Cara Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru dan Mudah, Bisa Lewat HP!

cara-mendaftar-kartu-prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program yang ditujukan untuk SDM produktif yang memenuhi persyaratan dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM produktif agar dapat bersaing di dunia kerja. 

Menarik banget ya, Sobat Cakap! Buat kamu yang mau daftar Prakerja, pastikan persyaratan dan data yang diperlukan sudah cocok dan benar supaya langsung lolos Prakerja, ya. Jika sudah, simak panduan cara pendaftaran Kartu Prakerja sebagai berikut!

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Tahapan pendaftaran Kartu Prakerja terbilang cukup mudah, lho! Pendaftaran bisa dilakukan lewat HP, simak langkah-langkah berikut ini, yuk!

(1) Akses situs pendaftaran Kartu Prakerja 

prakerja-pendaftaran

Buka aplikasi browser yang ada di perangkat dan akses situs dashboard.prakerja.go.id/daftar. Laman situs akan terlihat seperti berikut: 

(2) Masukkan email aktif dan buat password

Selanjutnya, masukkan email dan password untuk mendaftar Prakerja. Pastikan email yang kamu input adalah email yang masih aktif ya, Sobat Cakap. Jika sudah, pastikan kamu centang bagian “menyetujui syarat dan ketentuan”, lalu klik ‘Daftar’. 

(3) Masukkan NIK dan nomor KK

Selanjutnya, masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bisa kamu temukan di KTP, nomor Kartu Keluarga (KK), dan tanggal lahir. Pastikan kamu mengisi dengan teliti, dan jangan sampai ada angka yang salah ya, Sobat Cakap! Selanjutnya, klik ‘Lanjut’.

Bagaimana jika data kependudukan tidak terdaftar atau tidak ditemukan? Kamu bisa menghubungi call center Dukcapil lewat WhatsApp/SMS, Call Center, dan E-mail. Kamu juga bisa langsung mengunjungi kantor Dukcapil terdekat, ya!

(4) Lengkapi data diri dan alamat

Selanjutnya lengkapi data diri kamu ya, Sobat Cakap! Pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai dengan yang ada di KTP. Masukkan nama lengkap, jenis kelamin, nama lengkap ibu kandung, status perkawinan, dan jumlah tanggungan dengan baik dan benar.

Selanjutnya, masukkan alamat sesuai KTP, sama persis dengan kolom ‘Alamat’ yang ada di KTP, ya! Jika ada kendala terkait data, kamu bisa menghubungi Dukcapil. Jika semua sudah sesuai, centang dan klik ‘Lanjut’.

(5) Verifikasi foto e-KTP

Selanjutnya, kamu harus mengambil foto KTP menggunakan kamera HP kamu. Perhatikan ketentuan yang ada saat mengunggah foto KTP, selanjutnya klik ‘Gunakan Foto’. Setelah itu tunggu sebentar sampai proses verifikasi selesai. 

(6) Verifikasi scan wajah

Setelah verifikasi KTP selesai, yang akan kamu lakukan selanjutnya adalah scan wajah sambil berkedip. Ikuti arahan verifikasi dengan baik dan benar ya Sobat Cakap, supaya verifikasi berjalan dengan lancar. 

Pastikan kamu berada di tempat dengan cukup pencahayaan, posisikan HP dengan lurus, jangan menggunakan aksesoris wajah seperti kacamata dan masker, dan kedipkan mata. Pada proses ini kamu tidak perlu sambil memegang KTP, ya. Jika sudah, silakan tunggu sampai proses verifikasi selesai!

(7) Jawab pertanyaan mengenai alasan mengikuti Prakerja

Tahap selanjutnya, kamu harus menjawab pertanyaan mengenai alasan mengikuti Program Kartu Prakerja. Jawab pertanyaan dengan jujur dan sesuai dengan keadaan kamu, jika sudah, klik ‘Lanjut’!

(8) Jawab pertanyaan mengenai minat dan keterampilan

Selanjutnya, kamu harus menjawab pertanyaan mengenai minat dan keterampilan. Di bagian ini kamu akan ditanya tentang status pekerjaan, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan, dan minat keterampilanmu. Pastikan kamu menjawab semua pertanyaan dengan jujur ya, Sobat Cakap!

(9) Verifikasi nomor HP

Masukkan nomor HP yang masih aktif untuk melakukan proses verifikasi nomor HP. Klik ‘Kirim OTP’ dan tunggu sampai OTP dikirimkan ke nomor HP kamu. Selanjutnya masukkan 6 digit kode OTP lalu klik ‘Kirim OTP’.

Pastikan isi dengan teliti, ya! Jika kamu salah memasukkan OTP sebanyak 3 kali, kamu harus menunggu 24 jam untuk mengirimkan ulang OTP yang benar. 

(10) Isi pernyataan pendaftar

Langkah selanjutnya, isi pernyataan pendaftar. Isi bagian ini dengan jujur dan sesuai dengan keadaan kamu yang sebenarnya, ya. Isi sampai selesai, lalu klik ‘Lanjut’.

(11) Kerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengerjakan Tes Kemampuan Dasar selama 40 menit (20 menit tes penalaran verbal dan 20 menit tes penalaran kuantitatif). Pastikan kamu memiliki jaringan internet yang stabil. Karena tes ini hanya dapat dilakukan satu kali, dan tes akan terkirim otomatis jika waktu habis. 

(12) Ikut seleksi gelombang

Yuk, semangat Sobat Cakap, pendaftaran sedikit lagi selesai! Sekarang, langkah yang harus kamu lakukan adalah ikut seleksi gelombang. Pilih gelombang yang tersedia di dashboard yang sesuai dengan alamat KTP, kilik ‘Gabung Gelombang’. Nantinya akan muncul konfirmasi Gelombang, klik ‘Gabung’ jika sudah sesuai.

Selanjutnya akan muncul Persetujuan Prakerja, bacalah dengan teliti data dan pernyataan yang disajikan ya, Sobat Cakap. Jika sudah sesuai semua, klik ‘Saya Menyetujui’. 

Ta-da! Kamu sudah selesai mendaftar Kartu Prakerja. Nanti kamu akan mendapatkan pemberitahuan lolos Prakerja lewat SMS dan email setelah penutupan Gelombang. Tenang, kamu bisa ikut Gelombang berikutnya kalau kamu belum lolos, kok!  

Gimana? Cara pendaftaran Program Kartu Prakerja memang tergolong panjang prosesnya, tapi selama dilakukan dengan baik dan teliti pasti bisa! Semoga panduan ini bisa bermanfaat, ya. Jika Sobat Cakap mau informasi yang lebih rinci bisa mengunjungi situs prakerja.go.id.

Nah, Sobat Cakap udah kepikiran belum mau mengambil pelatihan apa? Di Kelas Prakerja Cakap kamu dapat mendapatkan pelatihan dalam berbagai bidang yang bisa kamu akses secara online atau offline, lho! Yuk, ikutan! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup