Apa itu Webinar Prakerja? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya!

apa-itu-webinar-prakerja

Selalu ada hal menarik yang bisa dibahas tentang pelatihan Prakerja. Mulai dari proses cara mendaftarnya, membeli pelatihannya, hingga memahami apa saja jenis pelatihan yang bisa diambil nantinya. Salah satu jenis kelas pelatihan yang bisa diambil adalah kelas webinar. Nah, kira-kira spa itu Webinar Prakerja?

Temukan jawaban selengkapnya dalam artikel berikut! Ada beberapa rekomendasi kelas Prakerja webinar dan non webinar yang bisa kamu ikut juga!

Table of Contents

Apa Itu Webinar Prakerja?

Program Kartu Prakerja terbaru memiliki 3 jenis pelatihan, yaitu Pelatihan Webinar, Pelatihan Pembelajaran Mandiri, dan Pelatihan Tatap Muka. Dari ketiga jenis pelatihan tersebut, webinar dan LMS (Learning Management System) termasuk ke dalam pelatihan Prakerja yang dijalankan secara online. 

Pelatihan Webinar Prakerja adalah jenis pelatihan synchronous yang dilaksanakan secara daring menggunakan teknologi atau perangkat digital berupa komputer atau sejenisnya yang terkoneksi dengan bantuan jaringan internet. Juga tanpa perlu tatap muka secara langsung.

Artinya, peserta pelatihan dan instruktur akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan dengan metode live webinar.

Jika kamu memilih kelas Prakerja dengan webinar, maka kamu harus menyelesaikan semua kelas webinar yang ada dalam pelatihan tersebut untuk bisa mendapatkan sertifikat dan intesif Prakerja.

Cara Mengikuti Kelas Webinar Prakerja

Bagaimana cara mengikuti Webinar Prakerja? Setiap lembaga pelatihan Prakerja mungkin memiliki cara yang berbeda dalam mengarahkan pesertanya untuk mengikuti webinar. Namun, berikut ini beberapa cara umum yang bisa kamu coba untuk mengikuti kelas webinar pertamamu!

(1) Buka Website Lembaga Pelatihanmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengikuti kelas Webinar Prakerja adalah membuka website lembaga pelatihan yang kamu pilih. Selanjutnya, masuk ke menu “kelas saya”. Di sana ada halaman “Jadwal Webinar”. 

(2) Pilih Jadwal Webinar

Setelah klik halaman “Jadwal Webinar”, kamu akan mendapati beberapa pilihan jadwal webinar yang mungkin tersedia. Pilih jadwal yang paling sesuai dengan ketersediaan waktumu. Jika sudah, kemudian klik “Pilih”.

(3) Masukkan Nama dan Alamat Email

Untuk bisa mengikuti kelas webinar Prakerja, kamu harus mengisi beberapa informasi, seperti nama dan alamat e-mail. Jika data yang tulis benar, maka kamu akan diarahkan atau di “accept” untuk masuk ke ruangan Zoom meeting.

(4) Kamu Siap Mengikuti Webinar Prakerja

Kamu siap mengikuti Webinar Prakerja! Pastikan untuk menyimak seminar dengan baik dan fokus agar kamu mendapatkan pengetahuan atau informasi yang lengkap!

Keuntungan Mengikuti Kelas Webinar Prakerja

apa-itu-webinar-prakerja-rekomendasi
Photo from iStcok

Berbagai keuntungan bisa kamu dapatkan ketika mengikuti kelas webinar Prakerja. Apa sajakah itu? Yuk, catet!

(1) Bisa Berinteraksi Langsung dengan Pengajar

Kamu dapat berinteraksi langsung secara real time dengan pengajar atau mentor kelas pelatihanmu. Di sana juga ada ruang untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan pengajar. So, kamu tidak hanya belajar satu arah, tapi dua arah langsung.

(2) Bisa Berinteraksi dan Mengenal Peserta Lain

Keuntungan kedua yang bisa kamu dapat ketika mengikuti kelas Webinar Prakerja adalah dapat berinteraksi dan mengenal peserta lain. Tidak hanya dengan pengajar, kamu juga bisa berdiskusi dengan teman-teman lain yang mengikuti webinar tersebut. Pastinya lebih seru dan mendapatkan sudut pandang baru.

(3) Mendapatkan Penjelasan Materi Secara Lebih Rinci

Adanya sesi pertanyaan dan diskusi membuatmu memiliki kesempatan untuk bisa bertanya lebih dalam tentang materi yang dijelaskan. Apabila ada part yang tidak kamu pahami atau tidak kamu mengerti, kamu bisa langsung bertanya dengan pengajar atau mentormu.

Apakah webinar prakerja harus on cam?

Ketika kamu mengikuti kelas Prakerja, kamu sangat disarankan untuk on-cam, ya. Usahakan untuk oncam agar kamu bisa mengenali peserta sekelas. Namun, jika kamu terkendala koneksi, coba sampaikan hal tersebut ke moderator atau saat di dalam kelas. 

Mau Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap, Solusinya Hanya di Cakap!

Rekomendasi Kelas Prakerja dengan Webinar

Ada banyak pilihan kelas pelatihan Prakerja dengan webinar, baik online maupun offline. Berikut ini beberapa rekomendasi kelas Prakerja dengan webinar yang bisa kamu pilih di pendaftaran Prakerja gelombang ini:

  • Kelas Copywriting
  • Keals Illustration
  • Kelas Digital Marketing
  • Brand & Management
  • Kelas Finance
  • Kelas Bahasa Asing

Untuk rekomendasi kelas Prakerja dengan webinar selengkapnya bisa kamu cek dalam artikel: Pelatihan Prakerja yang Paling Banyak Diminati

Rekomendasi Kelas Prakerja Tanpa Webinar

Nggak cuma menyediakan kelas webinar, program Kartu Prakerja juga menyediakan program pelatihan tanpa webinar. Artinya, kamu hanya perlu menyimak video tutorial atau video yang dibagikan sebagai materi pelatihan.

Khusus buat kamu yang ingin mengikuti kelas Prakerja tanpa webinar berikut ada beberapa rekomendasi kelas yang mungkin bisa kamu coba:

  • Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Bahasa Inggris untuk Pramusaji
  • Membuat Ice Cream Green Tea Matcha
  • Pemasaran Digital Marketing sebagai Tenaga Marketing

Selain menghemat waktu pelatihan dan lebih fleksibel, kelas Prakerja tanpa webinar juga memiliki harga yang lebih terjangkau. Simak artikel Rekomendasi Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar untuk mengetahui detail informasi selengkapnya!

So, itu dia penjelasan lengkap tentang kelas Webinar Prakerja. Sekarang kamu bisa mulai kelas webinar pertamamu dengan lebih mudah! Untuk kamu yang ingin mengikuti kelas Prakerja dengan jenis pelatihan webinar, yuk coba cek Prakerja Cakap! Ada banyak pilihan kelas yang bisa diambil dari mulai dari kelas Copywriting hingga kelas Illustrator! Cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.