Perbedaan AM dan PM Lengkap Contoh & Penggunaannya

am dan pm
Photo from Freepik

Pada penulisan waktu dalam bahasa Inggris dengan format 12 jam, kita sering kali terbalik atau salah menggunakan penanda AM dan PM. Hal ini karena dalam bahasa Indonesia, waktu umumnya disebut dalam format 24 jam, sehingga tidak mengenal perbedaan AM dan PM. 

Meski demikian, AM dan PM masih merupakan penanda waktu yang banyak digunakan, terutama dalam bahasa Inggris. Nah, biar kamu nggak salah-salah lagi, simak pembahasan mengenai perbedaan AM dan PM berikut ini, ya! 

Table of Contents

AM, PM, dan Format Waktu 12 Jam

Banyak yang berpikir bahwa AM adalah penanda siang dan PM adalah penanda malam sehingga menimbulkan kesalahan. Agar kamu nggak salah lagi, tanamkan dalam pikiran bahwa batas perbedaan AM dan PM adalah jam 12 siang. 

AM dan PM membagi waktu menjadi 12 jam sehari. AM adalah singkatan dari ante meridiem dan PM adalah singkatan dari post meridiem yang berasal dari bahasa Latin. Ante meridiem (AM) berarti “sebelum tengah hari”, sedangkan post meridiem (PM) berarti “setelah tengah hari”. Jadi, jika menyesuaikan dengan waktu dalam bahasa Indonesia, menjadi:

AM → 00.01–11.59 

PM → 12.01–23.59 

Lalu bagaimana dengan jam 12 siang? 

Ada banyak pendapat mengenai hal ini, namun yang paling diterima adalah tidak menggunakan AM dan PM sama sekali. Ada yang menggantinya menjadi “12 noon” dan “12 midnight”, ada pula yang menyingkat jadi “noon” dan “midnight” saja. Sebagai alternatif, sebagian besar orang lebih memilih menggunakan 11:59 p.m. dan 00:01 a.m. saja. 

Mau Belajar Bahasa Inggris GRATIS di Cakap?

Sejarah Penggunaan AM dan PM 

Penggunaan waktu 12 jam serta PM dan AM dimulai di Mesir di mana masyarakatnya mengukur waktu dengan penanda matahari. Huruf M atau meridiem dalam AM dan PM berasal dari kata meridies dalam bahasa Latin yang berarti “tengah hari”. 

Penyebutan PM sebagai penanda lewat tengah hari pun sudah digunakan sejak sekitar abad sekitar abad ke-17, tepatnya tahun 1640-an. Sementara penggunaan AM baru muncul satu abad kemudian pada tahun 1760-an. 

Hingga saat ini, masih banyak negara berbahasa Inggris masih menggunakan format waktu 12 jam dan penanda waktu AM dan PM. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Australia, New Zealand, Mesir, India, Malaysia dan Filipina. 

Penulisan dan Contoh Penggunaan AM PM

Sebagai sebuah singkatan dengan kepanjangan ante meridiem dan post meridiem, AM dan PM pun memiliki cara penulisan tersendiri dalam bahasa Inggris. Dalam ketentuan umum yang berlaku, penulisan AM dan PM yang benar adalah dengan huruf kecil dan dipisahkan oleh tanda baca titik. 

Benar → a.m., p.m. 

Tidak benar → AM, PM, A.M., P.M.

Beberapa aturan lainnya yang berlaku adalah penulisan yang dipisah dengan angka jam yang ditunjukkan. Penulisan angka pada jam pun harus menggunakan titik dua sebagai pemisah, jika menandakan waktu spesifik. 

6 p.m., 8:30 p.m. → benar

6p.m., 8.30 p.m. → tidak benar

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Penggunaan AM dan PM

contoh kalimat bahasa inggris am pm
Photo by jcomp from Freepik


Dalam percakapan atau dalam kalimat biasanya, penutur asli bahasa Inggris jarang menggunakan AM atau PM. Sebagai gantinya biasanya ditambahkan keterangan waktu yang lebih spesifik seperti “in the morning”, “at noon”, dan “at night”. 

Namun, dalam konteks formal atau tulisan, seperti pada surat, email, undangan, atau kebutuhan promosi digital, AM dan PM cenderung lebih digunakan. 

Contoh kalimat: 

  • The album will be released on April 28, 2022, at 6 p.m.   
    (Album ini akan dirilis pada 28 April 2022 jam 6 sore.)
  • Please send your assignment before 5 p.m on Friday next week.
    (Silakan kirim tugas Anda sebelum jam 5 sore pada hari Jumat minggu depan.)
  • This voucher will be no longer available after June 30, 2022, at 11:59 p.m.
    (Voucer ini tidak akan lagi berlaku setelah 30 Juni 2022 pukul 11.59 malam.)
  • I am available on July 7 at 9:30 a.m. and July 8 at 1:45 p.m.
    (Saya bisa pada tanggal 7 Juli jam 9.30 pagi dan 8 Juli jam 13.45 siang.)
  • The baby was born on June 22 at midnight and passed away at 3 p.m.  
    (Bayi itu lahir pada tanggal 22 Juni tengah malam dan meninggal pada pukul 3 pagi.)

Setelah penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu perbedaan penanda waktu AM dan PM yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Jadi, jangan sampai salah atau terbalik dalam menggunakannya lagi, ya!

Selain perbedaan AM dan PM, kamu bisa belajar lebih banyak di kelas bahasa Inggris Cakap, lho! Belajar langsung dari Teachers profesional yang siap membantumu makin jago bahasa Inggris sesuai dengan tingkat kemampuanmu saat Placement Test. Daftar sekarang, yuk!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat