5 Formula Copywriting WAJIB Kamu Pahami agar Makin Pintar Nulis!

Formula Copywriting untuk para copywriter pemula
Formula Copywriting untuk para copywriter pemula

Copywriting merupakan salah satu teknik penulisan yang sering kamu temui dalam konten-konten pemasaran. Untuk membuat copywriting yang menarik, kamu membutuhkan formula dan kemampuan menulis yang baik. Berikut adalah beberapa formula copywriting yang bisa kamu gunakan!

Apa Itu Formula Copywriting?

Formula copywriting adalah teknik penulisan yang bisa kamu temui dalam konten-konten copywriting. Dalam menggunakan formula tersebut, ada beberapa aturan yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kualitas konten tulisan kamu. 

5 Formula Copywriting Wajib Kamu Tahu

Berikut ini adalah beberapa teknik penulisan copywriting yang bisa kamu gunakan:

1. Formula AIDA

Formula copywriting pertama, yaitu AIDA atau Attention, Interest, Desire, Action yang merupakan salah satu teknik copywriting yang cukup sering digunakan oleh para copywriter. Aspek Attention dalam AIDA, yaitu sebuah konten copywriting harus mampu untuk mencuri perhatian target. 

Kemudian, Interest merupakan aspek yang menjelaskan bahwa konten copywriting harus dapat menarik perhatian target pembaca dengan informasi yang menggoda. Sementara itu, aspek Desire, yaitu suatu konten copywriting harus mampu menjelaskan benefit suatu brand yang bisa bermanfaat bagi target pembaca.

Kemudian yang terakhir, aspek Action, maksudnya yaitu suatu konten copywriting harus mampu berinteraksi dengan target pembaca. Caranya, dengan meminta respon target dan membuat target pembaca melakukan suatu tindakan.

2. Formula PAS

Teknik copywriting yang kedua, yaitu PAS atau Problem, Agitate, dan Solve. Aspek Problem dalam teknik copywriting PAS, yaitu suatu konten copywriting harus mampu menjelaskan permasalahan yang ingin kamu sampaikan dengan baik.

Agitate, yaitu kemampuan yang harus kamu miliki sebagai seorang copywriter untuk menjadikan topik yang kamu sampaikan terasa begitu urgent, sehingga butuh solusi yang tepat.

Aspek terakhir dalam teknik copywriting PAS, yaitu Solve atau aspek yang menggambarkan tentang jawaban masalah yang telah kamu jelaskan, dengan solusi penyelesaian dalam bentuk produk atau jasa yang kamu pasarkan.

3. Formula 4C

Teknik copywriting yang ketiga, yaitu 4C atau Clear, Concise, Compelling, Credible. Aspek Clear dalam teknik 4C, yaitu seorang copywriter harus bisa menggunakan bahasa yang jelas, sehingga target pembaca bisa memahami tulisan yang disampaikan. Bentuk penerapan dari aspek ini, yaitu tulisan dengan kalimat pendek atau poin-poin.

Selanjutnya, yaitu aspek Concise atau ringkas. Seorang copywriter tidak perlu membuat konten copywriting terlihat seperti sebuah essay. Suatu konten copywriting harus ditulis dengan kata-kata yang ringkas dan to the point.

Kemudian, aspek Compelling atau menarik, yaitu kemampuan seorang copywriter untuk bisa menangkap minat target pembaca melalui cerita. Sebuah konten copywriting harus fokus pada permasalahan yang ingin dibahas serta solusi dari permasalahan tersebut.

Terakhir, yaitu aspek Credible. Sebuah konten copywriting harus mampu menampilkan keunggulan dan kelebihan produk atau jasa yang dibahas dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

4. Formula IDCA

Selanjutnya, ada formula IDCA, yaitu Interest, Desire, Conviction, Action. Aspek Interest dalam formula IDCA, yaitu suatu konten copywriting harus dimulai dengan kalimat yang menarik, yang bisa memancing minat dan rasa penasaran target pembaca.

Selanjutnya, ada aspek Desire, yaitu suatu konten copywriting harus mampu memberikan jawaban atau solusi terhadap sebuah permasalahan. Dengan solusi tersebut, maka target pembaca akan merasa menemukan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

Kemudian, aspek Conviction, yaitu sebuah konsep dimana suatu konten copywriting harus bisa membuat target pembaca yakin dan mau melakukan tindakan tertentu. Terakhir, ada aspek Action, yaitu suatu konten copywriting harus mampu mengarahkan target pembaca untuk melakukan tindakan tertentu sesuai tujuan copywriting.

5. Formula ACCA

Terakhir ada formula ACCA atau Awareness, Comprehension, Conviction, dan Action. Awareness merupakan aspek dimana suatu konten copywriting harus mampu menciptakan kesadaran target pembaca mengenai masalah apa yang bisa diselesaikan oleh produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Selanjutnya, aspek Comprehension, yaitu kondisi dimana suatu konten copywriting harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan pemahaman pembaca terhadap masalah yang sedang dihadapi. 

Conviction atau keyakinan merupakan aspek dimana suatu konten copywriting yang ditulis harus mampu untuk menyelesaikan masalah yang sedang dibahas. Terakhir, yaitu Action, kondisi dimana suatu konten copywriting harus bisa meyakinkan dan mempengaruhi target pembaca untuk melakukan tindakan tertentu.

Cara Membuat Tulisan dengan Formula Copywriting

Berikut adalah bagaimana cara mengasah kemampuan untuk membuat tulisan menggunakan formula tersebut:

1. Pelajari Produk atau Layanan

Sebelum membuat konten copywriting, kamu harus mengenal produk atau layanan apa yang akan kamu pasarkan melalui konten copywriting tersebut. Ada 3 aspek yang perlu kamu lakukan dalam mempelajari suatu produk atau layanan.

Pertama, kamu harus mengetahui apa fungsi produk atau layanan tersebut dan masalah apa yang bisa diselesaikan dengan penggunaan produk atau layanan tersebut. 

Kedua, kamu juga harus mengetahui apa yang menjadi keunikan atau keunggulan produk atau layanan tersebut dari kompetitor. Ketiga, kamu juga perlu mengetahui apa saja fitur atau kegunaan dari produk atau layanan jasa tersebut.

Terakhir, kamu juga harus mengetahui manfaat apa yang akan didapatkan oleh target pembaca, jika menggunakan produk atau layanan tersebut.

2. Pahami Kebutuhan Target Pembaca

Untuk menghasilkan konten copywriting yang bagus, kamu juga harus memahami kebutuhan target pembaca. Tujuannya adalah agar kamu bisa membuat konten copywriting yang lebih personal dan dekat dengan kebutuhan target pembaca.

Untuk memahami kebutuhan target pembaca, kamu bisa melakukan beberapa hal, salah satunya yaitu survey pembaca. Dengan hasil survey tersebut, maka kamu akan mendapatkan gambaran tentang kebutuhan target pembaca atau buyer persona

3. Buat Judul yang Menarik

Selanjutnya, aspek yang tidak kalah penting dari suatu konten copywriting yaitu judul yang menarik. Kamu butuh kreativitas untuk bisa membuat judul yang menarik. Untuk memudahkan kamu dalam menentukan judul yang menarik, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Pertama, kamu bisa membuat judul yang menyebutkan tentang manfaat produk atau layanan yang akan kamu tulis. Kedua, kamu juga bisa membuat judul dengan kalimat persuasif yang bertujuan untuk membuat target pembaca segera melakukan pembelian.

Terakhir, kamu bisa menyebutkan angka, seperti jumlah, rating, atau persentase dalam judul kamu, agar terlihat lebih meyakinkan.

4. Buat Tulisan Menggunakan Formula Copywriting

Selanjutnya, kamu bisa mulai menulis konten menggunakan formula copywriting sebelumnya. Untuk membuat tulisan yang menarik, gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele.

Kamu bisa menggunakan berbagai formula tersebut, seperti formula AIDA untuk meningkatkan perhatian target pengguna dalam konten, menunjukkan ketertarikan, dan menjelaskan benefit produk atau layanan yang kamu pasarkan.

Jangan lupa, akhiri tulisan dengan statement kalimat persuasif untuk meyakinkan target pembaca, agar mau melakukan tindakan tertentu, seperti pembelian, donasi, pemakaian, instalasi, dan lain-lain.

Belajar Beragam Formula Copywriting Bersama Upskill Cakap!

Untuk meningkatkan kemampuan menulis menggunakan format copywriting, kamu bisa mempelajarinya bersama dengan layanan Upskill dari Cakap. Selain belajar tentang copywriting, kamu juga bisa meningkatkan keterampilan softskill maupun hardskill kamu bersama Cakap.

Beberapa jenis keterampilan yang bisa kamu pelajari di sini, yaitu keterampilan teknik, teknologi informasi, keuangan, perkantoran, manajemen, pertanian, serta perikanan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing, keterampilan bisnis, sosial, tata boga, dan masih banyak lagi.

Harga untuk setiap kursus peningkatan keterampilan tersebut juga berbeda-beda, tergantung pada kategori keterampilan yang kamu butuhkan. Biaya kursus keterampilan di sini mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jadi tunggu apa lagi? Ayo tingkatkan keterampilan menulis kamu bersama Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.