Pendaftaran Prakerja Sudah Buka, Ini Dia Tips Jitu Lolos Prakerja!

tips agar lolos prakerja

Pembukaan pendaftaran program Kartu Prakerja sampai sekarang sudah mencapai gelombang 19. Seperti diketahui, pemerintah menciptakan program ini agar masyarakat dapat terus produktif di tengah pandemi. Bagi kamu yang sudah pernah mendaftar Prakerja di gelombang sebelumnya namun belum lolos, kamu harus mempelajari dan membaca lebih dalam lagi mengenai tips agar lolos Kartu Prakerja.

Tips Agar Lolos Prakerja

                                                               via GIPHY
Sebelumnya, kamu pasti sudah tahu betul bukan mengenai apa itu program Kartu Prakerja?  Setelah membuka gelombang 19, Prakerja gelombang 20  juga siap dibuka. Sebagai bekal awalmu di pendaftaran Prakerja gelombang 20, yuk simak tips agar lolos Kartu Prakerja! Check it out! 

Lengkapi Persyaratan

Sebelum kamu daftar program Kartu Prakerja, alangkah baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu persyaratan-persyaratannya. Jangan sampai ada yang terlupakan atau terlewat karena ini merupakan tahap pertama dari tips agar lolos Prakerja.

Dan perlu diingat juga bahwa program ini ditujukan untuk WNI berusia minimal 18 tahun yang tidak sedang melakukan pendidikan formal, bukan termasuk pejabat negara, dan tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah.

Isi Data Diri dengan Benar

Pastikan kamu mengisi data diri dengan benar. Perhatikan saat kamu menuliskan nomor KK, NIK, atau pun upload KTP. Jika dalam proses pengisian data diri kamu menemukan sebuah kendala atau permasalahan, segera hubungi atau datangi kantor Dukcapil yang berada di daerahmu.

Pastikan Nomor Telepon & Emailmu Aktif

Saat mengisi data diri berupa nomor telepon dan email, pastikan kamu menggunakan nomor dan email yang masih aktif. Mengapa demikian? Hal tersebut akan membantu kelancaran dalam proses pendaftaran, terlebih saat harus melakukan verifikasi kode OTP. Hal yang mungkin terlihat sederhana ternyata memiliki andil penting, jadi pastikan kamu memperhatikan tips lolos Prakerja yang satu ini ya!

Perbarui Profil atau Status Pekerjaanmu

Kenapa hal ini penting? Karena jika statusmu masih tercatat di Dukcapil sebagai pelajar atau mahasiswa, secara otomatis kamu tidak akan lolos. Jadi, sebelum kamu daftar Kartu Prakerja, cek dan perbarui terlebih dahulu profil atau status pekerjaanmu.

Ikuti dan Kerjakan Tes dengan Benar

Tahap yang merupakan inti dan penentu dari serangkain usaha yang sudah dijalani adalah mampu mengerjakan ‘tes’ dengan benar. Tes di sini akan menguji seberapa pantas kamu menerima Kartu Prakerja ini. So, saat sudah lolos seleksi administrasi, kamu harus manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Pastikan kamu mengerjakan tes dengan semaksimal mungkin ya!

Pastikan Jaringan Internetmu Stabil

Nah tips agar lolos Prakerja yang satu ini juga nggak kalah penting loh Sobat Cakap! Pastikan saat mengisi data diri, mengunggah file, dan mengikuti tes, jaringan internet di tempatmu lancar dan stabil.

Cek Sosial Media Prakerja Secara Berkala

Tips agar lolos Prakerja yang terakhir adalah ‘tidak ketinggalan informasi’. Lalu, di mana kiranya kamu bisa terus mendapatkan informasi ter-update? Jawabannya adalah ‘akun media sosial Prakerja’. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi resmi dan pengumuman terbaru dari pihak penyelenggara Kartu Prakerja. Beberapa akun sosial media Kartu Prakerja yang bisa kamu ikuti adalah Instagram dan Facebook.

Semoga tips lolos Kartu Prakerja di atas bisa bermanfaat untukmu ya! Terus berusaha dan pastikan kali ini kamu lolos ya! Selamat mencoba!

Bicara mengenai Prakerja, berbagai pelatihan tentang skill juga bisa kamu dapatakan di kelas pelatihan Prakerja Cakap loh. Di sana kamu bisa mempelajari skill-skill baru atau meningkatkan skill-skill yang sudah kamu miliki.

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks