Catat, Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Wah, udah masuk ke bulan Oktober aja nih. Gak terasa ya, sobat Cakap! Ngomong-ngomong, sadar gak sih hidup kita gak pernah jauh-jauh dari yang namanya tanggal lho. Coba ngaku, di sini siapa yang sering cek kalender buat lihat tanggal merah? Atau cek tanggal gajian? Apapun itu kita semua selalu terikat dengan tanggal. Tanpa tanggal, akan sulit mengukur waktu-waktu lainnya seperti hari, bulan, dan tahun.

Nah, penulisan tanggal ada banyak jenisnya. Di Indonesia misalnya, kita menggunakan format tanggal-bulan-tahun, contohnya 17 Agustus 1945. Namun, bahasa-bahasa lain belum tentu memiliki format yang sama dengan format yang kita gunakan.

Dalam belajar suatu bahasa, akan lebih baik tentunya jika kita juga memahami format penulisan tanggal dalam bahasa tersebut. Ada sejumlah bahasa yang memiliki format yang kelihatannya rumit dan sulit dipahami. Bahasa yang memiliki format penulisan tanggal yang berbeda misalnya ada bahasa Jepang, Mandarin, Yunani, dan bahasa Inggris.

Ya, bahasa Inggris memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan penulisan tanggal di Indonesia. Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris biasanya dibedakan berdasarkan formalitas. Maka itu, hal ini penting untuk diperhatikan supaya kamu tidak keliru saat menulis format tanggal untuk keperluan yang bersifat formal maupun yang informal.

Oh iya, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris juga terbagi menjadi dua jenis ya, yaitu british dan American. Berikut jenis-jenis format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui:

Penulisan Tanggal

Penulisan Tanggal
source: giphy.com

Format pertama

Format yang satu ini biasanya digunakan untuk keperluan formal seperti undangan, surat resmi, surat dinas, dan sebagainya. Berikut contoh penulisannya:

British: The Twelve of September, 2019

American: September the Twelve, 2019

Format Kedua

Format kedua ini merupakan salah satu yang paling umum digunakan. Yang pelru diketahui, format penulisan tanggal ini bukan termasuk format yang formal. Contohnya sebagai berikut:

British: 1st March 2018; 1 March 2018

American: March 1st, 2018; March 1, 2018

Setelah melihat dua format, kita bisa menyimpulkan bahwa penulisan tanggal british menuliskan tanggal kemudian baru bulan sementara versi american menulisan bulan dahulu baru tanggal.

Perlu diingat, format penulisan ini walaupun tidak formal tapi masih termasuk sopan. Oleh karena itu, format ini bisa kamu gunakan untuk menulis surat yang semi-formal.

Yuk, Download Aplikasi Cakap. Belajar Bahasa Inggris Jadi Lebih Gampang Dimana Saja.

Format Ketiga

Format ini bisa dibilang sangat sederhana. Kita pun pasti sering menemui atau menggunakan format yang satu ini. Biasanya format penulisan tanggal seperti ini digunakan untuk menulis surat-surat yang bersifat pribadi seperti memo, surat pemberitahuan, dan lain-lain. Berikut contoh dari format ketiga:

British: 27/9/2019; 27/9/19

American: 9/27/2019; 9/27/19

Format ini termasuk format yang kurang formal ya, jadi sebaiknya digunakan untuk surat-surat pribadi saja dan bukan untuk surat resmi.

Format Keempat

Format yang satu ini sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat kecil dengan format sebelumnya. Namun, format ini sifatnya multifungsi. Jadi bisa digunakan baik untuk keperluan yang bersifat resmi maupun tidak resmi. Contoh:

British: 30/04/2017

American: 04/30/2017

Format Kelima

Format ini sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan format-format sebelumnya. Bedanya, format yang ini menyertakan hari di awal penulisannya. Untuk fungsinya, kita bisa mengikuti format-format yang ada sebelumnya. Contoh format ketujuh adalah sebagai berikut:

Thursday, 5th October 2019 atau Thurs, 5th Oct 2019

Saturday, December 25th 2019 atau Sat, Dec 25th 2019

Cara Membaca Tanggal, Bulan, dan Tahun

Cara Membaca Tanggal, Bulan, dan Tahun
source: giphy.com

Berikut contoh cara membaca tanggal, bulan, dan tahun dalam bahasa Inggris:

1st: first

2nd: second

3rd: third

4th: fourth

11th: eleventh

12th: twelfth

13th: thirteenth

21st: twenty first

22nd: twenty second

23rd: twenty third

1945: nineteen forty-five

2012: two thousand and twelve

2019: twenty nineteen

BC: Before Christ atau BCE: Before Common Era

AD: Anno Domini atau CE: Common Era

4th October 2017: The fourth of October, two thousand seventeen (british)

8/17/2019 (17 Agustus 2019): August the seventeenth, two thousand nineteen (American)

1 abad (100 tahun): 1 century

Jangan lupa untuk menggunakan preposition yang tepat ya saat menyebutkan tanggal. Ingat, on digunakan untuk menyebutkan hal yang lebih spesifik yaitu tanggal beserta bulan dan tahun dalam satu kalimat. Sementara in digunakan untuk hal yang lebih luas cakpuannya misalnya sekadar bulan atau tahun saja.

Contoh:

  • I was born in April 1997
  • The incident happened in 2012
  • He graduated on the 1st of November

Gimana, sebenarnya tidak sulit bukan? Jangan lupa berlatih terus ya biar terbiasa dan juga gak lupa! Kamu bisa lho menguji dan berlatih kemampuanmu di kelas bahasa Inggris Cakap. Di sini, kamu langsung belajar dari guru profesional jadi kalau ada yang salah atau keliru, bisa langsung diperbaiki deh. Yuk!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google