Cara Mengisi Alamat di Prakerja Sesuai KTP & Tempat Tinggal

cara mengisi alamat di Prakerja

Dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja, peserta wajib mengisi beberapa kolom. Salah satunya adalah kolom data diri yang di dalamnya berisi kolom nama lengkap, status perkawinan, alamat KTP, dan alamat tempat tinggal. Bagian-bagian ini merupakan bagian terpenting yang tidak boleh di-skip terutama pengisian alamat. 

Di artikel ini akan dibahas tuntas mengenai cara mengisi alamat di Prakerja sesuai dengan dukcapil atau sesuai dengan alamat KTP. So, stay tuned, ya!

Table of Contents

Alamat yang Harus Diisi dalam Kartu Prakerja

Ada beberapa jenis alamat yang perlu kamu cantumkan dalam kolom data diri. Yang pertama adalah alamat email yang akan kamu gunakan selama proses pelatihan Prakerja berlangsung.

Yang kedua adalah alamat sesuai KTP. Ketika kamu memasukkan alamat sesuai KTP, pastikan bahwa alamat yang kamu masukkan sudah sama persis dengan kolom “Alamat” yang ada di KTP-mu, mulai dari nama jalan, RT/RW, kelurahan, hingga kecamatan.

Dalam hal ini kamu hanya perlu memasukkan alamat kamu seperti yang ada di dalam kota bertanda merah berikut:

Sumber: Prakerja.go.id

Sedangkan alamat terakhir yang harus kamu isi adalah alamat tempat tinggal. Untuk alamat tempat tinggal, kamu bisa mengisinya sesuai dengan alamat yang kamu tinggali saat ini (saat mendaftar program Kartu Prakerja).

Jika kamu merasa bahwa data yang kamu tulis pada kolom alamat salah, maka kamu bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon (1500537), Whatsapp/SM (+62 811-800-5373), atau melalui email [email protected]

Cara Mengisi Alamat Email di Kartu Prakerja

Ikuti cara-cara berikut untuk mengisi email di Prakerja:

(1) Masuk pada link pendaftaran

(2) Masukan alamat email yang akan digunakan. Contoh: [email protected]

(3) Masukkan password email dengan minimal 8 karakter

(4) Ulangi password

(5) Klik tombol “Daftar”

Mau Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap, Solusinya Hanya di Cakap!

Cara Mengisi Alamat di Prakerja

Sebenarnya, cara mengisi alamat di Prakerja cukup mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengisi alamat di Prakerja:

Cara Mengisi Alamat di Prakerja sesuai KTP

(1) Masuk ke link pendaftaran/dashboard.prakerja.go.id

(3) Sebelum mengisi bagian “Alamat” kamu harus mengisi bagian NIK dan KK terlebih dahulu, kemudian klik tombol “Lanjut”

(4) Masuk pada kolom “Isi Data Diri”, kemudian scroll ke bagian bawah

(5) Selanjutnya, kamu bisa mengisi bagian alamat sesuai KTP. Mulai dari mengisi nama jalan (contoh: Jalan Dokter Diponegoro 1, No 209), provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan/desa.

 

Cara Mengisi Alamat Tempat Tinggal

Di bawah kolom “Alamat Sesuai KTP” (scroll ke bagian bawah), kamu akan diarahkan untuk mengisi alamat tempat tinggal. 

(1) Jika alamat tempat tinggal saat ini sama dengan alamat KTP, kamu hanya perlu menggeser tombol yang bertulis “Sama dengan KTP”.

(2) Jika alamat tempat tinggal tidak sesuai KTP, maka kamu bisa memasukkan alamat tempat yang kamu tinggali saat ini

(3) Isi bagian nama jalan, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan/desa

(4) Setelah mengisi semua alamat, beri tanda ceklis yang menandai bahwa kamu telah mengisi bagian alamat dengan benar

(5) Klik “Lanjut”

Selamat kamu sudah berhasil mengisi alamat di Prakerja sesuai dukcapil dan sesuai alamat tinggal! 

Verifikasi Foto e-KTP

Untuk mengklarifikasi bahwa alamat yang kamu isi adalah benar, langkah selanjutnya yang dibutuhkan adalah verifikasi foto e-KTP. 

Untuk dapat melanjutkan verifikasi, kamu harus mengambil foto dari ponsel kamu. So, jika kamu mengakses pendaftaran melalui komputer, segera melanjutkan proses pendaftaran melalui browser ponselmu, ya!

Demikianlah langkah-langkah dan cara mengisi alamat di Prakerja, mulai dari alamat email, alamat sesuai KTP, dan alamat tempat tinggal saat ini.

Buat kamu yang sedang mendaftar Prakerja, tapi belum menemukan kelas pelatihan yang cocok, yuk cek kelas Prakerja Cakap! Ada banyak kelas yang bisa dipilih mulai dari kelas bahasa, copywriting, hingga kelas ilustrasi. Lengkap banget bukan? Tunggu apa lagi daftar dan dapatkan manfaatnya karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.