15 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

contoh pidato bahasa inggris

Pembukaan pidato adalah hal penting, entah itu pidato dalam bahasa Indonesia, bahasa Jepang, atau pun bahasa Inggris.

Jadi, untuk dapat mempelajari lebih jelas tentang pembukaan pidato. Mari bersama-sama kita lihat 15 contoh pembukaan pidato bahasa Inggris dan artinya di bawah ini, tapi sebelum kamu mempelajari pembukaan pidato, kamu harus tahu cara cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris yang baik dan benar.

Table of Contents

Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris

1. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Pertama

Bahasa Inggris:

Ladies and gentlemen,

Today, November 10, we must know that our predecessors had fought and sacrificed their whole body and soul to drive the invaders out of our land, Indonesia. They valiantly fought against the allied forces that continued to bombarded Surabaya land, sea and air. But their determination was never loosed and they still dare to fight for this nation’s dignity. Even though they were outnumbered, didn’t have enough weaponry, but they remain united in order to reach the goal of the independence of Indonesia.

Therefore, on this 10th of November, I will deliver a short speech in order to commemorate the Heroes Day so that we can follow the spirit of their struggle to fill the independence that has been passed on to us today. Before, let us together fire the spirit of the heroes who have inherited to us.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin sekalian,

Hari ini, tanggal 10 November, kita harus mengetahui bahwa para pendahulu kita telah berjuang dan mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia. Mereka dengan gagah berani melawan pasukan sekutu yang terus membombardir Surabaya dari darat, laut, dan udara. Namun tekad mereka tidak pernah tergoyahkan, mereka tetap berani memperjuangkan harga diri bangsa ini. Meskipun mereka kalah jumlah, kalah persenjataan, namun mereka tetap bersatu demi mewujudkan satu cita yakni merdekanya negara Indonesia.

Oleh karena itu, pada tanggal 10 November ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat dalam rangka untuk memperingati Hari Pahlawan agar kita bisa meneladani semangat perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan kepada kita saat ini. Sebelumnya, mari kita bersama-sama mengobarkan api semangat yang telah para pahlawan wariskan kepada kita.

2. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kedua

Bahasa Inggris:

Ladies and Gentlemen,

Before I start, what is the first thing we see in here? Yes, the first thing we see is scattered trash everywhere. Isn’t this kind of thing disturb our view? Even though we all know that garbage is the source of disaster. Garbage can cause disease through the air we breathe. Imagine if every day we breathe the polluted air produced by those garbages, of course, this is very dangerous for all of us.

Therefore, through this short speech, I will remind all of you how important it is to keep the environment clean. Hopefully what is delivered can be useful for all of us.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mulai, apa hal pertama yang kita lihat di sini? Ya, hal pertama yang kita lihat adalah sampah berserakan di mana-mana. Bukankah hal semacam ini mengganggu pandangan kita? Padahal kita semua tahu bahwa sampah adalah sumber bencana. Sampah dapat menyebabkan penyakit melalui udara yang kita hirup. Bayangkan jika setiap hari kita menghirup udara tercemar yang dihasilkan oleh sampah-sampah itu, tentu saja, ini sangat berbahaya bagi kita semua.

Karena itu, melalui pidato singkat ini, saya akan mengingatkan Anda semua betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: Istilah Dasar Grammar Bahasa Inggris yang Harus Kamu Ketahui

3. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Ketiga

Bahasa Inggris:

Have we ever realized why do entrepreneurs have bigger bodies compared with employees? It is still a mystery to me, why can it happen? But after I find out and asked my businessmen friends, it turned out it is none other than it is because everything entrepreneurs do is sleeping. They don’t need to work because money is working for them. Meanwhile, the employees should work all day and drain their time and energy. As a result, they become thinner.

Therefore, through this short speech, I will convey how important it is to grow the entrepreneurial spirit within us. So that later we can become a successful person and have a fatty stomach also of course.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Pernahkah kita menyadari mengapa pengusaha memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan? Ini masih menjadi misteri bagi saya, mengapa itu bisa terjadi? Tetapi setelah saya mencari tahu dan bertanya kepada teman-teman pengusaha saya, ternyata tidak lain adalah karena semua yang dilakukan pengusaha adalah tidur. Mereka tidak perlu bekerja karena uang bekerja untuk mereka. Sementara itu, karyawan harus bekerja sepanjang hari dan menghabiskan waktu dan energi mereka. Hasilnya, mereka menjadi lebih kurus.

Karena itu, melalui pidato singkat ini, saya akan menyampaikan betapa pentingnya menumbuhkan semangat wirausaha di dalam diri kita. Sehingga nantinya kita bisa menjadi orang yang sukses dan memiliki perut berlemak juga tentunya.

Daftar Sekarang untuk Masuk Kelas Bahasa Inggris di Cakap GRATIS*

4. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Keempat

Bahasa Inggris:

O youths,

How are you guys? I’m sure you’re all in good health. Before I start, have you guys know me already? There is a saying that if you don’t know a person, how can you love that person? Therefore, I would like to introduce myself first. My name is Muhammad Ajie Setia Selalu Untukmu, you can call me Ajie. I was born on February 9th, 1997 in Makassar. Right now, I’m working on my own business and farming catfish. Do you guys want to be an entrepreneur like me?

If so, in this opportunity I will tell you some of my bitter experiences in building a business. Hopefully, you will later be motivated when pursuing this field.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Wahai kaum muda,

Apa kabar kalian? Saya yakin Anda semua dalam keadaan sehat. Sebelum saya mulai, sudahkah Anda mengenal saya? Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Karena itu, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Muhammad Ajie Setia Selalu Untukmu, Anda bisa memanggil saya Ajie. Saya lahir pada 9 Februari 1997 di Makassar. Saat ini, saya sedang merintis bisnis saya sendiri dan beternak ikan lele. Apakah kalian ingin menjadi pengusaha seperti saya?

Jika demikian, dalam kesempatan ini saya akan memberi tahu Anda beberapa pengalaman pahit saya dalam membangun bisnis. Semoga, Anda nantinya akan termotivasi saat mengejar bidang ini.

5. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kelima

Bahasa Inggris:

First of all, let us praise and thank the presence of Allah Almighty, for the abundance of grace and the joy of all of us can still gather in this place without any barriers at all and in good health. Not forgetting the salawat and greetings we pour out to the Prophet Muhammad who has brought us out of the dark ages to the era of bright light today, namely Islam. May we all get intercession on the end, amen.

On this occasion, allow me standing here to deliver a couple of sentence speeches that will bring us back in the glory of Indonesia.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan nikmatnya kita semua masih bisa berkumpul di tempat ini tanpa adanya halangan sedikitpun dan dalam keadaan sehat walafiat. Tidak lupa salawat serta salam tetap kita curah limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang saat ini, yakni agama Islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya pada yaumil akhir kelak. Amin.

Pada kesempatan kali ini, ijinkanlah saya yang berdiri di sini menyampaikan sepatah dua patah kalimat pidato yang akan membawa kita semua kembali pada masa kejayaan Indonesia.

6. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Keenam

Bahasa Inggris:

Have you ever thought about the relationship between prosperity and a fat stomach? I ever. However, I am also not sure if there is a connection. Maybe they are brother zone, friendzone, ojekzone, or also TTM (friend but intimate). Hahaha, that’s pretty well. Okay, back to the topic between the fat stomach relationship and prosperity. When employees are in regular positions, they tend to be thin. When employees get into office until they become high officials, their stomachs tend to be fat. Actually, I’m also not so sure that what I just told has something to do with the speech I’m about to deliver. So why am I interested to discuss it?

Ouch, it does not matter. Now, let’s be serious, but not that serious.

Ladies and gentlemen,

Through this speech, I would like to say a few words about the importance of maintaining the integrity of the self in carrying out duties and responsibilities in the work.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Apakah Anda pernah berpikir tentang hubungan antara kemakmuran dengan perut yang gemuk? Saya pernah. Namun, saya juga tidak yakin apakah ada hubungannya. Mungkin mereka brotherzone, friendzone, ojekzone, atahu juga TTM (teman tapi mesra). Hahaha, lumayan juga ya. Baiklah, kembali lagi pada permasalahan antara hubungan perut gemuk dan kemakmuran. Ketika para pegawai masih dalam jabatan biasa, mereka cenderung kurus. Ketika para pegawai naik jabatan hingga mereka menjadi pejabat tinggi, perut mereka cenderung gemuk. Sebenarnya, saya juga tidak begitu yakin bahwa yang baru saja saya ceritakan ada hubungannya dengan pidato yang akan saya sampaikan. Lantas, kenapa ,ya, saya tertarik untuk membahasnya?

Aduh, tidak penting, deh. Sekarang, mari kita serius, tapi tidak serius-serius banget.

Hadirin sekalian,

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga integritas diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

7. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Ketujuh

Bahasa Inggris:

Ladies and gentlemen,

Today is the day before the Independence Day of the Republic of Indonesia. Today certainly makes us remember our predecessors, freedom fighters who have sacrificed all their souls and bodies to dispel and expel the invaders from our homeland, beloved Indonesia.

With great courage, our heroes fight the colonial forces and allies who continue to bombard our country from land, sea and air. However, the heroes are not afraid to come up against it. They dare to fight for the dignity of this nation.

That spirit is what we should continue to achieve a long-lasting glory. We should not be oppressed by other nations who arbitrarily colonize improper means such as drug smuggling and so on.

Therefore, on this occasion, allow me to deliver a speech about the struggle for the dignity of the nation.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin yang saya muliakan,

Tepat hari ini adalah hari sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita teringat dengan para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia tercinta.

Dengan sangat gagah berani, para pahlawan-pahlawan kita melawan pasukan penjajah dan sekutu yang terus membombardir negeri kita dari darat, laut dan udara. Tetapi, para pahlawan tidak gentar untuk maju melawan. Mereka berani memperjuangkan martabat bangsa ini.

Semangat itulah yang seharusnya kita teruskan untuk mencapai kejayaan yang tahan lama. Kita tidak boleh tertindas oleh bangsa lain yang seenaknya menjajah cara-cara yang tidak layak seperti penyelundupan narkoba dan sebagainya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang pemerjuangan harkat dan martabat bangsa.

Belajar Skill Baru di Upskill dan Dapatkan Sertifikat untuk Melamar Kerja

8. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kedelapan

Bahasa Inggris:

Ladies and Gentlemen,

Before I get into the core of my speech today, let’s ponder for a moment what has happened near us, in our neighborhood. How concerned about the circumstances around us. Many people still have not moved their heart to dispose of the garbage in its place, even there is still not hesitate to throw garbage from inside their personal vehicle. The phenomenon, of course, makes our environment is not clean and less unsightly. Not only that, the scent of scattered trash disrupt and can be a source of disease. Moreover, the flood disaster could threaten our environment. Are not these circumstances harmful? Have we maintained our environment well?

On all of these issues, then let me here to convey some of my assumptions about this increasingly worrying garbage issue.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya masuk ke inti pidato saya hari ini, mari kita merenungkan sejenak apa yang telah terjadi di dekat kita, di lingkungan kita. Betapa memprihatinkan keadaan di sekitar kita. Banyak orang yang masih belum tergerak hatinya untuk membuang sampah pada tempatnya, bahkan masih ada yang tidak segan untuk membuang sampah dari dalam kendaraan pribadi mereka. Fenomena tersebut tentu saja membuat lingkungan kita tidak bersih dan kurang sedap dipandang. Tidak hanya itu, aroma sampah yang berserakan mengganggu dan dapat menjadi sumber penyakit. Terlebih lagi, bencana banjir bisa mengancam lingkungan kita. Bukankah keadaan-keadaan tersebut membahayakan? Sudahah kita menjaga lingkungan kita dengan baik?

Atas semua permasalahan tersebut, maka izinkanlah saya di sini untuk menyampaikan beberapa asumsi saya mengenai permasalahan sampah yang semakin hari semakin memprihatinkan ini.

9. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kesembilan

Bahasa Inggris:

Greetings.

How are you, young Indonesians? Hopefully, everything is in a healthy state and always blazing the spirit of nationalism in the soul. There is a saying that if you don’t know a person, how can you love that person? My name is Tiara Resita Cahyani or commonly called Tiara. I was born on February 12th 1991, in Australia. Lively and grew up in the kangaroo country for 17 years. I currently study at the Sydney Classical School of Education. In addition, I am also active in youth organizations engaged in the education and protection of abandoned children.

That’s all for the introductions that I can make in this speech. Furthermore, allow me to be able to deliver my speech about…

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Salam semangat wahai pemuda-pemudi, Indonesia.

Apa kabar, pemuda-pemudi Indonesia? Semoga semuanya dalam keadaan yang sehat walafiat dan selalu berkobar semangat nasionalisme di jiwa. Apakah kalian sudah mengenal saya? Mungkin, ada yang sudah mengenal saya di sini? Baiklah, karena pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, mari kita berkenalan terlebih dahulu. Perkenalkan, nama saya adalah Tiara Resita Cahyani, atahu biasa dipanggil Tiara. Saya dilahirkan pada tanggal 12 Februari 1991 di Australia. Hidup dan besar di negeri kangguru tersebut selama 17 tahun. Saat ini saya menempuh pendidikan di Sydney Classical School of Education. Selain itu, saya juga aktif dalam organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang pendidikan dan perlindungan anak-anak terlantar.

Sekian perkenalan dan pembukaan yang bisa saya sampaikan pada pidato kali ini. Selanjutnya, izinkan saya untuk dapat menyampaikan pidato saya mengenai…

10. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kesepuluh

Bahasa Inggris:

Thanks to the attendees who have taken the time to attend the speech event that I will convey at this opportunity. What an honor for me to stand here and deliver a speech.

First, let us praise to the presence of God the Merciful God who has bestowed our pleasures, for the health, the opportunities, and the happiness we feel today. Without His mercy, it is impossible for all of us to enjoy this.  Secondly, Salawat and greetings remain poured to the Prophet Muhammad SAW who has been fighting for Islam and guiding us on the path of Allah Almighty. Furthermore, allow us on this happy occasion, to give a speech representing our graduates, both Undergraduate Programs and Master Degree Programs.

Without lingering longer, I will soon start to talk about the speech I am going to deliver this time …

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Bismillaahirrahmaanirraahiim

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Terimakasih kepada para hadirin yang telah menyempatkan diri untuk hadir pada acara pidato yang akan saya sampaikan di kesempatan kali ini. Sungguh suatu kehormataan bagi saya yang dapat berdiri di sini dan akan menyampaikan pidato nantinya.

Terlebih dahulu, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan YangMaha Penyayang yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan kepada kita, terlihat dengan kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang kita rasakan hari ini. Tanpa kemurahan-Nya, mustahil semua ini dapat kita nikmati. Kedua, Shalawat serta salamsemoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkanIslam dan menuntun kita pada jalan yang diRidhai Allah SWT. Selanjutnya, perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini, kami memberi sambutan mewakili rekan-rekan wisudawan, baik Program Sarjana Strata 1 maupun Program Pascasarjana Strata 2.

Tanpa berlama-lama lagi, saya akan segera memulai untuk memamaparkan tentang pidato yang akan saya sampaikan kali ini…

11. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kesebelas

Bahasa Inggris:

O young souls,

How are you guys? I am sure everyone is in good health. Did you guys know me already? There is a saying that if you don’t know a person, how can you love that person?

Therefore, I will introduce myself. My name is Ibrahim Anshor Jamali Khoirudi, M. P.d. I used to be called Baim. I was born on March 3, 1990 in South Sumatra, precisely in Palembang. I have studied at SDN 1, SMP N 2, SMA N 3 Palembang and now I am one of the leaders in this Training Motivation Center. I was chosen as a student exchange student when I became a student like you. Great is not it? Do not worry because actually you can and have the same opportunity.

Therefore, in this happy occasion I will awaken the spirit of your young soul so that you can be motivated in living this life.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Wahai para jiwa muda,

Bagaimana kabar kalian? Saya yakin semuanya dalam keadaan yang sehat walafiat. Sebelumnya apakah kalian sudah mengenal saya? Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, perkenalkanlah saya adalah Ibrahim Anshor Jamali Khoirudi, M. P.d. Saya biasa dipanggil Baim. Saya dilahirkan pada tanggal 3 Maret 1990 di Sumatera Selatan, tepatnya di Palembang. Saya pernah menempuh pendidikan di SDN 1, SMP N 2, SMA N 3 Palembang dan sekarang saya adalah salah satu pemimpin di Training Motivation Center ini. Saya pernah terpilih sebagai mahasiswa pertukaran pelajar ketika menjadi mahasiswa seperti kalian. Hebat bukan? jangan khawatir karena sebenarnya kalian pun bisa dan memiliki kesempatan yang sama.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia saya akan membangkitkan semangat jiwa muda kalian sehingga kalian bisa termotivasi dalam menjalani hidup ini.

12. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kedua Belas

Bahasa Inggris:

Praise and gratitude we call upon the divine presence of the Rabbi, for his gifts we can gather in the thalabulilmi, seeking knowledge. And we can see each other, face to face in this glorious assembly in the case of aman fi amanillah. We hope every step of the way can produce a reward for all of us, can erase our sin and lifting degree in front of Allah Swt. Not forget to hope salawat and greetings always poured to Prophet Muhammad SAW, to his family, his friend, the tabi’in, Tabiut tabiahum, to all of us, as well as to all the people until the end of the age that makes an uswatun hasanah, the good role model.

On this occasion, I will deliver a speech about the era of globalization that has been expanding and will someday be worrying…

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul dalam rangka thalabulilmi, mencari ilmu. Serta kita bisa bersilaturahim, bertatap muka di majelis yang mulia ini dalam kadaan aman fi amanillah, sehat wal afiat. Mudah-mudaham setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan llah Swt.Tak lupa semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada jungjunan kita Nabi Muhammad SAW., kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman yang menjadikan sebagai uswatun hasanah, suri tahuladan yang baik.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang era globalisasi yang sudah semakin mengembang dan suatu saat akan mengkhawatirkan…

Psst, Sudah Tau Tingkat Bahasa Inggris Kamu? Cek Disini!

13. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Ketiga Belas

Bahasa Inggris:

We are like cotton that has little weights and will sail in the direction of the wind, but a basic fundamental of faith given by God, makes us into a cotton that blowing by air with principle, so that the cotton gather and not divorced, it is all the God’s will, and we are all united cotton, to sit and be present together in this event, all of that we are obliged and should give thanks to Allah SWT, because with His will we can be together here.

Do not forget to together we say our salawat and greetings to the Great Prophet Muhammad Saw, who brought us a meaning of Islam and He is the source of Sunnah that we must follow,

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Kita adalah selaksa kapas yang memiliki sedikit beban dan akan berlayar mengikuti arah angin, namun sebuah prinsip dasar keimanan yang diberikan oleh Tuhan, membuat kita menjadi kapas yang tertiup angin yang memiliki prinsip, sehingga kapas tersebut mengumpul bersatu dan tidak bercerai berai, itu semua adalah kehendak Tuhan, dan kita semua merupakan kapas-kapas yang menyatu, untuk duduk dan hadir bersama pada acara ini, semua itu kita wajib dan patut mengucap syukur kepada Allah SWT, karena dengan kehendak-Nyalah kita bisa bersama di sini.

Jangan lupa marilah kita bersama ucapkan salawat dan salam kita kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang membawa kita sebuah makna Islam dan Beliaulah sumber Sunnah yang mesti kita ikuti,

14. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Keempat Belas

Bahasa Inggris:

The audiences and the youths I am proud of, at this moment we can gather in the auditorium with better, healthier and more cheerful situations than our previous heroes. Seen from the faces of friends who are beaming. Alhamdullilah, what has been achieved by the youth on 28 October 1928 ago until now, still can we keep intact both the determination and the purpose of what the youths have “promised” at that time. For that I am grateful, let us pray to the presence of Allah Almighty, Almighty God, so that all of us, especially the younger generation is given the power of the inner and inward to continue the struggle to build this nation and state to bring the life of a better future. The audience and the youth. Today, we all again commemorate the historic day of Youth Pledge Day. This shows that as a great nation is a nation that always appreciates and upholds the services and sacrifices of the fighters in achieving and upholding independence in the beloved Republic of Indonesia.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Para hadirin dan para pemuda yang saya banggakan, pada saat ini kita dapat berkumpul di auditorium dengan keadaan yang lebih baik, lebih sehat dan lebih ceria dibandingkan para pahlawaan kita terdahulu. Terlihat dari wajah teman-teman yang berseri-seri. Alhamdullilah, apa yang telah diperjuangkan para pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 silam sampai saat ini, masih tetap bisa kita jaga utuh baik tekad maupun tujuan dariapa yang telah para pemuda “ikrarkan” pada saat itu. Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan do’a kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir dan batin dalam meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara ini untuk mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik. Para hadirin dan para pemuda sekalian. Hari ini, kita semua kembali memperingati hari bersejarah, yaitu Hari Sumpah Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan di negara Republik Indonesia tercinta ini.

15. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kelima Belas

Bahasa Inggris:

Assalamualaikum warahatullahi wabarakatuh.
The Honorable Mr Headmaster and representative
the homeroom teacher and the board of teachers
Parents And all fellow students

Alhamdulillah, no words should be spoken apart from the gratitude of the presence of Allah, for the blessings given to us all, so that we can gather in this modest room in good health. Salawat and greetings to our Prophet Muhammad.

First and foremost, let us be on this stage to deliver a few words. Not that we’re the best. But because this is a mandate, then we dare to appear in front of Mr/Ms and all colleagues.

On this occasion, allow me here to deliver …

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Assalamualaikum warahatullahi wabarakatuh.
Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah dan wakil
Yang kami hormati Wali kelas dan dewan guru
Yang kami hormati Para orang tua/wali murid
Yang kami sayangi rekan-rekan siswa semua

Alhamdulillah, tiada kata yang patut diucapkan selain dari ucapan syukur kehadirat Allah, atas nikmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul di ruangan yang sederhana ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat dan salam marilah kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Pertama dan utama sekali, ijinkanlah kami berada di panggung ini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata. Bukan berarti kami yang terbaik. Tapi karena ini adalah amanah, maka kami beranikan diri untuk tampil di hadapan Bapak/Ibu dan rekan semua.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya di sini untuk menyampaikan…

Yap, itulah 15 contoh pembukaan pidato bahasa Inggris dan artinya yang bisa kalian coba nanti. Sebagaimana halnya sesuatu pembelajaran, untuk bisa menguasai pembukaan pidato yang memiliki peran penting, tentu kalian harus banyak latihan agar benar-benar bisa mencapainya.

Jadi, seringlah mencoba untuk mengucapkan kalimat pembukaan pidato dalam bahasa Inggris itu. Kami sudah menyediakan 15 contohnya, sekarang tinggal kalian yang menentukan… ingin bisa, atau biasa saja?

Kamu bisa mengasah kemampuan berpidato kamu dengan teman atau berbicara dengan orang lain, kamu bisa mencoba mencari kelompok belajar bahasa inggris online yang bisa mengembangkan bahasa inggris kamu seperti cakap english club. Ada banyak topik yang bisa menambah daftar kosakata kamu sehingga nantinya ketika kamu berpidato akan memudahkan kamu untuk bisa berimprovisasi.

Kamu ingin jago berbahasa Inggris? kamu bisa coba download Cakap Apps untuk android dan iOS disini. Kamu bisa menikmati fitur baru Cakap Live sebagai platform diskusi online untuk berdiskusi dengan pengajar profesional mengenaik topik tertentu.

Baca Juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat