Jangan Kebalik! Ini Bedanya Penanda Waktu AM dan PM

am dan pm
Jangan Kebalik! Ini Bedanya Penanda Waktu AM dan PM

Pada penulisan waktu dalam bahasa Inggris dengan format 12 jam, kita sering kali terbalik atau salah menggunakan penanda AM dan PM. Hal ini karena dalam bahasa Indonesia, waktu umumnya disebut dalam format 24 jam, sehingga tidak mengenal AM dan PM. 

Meski demikian, AM dan PM masih merupakan penanda waktu yang banyak digunakan, terutama dalam bahasa Inggris. Nah, biar kamu nggak salah-salah lagi, simak pembahasan mengenai perbedaan AM dan PM berikut ini, ya!

AM, PM, dan Format Waktu 12 Jam 

Photo by lifeforstock from freepik

Banyak yang berpikir bahwa AM adalah penanda siang dan PM adalah penanda malam sehingga menimbulkan kesahalan. Agar kamu nggak salah lagi, tanamkan dalam pikiran bahwa pembatas kedua penanda waktu ini adalah jam 12 siang. 

AM dan PM membagi waktu menjadi 12 jam sehari. AM merupakan singkatan dari ante meridiem dan PM adalah singkatan dari post meridiem yang berasal dari bahasa Latin. Ante meridiem berarti “sebelum tengah hari”, sedangkan post meridiem berarti “setelah tengah hari”. 

AM → 00.00–11.59

PM → 12.00–23.59

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Sejarah di Balik Penggunaan AM dan PM 

Photo by jigsawstocker from freepik

Penggunaan waktu 12 jam serta PM dan AM dimulai di Mesir di mana masyarakatnya mengukur waktu dengan penanda matahari. Huruf M atau meridiem dalam AM dan PM berasal dari kata meridies dalam bahasa Latin yang berarti “tengah hari”. 

Penyebutan PM sebagai penanda lewat tangah hari pun sudah digunakan di Mesir sejak sekitar abad ke-17, tepatnya tahun 1640-an. Sementara pengguna AM baru digunakan hampir satu abad kemudian, yaitu sekitar tahun 1760-an. 

Hingga saat ini, masih banyak negara berbahasa Inggris masih menggunakan format waktu 12 jam dan penanda waktu AM dan PM. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Australia, New Zealand, Mesir, India, Malaysia dan Filipina. 

Penulisan dan Contoh Penggunaan

Photo by freepik from freepik

Dalam percakapan atau dalam kalimat biasanya penutur asli bahasa Inggris jarang menggunakan AM atau PM. Sebagai gantinya biasanya ditambahkan keterangan waktu yang lebih spesifik seperti “in the morning”, “at noon”, dan “at night”. 

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh kalimat: 

  • She gets up at 5 in the morning every day and starts preparing breakfast and lunch.
    (Dia bangun jam 5 pagi setiap hari dan mulai memasak sarapan dan makan siang.)
  • The kids have to be at home before 7 at night. 
    (Anak-anak sudah harus di rumah sebelum jam 7 malam.)

Namun, dalam konteks formal atau tulisan, seperti pada surat-menyurat, undangan, atau kebutuhan promosi digital, AM dan PM cenderung lebih digunakan. 

Ante Meridiem → AM, A.M., atau a.m. 

Post Meridiem → PM, P.M., atau p.m. 

Contoh kalimat: 

  • The album will be released on April 28th at 6 p.m.
    (Album ini akan dirilis pada 28 April jam 6 sore.)
  • Please send your assignment before 5 PM on Friday next week.
    (Silakan kirim tugas Anda sebelum jam 5 sore pada hari Jumat minggu depan.)

Setelah penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu perbedaan penanda waktu AM dan PM yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Jadi, jangan sampai salah atau terbalik dalam menggunakannya lagi, ya!

Selain perbedaan AM dan PM, kamu bisa belajar lebih banyak di kelas bahasa Inggris Cakap, lho! Belajar langsung dari Teachers profesional yang siap membantumu makin jago bahasa Inggris sesuai dengan tingkat kemampuanmu saat Placement Test. Daftar sekarang, yuk!

Baca juga: