow

Cupid’s bow source: giphy.com

Cupid’s bow merujuk pada area tengah bibir atas. Disebut cupid’s bow karena bentuknya mirip busur dewa cinta Romawi. Bagian cupid’s bow ini bagian penting saat merias area bibir karena cupid’s bow yang tegas dianggap menarik.

Untuk membuat bibirmu terlihat lebih penuh dan lipstick-mu lebih rapi, kamu bisa menggarisi bibirmu dengan lip liner. Kemudian, untuk membentuk cupid’s bow, gambar huruf X mengikuti bentuk dari cupid’s bow kamu.

Base

Base source: giphy.com

Base merujuk kepada persiapan-persiapan skincare yang kamu pakai sebelum mulai merias wajah, atau layer pertama dari makeup wajah seperti primer atau foundation. Base ini penting untuk menjamin makeup yang kamu pakai terlihat halus dan menyatu dengan kulitmu.

Primer

Primer source: giphy.com

Primer biasanya menjadi step paling awal dalam memakai makeup. Primer membantu mempersiapkan kulitmu untuk tahap-tahap selanjutnya, tentunya setelah kamu mencuci muka dan menggunakan skincare sesuai jenis kulitmu ya.

Primer juga membuat makeup lebih tahan lama. Pakai primer ke seluruh bagian wajah untuk meminimalkan pori-pori dan kerutan.

Blend

Blend source: giphy.com

Blend berarti mencampur. Dalam istilah makeup, blend berarti memadukan produk riasan yang kamu pakai ke wajah agar terlihat menyatu dan alami. Tuang sedikit foundation pada ujung telapak tangan dan kemudian gunakan ujung kuas atau spons untuk mengaplikasikannya ke wajah.

Blend juga bisa berarti memadukan beberapa warna makeup seperti eyeshadow agar menghasilkan gradasi warna yang bagus.

Countouring

Countouring source: giphy.com

Contouring merupakan teknik tata rias untuk menegaskan fitur wajah tertentu, seperti membuat tulang pipi lebih terlihat atau hidung lebih kecil dan mancung.

Untuk melakukan teknik ini, biasanya digunakan produk dengan warna yang lebih gelap seperti bronzer atau contour sticks ke area yang ingin kamu tonjolkan seperti tulang pipi, garis rahang, dan hidung.

Highlighting

Highlighting source: giphy.com

Kebalikannya dari contouring, highlighting dilakukan untuk menarikk cahaya ke wajah dan menonjolkan fitur wajahmu. Kalau kamu pernah lihat foto atau video artis-artis memiliki area hidung atau pipi yang berkilau, itu merupakan efek dari highlight.

Highlight memang biasanya menciptakan efek berkilau atau berwarna kemerahan. Biasanya highlighter digunakan di area batang hidung, cupid’s bow, inner corner, dan di atas tulang pipi.

Baking

Baking source: giphy.com

Bukan, bukan baking yang artinya “memanggang”. Dalam istilah tata rias, baking berarti proses mengoleskan bedak translucent (bedak tabur yang tidak mengubah warna kulit) ke wajah dan mendiamkannya selama beberapa menit agar panas tubuhmu membuat base terlihat lebih menempel pada kulit. Setelah beberapa menit, baru ratakan bedak.

Untuk mencoba teknik ini, mulai dengan mengaplikasikan foundation dan concealer seperti biasanya. Kemudian, gunakan blender untuk mengaplikasikan bedak di atasnya. Diamkan selama 10 menit. Secara alami, panas kulitmu akan membuat foundation dan concealer menempel di kulit.

On fleek

On fleek source: giphy.com

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel tentang slang bahasa Inggris kemarin, on fleek merupakan istilah untuk menggambarkan alis dalam kondisi terbaik, yaitu yang terisi dan dibentuk sehingga memiliki lengkungan dan ketebalan yang sempurna.

Untuk membentuk alis yang on fleek, kamu bisa menggunakan pensil alis, gel eyebrow, atau powder.

Shimmer

Shimmer source: giphy.com

Shimmer biasanya merujuk pada efek atau produk yang membuat wajahmu berkilau dan memantulkan cahaya pada wajah, seperti highlighter, bronzer, blush, atau eyeshadow.

Dewy/glowy

source: giphy.com

Dewy/glowy berarti kulit wajah yang tampak lembab, segar, dan berkilau secara alami. Dewy menciptakan efek wajah yang terlihat muda dan bersemangat.

Untuk menciptakan efek dewy ini, gunakan warna concealer yang satu warna lebih terang dari warna kulitmu agar wajah terlihat lebih cerah. Gunakan warna-warna terang dengan efek shimmer untuk merias mata, pipi, dan bibir. Untuk memaksimalkan dewy look kamu, gunakan lip gloss di tahap akhir.

Greasy/oily

Greasy/oily source: giphy.com

Greasy/oily berarti wajah yang tampak berminyak. Kalau dewy menciptakan efek berkilau yang bagus, greasy atau oily ini biasanya timbul akibat efek makeup terlalu tebal, berlebihan, atau terlalu lama.

Hati-hati lho, kulit yang terlalu sering berminyak bisa menyebabkan munculnya jerawat. Untuk menghindari ini, terutama buat kamu dengan kulit berminyak, selalu gunakan primer sebelum mulai makeup. Pilih foundation foundation yang tepat, gunakan setting powder di akhir step, dan selalu bawa kertas minyak.

Matte

Matte source: giphy.com

Kebalikan dari dewy, matte adalah gaya makeup yang kelihatan natural dan menempel di wajah tetapi tidak mengkilap seperti pada gaya dewy. Kalau kamu punya kulit berminyak, style makeup ini lebih dianjurkan sehingga wajahmu tidak terlalu mengkilap dan malah terlihat berminyak (oily).

Sekarang ini, tidak hanya lipstick aja yang punya model matte. Sekarang ini juga ada matte powder atau bedak matte yang menyerap minyak. Matte makeup banyak diskuai karena mempertegas fitur-fitur pada wajah. Look ini lagi in banget nih!

Apple on cheek

Apple on cheek source: giphy.com

Apple on cheek berarti bagian pipi yang terletak pada puncak tulang pipi, biasanya bentuknya bundar seperti apel. Biasanya area inilah yang diberi blush on agar terlihat segar dan manis.

Creasing

Creasing source: giphy.com

Crease berarti lipatan atau kerutan. Dalam istilah tata rias, creasing terjadi saat makeup seperti eyeshadow, foundation, atau concealer luntur sehingga muncul garis-garis pada wajah.

Biasanya creasing ini lebih umum terjadi saat kamu punya garis-garis halus pada wajah atau lipatan mata sehingga makeup-mu lebih kentara atau mengikuti garis tersebut.

Smudge

Smudge source: giphy.com

Smudge berarti luturnya makeup, biasanya maskara atau eyeliner, pada wajah karena terkena air atau cairan. Apalagi jika makeup yang kamu pakai tidak waterproof.

Untuk menghindari terjadinya smudge, kamu bisa menggunakan makeup yang waterproof atau menggunakan setting spray setelah selesai makeup. Supaya saat terjadi kamu sudah siap sedia, bawalah makeup remover.

Clumpy

Clumpy source: giphy.com

Clumpy merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan saat maskara menggumpal di bulu mata. Hal ini biasanya terjadi saat maskara yang kamu pakai sudah lama sehingga sudah kering.

Selain tidak enak dilihat, menggunakan maskara yang sudah lama juga bisa menyebabkan infeksi bakteri pada mata. Clumpy juga bisa disebabkan karena terlalu banyak maskara yang menempel pada bulu stik sehingga akhirnya menggumpal.

Flaky

Flaky source: giphy.com

Flaky mirip dengan smudge. Bedanya, kalau smudge bentuknya seperti cairan luntur, flaky lunturannya lebih seperti titik-titik hitam di bawah mata yang biasanya disebabkan karena maskara yang luntur. Untuk menghindari flaky, hindari menggunakan maskara saat bulu matamu masih basah.

Cakey

Cakey source: giphy.com

Cakey merupakan istilah untuk menggambarkan tekstur makeup yang terlihat terlampau padat, tebal, dan dempul. Cakey terjadi karena foundation atau bedak yang kamu gunakan terlalu tebal atau tidak cocok sehingga menumpuk.

Supaya makeup kamu gak cakey, gunakan primer sebelum memulai makeup dan pilih foundation yang sesuai warna kulit. Setelah menggunakan foundation, kamu juga bisa mengaplikasikan bedak tabur untuk ‘mengunci’ foundation yang sudah kamu pakai.

Kabuki brush

Kabuki brush source: giphy.com

Brush makeup juga ada banyak jenis dan bentuknya. Fungsinya juga berbeda-beda. Salah satu yang paling umum adalah kabuki brush. Kabuki brush adalah kuas makeup dengan bulu padat yang mengembang dan melebar pada bagian ujung.

Kabuki brush ini sangat umum digunakan karena sifatnya yang multifungsi, bisa untuk meratakan foundation, bedak bubuk, blush, hingga setting powder.

Fan makeup brush

Fan makeup brush source: giphy.com

Berbeda dengan kabuki brush, fan makeup brush bulunya lebih tipis dan bentuknya pipih seperti kipas. Fan makeup brush digunakan untuk mengaplikasikan produk-produk bubuk secara tipis di wajah. Fan makeup brush cocok untuk mengaplikasikan highlighter atau produk lainnya yang hanya digunakan tipis-tipis.

Set

Set source: giphy.com

Set atau setting makeup merupakan langkah terakhir dalam merias wajah. Biasanya dalam tutorial, beauty blogger menggunakan bedak tabur atau setting spray untuk men-set makeup yang sudah dipakai. Tujuannya adalah agar makeup tahan lama dan tidak mudah pudar.

Nah, sekarang kamu sudah siap untuk mulai belajar makeup! Makeup style apa yang ingin kamu coba?

Kadang-kadang saat menonton beauty blogger asing seperti dari AS atau Eropa, ada penjelasan yang mungkin kurang cocok karena perbedaan bentuk wajah orang Asia berbeda dengan bentuk wajah orang bule.

Supaya kamu bisa menyesuaikan gaya makeup dengan bentuk wajahmu sekaligus mengikuti tren Korean look, yuk ikutan Cakap Expert untuk belajar makeup bersama Hirma Wahyuni. Bekerja sama dengan Hello Beauty, Cakap memberikan kamu kesempatan untuk ikutan sesi ini secara gratis. Asyik!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google