Saldo Pelatihan Prakerja Harus Dihabiskan? Ini Jawabannya!

apakah saldo pelatihan prakerja harus dihabiskan
Image by freepik

Sobat Cakap yang sudah resmi terdaftar sebagai penerima Kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan saldo pelatihan dari pemerintah. Nah, ternyata masih banyak nih yang bertanya-tanya apakah saldo pelatihan Prakerja harus dihabiskan? Biar kamu nggak bertanya-tanya lagi, simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk! 

Table of Contents

Apa Itu Saldo Pelatihan Prakerja?

Sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja, kamu akan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah sebesar Rp4.200.000. Dana ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu saldo pelatihan dan insentif yang keduanya memiliki ketentuan yang berbeda. 

Saldo pelatihan adalah dana yang diberikan oleh pemerintah kepada peserta prakerja dan hanya bisa digunakan untuk membeli kelas pelatihan. Dana yang diberikan berjumlah Rp3.500.000 dalam bentuk non tunai. 

Sedangkan sisanya merupakan insentif yang dapat dipakai untuk keperluan apa saja oleh peserta. Kamu baru akan mendapatkan insentif Kartu Prakerja ini ketika sudah menyelesaikan pelatihan yang kamu ambil. 

Apakah Saldo Pelatihan Prakerja Harus Dihabiskan?

Sobat Cakap perlu tahu bahwa peserta prakerja wajib menggunakan saldo pelatihannya untuk membeli kelas pelatihan pertama. Jika kamu tidak menggunakan saldo dalam jangka 15 hari setelah resmi terdaftar, maka kepesertaanmu akan dicabut dan tidak mendapatkan insentif. 

Lantas apakah saldo pelatihan Prakerja harus dihabiskan? Jawabannya adalah tidak, karena peserta hanya diwajibkan membeli kelas pertama saja. Meski demikian, sayang banget jika kamu nggak memanfaatkan saldo yang masih tersisa untuk pelatihan bermanfaat lainnya. 

Alasan Kenapa Saldo Pelatihan Sebaiknya Dihabiskan

Bagi Sobat Cakap yang masih ragu untuk memanfaatkan saldo pelatihan Kartu Prakerja, berikut alasan kenapa saldo pelatihan Prakerja sebaiknya dihabiskan. 

Temukan Pelatihan Kartu Prakerja Terbaik dan Terlengkap Hanya di Cakap!

1. Saldo Pelatihan Tidak Dapat Diuangkan

Kamu mungkin pernah mendengar kabar bahwa saldo pelatihan Prakerja dapat diuangkan dengan menggunakan cara-cara tertentu. Namun, kabar tersebut adalah tidak benar karena saldo pelatihan Prakerja sama sekali tidak bisa diuangkan. 

Jika Sobat Cakap tidak menggunakan seluruh saldo yang diberikan oleh pemerintah, saldo tersebut akan dikembalikan kepada rekening kas negara. 

2. Saldo Pelatihan Prakerja Punya Batas Waktu

Ketika sudah dinyatakan sebagai peserta Kartu Prakerja, kamu wajib membeli kelas pertama dalam jangka waktu 15 hari. Setelah menyelesaikan pelatihan tersebut dan memberikan ulasan, kamu bisa membeli pelatihan Prakerja selanjutnya dalam jangka waktu 15 hari. 

Jika Sobat Cakap belum membeli kelas selanjutnya dalam kurun waktu tersebut, maka saldo pelatihan akan kadaluwarsa dan dikembalikan kepada kas negara. 

3. Meningkatkan Skill Secara Gratis

Saldo pelatihan Prakerja adalah bantuan yang memberikan kesempatan bagi kamu agar bisa mendapatkan pelatihan bermanfaat. Dengan jumlah Rp3.500.000, kalo bisa membeli hingga 2 kelas pelatihan untuk berbagai bidang, lho. 

Jadi, rugi banget kalau Sobat Cakap nggak menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar skill baru dan mendapatkan sertifikat dari pelatihan tersebut. 

4. Kesempatan Sekali Seumur Hidup

Terakhir, perlu diingat bahwa kesempatan untuk mengikuti program Kartu Prakerja adalah sekali seumur hidup. Jika kamu sudah pernah menjadi penerima Kartu Prakerja, maka kamu tidak akan mendapatkan kesempatan selanjutnya. 

Dengan demikian, Sobat Cakap akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan gratis bersertifikat maupun kesempatan mendapatkan insentif. 

Nah, semoga penjelasan di atas menjawab pertanyaan Sobat Cakap tentang apakah saldo pelatihan Prakerja harus dihabiskan. 

Program Kartu Prakerja adalah program yang diadakan pemerintah untuk meningkatkan keterampilan angkatan kerja. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini dengan memaksimalkannya untuk belajar hal baru sesuai minat dan bakat. 

Bagi kamu yang sudah terdaftar sebagai penerima Kartu Prakerja, kamu bisa membeli pelatihan webinar dan pelatihan pembelajaran mandiri di Cakap, lho. Yuk, cek kelas sesuai minatmu di Kelas Pelatihan Prakerja Cakap

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.