7 Tips Lolos Prakerja 2024 dengan Mudah Tanpa Drama

tips-lolos-pelatihan-prakerja

Sobat Cakap tertarik mengikuti pelatihan Prakerja 2024 gelombang ke 64 tahun ini? Perlu diketahui bahwa kamu baru bisa mengikuti berbagai pelatihan Prakerja setelah kamu dinyatakan lolos dan mendapat saldo untuk membeli kelas. Kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengikuti tips lolos Prakerja berikut saat mendaftarkan diri. Yuk intip listnya berikut ini!

Table of Contents

Tips Lolos Prakerja 2024

Gimana, Sobat Cakap? Program ini menarik sekali, bukan? Nah buat Sobat Cakap yang mau daftar program ini, simak tips berikut ini dulu, yuk!

1. Pastikan tubuh dalam kondisi optimal

Hal yang paling penting supaya lolos Prakerja adalah kesehatan tubuh dan pikiranmu, Sobat Cakap! Proses pendaftaran Program Kartu Prakerja itu cukup panjang, pastinya akan memakan waktu yang lama dan menguras tenaga fisik dan mental. 

Tubuh yang kurang sehat akan mempengaruhi tingkat fokus dan produktivitas kamu. Jadi, pastikan tubuh kamu dalam kondisi yang optimal supaya tidak mengganggu proses pendaftaran Prakerja. 

2. Gunakan internet yang stabil

Proses pendaftaran Prakerja mewajibkan kamu untuk mengisi dokumen, mengunggah dokumen, dan mengikuti tes minat bakat. Setidaknya kamu memerlukan 30-45 menit untuk menyelesaikan proses tersebut dan seluruh tahapan dilakukan secara online. 

Pastikan kamu terhubung dengan internet yang stabil selama proses pendaftaran, ya. Karena jika tidak, ditakutkan data yang terunggah tidak tersimpan dan kamu harus mengulang dari awal. Untuk itu, coba gunakan internet yang stabil hingga semua data tersubmit, ya.  

3. Pastikan kamu memenuhi persyaratan

Selanjutnya, pastikan kamu sudah melihat persyaratan dengan teliti dan mengikuti seluruh persyaratan yang ada. Kamu bisa menemukan persyaratan Program Kartu Prakerja di laman resminya yaitu prakerja.go.id. Nah, berikut ini syarat pendaftaran Program Kartu Prakerja:

  • WNI berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
  • Sudah lulus atau tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, pekerja yang dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, dan pelaku usaha mikro & kecil
  • Bukan pejabat negara, Pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Dalam 1 Kartu Keluarga (KK) maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

4. Pilih Waktu yang Tepat untuk Mendaftar Prakerja

Mengisi informasi dan mengunggah syarat Prakerja terkadang membutuhkan waktu lebih lama, bahkan hingga 1 jam untuk mempersiapkan dokumen hingga mengunggahnya. Ada baiknya, agar kamu tidak terburu-buru dan data yang dibutuhkan tersubmit dengan sempurna, sediakan waktu setidaknya satu jam di sela waktu luangmu untuk mendaftar. 

5. Cermati data yang kamu masukkan

Pastikan data pribadi yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai ya, Sobat Cakap. Cermati kelengkapan dan ketepatan nama lengkap, NIK, tempat & tanggal lahir. Jika ditemukan adanya kendala dan ketidaksesuaian data, kamu bisa menghubungi call center Dukcapil atau mengunjungi kantor Dukcapil terdekat. 

Berikut ini layanan pengaduan Dukcapil:

Website Lapor Kemendagri

kemendagri.lapor.go.id

Telepon Hallo Dukcapil

1500537

WhatsApp Hallo Dukcapil

08118005373

DM Twitter Hallo Dukcapil

twitter.com/ccdukcapil

DM Facebook Hallo Dukcapil

facebook.com/cc.dukcapil

Email Hallo Dukcapil

[email protected]

SMS Hallo Dukcapil

08118005373

6. Pastikan email dan nomor telepon masih aktif

Memastikan email dan nomor telepon yang kamu gunakan juga nggak kalah penting ya, Sobat Cakap. Email dan nomor telepon nantinya akan digunakan untuk verifikasi akun Prakerja. Jadi, jangan sampai salah memasukkan email dan nomor telepon kamu, karena akan menghambat proses verifikasi akun. 

7. Jawablah tes minat bakat dengan baik dan benar

Nah, selanjutnya jika kamu sudah mengisi seluruh data diri yang diperlukan di laman Prakerja, kamu akan mengikuti tes minat bakat yang diwajibkan untuk seluruh calon peserta. Pastikan kamu menjawabnya dengan baik dan benar supaya potensi dan kemampuan kamu dapat diketahui. Tes ini juga merupakan penentu berhak atau tidaknya calon peserta untuk mendapatkan Kartu Prakerja. 

Jika Gagal dalam Tes Prakerja Apa Bisa Daftar Lagi?

Tidak perlu khawatir karena ketika kamu pernah gagal saat mendaftar Prakerja, kamu masih memiliki kesempatan untuk lolos di gelombang selanjutnya. Evaluasi sekiranya apa yang menyebabkan kamu gagal dalam mendaftar Prakerja di tahun-tahun sebelumnya, barangkali kamu gagal karena beberapa hal berikut : 11 Kemungkinan Penyebab Gagal Prakerja.

Demikianlah tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa lolos pendaftaran Program Kartu Prakerja. Program ini juga didorong oleh kemitraan dengan lembaga pelatihan, salah satunya Cakap! 

Di Pelatihan Prakerja Cakap, kamu bisa mendapatkan pelatihan dalam berbagai bidang seperti bahasa, bisnis, agrikultur, sales & marketing, desain, IT & Data, Finansial, dan Office & Management yang bisa kamu akses secara online atau offline. Sobat Cakap akan mendapatkan banyak manfaat dari mengikuti Kelas Prakerja Cakap, lho! Yuk, gali potensi bersama Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Daftar Kelas Prakerja di Cakap dan Mulai Pelatihanmu Sekarang!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.