Begini Caranya Memilih Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar!

cara-memilih-pelatihan-prakerja-tanpa-webinar

Selamat untuk Sobat Cakap yang lolos pendaftaran dan gelombang Program Kartu Prakerja! Sudah mempersiapkan diri untuk ikut pelatihan, kan? Waduh, kalau bentrok dengan jadwal pribadi yang lain gimana, ya? Adakah pelatihan Kartu Prakerja tanpa webinar?

Program Kartu Prakerja itu punya tiga jenis pelatihan, Sobat Cakap! Ada pelatihan webinar (online), pelatihan pembelajaran mandiri (online), dan pelatihan tatap muka (offline). Nah, buat Sobat Cakap yang menginginkan fleksibilitas jadwal dan mengikuti pelatihan tanpa webinar bisa memilih jenis pelatihan pembelajaran mandiri. Simak ulasan berikut dan ketahui lebih lanjut, yuk!

Table of Contents

Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Memilih pelatihan Kartu Prakerja yang tepat itu sangat penting, lho! Dengan memilih pelatihan yang tepat, kamu dapat mendapatkan manfaat dengan maksimal. Perhatikan tips-tips untuk memilih pelatihan Kartu Prakerja sebagai berikut: 

(1) Sesuaikan Pelatihan dengan Minat dan Bakat

Saatnya kamu mempertimbngkan minat dan bakat yang kamu miliki, Sobat Cakap! Pilih pelatihan yang sesuai dengan bidang yang ingin kamu geluti kedepannya dan yang sesuai dengan minat kamu. 

Dengan demikian, kamu akan lebih termotivasi untuk belajar, terlebih jika kamu ingin ikut pelatihan tanpa webinar. Tidak adanya interaksi secara real-time dengan instruktur atau peserta lain mengharuskan kamu untuk dapat memotivasi diri kamu sendiri dan mengatur jadwal pelatihan secara mandiri. 

(2) Lakukan Riset Pasar Kerja

Selain mempertimbangkan minat dan bakat, kamu juga harus mempertimbangkan keterampilan atau skill yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. Lakukan riset pasar kerja terkini dan pilih pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan yang relevan. 

Kami bisa mencari kebutuhan skill untuk saat ini hingga lima tahun kedepan. Wah, makin skillfull dan makin percaya diri untuk merintis karier, nih Sobat Cakap!

Cek rekomendasi pelatihan Kartu Prakerja tanpa webinar yang paling diminati di sini!

(3) Lakukan Riset Lembaga Penyedia Pelatihan

Perhatikan kredibilitas dan reputasi lembaga penyedia pelatihan yang akan kamu pilih. Cari tahu rekam jejak dan testimoni dari peserta sebelumnya yang memilih lembaga mitra Progam Kartu Prakerja tersebut. Jangan lupa perhatikan kurikulum dan materi yang ditawarkan oleh lembaga penyedia pelatihan. Pastikan materi pelatihan yang ditawarkan relevan dengan tujuan karier-mu. 

Nah, di Cakap Prakerja kamu bisa mendapatkan pelatihan yang berkualitas dengan instruktur profesional, lho!

(4) Evaluasi Biaya Pelatihan

Pertimbangkan baik-baik biaya pelatihan dan manfaat jangka panjang yang akan kamu dapatkan, Sobat Cakap! Sesuaikan kebutuhanmu dengan kelas yang kamu pilih, dengan ini kamu akan merasakan manfaat dari investasi waktu, biaya, dan tenaga yang sudah kamu keluarkan.

(5) Manfaatkan Sumber Informasi yang Tersedia 

Nah, supaya kegiatan pelatihan makin mudah, kamu bisa memanfaatkan web resmi Kartu Prakerja di: prakerja.go.id untuk mencari dan mendapatkan berbagai informasi tentang Program Kartu Prakerja. Kamu juga bisa menemukan hotline call center di web tersebut yang bisa kamu hubungi jika kamu menemukan kendala. 

Selain itu, manfaatkan juga forum diskusi online di berbagai platform sosial media. Di sana kamu akan mendapatkan berbagai tips, saran, dan insights dari sesama peserta dan alumni Program Kartu Prakerja. 

(6) Pilih Jenis Pelatihan Kartu Prakerja yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ada 3 jenis pelatihan yang tersedia di Program Kartu Prakerja, lho! Ada jenis Pelatihan Webinar (online), Pelatihan Tatap Muka (offline), dan Pelatihan  Pembelajaran Mandiri (online).Nah, jika kamu mau memilih pelatihan tanpa webinar, pastikan kamu memilih jenis Pelatihan Pembelajaran Mandiri ya, Sobat Cakap! 

Jenis pelatihan ini menawarkan sistem pembelajaran online dan bisa kamu ikuti tanpa harus terpaku pada jadwal tertentu atau harus berinteraksi secara real-time dengan instruktur. Tipe pelatihan tanpa webinar ini cocok untuk kamu yang memiliki kesibukan lain dan menginginkan pengalaman belajar self-paced atau mandiri.

Mau Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap? Solusinya Hanya di Cakap!

Mengenal Pelatihan Pembelajaran Mandiri

cara memilih pelatihan prakerja
Photo from Freepik

Sobat Cakap yang membutuhkan pelatihan self-paced tanpa webinar bisa memilih jenis Pelatihan Pembelajaran Mandiri. 

Jenis Pelatihan Pembelajaran Mandiri menawarkan pengalaman belajar asynchronous di mana seluruh materi disampaikan secara online melalui platform LMS (Learning Management System) yang bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja tanpa harus berinteraksi dan bertemu real-time dengan instruktur atau peserta lain. Sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan pelatihan online tanpa webinar. 

Nah, kamu bisa belajar sendiri menggunakan materi berupa modul, video pembelajaran, atau e-book yang bisa kamu akses secara online. Tenang, walaupun tanpa webinar dan belajar sendiri, kamu tetap mendapatkan support seperti konsultasi dengan instruktur serta bantuan teknis lainnya.

Pastikan kamu mengikuti seluruh kegiatan selesai supaya mendapatkan sertifikat dan insentif ya, Sobat Cakap! Jangan lupa tinggalkan rating dan ulasannya juga!

Syarat Membeli Pelatihan

Sebelum memilih dan membeli pelatihan di platform digital perhatikan syarat-syarat yang harus kamu penuhi sebagai berikut: 

  • Setiap 1 akun/user ID hanya dapat menggunakan 1 nomor Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pelatihan pada Platform Digital. 
  • Pastikan kamu memasukkan kode OTP dengan benar. 
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun. 
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Nah, demikianlah tips dan cara memilih pelatihan Prakerja tanpa webinar. Semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi untuk bahan pertimbangan ya, Sobat Cakap!

Pastikan kamu mengikuti info Prakerja terbaru supaya nggak ketinggalan update terkini Program Kartu Prakerja. Mau ikut pelatihan Prakerja?  Ya, di Cakap Prakerja aja! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup