9 Pelatihan Prakerja yang Mudah dan Cepat untuk Pemula

pelatihan-prakerja-yang-mudah

Program pelatihan Prakerja masih berlanjut di tahun 2024. Yang mana di tahun ini, program Prakerja lebih berfokus pada peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja. Untuk kamu yang baru akan mengikuti Prakerja gelombang terbaru dan belum punya pengalaman pelatihan apa pun sebelumnya, beberapa rekomendasi kelas pelatihan Prakerja yang mudah berikut bisa menjadi referensimu!

Table of Contents

Jenis Pelatihan Prakerja

Prakerja memiliki 3 jenis kursus atau pelatihan, yaitu pelatihan online, offline, dan bauran. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

(1) Pelatihan Webinar

Pelatihan Prakerja Webinar adalah jenis pelatihan synchronous yang dilaksanakan secara daring menggunakan teknologi digital berupa komputer atau sejenisnya dengan bantuan internet. 

Artinya, peserta pelatihan dan instruktur akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan dengan metode live webinar.

(2) Pelatihan Pembelajaran Mandiri

Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari seluruh materi secara online melalui platform LMS. Mereka bisa mengikuti pelatihan hanya dengan menonton video pembelajaran, tidak perlu berinteraksi secara real-time dengan pelatih/pengajar maupun dengan peserta lainnya.

(3) Pelatihan Tatap Muka

Seiring dengan kondusifnya situasi pasca pandemi, kelas pelatihan tatap muka dijadikan sebagai salah satu jenis kelas yang bisa diambil oleh peserta Prakerja. Di kelas tatap muka ini, kamu bisa mengikuti kelas tatap muka sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Peserta dan instruktur bisa bertemu secara tatap muka di dalam satu ruangan dan waktu yang sama.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Rekomendasi Pelatihan Prakerja yang Mudah

pelatihan-prakerja-mudah
Photo from Freepik

Bagi beberapa orang, mengikuti kelas Prakerja bisa menjadi salah satu momok yang cukup menakutkan. Ada banyak pertanyaan, seperti “bisa nggak ya selesain kelas ini”, “kelas pelatihannya bakal susah nggak ya”, dan sebagainya.

Jangan khawatir Sobat Cakap, di sini kami punya rekomendasi pelatihan Prakerja yang mudah, yang mungkin bisa cocok untuk kamu para pemula!

(1) Strategi Pemasaran Digital Marketing & Sosial Media 

cara marketing sukses

Kelas strategi pemasaran digital di social media adalah salah satu kelas Prakerja yang terbilang cukup mudah. Maraknya penggunaan sosial media menjadikanmu tak asing dengan berbagai jenis aplikasi sosmed dan tools-tools yang ada di dalamnya. 

Di kelas ini, nantinya kamu akan belajar banyak tentang digital marketing, model bisnis, cara mengelola media sosial untuk berbisnis, hingga periklanan dan pemasaran.

Kelas yang mungkin bisa kamu ikuti:

Alasan kenapa social media ads dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Kelas dilakukan secara online
  • Model pembelajaran mandiri
  • Pelatihan melalui video e-learning, tanpa webinar
  • Durasi kelas maksimal 3 jam per hari
  • Harga kelas pelatihan yang cukup affordable, mulai dari Rp1.000.000-an saja

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja untuk kelas strategi pemasaran sosial media di Cakap dan mitra lainnya.

Dengan kelas ini kamu bisa belajar memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan dagangan secara online. Selain itu, pekerjaan di social media marketing saat ini juga sangat banyak dibutuhkan oleh brand-brand untuk membangun identitas dan kesadaran merek.

(2) Kelas Data Analitik

data-science-adalah

Rekomendasi pelatihan Prakerja yang mudah selanjutnya adalah kelas data analitik. Kelas ini bisa diambil oleh pemula yang bahkan belum memiliki pengalaman seputar analisis data.

Di sini, kamu akan belajar bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi. Hal menarik lainnya yang bisa kamu pelajari di kelas data analitik adalah mengeksplorasi beragam tools, seperti Python, Excel, R Studio, dll.

Pilihan kelas yang mungkin bisa kamu ikuti:

  1. Strategi Analisis Data Pemasaran untuk Data Analyst


A
lasan kenapa data analitik dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Kelas pelatihan self-paced learning (online)
  • Bisa melakukan pelatihan kapan pun dan di mana pun tanpa menunggu jadwal pelatihan
  • Bisa diikuti oleh pemula yang belum memiliki pengalaman
  • Ada sesi konsultasi bersama coach atau pelatih
  • Harga kelas pelatihan mulai dari Rp550.000


Profesi yang direkomendasikan setelah mengikuti pelatihan data analitik:

Dengan kelas ini kamu bisa belajar cara mengolah data yang diterapkan dalam berbagai bidang di antaranya:

  • E-Commerce, untuk menganalisis perilaku pembeli online. 
  • Financial, untuk kebutuhan analisis risiko
  • Marketing, untuk membantu memahami perilaku konsumen dan tren pasar.
  • Kesehatan, untuk membantu dalam analisis data klinis dan manajemen basis data pasien

(3) Kelas Pelatihan Makeup Artist

Alat Make-up

Kamu suka main makeup-makeup an? Yuk, coba ikutan kelas Prakerja Belajar Merias Wajah dan Mengelola Bisnis MUA untuk Penata Rias! Di kelas  Makeup Artist ini, kamu akan belajar bagaimana cara menerapkan make-up untuk klien, cara merias wajah, mengenal jenis-jenis kulit, jenis-jenis produk, dsb. Dijamin seru banget deh!

Biasanya, kelas pelatihan make-up artist ini, menyediakan kelas tata rias dalam berbagai acara, mulai dari MUA acara-acara casual dan sederhana, hingaa MUA wedding.

Alasan kenapa kelas MUA dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diikuti siapa saja, bahkan yang tidak memiliki pengalaman
  • Tersedia online
  • Durasi kelas hanya 6-12 jam dan dibagi ke dalam beberapa sesi (lebih sedikit daripada sesi kelas Prakerja lainnya, yang biasanya mencapai 15 jam)
  • Harga kelasnya mulai dari Rp500.000 (bergantung kelas make-up yang diambil)

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja untuk kelas MUA di Karier-mu.

Jasa MUA ini memiliki potensi besar dan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan industri kecantikan, hiburan, dan fashion.

Kalau kamu bisa konsisten mengembangkan keahlian make-up-mu, kamu bisa membuat portofolio make-up di media sosial untuk unjuk keahlian jasa MUA dan juga membuka peluang untuk di-endorse dari brand make-up atau kosmetik tertentu.

(4) Kelas Copywriting

Formula Copywriting untuk para copywriter pemula

Siapa yang ingin belajar menulis kreatif? Kalau kamu salah satu dari mereka yang ingin belajar membuat copy/tulisan yang menarik untuk mempromosikan produk, kelas copywriting bisa jadi pelabuhanmu! Kamu akan belajar gimana sih caranya bikin copy yang gampang diingat oleh customer. Siapa tahu nanti kamu bisa bikin copy legendaris dan terkenal. 

Siapa yang ingin belajar menulis kreatif? Kalau kamu salah satu dari mereka yang ingin belajar membuat copy/tulisan yang menarik untuk mempromosikan produk, kelas copywriting bisa jadi pelabuhanmu! Kamu akan belajar gimana sih caranya bikin copy yang gampang diingat oleh customer. Siapa tahu nanti kamu bisa bikin copy legendaris dan terkenal. 

Beberapa daftar kelas copywriting yang cukup populer di pelatihan Prakerja:

Alasan kenapa kelas copywriting dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diikuti oleh pemula mauapun profesional
  • Kelas pelatihan online
  • Pembelajaran melalui video learning dan webinar
  • Durasi belajar 3 jam per hari (total durasi belajar sampai selesai adalah 15 jam)
  • Harga terjangkau, mulai dari Rp250.000 – Rp3.000.000 (bergantung kelas yang kamu ambil)

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja untuk copywriting di Cakap, Tokopedia, dan mitra lainnya.

Kemampuan copywriting banyak dibutuhkan untuk kampanye pemasaran di segala bidang. Mulai dari UMKM sampai  brand-brand ternama menggunakan copywriting untuk membangun merek atau meningkatkan penjualannya.

(5) Kelas Bisnis Toko Online di Marketplace

jualan online yang laku setiap hari

Bisnis online shop kini kian merajalela. Tidak hanya ditemui di e-commerce, kamu bahkan bisa berjualan di media sosial yang kamu miliki. 

Di kelas ini, kamu bisa belajar banyak tentang menyusun target bisnis, memahami model bisnis online shop, strategi funneling channel, memahami operasional excellence, mencari produk yang tepat untuk dijual, hingga belajar membuat konten yang menarik untuk promosi.

Kelas bisnis online shop ini bisa kamu temukan di Tokopedia dalam program pelatihan yang berjudul Mengelola Toko Online di Marketplace.

Alasan kenapa kelas mengelola toko online ini dianggap menjadi salah satu kelas yang pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diikuti oleh siapa pun, bahkan yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya
  • Durasi belajar 15 jam
  • Belajar secara online atau daring
  • Harga kelas mulai dari Rp1.500.000

Kamu bisa mencari kelas Cakap terkait bisnis online di Tokopedia dan mitra Prakerja. Dengan mengikuti kelas ini, kamu dapat mengaplikasikan ilmu pemasaran digital dalam memasarkan produkmu. Kelas online shop ini sangat cocok untuk pelaku UMKM karena akan membantu pengelolaan bisnis secara efektif.

Kelas Prakerja Lainnya Seputar Bisnis:

(6) Kelas Bahasa Asing

learn english online

Kemampuan berbahasa asing, menjadi salah satu skill yang banyak dibutuhkan. Dalam program pelatihan Prakerja, kamu bisa mengambil kelas bahasa. Selain berguna untuk pekerjaan, kelas ini juga tergolong cukup mudah. Apalagi jika sebelumnya kamu sudah pernah belajar bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan Jepang.

Berikut beberapa kelas bahasa asing yang bisa kamu ambil:

Alasan kenapa kelas bahasa asing dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diambil dan diikuti oleh siapa pun
  • Durasi belajar 15 jam
  • Kelas tersedia online
  • Harga kelas mulai dari Rp900.000 – Rp1.600.000

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja untuk kelas bahasa asing di Cakap dan Tokopedia.

Dengan kemampuan bahasa asing, kamu bisa bepergian atau pun mengenyam pendidikan ke luar negeri. Selain itu, dalam hal profesional, mampu berbahasa asing akan memberikan nilai plus ketika kamu akan melamar pekerjaan bahkan banyak perusahaan yang telah mewajibkan calon pegawainya untuk memiliki kemampuan bahasa asing.

(7) Menerapkan Kelas Rekrutmen untuk Recruiter & SDM

Kelas ini akan membantumu belajar tentang dasar-dasar proses rekrutmen karyawan baru dan proses implementasi karyawan. Kamu juga akan belajar bagaimana mempersiapkan program rekrutmen yang sesuai.

Kelas rekrutmen untuk recruiter ini cocok untuk kamu yang ingin berkarier di bidang People & Culture atau bidang SDM. Berikut beberapa kelas untuk HR & SDM

Alasan kenapa kelas ini dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diikuti siapa saja
  • Belajar mandiri melalui video self-paced
  • Harga kelas terjangkau hanya Rp850.000

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja kelas rekrutmen untuk recruiter di Cakap.

(8) Menawarkan Barang dan Jasa melalui Telepon untuk Telesales

Kamu ingin jadi telesales hebat dan bisa menjual produk atau jasa hanya dengan berbicara di telepon? Yuk ambil kelas ini!

Di kelas ini kamu akan belajar 5 topik utama, yaitu perkenalan profesi dan pekerjaan telesales, keterampilan penjualan, memahami pelanggan, teknik komunikasi, manfaat teknologi untuk telesales. Informasi Selengkapnya

Alasan kenapa kelas ini dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diikuti siapa saja
  • Belajar mandiri melalui video self-paced
  • Harga kelas terjangkau hanya Rp800.000

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja untuk kelas telesales di Cakap.

(9) Membuat Dokumen dengan Microsoft Word

Siapa sih yang nggak familiar dengan Microsoft Word? Buat kamu yang ingin ambil salah satu kelas Prakerja yang cukup mudah, kelas ini sangat direkomendasikan untukmu! Di sini kamu akan belajar membuat dokumen menggunakan Microsoft Word, pengaturan format, penyusunan data dan infografis, pembuatan rujukan dan surat masal otomatis, serta pencetakan dokumen.

Alasan kenapa kelas ini dianggap menjadi salah satu kelas pelatihan Prakerja yang cukup mudah:

  • Bisa diikuti siapa saja
  • Belajar mandiri melalui video self-paced
  • Tanpa webinar
  • Aspek kompetensi hanya seputar Microsoft Word
  • Harga kelas terjangkau hanya Rp1.000.000

Di mana saya bisa membeli kelas-kelas di atas?

Kamu bisa mengambil program pelatihan Prakerja di atas melalui berbagai mitra Prakerja, diantaranya: Tokopedia, Karier-mu, Pijar, dan Pintar.

Demikianlah beberapa rekomendasi kelas pelatihan Prakerja yang mudah dan bisa diambil oleh siapa saja, termasuk para pemula. Semoga pemaparan di atas bisa membantumu memilih kelas Prakerjamu dengan tepat ya, Sobat Cakap!

Untuk kamu yang ingin mengambil Kelas Kartu Prakerja lainnya, Cakap punya top 3 rekomendasi kelas yang paling diminati, yaitu:

Pastikan kamu memilih kursus yang paling sesuai dengan rencana pengembangan kariermu, ya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.