TES TOPIK Bahasa Korea: Cara Daftar, Biaya, dan Level

Cara daftar topik biaya dan level

Setiap bahasa asing memiliki ujian kecakapan masing-masing, seperti TOEFL untuk bahasa Inggris, JLPT untuk bahasa Jepang, dan HSK untuk bahasa Mandarin. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa bahasa Korea juga memiliki tes kecakapan yang disebut tes TOPIK atau Test of Proficiency In Korean. Tes TOPIK adalah salah satu syarat wajib yang perlu dipenuhi untuk tujuan tertentu di Korea. 

Kamu termasuk pencinta K-Pop atau K-Drama yang punya rencana untuk melanjutkan studi atau bekerja di negeri gingseng? Nah, artikel kali ini akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan tes bahasa Korea TOPIK dan seluk-beluknya. Check it out! 

Apa Itu Tes TOPIK?

TOPIK adalah sebuah singkatan dalam bahasa Inggris yaitu Test of Proficiency In Korean atau Tes Kemahiran Berbahasa Korea. Seperti namanya, ujian ini digunakan untuk mengukur tingkat kecakapan atau kemahiran berbahasa Korea bagi yang bukan penutur asli. Keterampilan yang diujikan adalah menulis (쓰기 sseugi), membaca (읽기 ilgi), dan mendengar (듣기 deudgi). 

TOPIK diselenggarakan oleh Lembaga Nasional Pendidikan Internasional (NIIED), yaitu salah satu bagian dari Kementrian Pendidikan di Korea. Ujiannya dilaksanakan enam kali dalam setahun, tetapi di Indonesia hanya diadakan dua kali yaitu setiap bulan April dan Oktober. Sementara untuk lokasi ujian, hanya ada di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Mau Belajar Bahasa Korea atau Persiapan TOPIK? Di Cakap Aja!

Penggunaan Tes Bahasa Korea TOPIK 

penggunaan tes topik
Photo by lifeforstock from freepik

Hasil tes TOPIK dapat digunakan untuk menetap baik sementara maupun permanen di Korea Selatan untuk berbagai kebutuhan. 

  • Mendaftar sebagai mahasiswa asing di universitas di Korea Selatan.
  • Mendapatkan visa kerja untuk perusahaan lokal Korea Selatan.
  • Mendaftar tes Kualifikasi Pengajaran Bahasa Korea (level 2 dan 3) dan perolehan sertifikat. 
  • Mendaftar izin tinggal secara permanen. 
  • Mendapatkan pengakuan lisensi praktisi domestik untuk orang asing dengan kualifikasi dokter medis. 
  • Untuk mendapatkan visa imigran berdasarkan pernikahan. 

Perlu diingat bahwa nilai TOPIK hanya berlaku dua tahun dari semenjak kamu terakhir tes dan mendapatkan hasil tes tersebut. Jika kamu ingin menggunakan hasil tes TOPIK kembali untuk keperluan diatas, kamu perlu melaksanakan tes TOPIK kembali.

Level Ujian TOPIK

Berdasarkan level kemampuannya, level TOPIK dibagi menjadi enam level yang terbagi dalam dua tingkatan ujian yaitu TOPIK I (1,2) yang ditujukan untuk pemula dan TOPIK II (3,4,5,6) untuk tingkat menengah dan atas.

TOPIK I (Level 1–2)

Ujian TOPIK I ditujukan untuk pembelajar bahasa Korea pemula yang terdiri dari level 1 dan 2. Kedua level ini memiliki kompetensi yang berbeda, namun masih dalam ruang lingkup penggunaan bahasa Korea dalam percakapan sehari-hari. Sebagai ujian yang ditujukan untuk pemula, tes TOPIK I hanya terdiri dari dua sesi, yaitu membaca dan mendengarkan. 

Pelajari materi tes TOPIK I disini: Materi Tes TOPIK I Bahasa Korea Lengkap 

TOPIK II (Level 3–6)

Ujian ini ditujukan untuk penutur bahasa Korea dengan kemampuan menengah (intermediate) hingga yang sudah mahir (advanced). Ada 3 level dalam ujian TOPIK II yang masing-masingnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Sesi ujian dalam TOPIK II pun lebih kompleks karena terdiri dari sesi membaca, mendengarkan, dan menulis. 

TOPIK I dan TOPIK II memiliki tingkat kesulitan dengan jumlah soal yang berbeda. Di soal TOPIK I terdiri dari 40 soal membaca dan 30 soal mendengar dengan waktu pengerjaannya selama 100 menit. Di TOPIK II sendiri terdiri dari 50 soal membaca, 50 soal mendengar, dan 4 soal menulis dengan waktu pengerjaannya selama 180 menit. Nilai maksimal yang dapat diperoleh yaitu 200 untuk TOPIK I, dan 300 untuk TOPIK II.

Pelajari materi tes TOPIK II disini: Materi Tes TOPIK II Bahasa Korea Lengkap

Pembagian Sesi Tes TOPIK

Section Questions Time (Minutes) Marks Session
TOPIK – I
Beginner
(Level 1-2)
Listening 30 40 100 1st Session
Reading 40 60 100
TOPIK – II
Intermediate – Advanced
(Level 3-6)
Listening 50 60 100 1st Session
Writing 4 50 100
Reading 50 70 100

2nd Session

Nilai Minimal Tes TOPIK

Untuk dapat lolos ujian TOPIK, kamu harus mendapatkan nilai tertentu agar bisa menentukan berapa grade kemampuan berbahasa korea kamu.

Passing Grade TOPIK I:

TOPIK 1

Level

Tidak Lolos

1

2

Nilai

0 – 79

80 – 139

140 – 200

Passing Grade TOPIK II:

TOPIK II

Level

Tidak Lolos

3

4

5

6

Nilai

0-119

120 – 149

150 – 189

190 – 229

230 – 300

Level Tes Bahasa Korea TOPIK

Menurut penyelenggara TOPIK, berikut adalah kompetensi linguistik yang diharapkan dari tiap level:

KOMPETENSI LINGUISTIK

Level 1

  • Mampu melakukan percakapan dasar yang berkaitan dengan keterampilan bertahan hidup sehari-hari, seperti memperkenalkan diri, hingga membeli dan memesan makanan.

  • Dapat mampu memahami topik yang bersifat pribadi dan akrab, seperti diri sendiri, keluarga, hobi, cuaca, dan sejenisnya.

  • Memiliki kosakata dasar sekitar 800 kata dan dapat memahami tata bahasa dasar sehingga bisa  membuat kalimat sederhana.

  • Mampu memahami dan menyusun serta menulis kalimat sederhana yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Level 2

  • Mampu melakukan percakapan sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, seperti melakukan menelpon, meminta bantuan, dan menggunakan transportasi publik.

  • Mampu menggunakan sekitar 1500 hingga 2000 kosakata dalam urutan tertentu (contoh: mampu menulis beberapa paragraf) dan memahami topik yang bersifat pribadi dan familiar.

  • Mampu menggunakan ekspresi kata secara formal dan informal yang sesuai dengan situasi.

Level 3

  • Mampu berbicara dan berkegiatan sehari-hari, menggunakan fasilitas publik dengan baik dan bersosialisasi tanpa kesulitan yang berarti.

  • Mampu mengungkapkan perasaan atau memahami topik sosial tertentu yang familiar, serta topik spesifik lainnya.

  • Mampu memahami dan membedakan bahasa secara tertulis dan lisan.

Level 4

  • Mampu memahami berbagai informasi fasilitas publik dengan lancar, bersosialisasi, berkomunikasi dan melakukan pekerjaan umum pada tingkatan tertentu.

  • Mampu memahami topik-topik sederhana dalam siaran berita dan koran dengan baik.

  • Mampu memahami  dan mengungkapkan yang berkaitan dengan topik sosial dan abstrak dengan baik dan lancar.

  • Mampu memahami topik sosial dan budaya,  pemahaman budaya Korea yang cukup baik, dan idiom yang sering digunakan di negara tersebut.

Level 5

  • Mampu melakukan fungsi-fungsi linguistik di tingkat yang diperlukan untuk bisa meneliti dan bekerja di tingkat profesional.

  • Mampu memahami dan menggunakan ungkapan-ungkapan yang terkait dengan aspek politik, ekonomi, masyarakat, dan budaya (termasuk aspek-aspek yang belum dikenal sebelumnya).

  • Mampu menggunakan ungkapan dengan benar, tergantung pada konteks (formal, informal, lisan/ tulisan).

Level 6

  • Mampu melakukan fungsi-fungsi linguistik yang diperlukan untuk meneliti dan bekerja di tingkat profesional dengan baik dan lancar.

  • Mampu memahami dan menggunakan ungkapan yang berkaitan dengan topik politik, ekonomi, masyarakat, dan budaya (termasuk aspek-aspek yang belum dikenal sebelumnya).

  • Tidak mengalami kesulitan dalam melakukan fungsi-fungsi linguistik atau menyampaikan makna, meskipun tingkat kefasihan belum sepenuhnya mendekati penutur asli.

Nah, jika kamu ingin berada pada level-level tertentu, kamu perlu melatih kemampuan berbahasa korea kamu untuk memaksimalkan skor dan level kamu dalam berbahasa korea ya.

Sudah Tau Level Bahasa Korea Kamu? Coba Simulasi TOPIK, Yuk!

Pendaftaran dan Biaya Tes TOPIK

pendaftaran topik

 

Photo by tirachardz from freepik

Ujian TOPIK hanya diselenggarakan di bulan April dan Oktober saja di tiap tahunnya. Untuk tanggal pastinya, kamu bisa menunggu informasi lebih lanjut. Tempat diselenggarakannya tes TOPIK yaitu di empat kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Bandung. Untuk biaya pendaftaran, kamu akan dikenai biaya Rp300.000 untuk TOPIK I dan Rp450.000 untuk TOPIK II. Perlu kamu tahu bahwa tes TOPIK ini terbatas, dan hanya tersedia 100 hingga 150 kursi saja tiap tesnya. Sehingga, kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu agar kesempatan kamu tidak sia-sia dan.

Cara mendaftar

1. Pilih penyelenggara tes TOPIK resmi yang ada di Indonesia, seperti UGM, JIKS atau tempat lainnya

2. Umumnya kamu akan diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu sebagai salah satu persyaratan administrasi. 

3. Jika kamu telah terdaftar dan mendapatkan kuota, kamu akan mendapatkan e-mail balasan sebagai bukti kalau kamu bisa mengambil tes pada kesempatan tersebut. 

4. Calon peserta yang telah menerima email balasan akan dikirimkan email lanjutan untuk melakukan tahap pembayaran 

5. Kamu bisa menyelesaikan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran jika diminta oleh penyelenggara

6. Setelah selesai melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan kartu ujian dan informasi lebih lanjut menngenai tes yang akan diselenggarakan. 

 

Siapa nih yang ada rencana ikut TOPIK tahun ini? Bagi kamu yang sudah mendaftar dan ingin mempersiapkan ujianmu dengan lebih maksimal, kamu bisa banget mengambil kursus bahasa Korea di Cakap, lho! 

Ada program khusus kelas persiapan TOPIK sehingga belajarmu akan jadi lebih terfokus untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti pembahasan soal topik oleh pengajar profesional dan berpengalaman dari Cakap serta mendapatkan berbagai informasi yang kamu butuhkan dalam tes TOPIK. Langsung daftar kursusnya sekarang, yuk! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.