Kapan Bisa Beli Kelas Prakerja Kedua? Ini Jawaban & Tipsnya!

kapan-bisa-membeli-pelatihan-prakerja-kedua

Belum cukup dengan kelas pelatihan Prakerja pertama yang diikuti dan ingin mencari ilmu baru lagi? Namun pertanyaannya, emang boleh ikut kelas pelatihan kedua dan kapan bisa membeli pelatihan Prakerja kedua?

Buat kamu yang masih semangat mengikuti kelas pelatihan Prakerja setelah mengikuti kelas pertama, yuk simak baik-baik artikel ini! Ada banyak info menarik seputar waktu pembelian kelas kedua dan tips agar saldo pelatihanmu cukup untuk membeli dua kelas Prakerja!

Table of Contents

Apakah Bisa Membeli Lebih dari 1 Kelas Pelatihan Prakerja?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah bisa membeli kelas pelatihan Prakerja lebih dari 1 kali? Jawabannya bisa! Kamu dapat mengikuti kelas pelatihan keduamu. Tentunya dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Beberapa hal yang harus kamu catat saat akan mengikuti kelas pelatihan Prakerja kedua adalah:

  • Kamu hanya boleh membeli pelatihan kedua setelah menyelesaikan pelatihan pertamamu
  • Sebelum mengikuti kelas pelatihan kedua, kamu wajib mengisi rating ulasan kelas yang pernah diikuti
  • Pastikan saldo Prakerja yang kamu miliki cukup untuk membeli pelatihan Prakerja kedua
  • Kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu (batas tertinggi) dari saldo yang kamu miliki

Waktu yang Tepat untuk Membeli Pelatihan Prakerja Kedua

kapan-bisa-membeli-prakerja-kedua

Kapan bisa membeli pelatihan Prakerja yang kedua? Apakah kamu bisa langsung membelinya sekaligus atau mungkin perlu jeda dalam kurun waktu tertentu?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas ya Sobat Cakap, kamu hanya bisa membeli pelatihan Prakerja kedua saat sudah menyelesaikan latihan pertama. Jadi, kamu tidak bisa membeli dan mengikuti dua kelas Prakerja sekaligus.

Selain itu, ada juga batas waktu untuk membeli pelatihan kedua. Kamu hanya dapat membeli kelas keduamu dalam kurun waktu 15 (lima belas) hari kalender setelah menyelesaikan pelatihan pertama. Artinya, butuh waktu sekitar 2 minggu sebelum kamu bisa membeli kelas keduamu.

Jika kamu sudah berhasil membeli kelas pelatihan kedua, pastikan kamu langsung mengikuti kelasnya dan tidak menunda lebih dari 15 hari karena nanti saldo bantuan pelatihan Prakerjamu akan hangus. Bahkan Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya.

Mau Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap, Solusinya Hanya di Cakap!

Tips Mengatur Pembagian Saldo Prakerja

Agar saldo Prakerjamu cukup untuk membeli dua kelas pelatihan Prakerja. Kamu harus pintar-pintar mengatur pembagian saldo. 

Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan:

(1) Ketahui Jumlah Insentif Prakerja yang Didapat

Tips pertama adalah mengetahui jumlah insentif Prakerja yang akan didapat. Di tahun 2024 ini, pemerintah memberikan bantuan dana Prakerja sebesar Rp4,2 juta. Jumlah tersebut dibagi menurut ketentuan yang berlaku, yaitu:

  • Saldo sejumlah Rp3.500.000 hanya dapat digunakan untuk membeli kelas pelatihan
  • Saldo sejumlah Rp600.000 dapat kamu cairkan sebagai insentif biaya mencari kerja (saldo dapat dicairkan setelah menyelesaikan pelatihan pertama)
  • Saldo sejumlah Rp50.000 dapat dicairkan jika kamu sudah mengisi rating atau ulasan (saldo dapat dicairkan maksimal 2 kali)

(2) Fokus pada Saldo yang Hanya Bisa Digunakan untuk Membeli Pelatihan

Yap! Fokus pada saldo yang hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan. Ingat kamu memiliki saldo sebesar Rp3.500.000 untuk membeli kelas pelatihan. Jika kamu ingin mengikuti dua kelas dalam satu gelombang pelatihan, maka kamu perlu membagi budget pelatihan menjadi dua bagian.

Misalnya, di pelatihan Prakerja pertama kamu bisa membeli kelas dengan rentang harga maksimal Rp1.000.000 – Rp1.500.000. Selanjutnya, kamu masih bisa membeli kelas kedua yang harganya berada di kisaran 1 jutaan.

(3) Pilih Kategori Kelas dengan Harga yang Cocok

Tips ketiga adalah memilih kelas Prakerja dengan harga yang cocok. Sebelum kamu membeli kelas, kamu bisa menggunakan fitur “Filter” kelas-kelas pelatihan dengan harga tertentu. Pastikan kamu memilih kelas dengan harga yang affordable yang bisa menyisakan saldo pelatihan Prakerja untuk kelas selanjutnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk bisa membeli pelatihan Prakerja kedua.

Buat kamu yang masih cari-cari kelas pelatihan Prakerja berkualitas dengan harga yang worth it, Cakap memberimu banyak pilihan kategori kelas yang bisa dipilih. So, tunggu apa lagi kepoin dan langsung beli kelas Prakerja Cakap sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.