Personal Letter: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

personal letter

Apakah kamu pernah mengirimkan surat kepada seseorang yang spesial, seperti keluarga, teman, atau bahkan pacar? Nah, surat menyurat menggunakan pos dan sebagainya mungkin sudah tidak jaman lagi. Sebab, kebanyakan orang kini lebih suka menggunakan email.

Baik menggunakan pos maupun email, struktur penulisannya tetap sama. Dalam bahasa Inggris, surat menyurat untuk kepentingan individu dikenal dengan personal letter. Yuk, cari tahu apa itu personal letter dan contoh penulisannya!

Apa itu Personal Letter?

source: giphy.com

Personal letter adalah sebuah surat tidak resmi yang dikirim oleh satu individu ke individu lainnya dan biasanya berisi hal-hal pribadi. Sifat personal letter yaitu tidak resmi sehingga surat ini tidak dapat ditujukkan untuk sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan.

Jadi, personal letter tidak tepat untuk email lamaran kerja bahasa Inggris. Personal letter umumnya berisi undangan, ucapan selamat ulang tahun, ucapan kelulusan, permintaan maaf, ucapan berbelasungkawa, dll.

Stuktur Penulisan Personal Letter

Struktur penulisan personal letter hampir mirip dengan announcement text, namun beda dari gaya penulisannya saja. Karena sifatnya tidak resmi, maka umumnya personal text lebih informal. Berikut struktur penulisan personal letter:

Date (Tanggal)

Kebanyakan surat informal menulis tanggal di kanan atas. Namun, tanggal pada personal letter ditulis di kiri atas. Tanggal ini merujuk pada kapan surat tersebut dibuat. Ada dua cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yakni cara Amerika dan cara British.

Adress (Alamat)

Menulis alamat di personal letter berbeda dengan alamat di CV atau surat lainnya. Sebab, alamat di personal letter ditulis di kanan atas. Kemudian, alat yang ditulis pun bukan alamat orang yang kamu tuju,, melainkan alamat rumahmu atau penulis surat.

Psst, Ini Rahasia Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

Salutation and Name (Salam dan Nama)

Salam pembuka dan nama penerima surat hampir selalu ada di berbagai surat bahasa Inggris. Berikut beberapa contoh salam yang bisa kamu tulis dalam personal letter:

  • Dear …
  • Dearest …
  • My beloved wife
  • My love
  • Sweetheart

Introduction (Pembukaan)

Kalimat pembuka dalam personal letter biasanya berupa tanggapan atas surat sebelumnya. Namun, jika kamu pengirim pertama, maka kamu bisa perkenalkan diri atau menanyakan kabar.

Body (Isi Surat)

Body merupakan bagian utama atau inti dari personal letter. Dalam bagian ini, kamu dapat mencurahkan atau mengutarakan maksud dari suratmu tersebut. Jika berisi ucapan kelulusan, kamu bisa menuliskan ucapan selamat serta harapan-harapanmu.

Closing (Penutup)

Bagian ini merupakan kalimat penutup untuk menunjukkan bahwa surat akan segera berakhir. 

Greetings for Closing (Salam Penutup)

Bagian ini merupakan salam penutup pendek untuk mengakhiri surat. Berikut contoh salam penutup:

  • With love
  • Sincerely yours
  • Regards
  • Best regads

Signature (Tanda Tangan)

Di bawah salam penutup, kamu bisa membubuhkan tanda tanganmu. Namun, jika kamu kirimnya surat sebagai secret admirer, kamu bisa kasih inisial biar terkesan misterius. Hihihi.

Genjor Skor TOEFL-mu dengan Kursus Inggris di Cakap!

Contoh Personal Letter

Berikut dua contoh personal letter:

Contoh Personal Letter untuk Teman

22 Soekarno Hatta
Jakarta
17023 DKI Jakarta

February 11, 2021

Dear My Beloved Friend Cacha,

Hello, Cacha! Are you doing great in New Zealand? Hopefully, you’re doing great there. It’s been a while since you moved from Jakarta. You don’t know how much I miss you.

I want to let you know that next month is my graduation from University. I’m arranging a family and friend party. I know you have a tight schedule but I’d love it if you come to the party.

Okay, I think that’s all from me now. Just let me know if you are free next month. I’d love to hear anything from you. See you!

Sincerely yours,
Lizzie

Contoh Personal Letter untuk Guru

18 Paradise Villa
Bandung
19003 West Java

February 11, 2021

Dear Mrs. Hudson,

Thank you for setting aside your time to read this letter. The reason why I’m writing this letter is that I want you to know that I can’t attend the class next week.

Cakap has invited me to take part in their Speech Competition which is held on Monday, the same day as your class. I hope you give me permission to skip the class and support me to win this competition.

I think that’s all from me. Thank you for your understanding.

Best regards,
Pharell

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Setelah mempelajari struktur dan contoh personal letter, sekarang giliranmu untuk membuat personal letter versimu sendiri. Eits, tapi kamu kesulitan menulis surat dalam bahasa Inggris? Kalau gitu kamu perlu gabung kelas bahasa Inggris di Cakap.

Apalagi sekarang bahasa Inggris wajib banget untuk dimiliki. Bukan hanya untuk memperluas peluang karier, ada banyak banget manfaat yang kamu dapat dari belajar bahasa Inggris. Yuk, daftar kursus bahasa Inggris sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks