Rekomendasi 7 Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar dan Bersertifikat

pelatihan-prakerja-tanpa-webinar

Mau ikut pelatihan Prakerja, tapi nggak sempet kalau harus pantengin webinar setiap saat? Tenang, ada solusi buat kamu! Meskipun sebagian besar pelatihan Prakerja mewajibkan pesertanya untuk mengikuti webinar, tapi ada juga lho pelatihan Prakerja tanpa webinar.

Penasaran? Yuk, cari tahu selengkapnya tentang serba-serbi pelatihan Prakerja bebas webinar! Ada tips dan hal-hal yang bisa kamu pertimbangkan dari sisi kelebihan dan kekurangannya juga, lho!

Table of Contents

Apa Itu Webinar Prakerja?

Dalam rangkaian pelatihan Prakerja, ada satu sesi atau program yang dinamakan webinar. Webinar Prakerja sendiri adalah sebuah pertemuan atau meeting session yang di dalamnya berisi pembahasan materi atau topik pelatihan Prakerja. Program webinar ini diperuntukan pada peserta Prakerja yang sudah terdaftar dan memiliki akun yang masih aktif.

Namun, dalam hal pelatihan Prakerja, ada dua pilihan yang bisa kamu ambil, yaitu kurus Prakerja dengan webinar dan kursus Prakerja tanpa webinar. Jika kamu memilih pelatihan dengan webinar, kamu akan diberikan jadwal webinar yang sudah ditentukan. Biasanya sesi webinar diadakan di aplikasi video conference berupa Gmeet atau Zoom.

Sedangkan jika kamu memilih pelatihan Prakerja tanpa webinar, kamu tidak perlu terkekang oleh jadwal yang sudah ditetapkan. Kamu hanya perlu menonton video pelatihan di waktu yang kamu inginkan, kapan pun dan di mana pun.

Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Sebelum kamu menentukan pilihan untuk pelatihan Prakerja-mu, baca terlebih dahulu tips berikut agar kamu tidak salah pilih pelatihan:

(1) Pilih Pelatihan yang Kamu Butuhkan

Satu di antara empat tips memilih pelatihan Prakerja adalah memilih pelatihan yang kamu butuhkan. Apa sih yang saat ini harus kamu pelajari? Dalam hal ini, kamu mungkin bisa mempertimbangkan beberapa hal. 

Misalnya, kamu saat ini sedang bekerja di bidang digital marketing perusahaan startup, maka kamu bisa memilih pelatihan yang dibutuhkan dan perlu dikuasai di lingkup pekerjaan digital marketing. Kamu bisa mengambil pelatihan, seperti pelatihan SEO, KOL Specialist, Copywriting, dll,

(2) Sesuaikan dengan Passion Kamu

Jika bukan karena kebutuhan, kamu juga bisa lho memilih kelas yang sesuai dengan passion kamu. Coba tanyakan pada dirimu, apa yang kamu sukai dan ingin kamu pelajari lebih dalam lagi? Jika kamu suka merias dan melakukan eksperimen dengan makeup, maka kamu bisa memilih kelas MUA atau Make-Up Artist di kelas pelatihan Prakerja.

(3) Cari Tahu Ulasan Pelatihan dari Peserta Lain

Setiap peserta yang sudah selesai mengikuti kelas pelatihan, diwajibkan mengisi rating dan ulasan seputar pelatihan yang sudah dijalani. Ini adalah hal yang bisa kamu dan peserta lain pertimbangkan sebelum memilih sebuah kelas pelatihan.

Cari tahu terlebih dahulu ratingnya, apakah bagus atau di bawah rata-rata. Kemudian baca juga ulasannya, ini sangat bermanfaat karena kamu bisa mendapatkan informasi tipis-tips tentang pelatihan, webinar, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

(4) Pilih Lembaga Pelatihan Prakerja Terpercaya

Last but not least perhatikan lembaga penyelenggara Prakerja. Kamu bisa mengikuti pelatihan Prakerja di beberapa lembaga digital penyelenggara pelatihan Prakerja. Pastikan untuk memilih lembaga terpercaya yang bisa memproses sertifikat dengan cepat.

Berikut rekomendasi lembaga digital penyelenggara pelatihan Prakerja:

  • Cakap
  • Tokopedia
  • Ruang Guru
  • Bukalapak
  • Pintaria
  • Sekolahmu
  • Pijar Mahir

Mau Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap? Solusinya Hanya di Cakap!

Rekomendasi Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar

Apa saja sih kelas pelatihan Prakerja tanpa webinar yang bisa kamu ikuti? Yuk, cek rekomendasinya!

(1) Pemasaran di Media Sosial sebagai Tenaga Pemasaran

Pelatihan Prakerja tanpa webinar yang bisa jadi opsi terbaik untukmu adalah kelas Strategi Pemasaran di Media Sosial. Tidak hanya ditujukan untuk para profesional, kelas ini juga cocok untuk pemula.

Di sini kamu akan belajar seputar:

  • Lanskap media sosial
  • Konsep pemasaran digital
  • Audit media sosial
  • Cara menggunakan fitur Facebook Business dan Instagram for Business

Kelas pelatihan Prakerja di atas bisa kamu ikuti di Cakap, Kariermu, dan Bukalapak dengan harga pelatihan Rp850.000. Harga tersebut termasuk akses video unlimited (selamanya).

(2) Menguasai Copywriting Dasar hingga Strategi Pemasaran Konten

Akhir-akhir ini, Copywriting jadi topik populer dan banyak diaplikasikan oleh muda-mudi yang sedang gencar-gencarnya belajar memasarkan produk lewat kata-kata yang eye catching. Buat kamu yang ingin belajar Copywriting di kelas pelatihan Prakerja tanpa webinar, kamu akan mendapatkan banyak materi, seperti:

  • Kompetensi khusus profesi Copywriter
  • Konteks dan komponen teks Copywriting
  • Jenis-jenis Copywriting bagian 1
  • Kemampuan dasar menulis untuk Copywriting
  • Mengasah kemampuan berpikir kreatif bagian 1

Kelas-kelas pelatihan Prakerja Menguasai Copywriting Dasar hingga Strategi Pemasaran Konten bisa kamu ikuti di Cakap, Pijar Mahir, Pintar, Tokopedia, dan Bukalapak dengan harga mulai dari Rp1.000.000 saja. Pelatihan Copywriting tersebut tidak mengharuskanmu mengikuti webinar, kamu hanya perlu menonton video dan mengakses dokumen pelatihan.

(3) Menerapkan Proses Rekrutmen untuk Recruiter

Rekomendasi kelas pelatihan Prakerja tanpa webinar selanjutnya adalah Menerapkan Proses Rekrutmen untuk Recruiter. 

Jika kamu salah satu orang yang ingin berkarier di bidang SDM atau departemen HR, kelas ini bisa jadi pilihan terbaik. Kalau selama ini kamu cuma bisa bermimpi jadi HR atau PnC, sekarang saatnya untuk mewujudkan mimpimu sendiri!

Melalui pelatihan ini, kamu akan belajar proses rekrutmen mulai dari tugas dan tanggung jawab hingga tantangan pekerjaan sebagai recruiter. Berikut beberapa materi yang mungkin kamu pelajari:

  • Urgensi okupasi recruiter 
  • Perbedaan jabatan okupasi di bidang sumber daya manusia
  • Tugas dan tanggung jawab recruiter bagian 1 
  • Kompetensi yang harus dimiliki seorang recruiter
  • Prospek karier recruiter bagian 1
  • Tantangan pekerjaan dan solusi
  • Perangkat penunjang pekerjaan

Materi pelatihan tersebut akan disampaikan dalam bentuk video dan dokumen pelatihan yang sudah disiapkan.

Kelas Menerapkan Proses Rekrutmen untuk Recruiter tersedia di kelas Prakerja Cakap dan Pintar dengan harga pelatihan Rp850.000 saja.

(4) Menawarkan Barang atau Jasa melalui Telepon untuk Telesales

Meskipun teknik pemasaran digital kian populer dan banyak digunakan, namun profesi telesales juga tidak pernah ditinggalkan, bahkan masih sangat dibutuhkan. Masih banyak perusahaan yang menawarkan barang dan jasa pada konsumen melalui telepon secara langsung. 

Melalui pelatihan ini, kamu akan diberikan pengetahuan dasar terkait pekerjaan seorang telesales yang perlu mempersiapkan diri dengan keterampilan yang sesuai untuk dapat menunjukkan kompetensinya dalam menawarkan dan menjual produk atau jasa melalui telepon dengan sikap profesional.

Kelas Menawarkan Barang atau Jasa melalui Telepon untuk Telesales tersedia di kelas Prakerja Cakap, Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Pintar dengan harga pelatihan Rp800.000.

(5) Menanam Sayur dengan Sistem Hidroponik untuk Petani Sayur

prakerja-tanpa-webinar
Photo from Freepik

Di kota-kota besar, lahan pertanian kian susah ditemukan. Maka dari itu hidroponik menjadi solusi terbaik yang bisa dibidik oleh kamu yang ingin menanam sayur-sayuran. Kelas Belajar Hidroponik ini tanpa webinar, namun dilaksanakan secara luring atau langsung. Jadi kamu akan belajar praktek langsung bagaimana mengelola tanaman hidroponik, khususnya sayur mayur.

Di kelas ini, kamu akan belajar tentang pengenalan hidroponik, penyemaian benih, pemberian nutrisi, pengairan tanaman, monitor tanaman, hingga belajar pasca panen hidroponik.

Kamu akan belajar hidroponik dengan durasi kelas 15 jam yang akan dibagi ke dalam 2 pertemuan:

  • Pertemuan 1: di pertemuan pertama, kamu akan dikenalkan tentang apa itu hidroponik, konsep urban farming, mengenal media dan alat hidroponik. 
  • Pertemuan 2: di pertemuan kedua, peserta akan belajar mengaplikasikan instalasi hidroponik.

Kelas Menanam Sayur dengan Sistem Hidroponik untuk Petani Sayur tersedia di Cakap dan Tokopedia dengan harga Rp1.000.000. 

(6) Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk Staf Administrasi

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa asing di kelas Prakerja non webinar, kamu bisa coba pilih kelas yang satu ini. Melalui pelatihan ini, peserta akan belajar seputar:

  • Ungkapan salam perpisahan
  • Memulai percakapan di kantor bagian 1
  • Memulai percakapan di kantor bagian 2
  • Perkenalan diri sendiri
  • Merespon “Tell Me About Yourself” & Contohnya
  • Memperkenalkan rekan kerja dan demonstrasinya
  • Menerima panggilan telepon di kantor

Kelas pelatihan Prakerja Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk Staf Administrasi bisa kamu ikuti di Cakap, Tokopedia, dan Bukalapak dengan harga pelatihan Rp800.000. Harga tersebut termasuk akses video unlimited (selamanya).

(7) Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-ETAP untuk Akuntan

Tertarik menjadi akuntan profesional? Yuk, ikuti kelas Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-ETAP untuk Akuntan. Pelatihan ini akan mengajakmu mengenal bagaimana mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menyusun laporan keuangan. Berikut beberapa materi yang akan kamu pelajari di kelas tersebut:

  • Pengenalan Profesi Akuntan
  • Kompetensi untuk Akuntan (Bag 1)
  • Laporan Keuangan Menurut SAK ETAP
  • Siklus Akuntansi
  • Perbandingan dengan PSAK Umum dan IFRS: Bagian 1 A
  • Perbandingan dengan PSAK Umum dan IFRS: Bagian 1 B

Kelas Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-ETAP untuk Akuntan di atas bisa kamu ikuti di Cakap, Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, dan Pintar. Harga kelasnya mulai dari Rp850.000 saja, lho. Kamu bisa bebas mengakses video pelatihan yang tersedia lengkap dengan materi yang diberikan dalam bentuk dokumen digital.

Kelebihan dan Kekurangan Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar

Setiap pelatihan Prakerja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik yang menggunakan webinar maupun non webinar. Nah, berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan pelatihan Prakerja tanpa webinar:

Kelebihan Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar

Di bawah ini ada beberapa kelebihan Pakerja tanpa webinar:

(1) Lebih Fleksibel 

Kelas pelatihan Prakerja tanpa webinar cocok untuk kamu yang memiliki kesibukan yang super padat. Pelatihan ini sangat fleksibel, tidak mewajibkanmu mengikuti jadwal webinar yang ditentukan. Kamu bisa menonton video pelatihan di mana dan kapan saja.

(2) Durasi Pelatihan Lebih Cepat

Beberapa durasi kelas pelatihan Prakerja tanpa webinar lebih pendek daripada kelas Prakerja dengan webinar. Contohnya adalah kelas baking membuat ice cream dan tteokbokki yang sudah dijelaskan di atas, kamu hanya perlu menyelesaikan video pelatihan dengan durasi kurang dari 2 jam.

(3) Harga Kelas Relatif Lebih Murah

Satu lagi nih kelebihan kelas Prakerja tanpa webinar, yaitu harga kelasnya cenderung lebih murah dan terjangkau. Harga dibanderol mulai dari ratusan ribu rupiah saja.

Kekurangan Pelatihan Prakejra Tanpa Webinar

Dibalik kelebihan pelatihan Prakerja tanpa webinar yang sangat fleksibel, ada juga kekurangan yang harus dipertimbangkan, seperti:

(1) Tidak Berinterkasi dengan Pengajar

Saat kamu mengambil kelas pelatihan tanpa webinar, kamu tidak bisa berinteraksi langsung dengan pengajar. Pembelajaran tidak terjadi secara dua arah. Tidak bisa mengajukan pertanyaan dan berdiskusi. Kamu hanya belajar satu arah dengan menonton video pelatihan saja. 

(2) Tidak Berinteraksi dengan Peserta Lain

Selain tidak bisa berinteraksi dengan pengajar, kamu juga tidak bisa berinteraksi dengan peserta lain. Berbeda dengan kelas pelatihan Prakerja dengan webinar yang pastinya memiliki peserta webinar lebih dari satu orang.

Demikianlah rekomendasi kelas pelatihan Prakerja tanpa webinar lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

Buat kamu yang ingin mengikuti pelatihan Prakerja, tapi masih bingung mau pilih kelas yang mana, Cakap punya top 3 rekomendasi kelas Pelatihan Kartu Prakerja yang paling diminati, yaitu:

Pastikan kamu memilih kursus yang paling sesuai dengan rencana pengembangan kariermu, ya! Yuk, daftar sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.