Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja yang Masih Aktif

cara-menyelesaikan-pelatihan-prakerja

Sudah daftar pelatihan Prakerja, tapi belum menyelesaikannya? Pelatihan Prakerja bisa dikatakan selesai jika kamu sudah mengikuti beberapa agenda atau program wajib dari pelatihan yang kamu ambil. Salah satu cara menyelesaikan pelatihan Prakerja adalah dengan mengikuti sejumlah webinar yang sudah ditentukan.

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut gimana cara menyelesaikan pelatihan Prakerja dan langkah-langkah pengecekan statusnya, stay tuned, ya!

Table of Contents

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

Ketika kamu sudah melakukan registrasi dan sudah membeli kelas pelatihan Prakerja, maka otomatis kamu perlu mengikuti pelatihannya. Nah berikut ini cara yang harus dilakukan agar kamu bisa mengikuti pelatihan kelas Prakerja yang sudah dibeli:

(1) Buka Email yang Digunakan untuk Mendaftar Prakerja

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan mengikuti pelatihan Prakerja yang sudah dibeli adalah login ke laman email yang kamu gunakan untuk mendaftar Kartu Prakerja. Selanjutnya, buka fitur Inbox atau Kotak Masuk. Kemudian temukanlah email yang berisi kode voucher pelatihan Prakerja yang dikirim langsung oleh penyelenggara resmi Kartu Prakerja.

(2) Masuk ke Website Pelatihan Kerja yang Kamu Beli

Jika kamu sudah menemukan email yang berisi voucher panduan pelatihan Prakerja, kamu bisa membukanya. Di situ ada link yang mengarahkanmu untuk mengakses situs tempat pelatihan Prakerja yang sudah dibeli. Kamu akan diarahkan untuk mengakses website tersebut melalui mesin pencarian (Google).

(3) Buat Akun di Lembaga Pelatihan yang Kamu Beli

Setelah masuk ke laman situs penyelenggara pelatihan Prakerja yang kamu beli, langkah selanjutnya adalah membuat akun di lembaga penyelenggara pelatihan Prakerja. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengakses pelatihan. Saat membuat akun, kamu diharuksan untuk melengkapi beberapa hal berikut:

  • Mendaftarkan alamat email
  • Mengisi beberapa format data diri
  • Melakukan verifikasi email
  • Langkah terakhir kamu bisa langsung login ke lembaga penyelenggara pelatihan Prakerja-mu

(4) Masukkan Kode Voucher-mu

Jika kamu sudah berhasil login, silakan masukkan kode voucher yang tertera pada kolom yang ada di laman situs lembaga penyelenggara pelatihan Prakerja.

(5) Aktivasi Voucher Berhasil, Saatnya Pelatihan Dimulai

Jika penukaran atau aktivasi voucher telah berhasil, maka kamu bisa langsung mengikuti pelatihan sesuai yang sudah kamu pilih.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Cara Menyelesaikan Pelatihan Prakerja

Apa saja yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan pelatihan Prakerja? Di bawah ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk bisa menyelesaikan pelatihan Prakerja:

(1) Wajib Mengikuti Webinar

Webinar adalah salah satu program Prakerja wajib yang harus diikuti. Webinar Prakerja sendiri berupa seminar yang di dalamnya berisi bahasan mengenai topik atau materi yang berkaitan dengan program pelatihan Prakerja yang diambil.

Webinar Prakerja bisa dilakukan secara online atau offline. Untuk webinar online peserta Prakerja memiliki 15 jam pelatihan dengan maksimal pelatihan 3 jam per hari. Sedangkan untuk kelas offline, peserta memiliki waktu pelatihan 15 jam dengan durasi maksimal pelatihan 8 jam per hari.

So, pastikan kamu mengikuti semua pelatihan dan masuk sesuai jadwal yang sudah ditentukan, ya!

Cara mengikuti webinar:

  • Login ke akun Prakerja di lembaga yang kamu pilih
  • Tukarkan voucher, lalu redeem voucher untuk mengikuti pelatihan
  • Pilih kelas webinar yang ingin kamu iktui
  • Klik Ikuti Pelatihan
  • Masukkan kode redeem voucher yang sudah didapatkan
  • Klik Masuk Pelatihan

(2) Selesaikan Tugas yang Diberikan

Selain mengikuti webinar, dalam program pelatihan Prakerja kamu juga akan diberikan tugas atau ujian. Tugas-tugas ini wajib kamu selesaikan karena ini masuk dalam penelian pelatihan Prakerja. 

Salah satu contoh tugas dalam pelatihan Prakerja adalah unjuk keterampilan. Untuk menyelesaikan tugas ini, biasanya kamu akan diberikan waktu sekitar 3×24 jam sejak instruksi diberikan. 

Bagaimana jika tidak mengerjakan tugas pelatihan Prakerja? Jika kamu tidak mengumpulkan tugas sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, maka pelatihan Prakerja-mu dinyatakan tidak selesai. So, pastikan untuk mengerjakan semua tugas secara tepat waktu ya, Sobat Cakap!

(3) Melakukan Diskusi

Sebenarnya diskusi adalah hal yang tentatif atau subjektif bergantung keperluanmu. Namun hal ini sangat disarankan, terutama jika kamu masih belum memahami materi yang diberikan. Atau mungkin hanya sekedar menanyakan tentang format tugas yang harus diselesaikan dan memperoleh informasi tambahan seputar pelatihan.

Cara Mengecek Status di Akun Prakerja & Menyelesaikannya

cara-menyelesaikan-pelatihan-prakerja-yang-masih-aktif
Photo from Freepik

Setelah mengetahui 3 hal yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pelatihan Prakerja, sekarang saatnya kamu tahu cara mengecek status akun Prakerja, menyelesaikannya, dan mendapatkan insentif:

(1) Masuk ke Akun Prakerja & Cek Riwayat Pelatihan

Untuk mengecek status di akun Prakerja dan menyelesaikannya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke akun Prakerja. Selanjutnya, cek riwayat pelatihan. Carilah pelatihan yang sudah dibeli dan masih aktif, sehingga kamu bisa melanjutkan dan menyelesaikannya. 

(2) Selesaikan Pelatihan Prakerja-mu

Jika kamu sudah masuk ke akun Prakerja dan sudah menemukan pelatihan Prakerja yang sudah kamu beli sebelumnya, kamu bisa langsung klik pelatihan. Pelajari semua prosedur pelatihan yang sudah diberikan oleh lembaga penyelenggara (biasanya di sini peserta akan diarahkan untuk mengikuti webinar dan diberikan tugas).

(3) Beri Rating dan Ulasan

Cara menyelesaikan pelatihan Prakerja yang ketiga adalah memberikan nilai dan ulasan. Kamu akan dimintai untuk mengisi kolom evaluasi seputar pelatihan Prakerja yang sudah diikuti. Bagian evaluasi atau pemberian nilai ini biasanya dilakukan sesaat setelah menyelesaikan pelatihanmu.

Beberapa review atau penilaian yang mungkin kamu berikan, seperti:

  • Pengalaman selama mengikuti pelatihan
  • Menuliskan kelebihan program
  • Menuliskan kekurangan program
  • Memberikan saran dan masukan untuk memperbaiki kualitas program di masa depan

Pada dashboard Prakerja-mu, kamu bisa langsung klik tombol “Ulas”, kemudian berikan rating. Jika kamu sudah selesai menulis rating dan ulasan, klik “Kirim Ulasan” untuk menyelesaikan.

(4) Tunggu Sertifikat Muncul di Dashboard

Setelah semua langkah di atas sudah kamu lakukan satu per satu, kini saatnya menunggu sertifikat Prakerja. Yap, program Prakerja memberikan sertifikat pada para pesertanya yang mampu menyelesaikan semua tahap, mulai dari pendaftaran, menyelesaikan pelatihan, hingga memberikan ulasan.

Untuk mendapatkan sertifikat, kamu perlu menunggu 3 hingga 7 hari setelah pelatihan selesai dilaksanakan. Sertifikat bisa kamu lihat dan download di Dashboard akun Prakerja-mu.

(5) Insentif akan Dicairkan

Jika kamu sudah di tahap menunggu insentif dicairkan, maka ini adalah puncak atau langkah terakhir dari cara menyelesaikan pelatihan Prakerja. Insentif yang diberikan oleh program Kartu Prakerja di tahun 2023 ini sebesar 4,2 juta rupiah per individu. Insentif tersebut terdiri dari biaya pelatihan sejumlah 3,5 juta rupiah, insentif pascapelatihan sebesar 600 ribu rupiah, dan insentif survei sebesar 100 ribu rupiah.

Untuk mengetahui jadwal pencairan insentif Prakerja, buka dashboard Prakerja, lalu klik “Insentif”. Di situ akan ditampilkan jadwal insentif dan reward yang akan kamu dapatkan. 

Itulah cara-cara yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan pelatihan Prakerja. Dari penjelasan di atas, jelas bahwa kamu perlu memulai dari masuk ke Akun Prakerja, menyelesaikan seluruh tahapan dengan lengkap, memberikan penilaian, hingga menunggu insentifmu cair.

Buat kamu yang ingin mengikuti kelas Prakerja, tapi masih bingung pilih pelatihan mana yang paling cocok, yuk cek kelas pelatihan Prakerja di Cakap! Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ambil, mulai dari kelas pemasaran digital, copywriting, bahasa, dan masih banyak lagi. So, tunggu apa lagi, cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.