Making Appointment: Cara Membuat Janji Temu dalam Bahasa Inggris

Pernah membuat janji temu? Dalam bahasa Inggris, membuat janji temu dinamakan making appointment. Seorang pengusaha, pebisnis, pekerja kantoran, konsultan, maupun profesi lainnya tentu familiar dengan istilah janji pertemuan. Biasanya janji temu tersebut terjadi karena perlu bertemu supplier, client, customer, dan lain-lain.

Selain itu, appointment juga bermanfaat untuk mengatur aktivitas atau agenda penting yang kamu miliki. Misalnya agenda untuk melakukan wawancara kerja, pembuatan visa dan paspor, kunjungan dokter, dan sebagainya.

Apa itu Making Appointment dalam Bahasa Inggris?

Making appointment dalam bahasa Inggris merupakan janji yang kamu buat dengan seseorang berdasarkan waktu, tempat, dan keperluan. Janji yang kamu buat tersebut jika memang konteksnya formal maka biasanya harus menyertakan surat.

Sementara itu, membuat appointment yang sifatnya informal bisa kamu lakukan secara fleksibel. Tidak harus melalui surat melainkan langsung lewat telepon juga bisa.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Cara Membuat Appointment dalam Bahasa Inggris

Di dalam making appointment, ada beberapa hal penting untuk kamu perhatikan. Berikut ini pembahasannya:

1. Greetings

Sebagai langkah awal, kamu harus menyapa atau memberi greetings kepada lawan bicaramu. Pastinya sapaan yang kamu berikan tersebut harus ramah serta sopan. Biasakan untuk memberikan sapaan atau salam hangat sehingga pembicara juga merasa yakin dan nyaman untuk memulai obrolan.

Tidak kalah pentingnya, sesuaikan juga sapaanmu tersebut dengan kondisi, suasana, maupun dari lawan bicaranya. Selanjutnya kamu bisa melanjutkannya dengan mengucapkan good morning, good afternoon, dan sejenisnya.

2. Perkenalan

Setelah kamu mulai dengan sapaan, maka kamu lanjutkan dengan memperkenalkan diri. Ini berlaku baik ketika kamu membuat janji dengan atas nama orang lain maupun perusahaan. Pastikan bagian penyampaian introducing yourself tidak kamu lewatkan.

Selain itu, pastikan juga lawan bicaramu nanti mengenalmu. Adapun untuk informasi yang harus kamu katakan ketika perkenalan yaitu nama dan pekerjaan. Atau, bisa juga menyebutkan tanggung jawab yang kamu emban saat ini, misalnya mewakili perusahaan di bagian tertentu.

3. Sampaikan Tujuan

Ketika sudah memperkenalkan diri, dalam making appointment juga perlu menyampaikan tujuan. Jelaskan tujuanmu tersebut pada lawan bicara. Misalnya:

  • Good Morning. I am Anton and I would like to make an appointment with Mr. Andrew White. (Selamat Pagi. Saya Anton dan saya ingin membuat janji temu dengan Pak Andrew White).
  • Hello, this is Fira. I am calling from A Company and would like to set up an interview with you. (Halo, saya Fira. Saya dari Perusahaan A ingin mengatur jadwal wawancara dengan Anda).

4. Tanyakan Waktu yang Tepat untuk Meeting

Sebelum menyepakati dan menentukan jadwal, akan lebih baik kamu bertanya terkait ketersediaan waktu orang yang akan ditemui. Tanyakan atau diskusikan kapan sebaiknya pertemuan tersebut diadakan. Terdapat beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu gunakan:

  • When would you have time?
  • When are you free?
  • Do you have free time?
  • When are you available?

Untuk pertanyaan di atas sifatnya open question atau pertanyaan terbuka. Itu artinya, lawan bicaramu akan memberikan jawaban dengan menyesuaikan jadwal atau agenda yang sebelumnya dia miliki. 

Akan tetapi, ketika pertemuan yang kamu adakan sifatnya penting atau mendesak sebaiknya ajukan saran terkait waktu pertemuan. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu berikan yaitu:

  • How does Tuesday Sound?
  • Can you do Wednesday?
  • What abou Friday?
  • What about Thursday?

5. Ucapkan Terima Kasih

Ketika sudah setuju, maka sebagai langkah akhir dalam making appointment adalah jangan lupa ucapkan terima kasih. Bahkan ketika janji yang sudah kamu buat sebelumnya mengalami perubahan atau belum pasti, setidaknya orang tersebut berusaha mengusahakannya untukmu. 

Intinya, terima kasih yang kamu ucapkan tidak harus menunggu pertemuan tersebut benar-benar terlaksana di hari yang sudah ditentukan.

Ikuti Placement Test Cakap untuk Tau seberapa Level Bahasa Inggris Kamu

Hal Penting saat Making Appointment dalam Bahasa Inggris

Terdapat beberapa hal penting ketika ingin membuat janji temu dalam bahasa Inggris, yaitu:

1. Membuat Janji Pertemuan

Pada situasi formal, kamu bisa mengatakan “I would like to set up an appointment to discuss something”. Sementara untuk konteks informal, kamu cukup bilang “Can we meet on Monday?” atau “Are you free on Saturday?”.

2. Menyetujui Janji Pertemuan

Jika konteksnya formal, untuk menyetujui sebuah janji temu kamu bisa mengatakan “I would be available at that time”. Kemudian untuk situasi informal, “Monday sounds good to me” atau “This Monday would be perfect.”.

3. Menyatakan Waktu Pertemuan Tersebut Kurang Tepat

Jika ingin menyampaikan bahwa waktu pertemuan yang disarankan kurang tepat, kamu bisa mengatakan “I am sorry, I think I won’t be available at that time.”  saat making appointment. Ini bisa kamu ucapkan untuk konteks formal. 

Ketika dalam situasi informal, kamu bisa mengatakan “I am afraid I can’t make it, what about next week?” atau “Can we meet on Sunday, instead?”

4. Menentukan Waktu Pertemuan yang Tepat

Ketika situasi formal, kamu bisa bilang “What sort of time will suit you?” atau “Shall we meet around 7.30 in the evening?”. Pada konteks kasual atau informal, kamu bisa bilang “How does 10.30 sound to you?” atau “Is lunch time good for us to discuss?”

5. Meminta Konfirmasi Janji Pertemuan

Melakukan konfirmasi ketika making appointment juga harus kamu perhatikan. Pada situasi formal, kamu bisa meminta penerima pesan untuk melakukan konfirmasi janji temu menggunakan kalimat “Please let me know if this time is convenient for you”

Sementara untuk situasi informal, kamu bisa bertanya “Would you let me know if Wednesday good for you?”.

Contoh Percakapan Membuat Janji Temu

Membuat, mengubah, maupun membatalkan pertemuan merupakan salah satu keahlian  yang harus kamu kuasai, termasuk bagaimana cara melakukannya dalam bahasa Inggris. Untuk itu, percakapan terkait making appointment di bawah ini harapannya bisa membantumu.

Anton: Good afternoon. Is this Mrs Fira’s number?

Fira: Yes. This is me speaking. Who am I speaking to?

Anton: Mrs Fira, this is Anton. Your son’s teacher.

Fira: Oh, of course, Mr Anton. How can I help you?

Anton: I would like to make an appointment to discuss your son, Andrew.

Fira: Is there anything happened with my son?

Anton: Actually there is nothing happened. However, I am merely concerned regarding something. I think it’s better if we can talk directly.

Fira. Sure. When can we talk?

Anton: Would you be available on Saturday afternoon after the class?

Fira: Oh I am terribly sorry, Mr Anton because I won’t be available by then through the weekend since I have a seminar to attend. But if it’s urgent, I think I can wiggle some room on Saturday morning.

Anton: I am sorry, I am already making another appointment for that day. Would you be free to meet me early next week?

Fira: I will free up my Tuesday for you.

Anton: Alright then. Tuesday sounds good. Shall we meet around 9.00 in the morning?

Fira: Of course.

Anton: Please, just let me know if you have another plan so the time is not suitable for you.

Fira: I will. Sorry for the inconvenience.

Anton: No worries. Thank you and good afternoon

Fira: Good afternoon.

Latih Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cakap!

Sudah paham bagaimana making appointment dalam bahasa Inggris? Atau mungkin kamu masih kesulitan untuk membuat janji dalam bahasa Inggris? Jangan khawatir karena kamu bisa belajar lewat aplikasi Cakap. Cakap adalah sebuah aplikasi terpercaya yang membantumu berbahasa Inggris.

Di dalamnya terdapat berbagai metode menarik yang membantu meningkatkan kemampuan speaking. Biayanya pun juga sangat terjangkau dan hasilnya sudah terbukti banyak orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya meningkat setelah mengikuti kursus Bahasa Inggris di Cakap. 

Kamu juga bisa mempelajari bahasa Inggris di dunia kerja dari materi-materi berikut, ya!

Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

  1. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

  2. CV bahasa Inggris

  3. Contoh cover letter dalam bahasa Inggris

  4. Cara menolak tawaran kerja dalam bahasa Inggris

  5. Percakapan bahasa Inggris di kantor

  6. Kumpulan pertanyaan interview Bahasa Inggris

  7. Daftar kosakata bahasa Inggris untuk wawancara kerja

  8. Tips presentasi bahasa Inggris

  9. Kumpulan contoh email formal bahasa Inggris

  10. Cara membuat janji temu dalam Bahasa Inggris

  11. Contoh presentasi produk dalam bahasa Inggris

  12. Contoh surat bisnis dalam bahasa Inggris

  13. Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris


Jadi, kapan kamu mau jago berbahasa Inggris? Jangan lupa gunakan Cakap sebagai teman belajar serumu untuk
belajar bahasa inggris ya!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat