Nomor Kartu Prakerja yang Mana? Ini Cara Melihat & Mendapatkannya

cara mendapatkan nomor kartu prakerja

Nomor Kartu Prakerja menjadi salah satu bagian penting dalam program Prakerja yang harus dimiliki oleh penerima program pelatihannya. Hal tersebut dikarenakan kamu hanya dapat membeli pelatihan di berbagai mitra Prakerja, dengan menggunakan nomor Kartu Prakerja milikmu.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan dan melihat 16 digit nomor tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Table of Contents

Apa Itu Nomor Kartu Prakerja?

Seperti yang kita tahu bahwa Kartu Prakerja bukanlah kartu berbentuk fisik, tanda pengenal kartunya menggunakan kode yang dinamakan “nomor Kartu Prakerja”. 

Nomor Kartu Prakerja sendiri adalah sebuah kode unik berjumlah 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Setiap peserta Prakerja memiliki kode angka yang berbeda-beda. Sehingga nomor tersebut disebut dengan kode unik.

Karena nomor Kartu Prakerja sangat penting terutama ketika akan membeli kelas pelatihan, maka kamu perlu menyimpan dan menghafalnya dengan baik. Jika kamu sudah mendapatkannya, kamu bisa meng-capture nomor tersebut atau menulisnya dalam catatanmu.

Cara Mendapatkan Nomor Kartu Prakerja

Gimana sih dapetin 16 nomor Prakerja? Apakah nomor tersebut sudah langsung muncul ketika pendaftaran? Berikut cara mendaftarkan Kartu Prakerja:

(1) Buat Akun Prakerja

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan nomor Kartu Prakerja adalah membuat akun Prakerja. Daftar akun Kartu Prakerja sangat mudah kok Sobat Cakap. Kamu hanya perlu membuka laman resmi Prakerja http://www.prakerja.go.id/  kemudian klik “Daftar”.

Jika sudah, lanjut isi data berupa email dan password. Lalu, klik “Daftar”

  

Notifikasi akan dikirimkan melalui email kamu. Kalau sudah mendapatkan email dari Prakerja, lakukan verifikasi!

                   

Selamat, pendaftaran akun Prakerjamu sudah berhasil dilakukan!

(2) Daftar Program Kartu Prakerja

Ketika akun Prakerjamu sudah siap, maka lanjut ke bagian pendaftaran. Untuk mendapatkan nomor Kartu Prakerja, kamu perlu mendaftar program Kartu Prakerja. Ada beberapa langkah-langkah pendaftaran Prakerja yang harus kamu ikuti dan selesaikan. Untuk memudahkanmu, kamu bisa cek selengkapnya mengenai pendaftaran program Kartu Prakerja dalam artikel:

(3) Lolos Seleksi Prakerja

Jika pendaftaranmu sudah selesai dan kamu dinyatakan lolos sebagai peserta atau penerima Kartu Prakerja, maka kamu akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja sebagai kunci dalam membeli pelatihan. Nantinya, kamu akan mendapatkan notifikasi dan arahan bagaimana cara melihat nomor Kartu Prakerjamu.

Cara Melihat Nomor Kartu Prakerja

Nomor kartu Prakerja hanya bisa didapatkan jika kamu terbukti lolos seleksi gelombang Prakerja. 

Kamu akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS atau email.  Segera login untuk mengetahui hasil pengumuman dan detailnya. Peserta yang lolos akan mendapatkan 3 video tentang Kartu Prakerja yang berisi informasi dasar mengenai program Kartu Prakerja, mengenali tantangan di dunia kerja, hingga penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

Untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, kamu wajib menonton ketiga video tersebut. 

Nomor kartu akan terlihat di bagian Dashboard / Beranda 

nomor kartu prakerja

Bagaimana Jika Nomor Kartu Prakerja Tidak Terlihat?

Bagaimana jika nomor Kartu Prakerja tidak terlihat? Lakukan hal-hal berikut jika kamu tidak dapat melihat nomor Kartu Prakerjamu:

  • Seperti yang dijelaskan di atas, pastikan kamu menonton 3 video  tentang Kartu Prakerja. Kamu tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video.
  • Setelah menonton video, lakukan penyambungan rekening bank/e-money milikmu serta menggunakan NIK yang sudah terdaftar di Kartu Prakerja.
  • Jika kamu memiliki kendala saat menonton video atau kamu tidak juga bisa melihat nomor Kartu Prakerja setelah menonton video dan melakukan penyambungan rekening bank/e-money, kamu bisa menghubungi tim Kartu Prakerja di Formulir Pengaduan.

Demikianlah beberapa informasi seputar nomor Kartu Prakerja, mulai dari pengertian, cara mendapatkan, dan cara melihatnya.

Buat kamu yang sudah dinyatakan lolos program Prakerja dan masih bingung memilih pelatihan yang tepat untukmu, yuk coba kepoin Kelas Prakerja Cakap! Ada banyak pelatihan menarik yang tersedia untukmu! Tunggu apa lagi, cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.