Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris & Contoh Kalimatnya

nama-nama-hari-dalam-bahasa-inggris

Nama hari dalam bahasa Inggris adalah materi dasar yang harus dimiliki ketika kamu belajar bahasa Inggris. Sebab, nama hari pasti digunakan di berbagai percakapan umum, bahkan saat kamu memperkenalan diri dalam bahasa Inggris.

Nama hari dalam bahasa Inggris tidak sulit untuk dihafal karena akhirannya selalu “-day’, jadi hanya perlu menghafal unsur depannya saja. Without further ado, yuk langsung saja simak penjelasan nama-nama hari dalam bahasa Inggris dan artinya di bawah ini! 

Nama Hari dalam Bahasa Inggris


Di Amerika Serikat, hari pertama dalam seminggu adalah hari Minggu. Sedangkan di Eropa, hari pertama dalam seminggu adalah hari Senin.

Selain mengetahui nama-nama hari dalam bahasa Inggris,  kamu juga harus tau cara mengucapkannya. Banyak lho yang salah pas ngucapinnya dan yang paling sering itu Wednesday. Nah, biar kamu gak salah, simak ulasan nama-nama hari dalam bahasa Inggris lengkap dengan cara pelafalannya berikut ini!

Monday (Senin)


Nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang pertama adalah Senin. Hari senin dalam bahasa Inggris disebut dengan Monday, kamu bisa melafalkannya dengan /’mandē/.

Kata Monday diambil dari istilah Latin “dies lunae” yang berarti “Moon’s Day”. Penggunaan kata Monday sendiri biasanya bisa disingkat menjadi Mon atau Mo.

Tuesday (Selasa)


Lanjut pada nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang kedua, yaitu Selasa. Dalam bahasa Inggris hari Selasa disebut dengan Tuesday, ada huruf ‘y’ yang diucapkan secara samar-samar di antara huruf ‘t’ dan ‘u’, sehingga pelafalannya menjadi
/ˈt(y)uzdē/.

Jika Monday diambil dari istilah “dies lunae”, maka Tuesday diambil dari isitilah “Tiw’s Day” yang berasal dari nama Tyr, dewa dalam mitologi Nordik. 

Wednesday (Rabu)


Nama-nama hari dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah Rabu atau dalam bahasa Inggris disebut Wednesday. Pelafalannya berbeda dengan bentuk tulisannya, yaitu
/ˈwenzdē/. Nah, guys, jadi yang benar itu wenz-dē ya bukan wed-nes-de. 

Nama hari dalam bahasa Inggris yang satu ini berasal dari nama dewa dalam kepercayaan Jerman lho, yaitu Wado yang masih berhubungan dengan dewa Odin.

Bahasa Inggris Tingkatkan Peluang Karier. Yuk, Belajar di Cakap!

Thursday (Kamis)


Berikutnya adalah hari Kamis atau Thursday. Dalam bahasa Inggris, nama hari Kamis hampir mirip dengan nama hari Selasa,
sehingga kamu harus perhatikan antara tues and thurs. Pelafalan untuk hari Kamis adalah /ˈTHərzdē/. Hari kamis merupakan hari pertengahan dalam sebuah minggu, menuju weekend, tapi masih weekdays.

Nama hari dalam bahasa Inggris ini diambil dari “Thor’s Day”, dewa mitologi Nordik.

Friday (Jumat)


Nama-nama hari dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah Jumat atau Friday. Kamu bisa melafalkannya dengan
/ˈfraedē/. Usut punya usut, nama Friday ini berasal dari “day of Frigg”, dewa mitologi Nordik Frigg.

Ada juga lho ungkapan terkenal mengenai hari Jumat yang berbunyi “Thank God it’s Friday”. Yap mungkin memang hari Jumat memang hari yang ditunggu-tunggu setiap orang, karena hari ini merupakan hari pembuka menuju weekend yang sesungguhnya.

Saturday (Sabtu)


Sabtu atau Saturday adalah nama hari dalam bahasa Inggris yang biasanya dilafalkan dengan
/ˈsadərdē/. Hari Sabtu merupakan hari pertama di mana weekend berlangsung. Meskipun bagi beberapa orang hari Sabtu masih menjadi hari workday, tapi setidaknya hari Sabtu membawa kebahagiaan yang mengantarkanmu pada malam Minggu.

Sunday (Minggu)


Nah, nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang terakhir adalah Minggu atau Sunday. Kamu bisa melafalkan Sunday dengan
/ˈsandē/. Meskipun bagi orang Indonesia hari Minggu merupakan hari weekend terakhir, tapi ternyata bagi beberapa negara timur tengah Minggu dijadikan hari pertama bekerja loh, Sobat Cakap.

Percakapan Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris


Belajar bahasa Inggris lebih cepat dikuasai jika kamu melatihnya. Salah satu cara melatihnya adalah dengan percakapan. Nah, berikut contoh percakapan nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang bisa kamu latih bareng temanmu.

Chaca:
Lizzie, what day is it?
Lizzie, hari apa ini?

Lizzie:
It’s Wednesday, Cha. What’s the matter?
Ini hari Rabu, Cha. Ada apa?

Chaca:
Nothing, I have an appointment with our customer on Friday.
Tidak, aku ada janji dengan pelanggan kita hari Jumat.

Lizzie:
Oh, I’ll remind you tomorrow
Oh, aku akan ingatkan kamu besok

Chaca:
What about you? When will you meet our customer?
Bagaimana denganmu? Kapan kamu bertemu dengan pelanggan kita?

Lizzie:
Supposed to be today but our customer requested to pending the meeting until Monday next week
Seharusnya hari ini tapi pelanggan kita meminta untuk ditunda hingga hari Senin minggu depan

Chacha:
So, you don’t have any schedule today?
Jadi, apakah kamu kosong hari ini?

Lizzie:
Of course. Why?
Tentu. Kenapa?

Chacha:
Can you help me to make our presentation for this Saturday?
Bisakah kamu bantu saya membuat presentasi untuk hari Sabtu ini?

Lizzie:
Yeah, sure.
Ya, bisa

Nah, itu dia penjelasan mengenai nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menguasai skill dasar bahasa Inggris lainnya dengan gabung kursus bahasa Inggris online di Cakap. Di sana kamu bisa interaksi langsung sama teachers profesional, jadi bisa langsung nanya deh!

Baca Juga:

Kuis Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Nama hari bahasa Inggris sering dipakai di berbagai percakapan serta saat memperkenalan diri. Nah, kamu udah hafal belum? Yuk, coba buktikan!


Nama
Email
Phone
Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat