Mengenal Tes Kemahiran Berbahasa Korea (TOPIK)

tes topik
Mengenal Tes Kemahiran Berbahasa Korea (TOPIK)

Setiap bahasa asing memiliki ujian kecakapan masing-masing, seperti TOEFL untuk bahasa Inggris, JLPT untuk bahasa Jepang, dan HSK untuk bahasa Mandarin. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa bahasa Korea juga memiliki tes kecakapan yang disebut TOPIK (Test of Proficiency In Korean). 

Kamu termasuk pencinta K-Pop atau K-Drama yang punya rencana untuk melanjutkan studi atau bekerja di negeri gingseng? Nah, artikel kali ini akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan tes bahasa Korea TOPIK dan seluk-beluknya. Check it out! 

Apa Itu TOPIK?

apa itu topik
Photo by diana.grytsku from freepik

TOPIK adalah sebuah singkatan dalam bahasa Inggris yaitu Test of Proficiency In Korean atau Tes Kemahiran Berbahasa Korea. Seperti namanya, ujian ini digunakan untuk mengukur tingkat kecakapan atau kemahiran berbahasa Korea bagi yang bukan penutur asli. Keterampilan yang diujikan adalah menulis (쓰기 sseugi), membaca (읽기 ilgi), dan mendengar (듣기 deudgi). 

TOPIK diselenggarakan oleh Lembaga Nasional Pendidikan Internasional (NIIED), yaitu salah satu bagian dari Kementrian Pendidikan di Korea. Ujiannya dilaksanakan enam kali dalam setahun, tetapi di Indonesia hanya diadakan dua kali yaitu setiap bulan April dan Oktober. Sementara untuk lokasi ujian, hanya ada di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Penggunaan TOPIK

penggunaan tes topik
Photo by lifeforstock from freepik

Hasil tes TOPIK dapat digunakan untuk menetap baik sementara maupun permanen di Korea Selatan untuk berbagai kebutuhan. 

  • Mendaftar sebagai mahasiswa asing di universitas di Korea Selatan.
  • Mendapatkan visa kerja untuk perusahaan lokal Korea Selatan.
  • Mendaftar tes Kualifikasi Pengajaran Bahasa Korea (level 2 dan 3) dan perolehan sertifikat. 
  • Mendaftar izin tinggal secara permanen. 
  • Mendapatkan pengakuan lisensi praktisi domestik untuk orang asing dengan kualifikasi dokter medis. 
  • Untuk mendapatkan visa imigran berdasarkan pernikahan. 

Level Ujian TOPIK

level test topik
Photo by benzoix from freepik

Berdasarkan level kemampuannya, TOPIK dibagi menjadi enam level yang terbagi dalam dua tingkatan ujian yaitu TOPIK I dan TOPIK II. 

TOPIK I (Level 1–2)

Ujian TOPIK I ditujukan untuk pembelajar bahasa Korea pemula yang terdiri dari level 1 dan 2. Kedua level ini memiliki kompetensi yang berbeda, namun masih dalam ruang lingkup penggunaan bahasa Korea dalam percakapan sehari-hari. Sebagai ujian yang ditujukan untuk pemula, tes TOPIK I hanya terdiri dari dua sesi, yaitu membaca dan mendengarkan. 

TOPIK II (Level 3–6)

Ujian ini ditujukan untuk penutur bahasa Korea dengan kemampuan menengah (intermediate) hingga yang sudah mahir (advanced). Ada 3 level dalam ujian TOPIK II yang masing-masingnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Sesi ujian dalam TOPIK II pun lebih kompleks karena terdiri dari sesi membaca, mendengarkan, dan menulis. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Pendaftaran dan Biaya Tes TOPIK

pendaftaran topik
Photo by tirachardz from freepik

Tahun ini ujian TOPIK di Indonesia akan diadakan pada gelombang ke-81 dan ke-84 yaitu pada April dan Oktober 2022. Pendaftaran untuk periode ujian ke-81 sudah dibuka dari tanggal 7–11 Februari 2022, ujiannya sendiri akan diadakan pada Minggu 10 April 2022 di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. 

Sementara untuk biaya pendaftaran TOPIK tahun 2022 mengalami kenaikan menjadi Rp230.000 untuk TOPIK I dan Rp400.000 untuk TOPIK II. Catatan lainnya yang perlu diperhatikan adalah, ujian TOPIK di Jakarta terbatas hanya untuk 300 orang saja, dengan pembagian 150 peserta TOPIK I dan 150 peserta TOPIK II. 

Cara mendaftar: 

  1. Unduh formulir pendaftaran di website jiks.com dan isi, lalu kirim melalui email ke 2022.topik.jiks@gmail.com 
  2. Hanya 150 orang pendaftar dari masing-masing TOPIK 1 dan 2 yang dapat ikut serta dalam tes, pendaftar yang diterima akan mendapat email balasan dari bagian administrasi sekolah.
  3. Apabila menerima email balasan dari pihak administrasi sekolah, harap mengirim beberapa berkas lampiran sebagai berikut: 1) lembar scan tanda pengenal, 2) bukti transfer, 3) lembar scan buku rekening, 4) lembar scan kartu keluarga (jika pendaftar dan pemilik rekening berbeda).
  4. Email balasan terakhir akan dikirimkan jika pengecekan berkas-berkas lampiran pada tahap 3 sudah selesai.

source: giphy.com

Siapa nih yang ada rencana ikut TOPIK tahun ini? Bagi kamu yang sudah mendaftar dan ingin mempersiapkan ujianmu dengan lebih maksimal, kamu bisa banget mengambil kursus bahasa Korea di Cakap, lho! 

Ada program khusus kelas persiapan TOPIK sehingga belajarmu akan jadi lebih terfokus untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, kamu juga akan diajarkan langsung oleh pengajar profesional dan berpengalaman dari Cakap. Langsung daftar kursusnya sekarang, yuk! 

Baca juga: