Cara Menulis Pidato Bahasa Korea dan Contohnya

pidato bahasa korea
Cara Menulis Pidato Bahasa Korea dan Contohnya

Salah satu materi belajar bahasa asing yang sering dijadikan perlombaan adalah pidato, termasuk dalam bahasa Korea. Hal ini karena pidato memiliki banyak poin keterampilan dalam suatu bahasa, mulai dari penulisan dan tata bahasa, hingga berbicara. Lalu bagaimana cara membuat pidato bahasa Korea yang baik dan benar serta menarik? Check it out!

Cara Menulis Pidato Bahasa Korea

menulis pidato bahasa korea
Photo by Judit Peter from Pexel

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk dapat menulis pidato yang baik dan benar. 

1. Pilih tema yang menarik untuk disampaikan

Jika kamu mengikuti lomba, maka sesuaikan topik yang akan dipilih dengan tema yang diberikan. Namun jika tidak ditentukan, kamu bisa membahas isu-isu sosial yang relevan atau peringatan tertentu, misalnya hari bumi, hari kemerdekaan, dll. 

2. Gunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele

Perlu diperhatikan bahwa teks pidato merupakan tulisan formal, sehingga kamu wajib menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bentuk formal dalam penyusunan setiap kalimatnya. 

3. Tuliskan sesuai dengan struktur pidato yang baik

Struktur pidato yang baik terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Pembukaan biasanya terdiri dari salam, penghormatan, serta ungkapan syukur. Sementara bagian isi adalah pembahasan topik, sedangkan bagian penutup berisi kesimpulan, ajakan, atau imbauan. 

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Contoh Pidato Bahasa Korea dan Terjemahannya

contoh pidato bahasa korea
Photo by Mikhail Nilov from Pexel

Agar kamu lebih memiliki gambaran mengenai pidato bahasa Korea atau 연설 (yeonseol), simak contoh pidato singkat mengenai Hari Perempuan Sedunia berikut ini!

Bahasa Korea

[출처] 대한민국 정책브리핑(www.korea.kr)

세계 여성의 날입니다

114년 전, 인간다운 권리를 외친 여성 노동자들의 용기 있는 목소리가 오늘까지 이어지고 있습니다. 평등사회를 위해 연대하고 협력해오신 모든 분들께 감사드립니다.

<유엔 위민>이 정한 올해의 주제는 ‘지속가능한 내일을 위한 오늘의 성평등’입니다. 우리는 작은 불평등이 큰 격차를 부르고, 가까운 곳에서의 차별이 더 큰 불행으로 돌아오는 것을 자주 보아왔습니다. 보다 성평등한 사회가 될 때 여성도, 남성도 지속가능한 내일을 맞이할 수 있을 것입니다.

지난해 양성평등 작품 공모전 대상을 받은 주표승 어린이는 ‘계이름 모두가 서로를 돋보이게 함께하여 아름다운 하모니를 이루는 음악’을 표현했습니다. 표승이의 소망처럼 ‘도’와 ‘레’, ‘미’와 ‘솔’이 서로의 삶을 이해하고 존중할 때 자신도 존중받는 세상이 될 것입니다. 세계 여성의 날을 축하하며, 내 곁에 있는 소중한 사람들의 목소리에 더욱 귀 기울여보는 하루가 되길 권합니다.

감사합니다.

Romanisasi

Segye Yosonge Narimnida

Baekssipssa nyon jon, ingandaun gwolrireul wechin yosong nodongjadeure yonggi inneun mokssoriga oneulkkaji iojigo itsseumnida. Pyongdeungsahwereul wihae yondaehago hyomnyokaeosin modeun bundeulkke gamsadeurimnida.

Yuen wimini jonghan olhaee jujeneun ‘jisokkkaneunghan naeireul wihan oneure songpyongdeung’imnida. Urineun jageun bulpyongdeungi keun gyokchareul bureugo, gakkaun gosesoe chabyori do keun bulhaengeuro doraoneun goseul jaju boawatsseumnida. Boda songpyongdeunghan sahwega dwel ttae yosongdo, namsongdo jisokkkaneunghan naeireul majihal su isseul gosimnida.

Jinanhae yangsongpyongdeung jakpum gongmojon daesangeul badeun jupyoseung orinineun ‘gyeireum moduga sororeul dotppoige hamkkehayo areumdaun hamonireul iruneun eumak’eul pyohyonhaetsseumnida. Pyoseungnii somangchorom ‘do’ wa ‘re’, ‘mi’ wa ‘sol’i soroe salmeul ihaehago jonjunghal ttae jasindo jonjungbanneun sesangi dwel gosimnida. Segye yosonge nareul chukahamyo, nae gyote inneun sojunghan saramdeure mokssorie douk gwi giuryoboneun haruga dwegil gwonhamnida.

Kamsahamnida. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Bahasa Indonesia

Hari Perempuan Sedunia

Suara-suara berani buruh perempuan yang meneriakkan HAM 114 tahun lalu masih berlanjut hingga hari ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah bersatu dan bekerja sama untuk kesetaraan masyarakat. 

Tema tahun ini yang ditetapkan oleh UN Women adalah “Kesetaraan Gender Hari Ini untuk Masa Depan yang Berkelanjutan”. Kita sering melihat ketidaksetaraan kecil yang menciptakan kesenjangan besar, serta diskriminasi yang berujung pada kesengsaraan yang lebih besar. Kita, baik perempuan, maupun laki-laki, akan mampu untuk menghadapi hari esok hanya ketika kita memahami kesetaraan gender. 

Joo Pyo-seung, yang memenangkan hadiah utama untuk kontes karya kesetaraan gender tahun lalu mengungkapkan, “Musik membuat harmoni yang indah dengan membuat semua orang menonjol”. Seperti harapan Pyo Seung, ketika ‘do’ dan ‘re’, ‘mi’ dan ‘sol’ memahami dan menghormati satu sama lain, di situlah dunia yang orang-orangnya saling menghargai akan terjadi. Dalam merayakan Hari Perempuan Sedunia, saya harap Anda lebih mendengarkan suara orang-orang berharga di sekitar Anda.

Terima kasih.

Nah, itulah cara membuat dan contoh pidato singkat bahasa Korea, semoga bisa memberimu gambaran tentang bagaimana menulis pidato yang baik, ya! Selain itu, jika kamu ingin belajar bahasa Korea lebih lanjut, kamu bisa menggunakan aplikasi Cakap, lho. Daftar kursusnya sekarang dan pilih pengajar dan jadwal terbaik untukmu! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat