Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Bukalapak Terbaru

cara beli pelatihan prakerja di bukalapak

Jika kamu sudah berhasil mendaftar program Kartu Prakerja, langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah membeli kelas pelatihan. Salah satu mitra pelatihan Prakerja yang kredibel adalah platform Bukalapak. Di platform ini ada banyak lembaga pelatihan dan kelas Prakerja yang bisa dipilih.

Untuk kamu yang tertarik membeli kelas Prakerja di Bukalapak, yuk simak langkah-langkah dan cara-cara mudah membeli kelas pelatihan Prakerja di Bukalapak!

(1) Buka Aplikasi Bukalapak 

Jika kamu belum memiliki aplikasi Bukalapak, kamu bisa mendownloadnya di Appstore atau iOS. Lanjut daftar dan pastikan nomor handphone kamu sudah terverifikasi saat mendaftar.

(2) Masuk ke Kolom Pencarian dan Ketik Keyword “Prakerja”

Kolom pencarian ada di bagian atas. Kamu bisa langsung memasukkan keyword “Prakerja”. Setelah itu klik enter atau search.

(3) Pilih Lembaga Pelatihan atau Kategori Kelas

Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman Lembaga Pelatihan. Di sana kamu bisa memilih lembaga pelatihan yang kamu inginkan. Atau kamu juga bisa mencari langsung di bagian kategori kelas pelatihan. 

Di halaman ini kamu juga bisa memfilter kelas yang kamu inginkan berdasarkan kategori usia, rentang harga, tipe kelas, tingkat pendidikan, kategori kelas, lembaga pelatihan, dan rating.

(4) Pilih Kelas dan Jadwal Pelatihan

Pilih kelas yang akan kamu ambil.

Selanjutnya, klik “Pilih Jadwal” untuk menentukan jadwal pelatihan.

Kamu akan diarahkan untuk memilih jadwal pelatihan yang paling cocok untukmu. Jadwal akan ditetapkan berdasarkan tanggal dan jam pelatihan. Jika kamu sudah memilih jadwal, selanjutnya klik tombol “Lanjut”.

 

(5) Masukkan Nomor Kartu Prakerja dan Lakukan Pembayaran

Setelah kamu menekan tombol “Lanjut”, kamu akan masuk pada laman selanjutnya, yang mengarahkanmu untuk mengisi nomor Kartu Prakerja.

Setelah 16 digit nomor Prakerjamu sudah terisi, scroll ke bagian bawah, kemudian tekan tombol “Bayar dengan Kartu Prakerja”.

Untuk memastikan pembayaranmu, halaman Konfirmasi Pembayaran akan ditampilkan. Setelah itu, kamu tinggal pilih “Ya”.

Selamat kamu sudah berhasil melakukan pembayaran!

(6) Setelah Transaksi Berhasil, Cek Kode Voucher

Setelah selesai melakukan transaksi, cek kode voucher-mu. Cek lewat history transaksi top up, histori tagihan, atau email-mu.

(7) Tukarkan Kode Voucher

Tukarkan kode voucher yang kamu dapat ke lembaga pelatihan yang kamu pilih. Untuk kamu yang memilih kelas pelatihan di Cakap, kamu bisa menukarkan kode voucher-mu di laman https://upskill.cakap.com/. Atau kamu juga bisa membukanya melalui ponsel genggammu.

Berikut dua cara menukarkan kode voucher melalui halaman Cakap Upskill dan Cakap Mobile App

Cara Redeem Melalui Halaman Cakap Upskill

Buka website https://upskill.cakap.com/. Jika sudah masuk ke laman Upskill Cakap, pilih tombol “Tukar” yang berwarna hijau.

Selanjutnya, login ke akunmu. Setelah login, kamu bisa langsung memasukkan kode voucher yang kamu terima dari Bukalapak ke kolom yang diberi tanda panah warna merah. Kemudian langsung saja klik “Tukarkan”.

Jika sudah, maka akan muncul tampilan “Tukar Kode Redeem”. Kode Prakerja tersebut bisa kamu lihat pada dashboard Prakerja.

Cara Redeem Melalui Cakap Mobile App

Buka aplikasi Cakap di ponselmu. Pilih halaman “Upskill”. Selanjutnya scroll sedikit ke bagian bawah hingga menemukan kolom berwarna hijau bertuliskan “Punya Kode Belajar?”, lalu klik “Tukar” (fokus pada bagian yang ditandai kotak merah).

Masukkan Kode Redeem yang kamu dapat dari Bukalapak pada bagian “Harap masukkan kodemu”, dan lagi, klik “Tukar”. 

Selanjutnya akan muncul tampilan “Tukar Kode Redeem”. Isi kolom tersebut dengan Kode Prakerja yang tersedia di dashboard Prakerja.

(8) Kamu Bisa Mengikuti Pelatihan Prakerja!

Setelah menyelesaikan pembelian dan berhasil menyelesaikan langkah-langkah di atas, kamu bisa mulai mengikuti pelatihan Prakerja sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

(9) Isi Ulasan dan Rating

Jangan lupa mengisi ulasan dan rating setelah menyelesaikan pelatihan Prakerja. Insentif  Prakerjamu hanya akan bisa cair jika kamu sudah mengisi ulasan dan rating.

Itu dia step by step cara membeli pelatihan Prakerja di Bukalapak. Jika kamu ingin membeli pelatihan melalui mitra Prakerja Bukalapak, kamu bisa menjadikan artikel ini sebagai referensimu. Semoga membantu, ya!

Nah, khusus buat kamu yang ingin mencari pelatihan Prakerja dengan banyak kategori dan pilihan kelas, yuk cek kelas-kelas Prakerja di Cakap! Kepoin dan booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.