Cara Menjadi MUA (Makeup Artist) untuk Pemula hingga Gajinya

Bekerja mengikuti passion. Kamu pasti sudah cukup sering mendengar istilah tersebut. Bagi kamu yang menyukai tata rias, melakukan tugas MUA adalah hal yang tepat untukmu. Tidak hanya menjadi hobi, pekerjaan MUA bisa menjadi salah satu penghasilan yang cukup menjanjikan untukmu. 

Lalu apa itu MUA dan apa perbedaan MUA dengan perias? Apakah keduanya merupakan profesi yang sama? Yuk langsung saja cek penjelasan berikut! Karena pada artikel kali ini kamu akan menemukan informasi lengkap mengenai apa itu MUA, cara menjadi MUA hingga gaji yang bisa didapatkan untuk pemula. 

Table of Contents

Apa itu MUA?

Kepanjangan MUA adalah Make Up Artist. Dalam Bahasa Indonesia, arti MUA adalah penata rias yang bekerja merias bagian wajah saja untuk mendukung penampilan seseorang. Dahulu profesi MUA seringkali hanya ditujukan bagi perias yang merias para artis dan tokoh ternama saja untuk kepentingan entertainment. Namun, seiring berjalannya waktu, MUA juga menjadi seniman yang merias masyarakat untuk kepentingan yang lain. 

Tugas utama make up artist adalah untuk merias wajah saja. Seorang MUA biasanya tidak akan bekerja seorang diri. MUA akan bekerja sama dengan hair stylist atau pihak dari EO atau WO. Namun, untuk jenis MUA tertentu, sudah ada beberapa yang menguasai hijab dan hair stylist sederhana untuk kebutuhan acara formal.

Meskipun sudah banyak orang yang bisa make up untuk aktivitas sehari-hari, kebutuhan masyarakat untuk jasa MUA masih cukup tinggi. Tidak jarang untuk acara-acara penting, kebanyakan orang akan menggunakan jasa MUA dibandingkan make up sendiri. Karena itulah profesi MUA cukup menjanjikan dan bisa berkembang untuk jangka panjang. 

Perbedaan MUA dan Perias

Tidak hanya istilah MUA, ada juga perias yang seringkali disebut sama namun ternyata keduanya merupakan dua profesi yang berbeda. Pekerjaan MUA adalah profesi yang akan berfokus pada penampilan dan make up seseorang. 

Sedangkan perias adalah istilah yang lebih umum dan tidak hanya berfokus pada merias wajah saja. Seorang perias juga bisa bekerja pada bidang dekorasi, manajemen dekorasi, cara menata hijab, cara meronce melati, dan hal lainnya dengan tingkat yang lebih profesional. 

Jika dilihat dari sisi pendidikan, seorang MUA kebanyakan memiliki bekal dari belajar secara otodidak, mengikuti kursus singkat, atau melihat panduan dan mengembangkan diri. Sedangkan untuk perias, mereka umumnya menempuh pendidikan formal seperti berkuliah atau mengambil pendidikan non-formal di sanggar. 

Untuk pendidikan formal, kamu bisa mengambil jurusan Tata Rias dan Kecantikan untuk tingkat D3 atau juga bisa menempuh S1 untuk mendapatkan gelar S.Pd sebagai pendidikan tata rias dan kecantikan.

Macam-Macam Kategori MUA

MUA sendiri terbagi dalam beberapa macam kategori. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

MUA Pengantin

MUA pengantin adalah profesi yang hanya berfokus pada merias pengantin. Umumnya, acara yang dilayani tidak hanya pada resepsi saja. Tetapi MUA pengantin akan merias pengantin pada acara akad, prewedding, hingga adat yang akan diselenggarakan. Teknik dan style make up yang digunakan pun akan berbeda-beda di setiap acara. 

MUA Wisuda

Selanjutnya ada MUA wisuda yang sesuai kategorinya melayani merias wajah untuk hari wisuda. Pengguna jasa satu ini umumnya merupakan mahasiswa, siswa SMA dan siswa SMP yang sedang mengikuti acara wisuda. Makeup yang digunakan untuk kategori ini lebih simple jika dibandingkan dengan MUA pengantin.

MUA untuk Event

Makeup artist satu ini seringkali merias wajah untuk kepentingan acara-acara khusus saja. Misalnya untuk acara formal, acara karnaval atau bahkan acara ulang tahun. Teknik yang digunakan pun sangat beragam. Untuk karnaval, seorang MUA akan menggunakan teknik karakter atau make up yang cenderung lebih maksimal jika dibandingkan dengan event lainnya. 

Cara Menjadi MUA

Kamu tertarik mendalami profesi satu ini? Kenali dulu bagaimana cara menjadi MUA untuk pemula hingga modal apa saja yang diperlukan pada penjelasan berikut. 

Skill Wajib untuk Menjadi MUA

  1. Berbagai teknik merias wajah 
  2. Skill berkomunikasi yang baik
  3. Customer service untuk melayani klien dengan baik
  4. Mampu mengatur waktu agar pengantin siap sesuai jadwal
  5. Bisa memilih produk sesuai dengan jenis kulit pengantin
  6. Mau mengeksplor makeup look baru dan sedang tren
  7. Kreatif dan inovatif

Modal Menjadi MUA

Sebelum memulai karir, kamu perlu menyiapkan beberapa modal menjadi MUA berikut ini. 

  1. Kosmetik lengkap
  2. Peralatan untuk merias (brush, beauty blender, penjepit bulu mata, dan lainnya)
  3. Kursus merias untuk profesional 
  4. Perlengkapan tambahan (tas make up, ring light, light stand)
  5. Transportasi menuju klien

Untuk harga, modal menjadi MUA di atas akan bervariasi. Kamu bisa menyesuaikan berbagai hal tersebut sesuai dengan kebutuhan. Tidak harus langsung memiliki semua hal, tapi kamu bisa mulai menyiapkan kosmetik dan peralatannya secara lengkap terlebih dahulu agar bisa melakukan praktek. 

Cara Menjadi Makeup Artist untuk Pemula

Setelah menyiapkan modal, kini kamu bisa mulai mengikuti langkah-langkah cara menjadi MUA yang benar. 

  1. Jika kamu belum memiliki pengalaman, ada baiknya untuk mulai belajar secara otodidak atau mengikuti kursus singkat agar memiliki ilmu untuk menangani berbagai jenis kulit dan make up look.
  2. Mulai perbanyak portfolio dengan merias orang terdekat
  3. Unggah portfolio tersebut di akun media sosial kamu dengan kata-kata promosi yang menarik
  4. Kamu bisa bergabung dan bekerja sama dengan wedding organizer, event organizer atau hair stylist untuk melakukan kolaborasi saat ada acara. 
  5. Perbanyak pengalaman dengan melakukan percobaan dengan teknik dan style baru
  6. Perluas koneksi dengan bergabung di komunitas Makeup Artist di kotamu atau dengan mengikuti webinar

Tugas MUA

Kenali beberapa tugas seorang makeup artist terlebih dahulu, yuk. 

  1. Mempercantik penampilan pengantin dari rias wajah hingga 
  2. Merias artis untuk kepentingan syuting 
  3. Memberikan riasan sesuai dengan kontur dan karakter wajah klien
  4. Membuka kesempatan konsultasi untuk klien dalam mempertimbangkan pilihan style makeup look 
  5. Memberikan riasan yang aman untuk jenis kulit klien
  6. Menyesuaikan riasan dengan kebutuhan klien
  7. Menyiapkan penampilan pengantin sesuai dengan jadwal acara
  8. Membersihkan make up klien setelah acara usai hingga bersih
  9. Memberikan saran untuk hair dan hijab stylist yang digunakan

Gaji MUA

Biaya jasa Makeup Artist umumnya akan dibedakan menurut jenis kategori yang dipilih dan berapa banyak make up yang dibutuhkan. Untuk acara wisuda, biaya makeup artist rata-rata dimulai dari Rp200.000 untuk gaji makeup saja. Sedangkan untuk MUA pengantin, biayanya dipatok mulai Rp350.000 hingga jutaan rupiah untuk paket lengkap akad dan resepsi. Biaya tersebut umumnya juga akan dikenai tarif tambahan untuk merias keluarga dan bridesmaid. 

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu MUA dan apa saja tugas make up artis. Jika tertarik untuk mendalami profesi ini, kamu bisa mengikuti kursus menjadi MUA dan mengelola bisnisnya di Cakap Upskill bersama ahlinya. Kamu akan diajari dari awal hingga akhir untuk mempersiapkan bekal menjadi seorang makeup artist. Tidak hanya itu, kamu bisa mengeksplor kursus online lain yang bermanfaat untuk masa depan. Semoga bermanfaat!

Referensi

  • Glassdoor.com
  • Qcmakeupacademy.com

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap